cara memulai bisnis online dari nol

10 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula


Bagi seseorang yang belum pernah berusaha, pasti sulit untuk mencari cara memulai bisnis online dari nol. Hal ini lantaran perkembangan zaman membuat bisnis berubah menjadi lebih modern dan meninggalkan banyak hal yang berbau konvensional.

Bisnis online sendiri sedang banyak disukai oleh masyarakat karena lebih mudah dan biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Selain itu, Sedulur juga bisa menjalankan bisnis dari mana saja dan kapan saja.

Lantas bagaimana cara memulai bisnis dari nol khususnya dalam dunia online? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

BACA JUGA: Tertarik Buka Bisnis Thrift Shop? Intip Trik Ini, Dijamin Untung!

Temukan masalah ditengah masyarakat

Aplikasi Super

Dalam memulai usaha, pertama kita harus tahu masalah apa saja yang sedang dihadapi oleh masyarakat. Mengetahui masalah menjadi cara memulai bisnis online dari nol yang paling dasar. Karena jika Sedulur tidak tahu apa yang diinginkan atau dibutuhkan oleh masyarakat, maka usaha yang dibangun akan berpotensi gagal.

Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh CBS Insight, dimana 42 persen perusahaan pemula mengalami bangkrut karena gagal mengidentifikasi permasalahan atau kebutuhan pasar. Perusahaan tersebut gagal menjadi solusi dari segala macam masalah yang munucl ditengah masyarakat.

Untuk itu, menemukan masalah pada masyarakat atau pasar menjadi hal yang paling utama dalam cara memulai bisnis online dari nol. Sedulur juga bisa melakukan tips cara memulai bisnis dari nol khususnya dalam mencari masalah di masyarakat seperti berikut ini.

  • Identifikasi masalah yang dihadapi masyarakat. Mengidentifikasi masalah pada pasar adalah kemampuan yang harus dimiliki seorang pengusaha. Dimana ada banyak sekali masalah yang ada pada kehidupan masyarakat, namun Sedulur hanya perlu mencari satu masalah yang bisa Sedulur selesaikan dengan tepat dan cepat.
  • Cari kesempatan usaha seluas-luasnya. Mengetahui masalah jangan pernah berdasarkan pada asumsi Sedulur. Hal ini karena asumsi hanya dirasakan oleh sebagian orang saja sehingga rencana bisnis bisa kacau dan bisa tidak tepat sasaran. Coba lakukan observasi masalah dari berbagai macam tempat seperti internet, media sosial, sampai marketplace sehingga Sedulur bisa mendapatkan kesempatan usaha yang lebih besar.
  • Cocokkan masalah dengan potensi bisnis yang bisa dibuat. Bila sudah mendapatkan beragam masalah. Catat dan buat daftar masalah mana yang memiliki potensi bisnis yang cocok untuk Sedulur. Jangan lupa pastikan memiliki solusi dalam tahap ini agar bisnis bisa segera dibangun.

Melakukan riset

Toko kelontong
Aplikasi Super

Cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya adalah melakukan riset. Riset perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan perencanaan bisnis dan tahu mana saja yang bisa menjadi pasar Sedulur.

Dalam melakuka riset, pastikan data yang diambil merupakan data objektif sehingga bisa menjadi dasar usaha yang kuat kedepannya. Ada beberapa ceruk dalam dunia maya yang bisa Sedulur gunakan sebagai bahan untuk melakukan riset seperti berikut ini.

Bahan paling dasar untuk bisa memulai bisnis adalah melakukan riset pada keyword. Namun, apa itu keyword? Keyword adalah kata kunci atau kata yang cukup sering digunakan oleh masyarakat di dunia maya sehingga merujuk pada suatu hal.

Dengan mengetahui keyword apa yang banyak diperbincangkan, maka Sedulur bisa menentukan masalah dan apa saja solusi bisnis yang bisa tercipta. Pencarian riset keyword semacam ini bisa dilakukan menggunakan tool search enggine di Google.

Misalnya, kebutuhan belanja bulanan atau sembako merupakan salah satu hal yang paling banyak dicari oleh ibu rumah tangga di internet. Keyword ini bisa dimanfaatkan untuk mejadi dasar membuat usaha toko kelontong online atau semacamnya.

Dalam menentukan cara memulai bisnis online dari nol, Sedulur harus jeli melihat perkembangan trend yang ada di dunia maya. Apalagi kalau Sedulur ingin membuka usaha seperti fashion, minuman, atau juga makanan maka trend yang ada harus bisa diikuti sehingga bisa menambah daya jual produk.

