cara membersihkan wc mampet

10 Cara Mudah Mengatasi WC Mampet Tanpa Perlu Bongkar


Jika toilet tiba-tiba mampet, tidak perlu panik. Ada beberapa cara membersihkan kloset mampet hanya dengan menggunakan produk rumah tangga sederhana. Kloset mampet biasanya ditandai dengan genangan air yang sulit disiram. Kondisi ini disebabkan oleh adanya benda asing yang menyumbat saluran pembuangan toilet.

Lantas apa yang harus dilakukan jika WC Sedulur tiba-tiba mampet? Berikut cara mudah membersihkan kloset mampet, dan bisa dilakukan sendiri tanpa membongkarnya.

BACA JUGA: 12 tips memilih obat nyamuk terbaik yang efektif

1. Gunakan piston

Pilihan bebas

Plunger atau pompa hisap kloset manual memang digunakan untuk membersihkan sumbatan pada kloset. Cara menggunakannya cukup mudah dan sederhana.

Berikut cara menggunakan plunger untuk mengatasi WC mampet.

  1. Pegang gagang pendorong dengan kedua tangan dan letakkan cangkir karet ke dalam mangkuk toilet.
  2. Pastikan ada air di toilet.
  3. Tekan dan tarik batang piston ke bawah dan ke atas dengan cepat dan kuat sekitar 10-12 kali, lalu tarik piston.
  4. Jika tidak berhasil, ulangi langkah di atas 2-3 kali.

2. Cairan pencuci piring dan air panas.

cara membersihkan wc mampet
Kompas

Cara mengatasi kloset mampet selanjutnya adalah dengan menggunakan sabun cuci piring dan air panas. Sedulur hanya perlu menyediakan 1 cangkir deterjen pencuci piring cair, banyak air panas dan handuk. letakkan handuk di lantai sekitar toilet untuk melindunginya dari air toilet yang tumpah. Setelah itu, tuangkan sabun cuci piring ke dalam toilet secara perlahan dan diamkan hingga sabun mengendap. Cairan pencuci piring berguna untuk melancarkan saluran pembuangan toilet sehingga barang-barang yang tersumbat dapat mengalir masuk. tangki septik lebih mudah.

Setelah sabun cuci piring mengendap, tuangkan air panas sebanyak yang Anda bisa, tetapi berhati-hatilah agar air tidak keluar dari toilet. Biarkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian, menyiram WC untuk memeriksa apakah toilet tersumbat. Jika sudah, ulangi cara ini beberapa kali hingga toilet kembali normal.

3. Gunakan soda kue dan cuka

Pilihan bebas

Kedua bahan ini bermanfaat tidak hanya untuk membuat kue, tetapi juga untuk menyelesaikan banyak masalah rumah tangga, mulai dari pembersihan kotoran yang sederhana hingga wastafel yang tersumbat. Anda tahu bahwa soda kue dan cuka juga dapat membantu membersihkan toilet yang tersumbat. Caranya adalah dengan menaburkan satu cangkir baking soda di atas eau de toilette dan tunggu hingga mengendap. Setelah itu tuang dua cangkir cuka dengan gerakan melingkar dan lakukan secara perlahan agar cuka merata. Dengan melakukan cara ini, Sedulur akan melihat gelembung dari reaksi kedua bahan tersebut dan memastikan tidak ada gelembung yang keluar dari kloset.

Beri soda kue dan cuka waktu untuk menyelesaikannya selama sekitar satu jam. Lalu siram toilet. Jika masih mampet, gunakan cara sumbatan WC ini dengan menambahkan baking soda dan cuka lagi, lalu diamkan semalaman. Pagi harinya dipastikan toilet sudah kembali normal.

BACA JUGA: 9 Cara Menghilangkan Noda Minyak Pada Pakaian yang Dijamin Ampuh!

