12 Desain Toko Sembako Sederhana

Cara Jitu Menghitung Laba Toko Kelontong


Masih belum tahu cara mudah menghitung keuntungan toko kelontong? Mari kita simak ulasan artikel di bawah ini.

Toko kelontong merupakan bisnis yang sangat menguntungkan karena toko kelontong menyediakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat. Toko kelontong juga merupakan bisnis yang menyediakan kebutuhan pokok.

Toko kelontong yang wajib ada adalah lokasi yang berada di kawasan yang dekat dengan bangunan tempat tinggal dan pemukiman. Oleh karena itu, sangat wajar dan tidak heran jika bisnis ini termasuk dalam kategori ramai dan memiliki pendapatan yang cukup tinggi.

Hal inilah yang mempengaruhi mengapa toko kelontong menjadi bisnis yang sangat menarik dan menguntungkan. Meski tergolong toko kecil, ternyata toko kelontong selalu mengalami peningkatan pendapatan setiap harinya.

Penting bagi Sedulur yang memiliki bisnis toko kelontong untuk mengetahui cara menghitung keuntungan toko kelontong. Perhitungan keuntungan bertujuan untuk memberikan informasi tentang keuntungan pada setiap periode tertentu dari transaksi.

Dengan menghitung keuntungan toko kelontong yang benar, Sedulur dapat mengetahui perbedaan margin keuntungan Anda. Bagi Anda yang belum tahu betapa mudahnya menghitung keuntungan toko kelontong, berikut beberapa tips dan cara sederhananya.

Bagaimana langkah mudah menghitung keuntungan toko kelontong yang bisa dilakukan Sedulur? Yuk simak ulasannya.

BACA JUGA: Inspirasi model rak kayu toko kelontong agar lebih cantik

Cara Menghitung Keuntungan Toko Kelontong

Untuk mengetahui manfaat bisnis toko kelontong, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Hal ini penting agar Sedulur dapat menyusun strategi yang tepat dan menentukan harga jual pembelian bulanan.

1. Mulailah dengan menghitung semua keuntungan

Pengeluaran bulanan
Super

Perhitungan keuntungan toko kelontong juga akan mempengaruhi bagaimana keputusan dibuat di toko kelontong. Salah satu komponen penting dari perhitungan keuntungan adalah mengetahui rincian modal toko kelontong utama.

Selain mendaftar apa yang dijual toko kelontong, daftar toko kelontong biasa, dan penjual toko kelontong. Sedulur dapat menghitung keuntungan toko kelontong untuk periode tertentu.

Mau hitung untung dari penjualan kebutuhan pokok selama seminggu, sebulan atau bahkan setahun. Hitung semua keuntungan terlebih dahulu, lalu hitung keuntungan untuk periode yang diinginkan. Ingatlah untuk menghitung dengan cermat dan hati-hati.

2. Bandingkan dengan biaya

cara menghitung keuntungan toko kelontong
pinterest

Cara menghitung laba toko kelontong selanjutnya adalah dengan membandingkannya dengan pengeluaran. Jika semua keuntungan yang diperoleh Sedulur dikumpulkan. Coba lihat bagaimana pengeluaran diatur, seperti pembelian toko, gaji karyawan, biaya listrik dan air, sewa tempat, dan sejenisnya.

Bandingkan dengan pendapat umum, kurang lebih. Jika biaya melebihi keuntungan yang diperoleh, maka toko kelontong modern Sedulur mengalami kerugian. Namun jika sebaliknya, toko kelontong Sedulur akan diuntungkan.

BACA JUGA: Mengenal Sejarah Toko Kelontong di Indonesia

3. Lihat promosi

Pengeluaran bulanan
Super

Melihat berbagai produk toko kelontong Saudara, kita dapat mengetahui margin keuntungan dari toko kelontong. Sedulur dapat membandingkan stok awal dengan stok akhir kebutuhan pokok di toko kelontong yang dioperasikan oleh Sedulur.

Sedulur Super juga dapat menghitung keuntungan dengan mengurangkan stok awal dari stok akhir. Dengan cara ini Anda akan mengetahui jumlah saham yang terjual. Dengan menghitung dan menjumlahkan harga jual satu unit, Sedulur akan mendapatkan gambaran berapa keuntungan yang diperolehnya.

empat. Akuntansi Laba Sederhana

cara menghitung keuntungan toko kelontong
pinterest

Penghitungan keuntungan yang sederhana akan memudahkan Sedulur untuk menghitung keuntungan yang diperoleh. Apalagi untuk toko kelontong yang penjualannya semakin hari semakin meningkat, akan aneh jika Sedulur membuat laporan pembukuan karena akan sulit untuk diteliti.

Untuk menghitung keuntungan yang diperoleh tidak akan pernah lepas dari melihat buku-buku pengeluaran toko. Dengan melihat laporan ini, akan lebih mudah bagi Sedulur untuk menentukan margin keuntungan sebuah toko kelontong.

Oleh karena itu, Sedulur Super harus menyusun laporan pembukuan pengeluaran toko secara cermat, teliti dan tentunya mudah dipahami.

BACA JUGA: Inspirasi model rak kayu toko kelontong agar lebih cantik

5. Gunakan Aplikasi Super dan Fitur Toko Saya

Super app adalah aplikasi grosir atau aplikasi toko kelontong yang memudahkan grosir Sedulur Super dan juga mendapatkan harga yang murah. Aplikasi surat ini juga akan memberikan banyak keuntungan bagi Sedulur yang memiliki kios, toko atau bisnis makanan mainstream lainnya.

Karena ada beberapa program yang sangat berguna di Super Application yaitu Super Agent, Superenter Partner dan fitur My Store terbaru yang baru saja dirilis oleh Super Application.

Fitur My Store berfungsi seperti aplikasi manajemen toko karena setiap transaksi pelanggan yang membeli produk dari toko Sedulur melalui Super App akan terekam dengan baik dan terdata secara detail dan rapi.

Superfood yang disediakan oleh Sedulur juga akan mudah dikelola karena catatannya terekam dengan baik oleh fungsi “Toko Saya”. Menggunakan fungsi “Toko Saya”, Sedulur dapat dengan mudah menghitung keuntungan toko kelontong.

Menggunakan Super App untuk menghitung keuntungan toko kelontong adalah hal yang benar untuk dilakukan. Jangan lupa kunjungi halamannya aplikasi super untuk mempelajari cara mendaftar Aplikasi Super, dan juga klik di sini untuk mengunduh Aplikasi Super.

Jadi Sedulur Super tidak perlu lagi khawatir dengan pengelolaan toko kelontong, dan juga mudah untuk menghitung keuntungan toko kelontong. Semoga beruntung!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini saat ini!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini secara sederhana!




https://wvmuseums.org

Baca juga  Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri & Contohnya