Cara Menghilangkan Stretch Mark, Gejala, dan Pencegahannya

Cara Menghilangkan Stretch Mark, Gejala, dan Pencegahannya


Terkadang, stretch mark membuat seseorang kurang percaya diri. Lantas, bagaimana cara menghilangkan stretch mark?

Simak ulasan berikut untuk informasi selengkapnya. Selamat membaca!

 

Summary:

  • Stretch mark adalah guratan putih kemerahan di kulit yang memanjang dan muncul akibat elastisitas kulit yang melewati batas.
  • Meski tidak berbahaya, timbulnya garis kemarahan atau putih di tubuh membuat kepercayaan diri menurun

 

Keinginan untuk Memiliki Kulit Sehat dan Bersih

Kulit yang sehat dan bersih adalah impian banyak orang, baik laki-laki atau perempuan. Kulit yang sehat, terlepas dari warnanya, akan membuat seseorang percaya diri.

Timbulnya masalah pada kulit akan mengurangi tingkat kepercayaan diri. Terlebih, kulit yang bermasalah terletak di bagian yang biasanya terlihat, seperti kaki atau perut. Tentu akan mengganggu penampilan.

Salah satu masalah yang biasanya dialami adalah stretch mark. Meski tidak berbahaya, timbulnya garis kemarahan atau putih di tubuh membuat kepercayaan diri menurun.

Lalu, apakah ada cara menghilangkan stretch mark?

Untuk menjawab kebingungan kamu, kali ini kita akan membahas mengenai cara menghilangkan stretch mark di tubuh dalam ulasan berikut! 

 

Apa Itu Stretch Mark?

Stretch mark di kulit merupakan hal yang tidak diinginkan karena kehadirannya akan mengganggu penampilan.

Stretch mark adalah guratan putih kemerahan di kulit yang memanjang dari ukuran milimeter sampai sentimeter. Biasanya, stretch mark muncul akibat elastisitas kulit yang melewati batas.

Stretch mark dapat terjadi di semua jenis kelainan, terutama ketika beranjak dewasa atau ketika hamil.

Tanda awal kemunculan stretch mark adalah timbulnya garis merah atau ungu di kulit dan teksturnya berbeda daripada bagian lain yang normal.

Jika dibiarkan stretch mark akan berubah menjadi berwarna mendekati putih dengan tampilan sedikit mengkilap.

 

Penyebab Terjadinya Stretch Mark

Sebelum mengetahui cara menghilangkan stretch mark, ada baiknya kamu mengetahui penyebabnya. Umumnya, gangguan ini terjadi karena rusaknya jaringan elastin dermis yang diikuti radang.

Bagian ini biasanya gatal dan mungkin akan mengalami iritasi.

Berikut adalah beberapa penyebab stretch mark yang dapat diidentifikasi:

 

#1 Proses Kehamilan

Pada masa kehamilan, kulit akan meregang sehingga memberi ruang kepada bayi di dalam rahim. Imbas dari peregangan ini adalah timbulnya stretch mark di kulit.

Dalam peluncuran Dae Organics, Dokter Arini Astasari Widodo, Sp.KK, mengemukakan bahwa gangguan stretch mark ketika hamil terjadi karena putusnya serat elastin.

Mereka yang mengalami ini biasanya hamil di usia antara 21 sampai 41 tahun.

 

#2 Kondisi Kesehatan Tertentu

Kondisi kesehatan tertentu seperti sindrom cushing dan marfan dapat menyebabkan stretch mark.

Sindrom cushing meningkatkan produksi hormon sehingga berat badan bertambah terlalu cepat. Sedangkan sindrom marfan menurunkan elastisitas kulit.

 

#3 Lonjakan Berat Badan

Ketika tubuh mengalami lonjakan berat badan dengan cepat, kulit akan berkontraksi begitu cepat sehingga beberapa jaringan di dalamnya rusak. Karenanya, bagian yang berkontraksi akan meninggalkan bekas.

 

#4 Pubertas

Anak-anak yang mengalami pubertas menuju masa remaja mengalami pertumbuhan yang cepat. Biasanya, beberapa di antara mereka mengalami stretch mark.

Ketika tubuh mengalami pertumbuhan yang cepat, kulit akan memaksa meregang untuk menutupi bagian baru. Jika prosesnya sangat cepat, stretch mark dapat muncul di beberapa bagian tubuh.

