Cara Menyimpan Cabe di Kulkas

7 Cara Menyimpan Cabe Agar Tahan Lama Berbulan-bulan


Cabai merupakan salah satu bahan terpenting dalam masakan Indonesia. Hampir setiap masakan dari berbagai daerah memadukan buah-buahan dengan rasa pedas ini. Namun agar kuat dan tahan lama, ada beberapa cara menyimpan cabai yang benar di lemari es.

Mengetahui cara menyimpan cabai tentu menjadi hal yang wajib diketahui para pengusaha kuliner dan ibu-ibu di rumah. Hal ini agar cabai yang dibeli tidak cepat busuk dan hilang. Ingin tahu bagaimana cara menyimpan cabai yang benar agar tetap segar? Periksa berikut ini.

BACA JUGA: Jangan disimpan di kulkas, berikut tips dan cara menyimpan saus yang benar!

1. Selalu pilih cabai yang segar dan enak.

Urvara Krsi

Cara menyimpan cabai agar selalu segar dan tidak busuk adalah dengan memilih cabai yang berkualitas baik.

Ini dilaporkan Dapur NeffIni adalah langkah pertama jika Anda ingin memiliki persediaan cabai yang baik untuk waktu yang lama. Jika Sedulur bisa mendapatkan cabai berkualitas baik pada tahap ini, maka cabai tersebut bisa disimpan hingga 2-3 bulan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan cabai yang segar dan enak, yaitu:

  • Perhatikan warna cabai. Pilih cabai yang berwarna cerah, bukan yang hitam.
  • Pastikan batang cabai hijau dan kokoh.
  • Rasa cabai pedasnya kuat dan bisa dirasakan langsung.
  • Bentuk cabai besar dan lurus.
  • Daging cabai memiliki tekstur yang lembut namun tegas saat dipegang.

2. Buang batang sebelum disimpan

Teknik Mengiris Cabai
Bersembunyi

Jika sudah memiliki cabai yang berkualitas baik, sedulur dapat meningkatkan daya simpan cabai dengan membuang tangkainya.

Alasan mengapa ini adalah cara menyimpan cabai di lemari es agar tahan lama tidak terlepas dari batangnya, yang dapat menyerap sari dari daging cabai agar tetap bertahan.

Memangkas atau membuang batang cabai tidak boleh dilakukan sembarangan. Saudara-saudara dapat menggunakan gunting untuk menghilangkan beberapa batang meninggalkan kelopak kecil di ujung cabai.

Baca juga  Cara Tambah Followers Instagram Gratis, Mudah & Aman

3. Jangan Pernah Mencuci Cabe Cabai

Cara menyimpan cabai di kulkas
Bersembunyi

Di halaman Rempah-rempah India onlineCara menyimpan cabai di lemari es agar tidak busuk adalah dengan tidak mencucinya dengan air. Inilah yang direkomendasikan oleh para ahli untuk meningkatkan daya tahan cabai.

Menurut penelitian yang ada, kandungan air yang tinggi setelah cabai rawit dibilas membuat bahan makanan menjadi lebih lembab. Akibatnya, cabai akan lebih mudah membusuk. Dan Sedulur bisa mencuci cabai sebelum dimasak.

4. Simpan dalam wadah kedap udara.

Cara menyimpan cabai di kulkas
Kari dalam pot

Mengetahui tiga cara menyimpan cabai di lemari es agar tahan lebih lama, Amak Sedulur bisa mencoba cara berikut ini. Yaitu dengan menyimpan kabeke dalam wadah kedap udara.

Menurut Kompas, Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Prasetyo Widodo, cabai bisa bertahan lebih lama jika disimpan dalam wadah kedap udara.

Cara penyimpanan cabai ini dapat mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab pembusukan cabai. Selain itu, proses ini juga menjaga kadar air cabai agar tidak mudah menguap saat disimpan di lemari es.

BACA JUGA: Cari tahu dosisnya di resep lengkap

5. Gunakan bawang putih segar

Cara menyimpan cabai di kulkas
Gourmet lepas landas

Jika sedulur sering memperhatikan cara penyimpanan para penikmat masakan, ia akan menemukan cabai yang disimpan dengan bawang bombay. Ternyata hal ini dapat meningkatkan umur simpan cabai agar tetap segar dan tahan lama.

Sedulur cukup campurkan bawang putih yang sudah dikupas dengan cabai rawit segar. Simpan dalam wadah kedap udara dan tutup dengan kertas atau kain. Ingatlah untuk sering mengganti tisu untuk menghindari kelembaban masuk ke dalam wadah.

