centella asiatica

Penting! Ini Manfaat Centella Asiatica yang ada Pada Skincare!


Kandungan bahan alami dari tumbuhan kini mulai berkembang di industri perawatan kulit. Salah satunya adalah tanaman pegagan atau centella asiatica. Daun ajaib yang telah lama digunakan sebagai obat tradisional ini dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Daun pegagan telah digunakan sebagai bahan perawatan kulit sejak diperkenalkan pada produk perawatan kulit dari Korea Selatan. Banyaknya manfaat kulit yang dirasakan setelah menggunakan produk tersebut juga meningkatkan permintaan akan produk perawatan kulit berbahan daun pegagan.

Sebenarnya, centella asiatica Apa saja manfaatnya? Simak informasi selengkapnya, yuk!

BACA JUGA: 10 Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Cari Tahu!

centella asiatica adalah

iStock

Centella asiatica, juga dikenal sebagai daun pegagan atau daun cyca, adalah tanaman tropis asli Asia Tenggara. Tanaman ini telah digunakan sebagai ramuan obat tradisional selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit dalam tubuh.

Daun dan ekstrak pegagan juga dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti kusta dan eksim serta mempercepat penyembuhan luka. Hal ini disebabkan adanya triterpenoid, asam madasiat, asiatikosida, asiatikosida dan madecassoside.

Keuntungan centella asiatica untuk kulit

centella asiatica
iStock

Dipilih sebagai bahan perawatan kulit, tentu banyak sekali manfaatnya centella asiatica untuk wajah. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daun pegagan.

1. Melindungi kulit dari radikal bebas

Manfaat pertama adalah untuk melindungi kulit dari radikal bebas atau polusi udara. Kandungan madecassoside dan flavonoid dalam daun pegagan merupakan sumber antioksidan yang sangat penting untuk perlindungan kulit.

2. Melembabkan kulit

Tsika tidak hanya melindungi, tetapi juga melembabkan kulit. Kehadiran beta-karoten, asam amino, dan fitokimia lainnya dapat menyehatkan kulit dan membuatnya tetap terhidrasi. Tidak hanya itu, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung daun pegagan juga efektif mengatasi kulit kasar atau iritasi.

3. Merangsang kolagen

centella asiatica
iStock

Manfaat lain yang bisa didapat dari daun pegagan adalah kemampuannya untuk merangsang pembentukan kolagen dalam tubuh. Kandungan kolagen inilah yang akan membuat kulit lebih elastis, kenyal dan awet muda. Selain itu, cyca juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Sirih Cina untuk Berbagai Penyakit

Baca juga  10 Potongan Rambut Mandarin, Dijamin Disukai Para Wanita

4. Mengurangi Peradangan

Dalam hal peradangan, cica juga membantu dalam menghambat sel-sel penyebab peradangan untuk mengurangi iritasi. Dalam hal ini, produk yang mengandung ekstrak daun pegagan juga dapat digunakan untuk mengobati eksim atopik, dermatitis, psoriasis, dan skleroderma.

5. Melembutkan kulit

Manfaat lainnya centella asiatica pemilik kulit sensitif pun bisa merasakannya. Bagi yang sering mengalami iritasi, gatal, atau kemerahan pada wajah, produk yang mengandung cyca mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena akan membantu melembutkan wajah sekaligus menenangkan area yang kasar.

6. Menutupi bekas luka

centella asiatica
iStock

Selain melembutkan, daun pegagan juga bisa menutupi bekas luka di kulit. Keuntungan centella asiatica untuk jerawat, untuk menutupi bekas jerawat. Tidak hanya itu, flek hitam yang membandel juga bisa hilang dengan penggunaan produk yang mengandung cyca.

7. Kurangi paparan sinar matahari

Manfaat lainnya centella asiatica adalah untuk membantu mengurangi efek buruk yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet B (UV B) matahari. Sinar UVB merupakan sinar yang dapat merusak DNA di jaringan luar kulit, sehingga mempercepat terbentuknya kerutan pada kulit.

Journal of Advances in Dermatology and Allergology (2013) menyatakan bahwa menggabungkan penggunaan Ekstrak Daun Pegagan dengan Vitamin C pada wajah selama 6 bulan dapat menghasilkan kulit yang lebih terhidrasi, kenyal, dan kencang.

BACA JUGA: 14 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan

8. Mempercepat penyembuhan luka

Daun pegagan tidak hanya menutupi bekas luka, tetapi juga dapat mempercepat penyembuhan luka seperti luka bakar, koyak, atau pasca operasi. Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa stimulasi kolagen dari siklus akan membentuk sel-sel kulit dan pembuluh darah baru.

9. Mengurangi selulit dan mencegah stretch mark

Cica dipercaya dapat mengurangi masalah selulit, yang umumnya menyerang orang yang mengalami kenaikan berat badan dengan cepat. Misalnya pada ibu hamil dan remaja saat pubertas, mengoleskan ekstrak daun pegagan pada area selulit dipercaya dapat mengurangi selulit.