Misalnya saja, trend tiktok jalan-jalan bisa membantu dalam penjualan outfit santai atau casual dengan tema seperti floral, havana, atau hal yang berbau liburan. Dengan begitu Sedulur bisa mengetahui bahwa banyak orang yang ternyata membutuhkan baju tersebut untuk bepergian santai. Hasil riset trend ini bisa dijadikan cara memulai bisnis online shop baju dari nol.

Baca juga  5 Amalan Sunnah Rasul Malam Jumat yang Perlu Diamalkan

Melihat bisnis online, maka kita tidak boleh melewatkan diskusi yang ada dalam berbagai platform media sosial maupun website. Data berdasarkan forum seperti ini biasanya memudahkan Sedulur untuk mendapatkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat sekarang ini.

Tak jarang masyarakat mengeluhkan tentang suatu hal atau suatu barang karena kualitas yang tidak sesuai harapan untuk menyelesaikan masalah mereka. Nah, Sedulur bisa mengambil peluang tersebut dan menjadikannya sebagai sebuah ide bisnis online.

Hal ini sendiri cukup sering digunakan dalam cara memulai bisnis online dari nol di Shopee, karena banyak penjual bisa menyediakan barang yang mungkin lebih murah tapi memiliki kualitas yang serupa dengan barang yang ada di pasar.

Survei menjadi tahapan terakhir dalam proses identifikasi masalah yang terjadi pada masyarakat. Sedulur harus mencari tahu apakah masalah tersebut sudah pernah terjadi atau baru kali ini muncul. Dengan melakukan survei, Sedulur bisa membuat perencanaan yang lebih matang untuk bisa menyelesaikan masalah dengan produk yang Sedulur ciptakan untuk masyarakat.

BACA JUGA: 10 Bisnis Online Gratis Lewat HP Tanpa Modal tapi Potensial

Cek para kompetitor

cara memulai bisnis online dari nol
Unsplash

Apabila jenis produk dan target pasar telah ditentukan, Sedulur bisa mulai menjalankan bisnis online sendiri. Tapi, di tahap ini Sedulur juga harus memperhatikan keberadaan para kompetitor di ceruk yang sama.

Untuk itu, cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya adalah melakukan riset kompetitor. Hal ini diperlukan untuk mempelajari kekuatan dan kelemahan dari pesaing Sedulur. Sehingga informasi tersebut dapat diterapkan dan diperbaiki lebih baik saat menjalankan usaha.

Sedulur bisa memanfaatkan beberapa cara untuk menganalisa pesaing. Mulai dari melihat website kompetitor, sosial media, review produk konsumen, hingga melakukan testi produk pesaing secara langsung.

Setelah memperoleh beberapa informasi penting mengenai kompetitor, cara memulai bisnis online selanjutnya adalah menyimpulkan posisi atau citra dari kompetitor tersebut. Dengan demikian, Sedulur bisa mengatur strategi untuk menjadikan brand bisnis lebih unggul dibandingkan milik kompetitor.

Agar bisa melihat secara jelas tentang kompetitor Sedulur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu seperti berikut:

  • Mengelompokkan kompetitor

Sedulur bisa mengelompokkan kompetitor dalam tiga kategori utama, yaitu kompetitor utama, kompetitor sekunder, dan kompetitor tersier.

Kompetitor utama adalah mereka yang memiliki target pasar yang sama dengan bisnis yang Sedulur miliki atau memiliki kemiripan produk yang serupa. Biasanya hal ini terjadi dalam bisnis makanan. Untuk itu, riset kompetitor menjadi cara memulai bisnis makanan online dari nol yang perlu dilakukan.

Selanjutnya ada kompetitor sekunder adalah pesaing dengan penawaran produk yang sama, tapi menargetkan pasar yang berbeda. Misalnya, Sedulur punya bisnis guest house maka kompetitor sekunder Sedulur adalah hotel bintang lima.

Ketiga adalah kompetitor tersier. Jenis kompetitor ini adalah mereka yang tidak secara langsung berkompetisi dengan target pasar Sedulur. Namun, mereka menghasilkan produk yang masih berhubungan langsung dengan produk jualan Sedulur.

Mengelompokkan kompetitor membantu Sedulur fokus. Dimana prioritas utama adalah memenangkan persaingan dengan bisnis-bisnis online di kategori kompetitor utama.