 

#5 Penggunaan Kortikosteroid

Kadar kolagen akan turun sebagai implikasi penggunaan kortikosteroid dalam jangka panjang. Jika kondisi ini terjadi, maka tubuh akan mengalami stretch mark.

[Baca Juga: Penting Diketahui, ini Tanda-tanda Tubuh Akan Alami Serangan Jantung]

 

Gejala Stretch Mark

Berikut adalah gejala stretch mark yang biasanya muncul:

  1. Timbul lekukan berjajar atau garis di kulit dalam warna ungu, hitam, merah, biru, atau merah muda.
  1. Garis timbul di bagian tubuh dengan cakupan cukup luas.
  1. Garis ada di paha, panggul, payudara, perut, atau bokong.
  1. Garis berwarna mulai memudah, kemudian menjadi berwarna mendekati putih.

 

15 Cara Menghilangkan Stretch mark 

Ada banyak cara menghilangkan stretch mark yang dapat kamu lakukan, antara lain sebagai berikut.

 

#1 Memanfaatkan Retin-A

Cara menghilangkan stretch mark yang pertama adalah dengan memanfaatkan Retin-A. Bahan ini akan memicu pembentukan kolagen sehingga akan menyehatkan kulit.

Retin-A bisa kamu gunakan dengan resep dokter. Terlebih jika stretch mark terjadi saat hamil, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter.

 

#2 Terapi Laser

Terapi laser merupakan salah satu cara menghilangkan stretch mark yang ampuh. Metode ini akan menyamarkan bekasnya.

Terapi laser harus kamu lakukan beberapa kali agar hasilnya lebih maksimal. Teknologi laser akan menghasilkan panas yang kemudian memicu pembentukan kolagen dan mengecilkan pembuluh darah.

[Baca Juga: Sering Rebahan, Hati-hati Ini Efek Sampingnya Terhadap Tubuh]

 

#3 Mikrodermabrasi

Meskipun awalnya penggunaan mikrodermabrasi hanya untuk mengurangi bintik penuaan, kulit yang rusak karena sinar matahari, lipatan, serta bekas jerawat, faktanya tindakan ini cocok untuk menghilangkan stretch mark.

Studi tahun 2014 dan 2015 membuktikan hal tersebut. Cara ini dapat dilakukan oleh ibu hamil pasca melahirkan.

 

#4 Chemical Peeling

Chemical peeling dilakukan dengan mengaplikasikan asam yang aman sehingga kulit akan mengalami pengelupasan. Tindakan ini hanya dapat kamu lakukan dengan bantuan dokter kulit atau ahli bedah plastik.

Cara menghilangkan stretch mark satu ini tergolong manjur, lho.

Metode peeling ini memanfaatkan asam alfa-hidroksi (AHA) dan asam beta-hidroksi (BHA), asam laktat, asam salisilat, asam glikolat, serta asam retinoat.

Chemical peeling dapat dilakukan oleh siapa pun. Tetapi, tidak pada ibu hamil. Mereka harus berkonsultasi dengan dokter.

 

#5 Microneedling

Cara menghilangkan stretch mark selanjutnya adalah serangkaian tindakan mengurangi kerutan dan bekas luka dengan menusukkan jarum halus ke kulit dalam metode microneedling.

Dalam studi yang dilakukan pada 2012, ditemukan bahwa cara ini dapat menghilangkan stretch mark dalam 4 minggu. Perawatan yang diperlukan adalah antara satu sampai empat kali.

 

#6 Menggunakan Krim Stretch Mark

Cara menghilangkan stretch mark yang lebih mudah dapat kamu lakukan, yakni dengan memanfaatkan losion penyamar stretch mark. kamu dapat menggunakan losion dengan kandungan bawang, Centella asiatica, asam hialuronat, dan vitamin C.

 

#7 Radiofrequency

Selanjutnya, kamu dapat mencoba tindakan radiofrequency sebagai salah satu cara menghilangkan stretch mark.

Tindakan ini merupakan metode yang memanfaatkan panas gelombang radio ke kulit untuk menyembuhkan luka, merangkai pembentukan kolagen, serta mengencangkan kulit.

Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan tindakan ini. Jika mereka merekomendasikan, silakan lakukan radiofrequency.

 

#8 Minum Air Putih yang Cukup

Faktanya, air putih dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan stretch mark. Konsumsi air putih yang cukup akan meningkatkan kelembaban serta elastisitas kulit.

