cara menghilangkan flek hitam secara alami

10 Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami dengan Cepat!


Komedo adalah masalah kulit yang sering dikeluhkan wanita. Adanya bintik hitam di wajah juga mengurangi rasa percaya diri. Oleh karena itu, banyak wanita yang mencari cara menghilangkan komedo secara alami dalam waktu singkat.

Bahan alam banyak digunakan sebagai obat karena mengandung senyawa aktif yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Cara menggunakannya juga mudah. Dimulai dengan olesan yang digunakan sebagai masker wajah, minum ekstraknya.

Jika biasanya hanya ada 5 cara menghilangkan komedo, Anda bisa melakukannya di rumah. Berikut 10 cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa Anda lakukan.

BACA JUGA: 10 fungsi tawas untuk kecantikan dan kesehatan

1. Gunakan Masker Kunyit

iStock

Cara pertama yang bisa dimanfaatkan Sedulur adalah dengan menggunakan kunyit sebagai masker. Kunyit adalah rempah-rempah yang mengandung senyawa kurkumin yang membantu proses penyembuhan luka dan merupakan agen anti-inflamasi yang efektif.

Cara menggunakan kunyit sebagai masker bisa dilakukan dengan mudah. Pertama, campurkan satu sendok makan bubuk kunyit dengan sedikit air atau jus lemon. Kedua, aduk hingga tercampur sempurna. Ketiga, oleskan ke wajah secara merata.

Biarkan masker selama 15 menit. Kemudian bilas wajah Anda dengan air hangat hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan pelembab setelah Masker Kunyit dan ikuti langkah-langkah ini dua kali sehari.

2. Minum ekstrak biji anggur

cara menghilangkan komedo hitam secara alami
iStock

Ekstrak biji anggur membantu menyamarkan flek hitam di wajah. Meskipun belum ada penelitian tentang penggunaan ekstrak biji anggur khusus untuk tujuan ini, ada penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak anggur yang diminum selama 6 bulan dapat bermanfaat bagi penderita melasma kulit.

3. Gunakan masker madu

cara menghilangkan komedo hitam secara alami
iStock

Madu tidak hanya dapat dikonsumsi secara internal, tetapi juga digunakan sebagai obat komedo. Kandungan antibiotik dalam madu meningkatkan penyembuhan luka, itulah sebabnya madu banyak digunakan sebagai masker wajah.

Baca juga  Pengertian Hukum Kirchoff I dan II Beserta Bunyinya

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu juga sangat sederhana. Cukup oleskan madu ke area wajah yang muncul komedo di malam hari. Biarkan madu meresap semalaman dan bilas dengan air hangat di pagi hari. Ulangi langkah yang sama setiap hari untuk hasil yang maksimal.

BACA JUGA: 12 manfaat mangga untuk kesehatan dan kecantikan tubuh

4. Minum teh hijau dan hitam

cara menghilangkan komedo hitam secara alami
iStock

Air teh hijau juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo di wajah secara alami. Efek depigmentasi ekstrak teh hijau pada kulit dapat meringankan bintik-bintik gelap dari waktu ke waktu.

Selain teh hijau, teh hitam dipercaya dapat mengatasi masalah flek hitam di wajah. Mengoleskan air teh hitam pada kulit yang memiliki flek hitam dapat membantu menghilangkan flek hitam dan memberikan efek mencerahkan.

Cara menggunakan kedua bahan ini bisa dilakukan dengan merendam kantong teh hijau atau teh hitam dalam air mendidih selama beberapa menit dan mengeluarkannya. Biarkan tas mendingin dan gosok perlahan pada area kulit yang terdapat flek hitam.

5. Gunakan susu atau yogurt

cara menghilangkan komedo hitam secara alami
iStock

Meski tidak bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan komedo dalam 1 hari atau cara menghilangkan komedo dalam 1 jam, susu atau yoghurt bisa membantu menghilangkan komedo di kulit jika dikonsumsi secara rutin.

Kandungan asam laktat pada susu atau yogurt memiliki kemampuan untuk mengubah warna dan menghilangkan komedo dari kulit. Caranya adalah dengan merendam bola kapas dalam susu atau yogurt dan mengoleskannya ke kulit Anda dua kali sehari.

6. Gunakan Air Jeruk Nipis atau Lemon

cara menghilangkan komedo hitam secara alami
iStock

Dua buah yang kaya vitamin C, seperti jeruk nipis dan lemon, juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo di wajah dengan cepat. Vitamin C juga dipercaya bermanfaat dalam mencerahkan kulit, mengobati kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan mencegah penuaan dini.

Baca juga  Cara Memperbesar Ukuran JPG dengan Resolusi Terbaik!

Caranya, peras jeruk nipis atau lemon dan ambil airnya dengan kapas. Oleskan secara lembut pada wajah yang terdapat flek hitam dan bilas bila sudah kering. Lakukan cara ini secara rutin selama 2 minggu untuk hasil yang maksimal.

BACA JUGA: 10 manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan

7. Oleskan Lidah Buaya

cara menghilangkan komedo hitam secara alami
iStock

Ingin menghilangkan komedo di pipi? Coba gosok bagian dalam lidah buaya. Tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kulit ini mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga banyak digunakan sebagai bahan baku perawatan kulit.

Cara menggunakannya juga mudah. Cukup oleskan ampas lidah buaya pada wajah yang terdapat flek hitam dan pijat dengan lembut. Tunggu 15-20 menit dan bilas sampai bersih. Lakukan cara ini 1-2 kali sehari selama beberapa minggu untuk hasil yang maksimal.

8. Kenakan masker kentang

cara menghilangkan komedo hitam secara alami
iStock

Kentang menjadi pengganti nasi bukan hanya karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Kentang juga dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam karena kemampuannya mengangkat sel-sel mati, mencerahkan kulit dan melembabkannya.

Ini juga mudah. Kupas kentang dan parut secara menyeluruh. Biarkan jus kentang diseduh sampai muncul endapan dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 15 menit atau sampai benar-benar kering dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

9. Gunakan oatmeal

cara menghilangkan komedo hitam secara alami
iStock

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo adalah oatmeal. Menu sarapan sehat yang banyak dikonsumsi para pelaku diet biasanya terdiri dari menyeduh air hangat menjadi bubur.

Selain sebagai sarapan yang lezat, oatmeal juga bisa diubah menjadi masker untuk membantu menghilangkan komedo. Caranya juga sederhana, cukup haluskan oatmeal dan campurkan dengan air perasan lemon hingga menjadi pasta.

Baca juga  10 Fried Chicken Terenak di Indonesia yang Wajib Kamu Coba!

Setelah itu, oleskan pada kulit wajah yang berbintik-bintik hitam. Tunggu beberapa menit hingga kering dan bilas dengan air hangat. Masker ini dapat melembutkan kulit dengan pemakaian rutin.

BACA JUGA: 10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

10. Gunakan bubur pepaya

cara menghilangkan komedo hitam secara alami
iStock

Pepaya merupakan buah yang disukai banyak orang. Pepaya tidak hanya membantu pencernaan, tetapi juga dapat mencerahkan kulit dan meringankan komedo saat digunakan sebagai masker.

Masker bubur pepaya akan membantu mengangkat sel kulit mati dan membuatnya mengelupas. Cara membuatnya juga mudah, cukup ambil daging buah pepaya yang sudah matang dan haluskan tanpa campuran air.

Oleskan masker bubur pepaya pada wajah yang terdapat flek hitam atau seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Nah, itulah informasi tentang 10 cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Apakah Anda ingin mencoba salah satunya? Ikuti tips di atas. Mungkin bisa membantu!

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org