cara memilih telur yang baik

Cara Memilih Telur Berkualitas Bagus, Jangan Sampai Salah!


Berapa banyak dari Anda yang masih belum mengetahui cara memilih telur yang baik? Telur merupakan salah satu makanan pokok yang biasa digunakan dalam makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Mulai dari ayam, bebek dan diakhiri dengan telur puyuh, Anda bisa memasak hidangan yang menggugah selera dari semuanya.

Namun, apa jadinya jika kualitas telurnya buruk? Tentunya tidak boleh direbus karena alasan kesehatan dan kebersihan. Jangan khawatir kawan! Simak beberapa cara memilih telur yang baik dalam artikel ini, yuk!

BACA JUGA: 13 Merek Deterjen Terbaik yang Efektif Membunuh Kuman!

Tips dan cara memilih telur yang baik

Di bawah ini ada beberapa tips memilih telur yang terjaga kualitasnya.

1. Perhatikan warna kulit telur

Depositphotos

Cara memilih telur yang baik yang pertama adalah dengan memperhatikan warna cangkangnya. Anda bisa mengamati warna yang ditampilkan oleh cangkang untuk mengetahui kualitas isinya.

Pilih telur dengan cangkang bersih. Pilih juga telur dengan cangkang berwarna cerah dan hindari telur dengan bintik hitam pada cangkangnya. Warna cangkang yang cerah berarti telur itu baru.

Yang harus Anda hindari adalah telur yang terlihat kusam dan keruh. Telur dengan ciri cangkang ini biasanya sudah tua dan tidak segar. Selain itu, jika Anda menemukan bintik-bintik hitam muncul di cangkangnya, maka ini pertanda jamur sedang tumbuh di atasnya. Jadi, ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi telur dengan kedua ciri tersebut.

BACA JUGA: 10 tips membuat kaldu jamur untuk meningkatkan cita rasa masakan

2. Pilih telur berukuran normal

Depositphotos

Selain cangkang, sedulur juga bisa memperhatikan ukuran telur. Mengutip salah satu sumber, salah satu ciri telur yang sehat adalah ukurannya yang normal. Ukurannya sendiri menunjukkan bahwa ia memiliki banyak kuning telur.

Baca juga  8 Ide Dekorasi Hias Jalan Kampung Agustusan yang Unik

Namun, Sedulur tetap harus menyediakan kontennya sendiri, ya. Sebab, ukuran sebenarnya dari sebutir telur tidak menjamin kualitas isinya.

BACA JUGA: 15 Merek Minyak Goreng Terbaik di Indonesia

3. Perhatikan bentuk telur dari luar

Depositphotos

Cara memilih telur yang baik selanjutnya adalah dengan melihat bentuk telur di bagian luarnya. Seperti yang Anda ketahui, ada banyak sekali jenis telur yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Dimulai dari telur ayam, telur puyuh, dan diakhiri dengan telur bebek, tentunya bentuk dari masing-masing telur tersebut akan berbeda. Ada yang bulat sempurna, ada pula yang lonjong.

Jika ingin mengonsumsi kuning telur yang kaya dan padat, cobalah memilih telur yang berbentuk bulat. Menurut beberapa peternak unggas dan pedagang telur, telur berbentuk lonjong biasanya mengandung sedikit kuning telur.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merek Saus Worcestershire Teratas

4. Sentuh permukaan cangkang telur

Depositphotos

Untuk mengetahui telur masih segar atau tidak, Anda bisa meraba permukaan kulit telur. Jika ternyata kulit telur cenderung kasar dan mengandung butiran putih, maka ini pertanda telur tersebut segar dan sehat.

Padahal, jika Anda menemukan telur dengan permukaan halus dan mengkilat, ini pertanda telur sudah disimpan cukup lama.

BACA JUGA: 12 Merek Mentega atau Mentega Terbaik yang Sehat dan Aman

5. Cium Telurnya

cara memilih telur yang baik
Depositphotos

Mencoba mengendus telur juga ternyata menjadi salah satu cara memilih telur yang baik dan efektif, gaes! Meski cangkang telur terlihat padat dan cairannya tidak merembes, bau busuk tetap akan terasa jika telur dalam kondisi buruk.

6. Kocok telur dengan lembut

cara memilih telur yang baik
Depositphotos

Selain itu, cara memilih telur yang baik adalah mengocok telur secara perlahan. Sambil gemetaran, Sedulur bisa sekaligus mendengar suaranya di dekat telinganya. Jika tidak ada suara saat mengocok telur, itu tandanya telur tersebut sehat dengan konsistensi putih telur yang kental.

Baca juga  Mengenal Sejarah Liberalisme, Ideologi Tanpa Kelas di Masyarakat

Namun, jika Anda mendengar suara yang mirip dengan air yang bergolak di dalam botol, maka ini pertanda telur tersebut sudah tua dan tidak segar lagi. Hindari telur seperti itu, wahai Sedulur!

7. Rendam telur dalam air.

cara memilih telur yang baik
Depositphotos

Salah satu cara memilih telur yang baik dan terbukti adalah dengan merendam telur dalam air. Siapkan wadah atau baskom berisi air, lalu amati setiap telur yang terendam di dalamnya.

Jika telur tenggelam dalam posisi tidur, maka itu adalah telur yang segar dan baru. Jika telur tenggelam ke posisi dorman, namun ujung lebarnya sedikit terangkat, berarti telur tersebut berumur 1 minggu dan umumnya masih bisa dimakan. Dan jika telur yang Anda rendam mengapung seluruhnya di atas permukaan air, maka itu sudah busuk, rusak dan tidak boleh dimakan.

8. Amati kondisi isi telur.

cara memilih telur yang baik
Depositphotos

Cara terakhir untuk memilih telur yang baik adalah dengan mengamati keadaan isi telur. Sedulur harus memecahkan salah satu telur ke dalam wadah atau mangkuk bening dan kemudian melihat bagaimana putih dan kuning telurnya keluar.

Jika telur masih baru, putih telur akan terlihat sangat kental. Putih telur yang berumur dua sampai tiga minggu biasanya tampak lebih lebar dan memiliki konsistensi encer. Jika isi telur berwarna abu-abu, maka telur tersebut busuk.

Nah Sedulur, ini adalah gambaran singkat tentang cara memilih telur yang baik. Jika kebetulan Sedulur perlu membeli barang-barang seperti telur, tepung, gula, dll, sebenarnya Sedulur bisa membelinya di aplikasi supertertawa terbahak-bahak!

aplikasi super memberikan kemudahan membeli peralatan dapur dari rumah dengan harga murah. Selain itu, selalu ada voucher dan promo yang membuat belanja di Sedulur semakin hemat. Ayo, unduh aplikasi super sekarang melalui Google Play Store!

Baca juga  Catat! Cara Mengambil Uang di Shopeepay, Praktis dan Mudah!




https://wvmuseums.org