Cara Menghitung Rumus Diskon di Excel dengan Mudah

Cara Menghitung Rumus Diskon di Excel dengan Mudah


Cara Menghitung Diskon di Excel dapat mempermudah hidup Sedulur karena Excel memiliki formula diskon yang dapat menghitung persen diskon secara otomatis di Excel. Tentunya hal ini bisa dilakukan setelah Sedulur mengetahui rumus Excel untuk mencari diskon.

Pada kesempatan kali ini Super akan menjelaskan cara membuat rumus diskon di excel beserta rumus diskon di excel. Baik itu cara menghitung diskon 50+20 di excel, rumus diskon bersyarat excel, rumus excel dengan diskon tiga tingkat, rumus excel harga dikurangi persentase, rumus excel pengurangan persentase, rumus excel diskon 10 persen, rumus PPN excel, rumus diskon excel, jika cara mencari diskon di excel menggunakan vlookup. Untuk itu, langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 1 liter beras berapa kg? Ini adalah cara termudah untuk menghitung

Cara menghitung diskon di Excel, mudah dan praktis!

Menghitung diskon menggunakan aplikasi seperti Microsoft Excel sangat mudah. Ini karena fakta bahwa perhitungan yang dibuat memungkinkan Anda menemukan jawabannya dengan sangat cepat dan akurat. Namun, untuk dapat menemukan hasil perhitungan diskon yang benar, Sedulur harus mengetahui rumus Excel yang benar.

satu. Cara menghitung harga barang setelah diskon menggunakan Excel

Untuk mempermudah mempelajari cara menghitung diskon di Excel, kami hanya akan menggunakan contoh dari latihan dan mempraktikkannya. Misalnya, Sedulur membeli laptop dengan harga asli Rs. 4 500.000, tapi karena promosi tahun baru berlaku, Sedulur mendapat diskon 25%. Jadi berapa yang harus Sedulur bayar untuk sebuah laptop?

Misalnya, Sedulur menempatkan harga laptop di kolom B2 dan diskon di kolom C2. Untuk menghitungnya, cukup menggunakan rumus \u003d B2 * C2. Dengan rumus tersebut, hasil yang didapat adalah Rp 1,125 juta sebagai potongan harga. Jadi, harga laptop yang harus Anda bayar adalah Rs 3.375.000.

BACA JUGA: Berikut cara menggunakan tes yang benar dan akurat

2. Cara menghitung harga asli barang yang didiskon di Excel

2. Bagaimana cara menghitung harga asli barang yang didiskon menggunakan Excel

Dengan metode pertama menghitung diskon di Excel, Sedulur sudah tahu cara menghitung diskon di ezel, yang mengetahui jumlah diskon, jadi dengan metode kedua menghitung diskon di Excel, Sedulur akan mengetahui harga diskon asli. hal. Lihat contoh di bawah ini.

Sedulur membeli laptop dengan harga Rs. 3.375.000 adalah harga laptop dengan diskon 25%, namun sebelumnya Sedulur tidak mengetahui berapa harga aslinya. Anehnya, Sedulur juga mencari cara untuk menghitungnya di Excel.

Seperti gambar yang bisa dilihat Sedulur di atas, Sedulur cukup melakukan perhitungan untuk mendapatkan harga awal. (B2*C2)/(100%-C2), maka hasilnya adalah Rp. 1 125 000. Sedulur tambahkan saja ke harga awal, 1.125.000 + 3.3750.000 = 4.500.000. Lalu harga awal laptop menggosok. 4.500.000. Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, daftar lengkap rumus dan metode. Selain cara di atas, ada beberapa cara yang lebih sederhana untuk menghitung diskon.

BACA JUGA: Cara Menghitung Tagihan Listrik yang Benar dan Akurat

3. Cara menghitung diskon reguler

3. Bagaimana cara menghitung diskon reguler

Cara menghitung diskon di excel, sedulur juga bisa menghitung diskon biasa, lihat contoh di bawah ini. Kakak-kakak cari 20% dari 125.000. Cara menghitung ini sangat sederhana, Sedulur cukup menghitung 125.000 × 10/100 = 25.000. Total diskon 20% dari 125.000 menjadi 25.000. Jadi Sedulur cukup mengurangi 125.000 – 25.000 = 100.000. harga akhir produk dengan diskon 20% adalah 50.000 rubel. 100.000 dan harga diskon adalah Rp. 25.000.

empat. Cara menghitung diskon cepat

4. Cara menghitung diskon cepat

Ada cara cepat menghitung diskon yang bisa dilakukan Sedulur. Menggunakan contoh yang sama pada #3 di atas, Sedulur hanya akan mengurangi jumlah diskon sebesar 100%. Dalam contoh, diskonnya adalah 20%, maka 100% -20% = 80%. Sedulur kemudian cukup melakukan perhitungan, yaitu 80/100×125.000 = 100.000. Cara ini sangat sederhana dan cepat.