Tak hanya itu, cyca juga bisa digunakan untuk mencegah stretch mark saat hamil atau pubertas. Namun, penggunaannya pada stretch mark yang sudah terbentuk dianggap kurang efektif.

Baca juga  18 Rekomendasi Film Sad Ending Barat yang Bikin Nyesek

Nah, jika Sedulur tertarik untuk menggunakannya, Sedulur bisa memilih produk dengan kandungan ekstrak centella asiatica 2,5% hingga 5%. Namun, wanita hamil dan menyusui harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum menggunakan ekstrak herbal ini.

Keuntungan centella asiatica untuk tubuh

centella asiatica
iStock

Selain manfaat khusus untuk kulit, daun pegagan juga bermanfaat untuk tubuh secara keseluruhan. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan saat dikonsumsi centella asiatica tubuh terlihat seperti ini:

  1. Meredakan rasa sakit.
  2. Mengurangi kecemasan dan stres.
  3. Bertindak sebagai antidepresan.
  4. Sebagai pengobatan untuk penyakit Alzheimer.
  5. Mengatasi insomnia atau gangguan tidur.
  6. Mempercepat penyembuhan luka.
  7. Meningkatkan fungsi kognitif, terutama pada pasien stroke.
  8. Meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah pembengkakan.

BACA JUGA: Khasiat dan Manfaat Senyawa Daun Kehidupan dan Cara Penggunaannya

Aturan penggunaan produk dari centella asiatica

Dalam penggunaan produk yang mengandung daun pegagan, Anda harus mengikuti beberapa aturan. Apalagi jika perawatan kulit digunakan pada kulit sensitif. Apa yang harus diperhatikan? Berikut penjelasannya.

1. Untuk pemilik jenis kulit berminyak

centella asiatica
iStock

Sebelum memilih jenis produk yang tepat, penting untuk mengetahui jenis kulit Anda. Meskipun produk daun pegagan umumnya aman untuk semua jenis kulit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh jenis kulit berminyak.

Menggunakan Centella asiatica untuk kulit berminyak bisa menjadi pilihan yang tepat jika produk yang dipilih bukan krim kulit yang berat. Pilih produk yang berbeda, seperti toner atau pembersih.

2. Bagi mereka yang memiliki jenis kulit sensitif

centella asiatica
iStock

Sedangkan untuk pemilik jenis kulit sensitif, produk yang mengandung centella asiatica dan harus menggunakan produk pelembab atau serum. Hal ini dikarenakan kulit dapat menyerap kedua jenis produk tersebut lebih baik dibandingkan produk lain seperti masker yang perlu dibersihkan kembali.

Mereka yang memiliki kulit sensitif yang mengeluhkan jerawat atau wajah kemerahan bisa rutin menggunakan produk yang mengandung daun pegagan untuk mempercepat proses pemulihan.

3. Tingkat kekentalan produk

Selain itu, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Sedulur dapat menggunakan facial yang mengandung Centella asiatica secara konsisten tergantung pada tekstur dan ketebalan produk.

Gunakan produk yang bertekstur cair terlebih dahulu. Kemudian gunakan produk dengan tekstur yang lebih tebal baik di bagian akhir atau sebelum tabir surya.

Baca juga  Awal Pekan, Harga Emas Hari Ini Turun Lagi

Efek samping pada kulit

centella asiatica
iStock

Sampai saat ini, tidak ada efek samping berbahaya yang dilaporkan dari penggunaan produk yang mengandung daun pegagan. Sebagai aturan, efek samping terjadi saat mengonsumsi suplemen pegagan melebihi jumlah yang disarankan.

Namun, produk perawatan kulit daun pegagan sama dengan bahan alami lainnya, yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit pada beberapa orang. Nah, untuk mengetahuinya, Sedulur bisa mengoleskannya di tangan dan biarkan selama 24 jam untuk melihat apakah ada reaksi.

Jika tidak ada reaksi seperti gatal atau ruam, maka produk tersebut aman digunakan. Namun, jika iritasi, alergi, atau reaksi merugikan lainnya terjadi setelah penggunaan, hentikan penggunaan produk dan segera konsultasikan dengan dokter kulit.

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan Wajah dan Kulit

Contoh produk perawatan kulit dengan centella asiatica

centella asiatica
Leah Harahap

Berikut adalah dua contoh produk perawatan kulit yang mengandung daun pegagan.

  1. Avoskin Hydrating Healing Essence

Produk dari Avoskin ini memiliki kandungan yang sangat baik berupa 5% niacinamide dan centella asiatica. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan adalah kulit menjadi terhidrasi dengan baik, pori-pori mengecil, jerawat menghilang dan peradangan bisa dicegah.

  1. Kiehl’s Once 1851 Centella Sensitive Facial Cleanser

Pembersih wajah dari Kiehl’s ini juga mengandung centella asiatica. Pembersih wajah non-iritasi ini memiliki tekstur krim yang menenangkan kulit dan cocok untuk digunakan dalam pembersih ganda.

Nah itu bagusnya centella asiatica Oleh karena itu, banyak digunakan dalam industri perawatan kulit. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur memahami manfaat produk daun pegagan. Semoga beruntung!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org