4. Gunakan bom toilet

Yoshianamin

Kamu bisa membuat bom toilet sendiri dengan mencampurkan soda kue dan asam sitrat, yang bisa dibeli di toko grosir. Bom toilet ini tidak hanya menjaga toilet tetap bersih dan bebas bau, tapi juga bisa menjadi alternatif toilet mampet. Untuk membuat bom toilet, campurkan sitrun dan soda kue ke dalam mangkuk dan tambahkan air agar bisa ditekan menjadi bola. Biarkan semalaman. Keesokan harinya, Sedulur dapat memasukkan bom toilet ke dalam toilet yang tersumbat dan kemudian menunggu beberapa jam hingga penyumbatannya hilang.

5. Gunakan botol plastik bekas

cara membersihkan wc mampet

Daripada membuang botol plastik, lebih baik gunakan untuk membersihkan toilet mampet di rumah. Prosesnya cukup mudah dan sederhana. Pertama-tama, potong leher botol plastik yang sudah disiapkan sekitar 10 cm, setelah itu mulailah memasukkan ujung potongan botol ke dalam lubang toilet. Setelah itu, tekan lubang kloset dengan botol. Hal ini agar penyebab kloset mampet bisa terdorong ke bawah kloset. tangki septik. Untuk mengetahui apakah cara mengatasi WC mampet ini berhasil, Anda bisa menyiramnya dengan air.

6. Gunakan gantungan kawat

cara membersihkan wc mampet
Pilihan bebas

Tahukah Anda bahwa tidak hanya bahan cair, tetapi juga bahan padat dapat membantu Anda mengatasi WC mampet. Cara mengatasi kloset mampet ini hanya bisa dilakukan jika benda asing penyebab mampet tidak terlalu jauh dari corong kloset. Siapkan gantungan baju Andagantungan baju) kawat. Potong kawat, lalu luruskan. Ujung kawat yang tajam harus dibungkus dengan kain seperti kain lap atau kain bekas dan selotip agar tidak merusak kloset.

Mulailah cara mengatasi kloset mampet ini dengan memasukkan ujung yang runcing ke dalam pipa kloset mampet. Teknik ini digunakan untuk mendorong benda yang menghalangi aliran air ke dalam tangki septik. Keberhasilan cara mengatasi WC mampet ini ditandai dengan berkurangnya volume air WC. Jangan lupa klik tombolnya juga. membilas. Jika WC masih mampet, maka Anda harus menggunakan cara lain untuk mengatasi WC mampet.

Baca juga  10 Resep Kerang Dara Ala Rumahan yang Enak & Bikin Nagih

7. Bungkus dengan bungkus plastik

termoplastik

Sedulur juga bisa mengatasi WC mampet dengan menggunakan plastik wrap yang juga sering digunakan di supermarket untuk membungkus potongan buah atau makanan. Siapkan cling film plastik dan gunakan untuk menutupi dudukan toilet. Pastikan juga plastiknya benar-benar menempel di toilet!

klik tombolnya membilas. Plastik akan mengembang dan Anda harus menekannya beberapa kali. Cara mengatasi kloset mampet adalah dengan memaksa udara masuk kembali ke dalam kloset sehingga udara mendorong keluar benda yang menyumbat kloset.

BACA JUGA: 30 Tips Dekorasi Dinding Ruang Tamu DIY

8. Penggunaan garam

Pilihan bebas

Sedulur tentu tidak menyangka bahwa garam juga bisa digunakan untuk mengatasi WC mampet. Untuk menggunakan cara ini, Anda harus menggunakan jenis garam batu yang dianggap paling cocok untuk mengatasi masalah WC mampet. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki garam batu. Pasalnya, garam meja kasar yang dicampur dengan sedikit soda kue juga efektif membersihkan toilet mampet.

Sebelum menangani kloset mampet garam, pastikan dulu air di kloset tidak penuh. Jika ya, maka Anda bisa menuangkan garam sekitar 500 gram secara perlahan ke dalam lubang toilet. Setelah itu, tuangkan satu liter air mendidih. Tinggalkan toilet selama sekitar delapan jam.

Selama ini, sumbatan yang timbul di toilet seharusnya sudah mulai larut. Sedulur dapat menyiramnya dengan air untuk mendorong sisa sumbatan ke dalam septic tank. Jika ternyata masih mampet, coba dorong atau tekan pipa kloset ke bawah dengan tongkat atau gantungan kawat seperti yang biasa Anda lakukan untuk mengatasi kloset mampet hingga pipa lancar.

