cara merawat tanaman layu

8 Cara Merawat dan Mengembalikan Tanaman yang Layu


Memiliki tanaman yang sehat dan segar adalah dambaan setiap orang. Alasan inilah yang menyebabkan kebanyakan orang mulai mencari cara untuk merawat tanaman yang layu agar dapat mengembalikannya ke tanaman yang sehat dan segar kembali.

Cara merawat tanaman layu bisa dengan memperhatikan beberapa poin penting. Jika dilakukan dengan benar, tanaman akan kembali segar dan menarik. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk merawat dan mengembalikan tanaman yang layu.

BACA JUGA: 9 manfaat keladi tikus, tanaman herbal sebagai obat kanker

8 cara mengembalikan tanaman layu

Setidaknya ada 8 cara untuk mengembalikan tanaman yang layu menjadi tanaman yang lebih sehat. Simak ulasan berikut.

1. Mengganti pot tanaman

iStock

Tanaman bisa layu karena beberapa faktor. Misalnya, kurangnya sinar matahari atau terlalu sempitnya pot yang digunakan untuk bercocok tanam. Dengan demikian, memindahkan tanaman hias dari rumah yang sudah layu atau basi ke pot dengan lingkungan tanah yang baru akan memberikan kehidupan baru bagi tanaman tersebut.

Selain ukuran pot, sedulur juga perlu memperhatikan bahan pot baru yang akan digunakan. Jika tanaman sebelumnya ditempatkan di pot hias atau pot logam, maka gunakan pot dengan drainase yang baik untuk menjaga akar tetap lembab.

2. Diperlukan sinar matahari yang cukup

cara merawat tanaman layu
iStock

Cahaya matahari sangat penting bagi kehidupan tumbuhan. Salah satunya adalah pelaksanaan proses fotosintesis. Jika kebutuhan sinar matahari tidak terpenuhi, tanaman memberikan sinyal berupa daun yang mulai layu dan menguning.

Saat tanaman mulai layu, usahakan diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Apalagi jika tanaman yang layu itu merupakan tanaman hias, usahakan dicabut sebentar agar mendapat sinar matahari yang cukup.

3. Letakkan di tempat yang teduh

cara merawat tanaman layu
iStock

Meskipun sinar matahari sangat penting untuk menjaga tanaman tetap hidup, terlalu banyak cahaya juga berbahaya. Jika tanaman layu berada di luar ruangan, segera pindahkan ke tempat yang teduh atau jauhkan dari sinar matahari langsung.

4. Pemangkasan dan pemupukan

cara merawat tanaman layu
iStock

Tanaman yang layu dapat dikembalikan menjadi tanaman yang sehat dengan cara memotong bagian yang mulai menguning dan melakukan pemupukan pada media tanam. Sedulur juga bisa memangkas bagian tanaman yang mulai memanjang agar daunnya tidak terlalu lebat. Penggunaan pupuk juga perlu dilakukan secara rutin agar tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup.

BACA JUGA: 18 tanaman pilodendron: jenis, harga, dan cara merawatnya

5. Perhatikan cara Anda menyiram

cara merawat tanaman layu
iStock

Cara penyiraman juga dapat menyebabkan tanaman menjadi layu. Penyiraman tanaman yang terlalu sering tidak hanya menyebabkan genangan air di atas tanah, tetapi juga dapat menyebabkan pembusukan akar.

Sebaliknya, sirami tanaman sesuai dengan jenisnya. Seperti halnya kaktus, sedulur tidak perlu disiram setiap hari, melainkan menunggu hingga media tanam sangat kering. Untuk tanaman pada umumnya gunakan cara penyiraman pagi dan sore hari dengan air bersih agar tanaman tetap sehat dan segar.

6. Pemisahan akar yang subur

pabrik
iStock

Akar tanaman yang terlalu tebal dan penuh harus mendapat perhatian ekstra dari pemiliknya. Saatnya memisahkan akar yang rimbun dengan melakukan proses pindah tanam menggunakan pot lain.

Hal ini dilakukan agar ruang akar menjadi lebih luas dan nutrisi dapat terserap dengan baik. Tanaman juga memiliki lebih banyak ruang untuk bernafas, sehingga bisa lebih sehat.

7. Lakukan tindakan pencegahan

pabrik
iStock

Penting untuk mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah serangga berbahaya memasuki tanaman. Cobalah mulai mengganti media tanam luar ruang Anda yang ada dengan campuran pot khusus yang steril dan tidak terkontaminasi.

Baca juga  Penting! Inilah Niat, Doa, dan Tata Cara Mandi Wajib yang Benar

Selain itu, sedulur juga bisa ditransplantasikan dengan cara menanamnya di pot berisi tanah steril. Pastikan drainase dalam kondisi baik agar tanaman tetap sehat dan dapat menahan serangan serangga dengan baik.

8. Beri campuran bawang merah dan bawang putih

pabrik
iStock

Cara terakhir yang bisa dimanfaatkan Sedulur adalah memberi tanaman layu campuran bawang merah dan bawang putih. Cara ini dapat dikatakan efektif, karena larutan bawang merah dan bawang putih mengandung hormon pertumbuhan yang dapat merangsang pertumbuhan tanaman.

BACA JUGA: 14 Jenis Tanaman Toga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Cara memberi campuran bawang merah dan bawang putih

Jika sedulur tertarik, berikut cara memberikan campuran bawang merah dan bawang putih untuk mengobati tanaman layu.

  1. Siapkan 5 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih.
  2. Giling kedua jenis bawang dengan blender, tambahkan satu liter air.
  3. Setelah haluskan, campurkan kembali larutan bawang bombay dengan sekitar 5 liter air.
  4. Larutan bawang merah dan bawang putih siap digunakan atau dioleskan pada tanaman yang layu.
  5. Sedulur bisa menuangkan segelas kecil larutan bawang merah ke dalam media tanam per tanaman di sore hari.
  6. Untuk hasil yang optimal, sirami larutan bawang selama tujuh hingga sepuluh hari berturut-turut.

Demikian penjelasan tentang cara merawat tanaman layu dan mengembalikannya ke tanaman yang sehat dan segar. Semoga informasi dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang berusaha merawat tanaman layu. Semoga beruntung!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Baca juga  15 Contoh Artikel Singkat yang Benar & Baik Dengan Beragam Tema

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org