5. Perhitungan diskon ganda

5. Perhitungan diskon ganda

Selain diskon tunggal atau diskon umum, ada jenis diskon yang menggiurkan dan sering membingungkan, yaitu diskon ganda. Diskon ganda yang biasa kita temukan adalah 50% + 20%. Namun, contoh diskon ganda tidak berarti bahwa jumlah diskon adalah 70%. Maksud dari contoh diskon ganda adalah harga awal dihitung terlebih dahulu dengan diskon 50%, kemudian hasilnya dihitung lagi dengan diskon 20%.

Misal, barang seharga Rp 300.000 mendapat diskon ganda 50% + 20%. Kemudian metode perhitungan diskon: pertama 300.000, diskon 50% 50/100×300.000 = 150.000. Faktur berikutnya 150.000 dengan diskon 20%. 80/100 × 150.000 = 120.000. Maka harga akhirnya adalah 50.000 rubel. 120.000 dikurangi diskon ganda.

BACA JUGA: 5 Cara Cepat dan Mudah Mengaktifkan Windows 10 Secara Permanen

6. Cara menghitung diskon bersyarat menggunakan rumus Excel

cara menghitung diskon di excel
iStock

Cara menghitung diskon selanjutnya adalah diskon bersyarat, yang biasanya didapat jika Sedulur membeli suatu produk dengan jumlah yang telah ditentukan. Dengan kata lain, jika pembelian tidak memenuhi ambang batas pembayaran minimum yang ditentukan, maka Sedulur tidak akan menerima diskon. Diskon tersebut biasanya mencakup ketentuan: semakin banyak pembelian, semakin banyak diskon yang akan Anda terima. Nah, berikut ini cara menghitung diskon bersyarat menggunakan Excel.

Misalnya, Sedulur akan mendapatkan diskon 10 persen jika melakukan pembelian minimal di bawah Rp 1 juta dan akan mendapatkan diskon 15 persen jika melakukan pembelian antara Rp 1 hingga 10 juta. Jadi, perhitungannya adalah sebagai berikut.

Baca juga  Pengertian, Jenis, Hukum, Cara & Contoh Bacannya

Jika total pembelian yang nantinya akan dibeli adalah 1.050.000, maka Sedulur akan mendapatkan diskon 15 persen. Jadi 1.050.000 akan dikalikan dengan 15 persen. Sedulur akan menerima potongan harga Rs 157.500 dan Sedulur hanya akan membayar Rs 892.500.

7. Bagaimana cara menghitung diskon tanpa syarat

cara menghitung diskon di excel
pilih bebas

Selain diskon bersyarat, Sedulur juga dapat menghitung diskon tanpa syarat di Excel. Tujuan dari diskon tanpa syarat adalah bahwa tidak ada kondisi khusus, seperti pembelian minimum, untuk menerima diskon.

Misalnya, Sedulur membeli produk seharga Rs 125.000. Dalam sebuah transaksiDengan demikian, Sedulur mendapat diskon 20 persen. Kemudian dapat dihitung bahwa jumlah nominal rabat yang diterima adalah Rs 125.000 x 20 persen, yaitu Rs 25.000. Perlu dicatat bahwa Rp 25.000 adalah diskon besar. Sedangkan untuk mengetahui besarnya harga yang harus dibayar, Sedulur harus menghitung harga asli dikurangi diskon sehingga dapat ditulis Rs 125.000 – Rs 25.000 yaitu Rs 100.000. Jadi Sedulur hanya membayar Rs 100k untuk membeli item.

BACA JUGA: Rumus hitungan Excel, ubah angka menjadi huruf

Mengapa menghitung diskon menggunakan Excel?

Super

Sedulur dapat menggunakan berbagai metode untuk menghitung harga diskon. Mulai dari cara manual, menggunakan kalkulator, hingga menggunakan aplikasi seperti Excel. Nah, saat menghitung diskon dengan Excel, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan Sedulur.