Usahakan minum antara delapan sampai sepuluh gelas air putih per hari.

 

#9 Bubuk Cokelat

Kamu bisa memanfaatkan bubuk cokelat sebagai salah satu cara menghilangkan stretch mark. Bahan ini akan memudarkan stretch mark jika menggunakannya dengan rutin.

Caranya, siapkan cokelat tawar (belum dicampur gula) dan tambahkan air agar berbentuk pasta/krim. Oleskan di bagian stretch mark, kemudian biarkan antara 15-30 menit. Lalu, bilas.

Kamu bisa menerapkan cara ini bisa dua kali sehari selama dua bulan. Kamu bisa mengombinasikannya dengan cara lainnya.

 

#10 Perasan Lemon

Air perasan lemon merupakan bahan penghilang stretch mark yang murah. Caranya dengan mencelupkan kapas ke air lemon, lalu mengaplikasikannya ke guratan kulit.

Untuk hasil terbaik, diamkan selama 10 menit. Selain itu, kamu juga harus konsisten melakukannya agar stretch mark memudar.

[Baca Juga: Daya Tahan Tubuh Menurun? Yuk Coba 3 Bahan Makanan Ini]

 

#11 Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat kamu gunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark. Bahan ini kaya akan vitamin E yang bermanfaat untuk melembapkan kulit, melancarkan peredaran darah, dan menyamarkan stretch mark.

Kamu hanya perlu mengaplikasikan bahan ini ke guratan kulit dan mendiamkannya selama 20-30 menit. Setelah selesai, bilas dengan air hangat.

 

#12 Putih Telur

Kandungan asam amino dan protein dalam putih telur akan meregenerasi kulit agar lebih cerah dan menyamarkan stretch mark. Telur merupakan bahan alami yang cukup manjur untuk mengatasi masalah ini.

Untuk menggunakannya, kamu perlu mengocok lepas putih telur, kemudian mengaplikasikannya ke wajah dengan kuas. Setelah selesai, bilas dengan air dingin.

Cara menghilangkan stretch mark ini perlu kamu ulangi agar hasilnya terlihat.

 

#13 Lidah Buaya

Selain bisa memperindah rambut, lidah buaya juga dapat menjaga kesehatan kulit, termasuk menyamarkan stretch mark, lho.

Caranya, cukup oleskan ekstrak gel lidah buaya ke guratan kulit. Kemudian diamkan beberapa menit sebelum dibilas. Lakukan cara ini berulang kali agar mendapat hasil maksimal.

 

#14 Madu Asli

Cara menghilangkan stretch mark selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan madu asli. Bahan ini mengandung antiseptik yang dapat mengurangi guratan di tubuh.

Caranya, kamu bisa memulai dengan buat campuran madu, gliserin, dan garam. Kemudian, aplikasikan di guratan lalu diamkan hingga kering. Terakhir bilas dengan air bersih.

 

#15 Gula

Gula adalah cara menghilangkan stretch mark yang juga cukup ampuh. Bahan ini berfungsi sebagai scrub alami untuk mengatasi tekstur kulit.

Kamu dapat mencampurkan madu dan gula dan menggunakannya sebagai scrub mandi.

 

Cara Mencegah Stretch Mark

Dalam jurnal berjudul, Topical Management Of Striae Distensae (Stretch Marks): Prevention And Therapy Of Striae Rubrae And Albae, mengemukakan bahwa stretch mark tidak dapat dihilangkan dengan lebih dari satu tindakan medis.

Striae distensae have presented a considerable challenge in terms of both their evaluation and treatment. There are variable responses to therapies, with the main aims being reduction in symptoms and improvement in appearance.

Various treatment modalities exist which aim to treat or prevent SD such as laser therapy, light therapy, acid peel treatments, collagen injection, laser lipolysis, radiofrequency techniques and microdermabrasion.

No single therapy has been advocated to completely eradicate these lesions.

 

Tetapi, kabar baiknya, kamu dapat mencegah terjadinya stretch mark dengan melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Menggunakan krim atau losion dengan vitamin E. Ini akan memaksimalkan elastisitas kulit lebih baik.
  1. Mengonsumsi makanan sehat yang terdiri dari buah, sayur, dan biji.
  1. Memperbanyak asupan air putih dengan mematuhi rekomendasi umum, yakni 8 gelas per hari.
  1. Memperhatikan berat badan secara rutin.
  1. Menghindari bahan kimia yang membahayakan kulit.
  1. Perbanyak konsumsi serat.
  1. Olahraga yang cukup.
  1. Menghindari konsumsi makanan tinggi gula, garam, dan lemak.

