Cara membedakan bumbu dapur

Cara Membedakan Bumbu Dapur, Dijamin Jadi Paham!


Seringkali kita sulit membedakan rempah-rempah, apalagi rempah-rempah yang memiliki bentuk dan tekstur yang mirip. Meski terlihat sepele, jika tidak melihat perbedaannya dan malah menggunakan bumbu yang salah, maka tentu saja makanan tersebut tidak akan terasa enak.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara membedakan rempah-rempah agar tidak kesulitan dan tidak salah dalam menggunakan bumbu. Dibawah ini akan kami jelaskan cara membedakan rempah-rempah itu sendiri. Ayo tonton!

BACA JUGA: 14 Bumbu Kuliner Terpenting di Dapur, Kunci Makanan Lezat!

Cara membedakan jamu

IDN Times

Pada dasarnya cara membedakan bumbu yang paling mudah adalah dengan mengenal masing-masing jenis bumbu dapur, dalam hal ini adalah bumbu-bumbu tradisional dan khas Indonesia. Tanpa bumbu itu sendiri, masakan Indonesia tidak akan semenyenangkan saat ini.

Di antara bumbu atau rempah tersebut, jahe, kunyit, lengkuas, dan kenkur adalah yang paling sulit dibedakan. Pasalnya keempat bumbu yang disebutkan memiliki bentuk dan tekstur yang mirip. Jadi jika Anda tidak mengetahui bentuknya akan sulit untuk membedakannya.

Agar sedulur dapat membedakan antara bumbu-bumbu tersebut maka perlu mengenal setiap bumbu dengan benar. Di bawah ini kami akan menjelaskan masing-masing bahan tersebut.

1. Jahe

Kompas

Jahe sendiri merupakan bumbu dapur, berbentuk seperti jari-jari dengan bentuk cembung dan warna kulit coklat keabu-abuan. Saat jahe diiris, dagingnya terlihat kuning dengan serat yang lembut.

Jahe sendiri memiliki aroma yang kuat dengan rasa yang tajam. Jahe sering digunakan sebagai bumbu perendam ikan dan ayam karena khasiatnya yang ampuh untuk menghilangkan bau amis dan menambah cita rasa.

Selain untuk bumbunya, jahe juga sering digunakan untuk campuran minuman herbal karena jahe dapat menghangatkan tubuh dan menyembuhkan sakit tenggorokan.

Baca juga  8 Ciri-ciri Demam Berdarah yang Wajib Diwaspadai

2. Lengkuas

cara mengidentifikasi herbal
Kompas

Jahe dan lengkuas sering dikacaukan karena keduanya memiliki bentuk dan tekstur yang hampir sama. Lengkuas memiliki warna kulit coklat seperti jahe, namun penyebarannya tidak merata. Daging buah lengkuas yang diiris pun berwarna putih, tidak seperti jahe kuning.

Selain itu, rasa lengkuas juga tidak sekuat rasa jahe. Biasanya lengkuas juga digunakan hanya untuk menambah rasa dan aroma. Saat ini, lengkuas biasa digunakan sebagai bahan krim gorengan.

3. Kunyit

Kompas

Tentunya bumbu atau bumbu ini tidak sulit untuk dibedakan, bahkan anda sudah mengetahui dan familiar dengannya. Di beberapa daerah, kunyit memiliki nama yang berbeda. Seperti di daerah Jawa Barat yang dikenal dengan koneng, ini karena warnanya yang kuning. Di wilayah Sumatera disebut juga dengan kuning.

Namanya mengacu pada warna kunyit itu sendiri. Kunyit sering digunakan dalam bumbu perendam dan saus daging. Manfaat kunyit bagi tubuh sangat tinggi, dapat meningkatkan stamina dan menjaga kesehatan kulit.

BACA JUGA: Cara membuat bumbu spageti pedas enak!

4. Kenkur

cara mengidentifikasi herbal
Batukita

Yang terakhir adalah kenkur, kenkur juga sering disamakan dengan jahe bagi yang belum tahu cara membedakan rempah-rempah. Namun jika diperhatikan dengan seksama, kenkur sendiri mudah dibedakan dengan jahe. Kenkur memiliki warna putih dengan aroma yang khas.

Kencur biasa digunakan untuk tumisan sayur dan bumbu lainnya. Bagi yang menyukai seblac khas Bandung, ada aroma khas seblac yang dihasilkan oleh kenkur. Kenkur juga sering digunakan sebagai bahan minuman tradisional yaitu nasi kenkur.

Berikut cara membedakan bumbu dan penjelasan terkait bumbu agar tidak tercampur. Saat ini sudah ada berbagai macam kemasan bumbu bubuk yang membuat Sedulur lebih mudah untuk diolah, jadi tidak sulit membedakannya. Memasak akan lebih mudah.

Baca juga  Faktor Penyebab Diare Beserta Gejala & Cara Mengobatinya

Sedulur hanya perlu membeli bumbu halus langsung sebagai stok bumbu masakan. Untuk memudahkan Sedulur menyiapkan bumbu dapur bubuk, Sedulur bisa membelinya dari aplikasi super. Dijamin proses pembuatan Sedulur bisa lebih praktis.

Yang harus Anda lakukan adalah berbelanja melalui aplikasi dan menunggu pesanan Anda tiba di depan pintu Anda. Tidak perlu repot pergi ke pasar dan keluar rumah. Jangan khawatir, selalu gratis ongkos kirim untuk setiap paket. Oleh karena itu, periksa aplikasi super sekarang ini siapa tau ada diskon bumbu dapur lho!




https://wvmuseums.org