Setelah mengelompokkan kompetitor, Sedulur bisa mulai fokus pada beberapa kompetitor, terutama kompetitor utama Sedulur. Kunjungi website mereka dan perhatikan setiap detailnya. Berikut adalah beberapa poin pertanyaan yang bisa membantu dalam mengidentifikasi website kompetitor:

1. Seperti apa foto produk mereka? Bagaimana mereka menampilkan produk dan detailnya?

2. Apa isi deskripsi produknya? Sedetail apa informasi yang mereka berikan?

3. Seperti apa bentuk call to action (CTA) di website mereka?

4. Apakah mereka menyediakan newsletter? Jika iya, benefit apa yang mereka berikan kepada subscriber?

Baca juga  Keren! Kebangkitan Bisnis Kos-Kosan Ala Kostzy

5. Bagaimana mereka menampilkan media sosial di website?

6. Seberapa cepat loading website mereka?

7. Apakah website mereka sudah dioptimasi untuk perangkat mobile?

8. Apakah mereka punya blog? Jika iya, seperti apa konten blognya?

9. Metode customer service seperti apa yang mereka sediakan? Apakah mereka menyediakan layanan bantuan 24 jam?

10. Apa saja menu utama di website mereka?

Daftar pertanyaan di atas hanya sebagian dari hal-hal penting yang perlu diperhatikan ketika menganalisis website kompetitor. Sedulur bisa menambahkan pertanyaan yang sesuai dengan kebutuhan dan website kompetitor yang intinya harus membuat website yang jauh lebih baik dari kompetitor.

  • Kunjungi media sosial kompetitor

Selain website resmi, Sedulur juga perlu menganalisis media sosial milik kompetitor. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang bisa membantu Dalam menganalisis media sosial kompetitor seperti media sosial apa saja yang mereka gunakan?, seberapa aktif mereka memposting di media sosial?, apakah mereka responsif terhadap komentar pelanggan di media sosial?, seperti apa konsep postingan mereka di media sosial?, apakah mereka memanfaatkan influencer di media sosial? dan lainnya.

Menganalisis website dan media sosial kompetitor saja tidak cukup, Sedulur juga perlu mengecek review pelanggan mereka. Dari review produk tersebut, kita bisa mendapatkan informasi penting mengenai kelebihan dan kekurangan kompetitor langsung dari pelanggan.

  • Bandingkan harga dengan kompetitor

Harga masih menjadi salah satu faktor terpenting yang dipertimbangkan konsumen ketika membeli sebuah produk. Hal ini dikuatkan dengan penelitian dari Stax Insight yang menemukan bahwa 50 persen konsumen menganggap harga sebagai salah satu faktor utama ketika membeli sebuah produk.

Oleh karena itu, Sedulur harus membandingkan harga produk semua kompetitor. Seperti berapa rata-rata harga produk yang sama di pasaran? Di angka berapa, konsumen rela mengeluarkan uangnya untuk membeli produk tersebut.

BACA JUGA: 25 Ide Peluang Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan

Cari model bisnis yang tepat

cara memulai bisnis online dari nol
Epthinkthank

Cara memulai bisnis online shop baju dari nol selanjutnya adalah memahami tentang model bisnis yang akan Sedulur ambil. Menentukan model ini akan menjadi kunci kesuksesan bisnis online yang akan Sedulur jalankan nanti nanti.

Hal pertama yang mesti Sedulur ketahui dalam cara memulai bisnis online dari nol adalah memahami barang atau produk yang bakal dijual.

Bahkan, Sedulur wajib tahu sedetail-detailnya. Pemahamanmu ini akan membantu dalam mengetahui kualitas produk yang dijual. Sedulur juga tahu berapa harga beli dan harga jual yang pantas.

Dalam menerapkan konsep sebelumnya, Sedulur juga harus memperhatikan dan memahami selera pasar. Dimana model bisnis yang diambil harus sesuai dengan apa yang lagi orang-orang suka saat ini? Model seperti apa yang mereka pengin punya? Kalau hal-hal itu bisa dipahami, dijamin barang-barang yang Sedulur jual akan mendatangkan banyak pembeli.

Model bisnis ini bisa seperti melakukannya secara full online atau juga menerapkan konsep offline. Jika Sedulur melakukan hybrid maka perlu dipersiapkan bagaimana proses atau model bisnis yang kuat.

Buat target pasar yang jelas

Toko kelontong
Aplikasi Super

Jika Sedulur telah menetapkan jenis produk yang dijual secara online, maka cara memulai bisnis online tak kalah penting adalah menentukan target konsumen. Analisa dan perhitungkan jenis pasar seperti apa yang cocok dengan produk Sedulur. Buatlah target konsumen secara spesifik.

Sedulur bisa juga mempertimbangkan aspek gender, tingkat ekonomi, usia, wilayah tempat tinggal, dan sebagainya. Semakin detail dan mengerucut target pasar Sedulur, maka semakin mudah Sedulur menyasar mereka. Hal ini penting apabila Sedulur sedang berusaha mencari cara memulai bisnis online shop dari nol.