Pertama, Excel adalah aplikasi yang dapat digunakan di berbagai perangkat, termasuk PC. Selain itu, Excel juga merupakan aplikasi pengolah data. Sehingga Sedulur dapat menghitung diskon saat mengolah data dalam satu aplikasi. Keunggulan selanjutnya adalah Excel menyediakan berbagai rumus untuk menghitung diskon secara detail, seperti yang dijelaskan di atas.

Manfaat Aplikasi Excel

Mengetahui berbagai cara menghitung diskon menggunakan aplikasi Excel, Sedulur tentu penasaran mengapa begitu banyak orang yang menggunakan aplikasi ini dalam kehidupan sehari-hari. Nah, berikut ini beberapa keunggulan aplikasi Excel yang membuatnya banyak digunakan sebagai pilihan. Dengar, ya!

1. Memiliki fungsi yang lengkap

cara menghitung diskon di excel
iStock

Meskipun desain dan tampilannya sederhana, aplikasi ini memiliki fitur yang sangat beragam. Dapat dikatakan bahwa Excel memiliki fitur yang sangat lengkap. Selain dapat digunakan untuk menghitung diskon menggunakan rumus atau rumus, Excel juga dapat digunakan untuk menghasilkan data dalam bentuk grafik. Itu belum tentu milik aplikasi pemrosesan data lainnya. Kelebihan dari aplikasi ini tentunya dapat membantu Sedulur untuk menghitung dan menampilkan data hasil dengan sangat cepat dan akurat.

2. Dapat menyimpan banyak data

cara menghitung diskon di excel
iStock

Kelebihan lain dari aplikasi Excel adalah dapat menyimpan data dalam jumlah besar. Fitur ini akan menjadi solusi untuk kekurangan kalkulator, yaitu ketidakmampuan untuk menyimpan data yang dihitung atau hilangnya sederhana mereka. Dengan aplikasi Excel Sedulur, Anda tidak perlu takut kehilangan data perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya, karena Sedulur masih dapat membuka kembali data perhitungan kapan saja, di mana saja.

Baca juga  Ciri, Risiko, dan Cara Mengatasinya

3. Sangat mudah digunakan

cara menghitung diskon di excel
iStock

Manfaat terakhir adalah kemudahan penggunaan. Aplikasi Excel memberikan kemudahan akses bagi siapa saja yang akan menggunakannya. Excel menyediakan perhitungan langsung menggunakan simbol, sehingga Anda tidak perlu takut dengan rumus yang terlihat rumit. Sedulur dapat dengan mudah melihat berbagai rumus yang digunakan oleh aplikasi Excel di kolom panduan yang disediakan.

Gunakan Super app agar Sedulur dapat membeli produk dengan harga diskon setiap saat

Pengeluaran bulanan
Super

Jika Sedulur ingin berbelanja dengan harga murah, seperti diskon, Sedulur sebenarnya hanya berbelanja di Super App. Meski tanpa diskon, setiap item di Super App mendapatkan harga yang murah, tentunya dengan kualitas terbaik. Harga rendah dengan mudah berarti barang berkualitas rendah.

Fakta ini tidak berarti bahwa Super Apps tidak memiliki diskon sama sekali. Ada juga banyak produk yang sudah memiliki harga murah dan juga mendapatkan diskon. Khusus untuk pelanggan Super Aplikasi reguler yang tergabung dalam Komunitas Pengusaha Super Aplikasi Mitra Super Center. Banyak diskon dengan layanan prioritas tersedia. Hal ini tentu sangat menguntungkan, tidak perlu menunggu dulu sampai produk mendapat diskon.

Diskon penting untuk pembelian bulananPengeluaran bulanan

Salah satu manfaat dapat menentukan dan menghitung diskon adalah pembelian bulanan. Hal ini dapat membantu anggaran Sedulur dengan cara yang tidak boros dan tidak tepat dalam mengelola seluruh dana keluarga. Dengan demikian, mengetahui cara menghitung diskon sangat penting bagi kepala keluarga dan bagi ibu sebagai bendahara keluarga.

Bagaimana dengan saudara ini? Sudah paham cara menghitung diskon di Excel? Semoga informasi di atas bisa membantu Sedulur berburu diskon untuk berbagai kebutuhan ya.

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini saat ini!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini secara sederhana!




https://wvmuseums.org