9. Soda kaustik

kesopanan

Soda kaustik adalah bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan toilet yang tersumbat. Bahan ini melarutkan sumbatan organik di mangkuk toilet. Nama kimianya adalah natrium hidroksida atau natrium hidroksida (NaOH). Sedeulur mudah didapat dari toko bahan kimia atau bahan bangunan. Inilah cara menggunakan soda kaustik untuk membersihkan toilet yang tersumbat.

  1. Gunakan sarung tangan karet, penutup hidung, jendela terbuka dan pintu toilet.
  2. Pastikan air di toilet sudah surut. Jika sudah penuh, tunggu sebentar.
  3. Tuangkan alkali ke toilet.
  4. Moms tidak perlu menambahkan air karena soda api itu sendiri akan bereaksi dengan air di toilet.
  5. Biarkan selama 10-15 menit.
  6. Periksa apakah saluran toilet tersumbat dengan menuangkan air ke dalamnya.
Baca juga  Pengertian, Jenis, Keuntungan dan Resikonya  

Jika masih mampet, ulangi proses di atas dengan waktu yang lebih lama, yaitu 30 menit hingga 1 jam, hingga kloset benar-benar mulus.

10. Produk Enzim

Cek Resi

Cara membersihkan kloset mampet tanpa merusak saluran air selanjutnya adalah dengan menggunakan pembersih enzimatik. Namun, penggunaan metode enzimatis ini lebih efektif untuk kloset mampet atau mampet karena kotoran organik daripada benda padat.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diperhatikan saat menggunakan cairan pembersih dengan aman.

  1. Ikuti petunjuk pada paket dengan tepat. Pastikan kamar mandi memiliki ventilasi yang memadai.
  2. Jangan biarkan larutan pembersih lebih lama dari yang tertera pada kemasan.
  3. Gunakan sarung tangan dan kacamata sebagai pelindung tubuh utama Anda.
  4. Jangan berdiri di dalam mandi atau tempat mandi saat mengisi dengan cairan pembersih.
  5. Tuang cairan pembersih secara perlahan agar tidak tumpah.
  6. Beberapa bahan kimia dalam cairan pembersih dapat merusak ubin, batu, marmer, baja tahan karat, dan bahan lainnya.
  7. Jangan mencampur cairan pembersih merk yang berbeda, karena detergen yang satu memiliki komposisi yang berbeda dengan yang lain.
  8. Reaksi kimia yang ditimbulkan oleh campuran ini akan berakibat fatal bagi Sedulur. Cairan tersebut dapat melepaskan gas beracun atau bahkan meledak.
  9. menyiram Setelah selesai, siram toilet hingga cairan pembersih benar-benar hilang.

11. Jangan membuang apapun ke toilet.

Tokama

Setelah kloset mampet dibersihkan, Anda masih perlu mencari cara agar kloset tidak mampet lagi di lain waktu. Pastikan Anda tidak membuang apa pun selain urine, feses, dan tisu toilet ke dalam toilet. Kertas toilet sebenarnya tidak disarankan untuk dibuang ke toilet. Beberapa bahan tisu toilet ternyata bisa menyebabkan kloset mampet, sehingga menyebabkannya mampet. Jangan membuang pembalut, penyeka kapas, atau makanan ke dalam toilet karena benda-benda tersebut akan menyumbat toilet.

Demikian rangkuman informasi cara membersihkan kloset mampet dengan menggunakan berbagai bahan rumah tangga seperti garam, soda kue, dan lain-lain. Namun, jika cara di atas tidak maksimal, sebaiknya segera hubungi petugas kebersihan toilet ya.

Sedangkan untuk kebutuhan kebersihan rumah dan kamar mandi, Sedulur bisa berbelanja di aplikasi super kamu tahu. Harganya yang pasti terjangkau dan ada layanan gratis ongkos kirim yang semakin memudahkan Anda. Mari kita periksa aplikasi super sekarang.




https://wvmuseums.org