Menurut penelitian yang ada, bawang putih dapat menjadi pengawet alami karena mengandung senyawa antibakteri. Hal inilah yang membuat cabai menjadi keras dan tahan busuk.

6. Gunakan kulkas untuk penyimpanan

Cara menyimpan sayuran
Santapan pembaca

Cara menyimpan cabai selanjutnya adalah dengan menyimpannya di lemari es. Hal ini sangat penting karena di dalam lemari pendingin, cabai dapat disimpan dalam keadaan stabil dan tidak diserang oleh bakteri yang mempercepat pembusukan.

Baca juga  Arti Ya Latif dan Cara Meneladani dan Mengamalkannya

Cabai yang disimpan di lemari es bisa bertahan hingga seminggu, menurut sebuah penelitian oleh restoran Amuz Gorumet. Hal ini dibandingkan dengan cabai yang disimpan di dalam ruangan yang hanya bisa disimpan selama 2 hari.

Salah satu kunci untuk menyimpan cabai lama di lemari es adalah mengatur suhu yang tepat. Dimana, saat lemari es sebaiknya disetel dengan suhu sekitar 5 derajat celcius.

7. Bungkus dengan kain kering

Cara menyimpan cabai di kulkas
gulungan

Cara terakhir menyimpan cabai di lemari es agar tetap segar adalah dengan membungkus cabai dengan kain kering. Metode ini adalah saran yang bagus untuk menjaga cabai tetap kering saat didinginkan.

Terlebih lagi, dengan meletakkan kain kering di dalam wadah, sedulur dapat mengurangi risiko cabai yang terlalu basah. Sedangkan untuk tisu kering, Anda bisa menggunakannya sebagai alas dalam wadah atau membungkus cabai secara langsung.

Usahakan untuk memperhatikan serbet dan menggantinya dalam jangka waktu tertentu agar cabai tetap segar.

BACA JUGA: Inspirasi isi paket sembako murah untuk berbagi dan memberi

Apa yang Harus Dihindari

Mengetahui cara menyimpan cabai di lemari es yang baik dan benar. Saudara-saudara juga harus mematuhi beberapa pantangan saat menyimpan cabai di lemari es.

Ini karena ada beberapa makanan yang jika disimpan di dekat cabai, bisa mempercepat pembusukan. Berikut adalah ikhtisarnya:

1. Jauhkan dari produk susu

Penyimpanan susu
Makan ini, bukan ini

Susu biasanya menjadi salah satu makanan yang selalu disimpan di lemari es. Namun, jika Sedulur ingin menyimpan cabai di satu tempat, jangan menaruh susu dan cabai bersebelahan.

Hal ini tidak lepas dari kandungan zat dalam susu yang dapat menyerap rasa cabai dan membuatnya terasa hambar. Sedulur juga harus memperhatikan produk susu lainnya seperti keju dan yogurt agar tidak mendekati cabai.

Baca juga  Arti 17.32 dan Kode Lainnya yang Sedang Ramai di Medsos

2. Hati-hati Saat Mencampur Cabai dengan Sayuran

Cara menyimpan cabai di kulkas
Rotopia

Tahukah Anda bahwa meskipun termasuk dalam kategori sayuran buah, cabai tidak boleh dicampur dengan sayuran lain. Ini juga salah satu cara untuk menyimpan cabai di lemari es agar bisa bertahan lebih lama dan lebih lama.

Cabai rawit yang disimpan dengan sayuran lain seperti sawi, bayam, dan daun seledri dapat menyerap rasa cabai dengan cepat, menurut sebuah penelitian. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya rasa pada cabai dan sayuran yang tidak memiliki rasa.

3. Jauhkan dari buah busuk

penyelamatan buah
Wanita salad itu

Selain sayuran, disarankan juga untuk tidak memiliki buah di dekat tempat penyimpanan cabai. Hal ini dikarenakan buah tersebut dapat menyebabkan cabai cepat busuk dan memiliki bau yang tidak sedap.

Adapun buah-buahan yang menyebabkan cabai kehilangan kesegarannya adalah alpukat, pisang, dan tomat. Untuk melakukan ini, atur buah dan sayuran dalam wadah berbeda di lemari es.

4. Hindari Cabai Dekat Telur

telur
Bersembunyi

Telur, yang merupakan produk asal hewan, tidak disarankan untuk disimpan di sebelah cabai di lemari es. Hal ini karena gas yang dikeluarkan oleh telur dapat mempercepat kelayuan cabai.

Itulah beberapa cara menyimpan cabai di lemari es yang bisa Anda coba. Anda tahu bahwa stok cabai sedulur tidak hanya bertahan beberapa hari, tetapi juga berbulan-bulan. Plus, cabai selalu segar.

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org