Tentukan produk untuk bisnis online

Beras Karya Alam
Aplikasi Super

Setelah melakukan riset pasar, analisis kompetitor, dan penentuan target pasar, kini Sedulur tinggal menentukan produk yang akan Sedulur jual. Nah, produk apa sih yang bisa Sedulur jual secara online?

Baca juga  Viral Gadis Cantik Jadi Pengamen Badut, Sampai Mau Diadopsi

Pertanyaan itu tentu hanya bisa dijawab berdasarkan data dari riset pasar, analisis kompetitor, dan target pasar Sedulur. Pastikan produk yang Sedulur buat sesuai dengan kebutuhan target pasar.

Berikut adalah beberapa contoh jenis produk yang biasa dijual via online:

  • Produk fisik atau digital seperti ponsel, furniture, snack, alat kesehatan, oleh-oleh, ebook, atau software.
  • Jasa seperti pemesanan tiket, booking hotel, pengiriman barang, atau layanan online marketing.

BACA JUGA: Startup: Pengertian, Contoh dan Bedanya dengan Bisnis Biasa?

Pilih supplier bisnis

cara memulai bisnis online dari nol
Aplikasi Super

Cara bisnis online shop dari nol berikutnya yaitu dengan mencari supplier yang terpercaya. Mencari suplier ini penting dilakukan agar Sedulur bisa memiliki pasokan barang yang murah sehingga bisa mendapatkan margin keuntungan yang besar.

Cara ini biasanya cocok diterapkan dalam bisnis online yang  berhubungan dengan karya kerajinan, sembako seperti beras, sampai bidang fashion.

Misalnya, jika Sedulur ingin membuka usaha online berjualan beras maka bisa mencoba kulakan langsung di toko kelontong Super Agen atau lewat Aplikasi Super. Dengan kulakan beras di toko kelontong, Sedulur bisa mendapatkan beras berkualitas tinggi seperti beras buncit dan beras karya alam.

Bila sudah mendapatkan barang yang ingin dijual, Sedulur bisa melakukan sortir dan membagi beras dalam bentuk eceran sehingga bisa dijual kembali ke masyarakat.

Seandainya Sedulur ingin melakukan kerjasama dengan pihak di luar negeri, hal itu juga sangat mungkin terjadi. Misal melakukan pencarian barang lewat Alibaba yang menjadi salah satu platform kualakan berbagai macam barang di wilayah Asia.

Dengan konsep bekerja sama dengan suplier ini, Sedulur juga bisa menjadi reseller atau dropshipper. Di Indonesia dua lini usaha semacam ini cukup populer dan memang jadi peluang bisnis online yang menguntungkan.

Galakkan promosi

Toko kelontong
Aplikasi Super

Pasca penentuan model bisnis dan media pemasarannya, Sedulur bisa melakukan proses promosi. Banyak sekali metode promosi dalam bisnis yang dapat dilakukan baik berbayar atau gratis. Mulai dari strategi organik, SEM, SEO, hingga Social Media Ads.

Bila produk Sedulur dipasarkan melalui website, maka strategi SEO, SEM, Google My Business, hingga Google Ads dapat dioptimalkan. Tetapi, jika produk Sedulur hanya dipromosikan lewat sosial media saja, Sedulur bisa memaksimalkan konten promosi, pemanfaatan copywriting, iklan Ads hingga strategi lain seperti giveaway, paid promote, dan sebagainya.

Jaga kesetiaan pelanggan

Belanja bulanan
Aplikasi Super

Jika sudah mendapatkan pelanggan setia, maka wajib buat Sedlur untuk menjaga hubungan dengan mereka. Sebab promosi untuk mendapatkan pelanggan baru jauh lebih mahal bahkan hingga 25 kali lipat dibandingkan menjaga hubungan dengan pelanggan setia.

Cara yang bisa dilakukan untuk membuat masyarakat menjadi pelanggan setia adalah dengan memberikan reward, seperti diskon atau bonus produk sebagai rasa terima kasih karena telah datang kembali. Sistem ini cukup efektif untuk menghargai mereka.

Jadwalkan evaluasi rutin

cara memulai bisnis online dari nol
Aplikasi Super

Terakhir, cara memulai bisnis online dari nol adalah melakukan evaluasi secara rutin. Sebuah bisnis pasti ada pasang surutnya. Jangan sampai Sedulur terlena setelah bisnis berkembang dan untung banyak. Sedulur tetap harus terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas bisnis agar usaha terus stabil dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Demikian tadi tips cara memulai bisnis online dari nol yang bisa Sedulur coba. Dalam membangun sebuah bisnis online, memang tergolong mudah tapi harus mempersiapkan banyak hal khususnya pada riset produk. Semoga informasi di atas bisa memberikan inspirasi dan membantu Sedulur ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

 

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org