cara membuat sawi putih isi tahu

Resep Sawi Putih Gulung Isi Tahu, Menu Camilan yang Sehat


Ngemil sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Di luar jam makan, umumnya orang Indonesia lebih suka ngemil untuk mengisi perut yang kosong. Jadi sangat penting untuk mengetahui resep makanan ringan, terutama makanan ringan yang sehat. Salah satu rekomendasi resep camilan sehat yang bisa Anda coba adalah sawi isi. Apalagi cara membuat sawi putih isi tahu mudah dan tidak sulit.

Namun sebelum lanjut ke cara membuat sawi putih isi, kali ini kita akan membahas bahan utama menu pembuka, terutama untuk mengetahui ciri-ciri sawi putih yang enak dimakan, dan manfaat yang dikandungnya. Yuk, langsung saja kita lihat!

BACA JUGA: Resep Nasi Gurih Tutug Oncom Khas Sudan yang Bikin Ngakak!

Chicory dan karakteristiknya

Wikipedia

Chicory adalah sayuran khas dengan warna cerah dan tekstur sedikit renyah. Warna dan tekstur tersebut menjadikan sawi putih sebagai pilihan menu makanan, khususnya menu sayur. Ini karena sawi putih bisa menimbulkan nafsu makan.

Tubuh sawi putih terdiri dari banyak daun, dari yang besar di bagian luar hingga yang kecil di bagian dalam. Warna tubuh putih dengan tepi hijau. Memiliki tekstur yang renyah dan kenyal serta dapat diolah menjadi berbagai macam potongan.

Untuk membuat isian sawi, Sedulur membutuhkan daun sawi putih. Berbeda jika Anda membuat daging panggang atau sayuran dengan sawi putih yang akan dipotong-potong terlebih dahulu.

Gulungan sawi putih

Fimela

Chicory rolls merupakan makanan ringan yang dapat ditemukan di beberapa negara di dunia, dan diantara berbagai mustard rolls tersebut biasanya memiliki perbedaan dan keistimewaan masing-masing negara.

Di Inggris misalnya, olahan sawi putih dikenal dengan namanya. gulungan kubis atau kubis isi. Namun jika dilihat dari segi sejarahnya, negara dan budaya yang pertama kali membudidayakan sawi putih adalah China. Dimulai dari orang Tionghoa kemudian menyebar ke seluruh dunia seiring dengan diaspora penduduk Tionghoa itu sendiri.

Jika sebelumnya di Inggris dan Cina, alih-alih sawi putih isi yang terkenal, ia berasal dari Polandia, diisi dengan daging cincang, bawang bombay, dan nasi. Sedangkan di Jepang, sawi putih diisi dengan daging dan dibalut dengan tepung panko.

Di Indonesia khususnya di daerah Bandung, sawi putih digunakan sebagai salah satu sayuran tambahan pada siomay. Setiap negara dan daerah memiliki ciri khas tersendiri terkait olahan sawi putih ini. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satunya yaitu sawi putih isi tahu.

Mari langsung saja ke pembahasan resep dan cara membuat Sawi Isi yang menjadi pembahasan utama dalam artikel ini.

bahan utama

cara memasak tahu sawi putih
Tahu

Tentunya karena kali ini tentang resep dan cara membuat tahu isi sawi, bahan utama yang dibutuhkan adalah sawi putih itu sendiri. Usahakan memilih sawi putih utuh.

Kalau bisa gunakan sawi putih besar dengan daun lebar. Karena dengan proses rolling selanjutnya akan sangat mudah.

Bahan Isian

induk Asia

Sedangkan bahan isiannya :

  • 6 buah tahu putih, dihaluskan
  • 200 gram ayam cincang
  • 100 gr wortel, parut
  • 1 bawang hijau, iris tipis
  • 1 bumbu kaldu bubuk
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm minyak wijen
  • ½ sendok teh bubuk lada putih

bahan saus

cara memasak tahu sawi putih
Kompas

Untuk membuat sawi dengan tahu menjadi lebih enak, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan berikut untuk sausnya, yaitu:

  • 50 gram bawang bombay
  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 6 sdm saus cabai/tomat (sesuai selera)
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sendok teh gula pasir
  • ½ sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 1 sendok teh tepung maizena, larutkan dengan 1 sendok makan air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

BACA JUGA: Rebusan Kacang Super Lezat, Cepat dan Mudah dengan Resep Wortel

Baca juga  12 Ide Desain Batu Alam Dinding Teras Depan yang Bikin Wah!

Bagaimana melakukan

Okezon

Setelah bahan yang diperlukan siap, Anda tinggal melanjutkan pembuatannya. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Kukus sawi putih dalam panci panas selama 1 menit atau hingga layu. Angkat dan tiriskan.
  2. Siapkan sausnya dengan terlebih dahulu panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  3. Kemudian tambahkan tomat, cabai rawit, aduk hingga layu. Tuang air, tambahkan saus sambal atau saus tomat, saus tiram dan semua bahan lainnya.
  4. Aduk hingga mengental, jika sudah mengental angkat dan sisihkan.
  5. Selanjutnya kita lanjutkan ke proses pembuatan isian, yaitu mencampurkan semua bahan isian yang telah dijelaskan di atas secara menyeluruh.
  6. Kemudian ambil sepotong sawi putih. Taruh isian di tengah.
  7. Lipat kedua sisinya, lalu gulung, rapatkan.
  8. Rebus dalam bak air hingga empuk, lalu angkat.
  9. Sajikan dengan saus dan nikmati bersama keluarga.

Nah ini dia resep dan cara membuat tahu sawi yang sangat sederhana dan bahannya tidak sulit didapat. Cocok untuk Sedulur yang sangat suka ngemil di waktu senggang bersama keluarga. Mengapa tidak membuat camilan sehat, sangat sederhana dan mengenyangkan!

Untuk mempermudah Anda, Anda bisa mendapatkan semua bahan yang Anda butuhkan dengan membelinya dari aplikasi super. Banyak bahan untuk memasak dan kebutuhan sehari-hari tersedia di aplikasi Super. Terlebih lagi, Sedulur tidak perlu keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Cukup periksa aplikasinya, pilih bahan yang dibutuhkan, lalu pesan dan bayar. Tunggu barang pesanan tiba di rumah Sedulur. Dengan demikian, Sedulur bisa lebih fokus memasak dan menyiapkan berbagai menu harian di rumah. Dijamin mudah dan mendatangkan keuntungan besar untuk Anda.

Yuk cek aplikasinya sekarang, siapa tahu lagi ada diskon dan potongan harga. Bagi yang belum mendownload aplikasi superAnda dapat mengunduhnya segera dan menggunakannya untuk membuat hidup Anda lebih mudah, oke?

Baca juga  Pengertian, Fungsi, Alat & Bahan




https://wvmuseums.org