cara mencari jarak sebenarnya

Cara Mencari Jarak Sebenarnya dan Skala Pada Peta


Salah satu bagian dari peta yang melakukan fungsi yang sangat penting adalah skala. Meskipun bagian ini sangat penting, sering kali membingungkan orang yang masih non-profesional saat membacanya. Ini membuat mereka berpikir tentang bagaimana menemukan jarak sebenarnya di peta.

Padahal, jika memahami rumus skala peta yang ada, Sedulur bisa mengetahui jarak sebenarnya sekaligus jarak di peta. Pengetahuan ini tentu saja penting dalam kehidupan sehari-hari, apalagi jika Sedulur suka bepergian ke tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Nah, artikel ini akan membahas cara mencari jarak sebenarnya dan contoh soalnya. Simak baik-baik, ya!

BACA JUGA: Letak geografis Indonesia dan pengaruhnya di berbagai daerah

Definisi Peta

iStock

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya Sedulur terlebih dahulu memahami apa itu peta. Peta adalah representasi visual dari seluruh area atau bagian dari area pada permukaan datar. Peta dibuat oleh seorang ahli yang disebut kartografer.

Kartografer harus berpengalaman dalam meneliti, mengumpulkan, menyusun, dan menyajikan informasi tentang bentuk geografis dalam representasi visual. Mereka harus mampu menyajikannya pada peta, diagram, denah, grafik dan gambar.

Tidak hanya itu, kartografer juga perlu memiliki pengalaman dalam menganalisis studi lapangan, penggunaan dan pengelolaan lahan, foto udara, dan informasi geografis lainnya untuk menyiapkan gambar pada peta.

Menentukan skala peta

jarak pada peta
iStock

Selanjutnya muncul konsep skala peta, yaitu perbandingan jarak di peta dengan jarak sebenarnya di lapangan. Untuk menghitung skala peta, Sedulur dapat menggunakan koefisien yang tertulis pada peta.

Dengan kata lain, skala peta adalah perbandingan ukuran yang tertulis atau digunakan pada peta dengan ukuran sebenarnya. Berkat ini, jarak dari satu titik ke titik lain dalam ukuran sebenarnya dapat ditunjukkan pada peta dengan menulis skala.

Baca juga  Simak Kurs Dollar Hari Ini di Bank Mandiri dan BCA Sebelum Tukar

BACA JUGA: Posisi astronomis dan geografis Indonesia sudah lengkap!

Jenis skala peta

jarak pada peta
iStock

Sebenarnya skala peta dibagi menjadi beberapa jenis. Namun skala pada peta seringkali kita temukan dalam bentuk angka, misalnya 1:250.000 atau 1:1.000.000. Nah, berikut pembagian jenis skala peta dan penjelasannya.

  1. Skala numerik

Skala numerik adalah jenis skala yang paling umum digunakan pada peta. Skala jenis ini ditulis dengan menggunakan perbandingan angka, seperti 1:500.000 dan 1:100.000.

  1. skala garis

Skala linier adalah skala berupa garis lurus yang ditarik oleh beberapa titik dengan jarak yang sama, yang merupakan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya.

  1. Skala verbal

Skala verbal adalah skala yang digunakan untuk menampilkan perbandingan jarak dan jarak sebenarnya pada peta dengan menggunakan kalimat langsung.

Fungsi zoom peta

jarak pada peta
iStock

Mengapa skala pada peta? Skala peta berfungsi untuk menampilkan ukuran pada peta dengan ukuran sebenarnya. Karena fungsinya yang sangat penting, skala peta tidak boleh salah. Hal ini dikarenakan skala peta akan menjadi acuan untuk mengubah peta menjadi citra yang sesuai dengan jarak aslinya.

BACA JUGA: Peta negara ASEAN, kondisi geografis dan penjelasannya

Rumus skala peta

jarak pada peta
iStock

Berikut adalah beberapa rumus yang dapat Anda gunakan untuk menentukan skala peta, jarak peta, dan jarak sebenarnya.

  • Jarak peta = skala x jarak sebenarnya
  • Jarak sebenarnya = jarak peta: skala
  • Skala Peta = Jarak Peta: Jarak Sebenarnya

Perlu diperhatikan bahwa dalam rumus jarak sebenarnya, cara mencari jarak sebenarnya adalah skala yang menjadi pemisah jarak di peta ya. Untuk informasi lebih lanjut Sedulur dapat melihat beberapa contoh pertanyaan di bawah ini.

Contoh Soal Skala Peta

jarak pada peta
iStock
  1. Jarak kota X dan Y pada peta adalah 6 cm. Hitunglah skala peta jika jarak sebenarnya antara kota X dan Y adalah 120 km!
Baca juga  Mengenal Takaran Dalam Resep Masakan Secara Lengkap

Membalas:

Diketahui:

Jarak peta = 6 cm

Jarak sebenarnya = 120cm

Diminta:

Skala peta?

Dijawab:

Skala Peta = Jarak Peta: Jarak Sebenarnya

Skala peta = 6 cm: 120 km

Skala peta = 6 cm: 12.000.000

Skala peta = 1:2.000.000

Jadi, skala pada peta adalah 1:2.000.000.

Contoh soal untuk menentukan jarak pada peta

jarak pada peta
iStock
  1. Jika jarak sebenarnya dari kota P ke kota Q adalah 120 km dan digunakan skala 1:400.000, berapa jarak pada peta dari kota P ke kota Q?

Membalas:

Diketahui:

Jarak sebenarnya = 120 km

Skala peta = 1:400,000

Diminta:

Jarak peta?

Dijawab:

Jarak peta = skala x jarak sebenarnya

Jarak peta = 1:400.000 x 120 km

Jarak peta = 1/4,000,000 x 12.000.000 cm

Jarak peta = 30 cm

Jadi, jarak di peta antara kota P dan Q adalah 30 cm.

BACA JUGA: Definisi piramida demografi, jenis dan karakteristiknya

Contoh Soal untuk Menentukan Jarak Sebenarnya

jarak pada peta
iStock

Di bawah ini adalah contoh cara mencari jarak sebenarnya.

  1. Diketahui pada peta bahwa jarak antara kota P dan H adalah 8 cm. Jika peta digambar dengan skala 1:200.000. Hitung jarak sebenarnya antara kedua kota tersebut!

Membalas:

Diketahui:

Jarak peta = 8 cm

Skala peta = 1:200,000

Diminta:

Jarak sebenarnya?

Dijawab:

Rumus berikut digunakan untuk menghitung jarak sebenarnya: jarak sebenarnya = ukuran peta: skala peta.

Jadi, jarak sebenarnya = 8: (1:200.000) = 6 x 200.000 = 1.200.000 cm.

Jadi, jarak kota P ke kota H adalah 12 km.

Nah, itulah penjelasan tentang cara mencari jarak sebenarnya pada skala peta, serta contoh soalnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang masih pemula ketika diminta untuk membaca peta. Selamat belajar!

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Baca juga  Daftar Lengkap Limit Transfer BCA Terbaru Wajib Diketahui!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org