 

Biaya untuk Menghilangkan Stretch Mark

Salah satu cara menghilangkan stretch mark dapat kamu lakukan melalui tindakan medis, berikut adalah rincian biayanya:

 

#1 Surabaya Skin Centre Dermatology and Laser Medicine Clinic

Harga: mulai dari Rp500 ribu

Lokasi: Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 175, Surabaya

 

#2 Genese Clinic

Harga: mulai dari Rp2,1 juta

Lokasi: Jl. Pluit Karang Permai Blok P8 Selatan No. 8, Jakarta

 

#3 Naavagreen

Harga: mulai dari Rp250 ribu

Lokasi: Jl. Kebayoran Lama No. 50A Jakarta Barat

 

#4 Youth & Beauty Skin & Genital Clinic Menteng

Harga: mulai dari Rp3,8 juta

Lokasi: Jl. KH. Wahid Hasyim No. 47, Gondangdia, Menteng, Jakarta

 

Melihat daftar biaya di atas, perlu kamu ketahui, bahwa pengobatan stretch mark tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan biayanya sendiri.

Pun dengan bahan-bahan alami untuk menghilangkannya, kamu tentu perlu mengeluarkan biaya. Kamu bisa memasukkannya ke dalam anggaran keuangan untuk memudahkan alokasi biayanya dengan aplikasi Finansialku.

Caranya pun cukup mudah, kamu bisa coba langsung di aplikasi Finansialku sekarang!

 

Menjaga Kesehatan Kulit Melalui Pola Hidup yang Baik

Stretch mark merupakan salah satu masalah kulit yang sering orang-orang alami. Karena itu, perlu dilakukan pencegahan dan penanganan yang tepat agar tidak bertambah.

Kamu dapat berolahraga teratur, memantau berat badan secara rutin, dan rajin olahraga agar tidak memiliki stretch mark.

 

Itulah informasi seputar stretch mark yang bisa kamu ikuti untuk pencegahannya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat. Jangan lupa bagikan informais ini pada rekan-rekan lainnya. Terima kasih.

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi: 

Buku/jurnal:

  • S. Ud-Din, D. McGeorge, dan A. Bayat. 2020. Topical Management Of Striae Distensae (Stretch Marks): Prevention And Therapy Of Striae Rubrae And Albae. Maryland: National Library of Medicine.

 

Internet:

  • Annisa Amalia Ikhsania. 22 Oktober 2021. Cara Menghilangkan Stretch Mark di Paha, Perut, Betis, Payudara, dan Bagian Tubuh Lainnya. Sehatq.com – https://bit.ly/3SxEqT2
  • Defara Millenia. 09 Juli 2022. 14 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami Sampai Tuntas! Orami.com – https://bit.ly/3zHmQDm
  • Dian Kartika. 01 Maret 2022. Info Terbaru Biaya Laser untuk Membantu Menghilangkan Stretch Mark. Harga.web.id – https://bit.ly/3Q64MKn
  • Finna Prima Handayani. Stretch Mark Ibu Hamil Bikin Pusing? Ini Cara Mencegah dan Menghilangkannya. Theasianparent.com – https://bit.ly/3bzKr11
  • Mardini Nur Afifah. 04 Agustus 2020. Stretch Mark pada Remaja: Penyebab dan Cara Menghilangkan. Health.kompas.com – https://bit.ly/3Ae2Ud3
  • Riza Fadli. 03 Januari 2022. 8 Cara Menghilangkan Stretch Mark. Halodoc.com – https://bit.ly/3P54IsP
  • Ryan Suherlan. 25 April 2022. Cara Menghilangkan Stretch Mark, Coba 5 Bahan Alami Ini. Kesehatan.kontan.co.id – https://bit.ly/3JAxOPN
  • Shafira Chairunnisa. 21 Februari 2022. 14 Cara Menghilangkan Stretch Mark Tercepat Secara Alami Dan Medis. Terbukti Ampuh! 99.co – https://bit.ly/3p4f69Q




https://wvmuseums.org

Baca juga  10+ Situs Penerjemah Selain Google Translate, Akurat!