SEO - 18 NOV 22

15 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami Agar Lebih Sehat


Sobat Finansialku ingin memiliki rambut panjang dan sehat? Bisa, dong! Berikut Finansialku rangkum beberapa tips dan cara memanjangkan rambut dengan cepat dan sehat, baik untuk wanita maupun pria. 

Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

 

Summary: 

  • Untuk memiliki rambut yang sehat dan panjang tentu perlu perawatan yang maksimal salah satunya menerapkan hair care routine.
  • Gaya hidup sehat serta konsumsi makanan juga berpengaruh pada kondisi rambut setiap orang.

 

Cara Mudah Memanjangkan Rambut

Rambut panjang dan sehat tentu saja menjadi dambaan bagi hampir setiap wanita. Namun, terkadang proses memanjangkan rambut membutuhkan waktu yang lebih banyak.

Secara alamiah, rambut memang hanya akan tumbuh sekitar 2 cm setiap 30 hari. Karena itulah, tak jarang wanita yang tidak sabar, ingin segera memanjangkan rambutnya secara instan.

Kalau Sobat Finansialku sedang mengalami hal tersebut, artikel ini akan membantu kamu mendapatkan rambut panjang dan sehat dengan bahan-bahan alami.

 

#1 Gunakan Conditioner

Jika sampo berfungsi untuk membersihkan rambut, maka conditioner akan melengkapi penggunaannya dan meningkatkan elastisitas rambut.

Conditioner akan membantu mengembalikan minyak alami dan protein yang hilang pada setiap helaian rambut.

Penggunaan conditioner juga dapat merapikan kutikula rambut yang kasar dan kusam, sehingga rambut akan lebih elastis dan tidak mudah rontok.

Hal ini tentunya akan mempercepat proses pertumbuhan rambut, serta terhindar dari masalah, seperti rambut rontok.

[Baca Juga: 10 Model Rambut Pendek Wanita Terkini & Cara Merawatnya!]

 

#2 Jalani Diet Sehat dan Seimbang

Selain menurunkan berat badan, menjalani diet yang sehat dan seimbang juga bisa mempercepat pertumbuhan rambut, lho.

Pasalnya, rambut juga membutuhkan nutrisi yang berasal dari sayuran, biji-bijian, ikan hingga daging.

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino tinggi seperti alpukat, salmon, ayam, dan lainnya, bisa mempercepat pertumbuhan rambut yang sehat dari dalam.

Asam amino sendiri adalah zat yang berfungsi untuk membuat protein agar tubuh mampu memperbaiki jaringannya.

Jadi, kalau kamu ingin memiliki rambut panjang yang sehat, ada baiknya segera menghindari kebiasaan makan sembarangan dan tidak sehat, ya!

 

#3 Kurangi Pemakaian Alat Pemanas Rambut

Peralatan rambut seperti hair dryer, catokan, dan pengeriting rambut memang dapat mempercantik tatanan rambut kamu.

Akan tetapi, jika terlalu sering menggunakan peralatan rambut tersebut, panas dari alat-alatnya akan membuat rambut jadi mudah rapuh sehingga mudah patah dan rontok.

Sebab, tekanan panas yang peralatan tersebut timbulkan dapat menghambat pertumbuhan rambut dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, kurangi pemakaian peralatan rambut yang menimbulkan panas. Jika terpaksa harus menggunakan alat pemanas rambut, jangan lupa gunakan vitamin rambut agar kelembabannya tetap terjaga.

[Baca Juga: Pilihan Vitamin Rambut yang Cocok Dengan Kulit Kepala Kamu]

 

#4 Pijat Kulit Kepala

Cara yang satu ini adalah cara memanjangkan rambut paling alami yang bisa Sobat Finansialku lakukan.

Memijat kulit kepala dapat memberikan manfaat dalam mengurangi hormon stres dan menjaga tekanan darah serta detak jantung tetap stabil.

Dengan melakukan pijat kepala, aliran darah ke kulit kepala akan meningkat dan membantu akar-akar rambut semakin kuat.

Cara ini bisa merangsang pertumbuhan rambut jika kamu lakukan secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu.

Tidak harus creambath di salon, kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah selama 3-5 menit. Dengan begitu, rambut akan tumbuh secara alami dan kotoran pada kulit kepala pun akan hilang.

 

#5 Hindari Stres dan Begadang

Selain menjalani diet yang sehat, Sobat Finansialku juga perlu mengurangi tingkat stres dan hindari kebiasaan begadang.

Pasalnya, stres dapat menyebabkan aliran darah terhambat, sehingga memicu kerontokan rambut dan membuatnya kusam.

Sementara itu, saat tidur, tubuh akan meregenerasi sel baru termasuk pertumbuhan rambut. Jika hal tersebut terganggu, tentunya pertumbuhan rambut akan terhambat, bahkan memunculkan masalah pada rambut.

Jadi, mulai lakukan beberapa aktivitas yang membantumu merasa tenang, seperti olahraga dan istirahat yang cukup.

 

#6 Cermat Memilih Obat Penumbuh Rambut

Jika Sobat Finansialku ingin menggunakan obat penumbuh rambut, usahakan lebih cermat dalam memilih jenis obat-obatan yang akan kamu konsumsi.

Pastikan juga obat-obatan penumbuh rambut tersebut sudah mendapat persetujuan dari dokter atau ahli yang memeriksa kesehatan rambutmu.

Karena, jika kamu menggunakan resep obat penumbuh rambut yang tidak sesuai justru akan membuat kerontokan rambut semakin parah.

 

#7 Jangan Bungkus Rambut Basah dengan Handuk

Banyak wanita yang masih mengeringkan rambut dengan cara membungkusnya menggunakan handuk.

Padahal, cara ini sangat tidak disarankan dan malah akan merusak rambut, sehingga rambut susah tumbuh panjang dengan cepat.

Meski terlihat sepele, tetapi memutar rambut dan menggosok-gosoknya dengan kain membuat helaian rambut menjadi rapuh, kusut, dan rontok.

Jika memang ingin mengeringkan rambut dengan handuk, pilihlah handuk berbahan mikrofiber dan cukup dengan menepuk pelan ke rambut.

[Baca Juga: Biaya Pasang Behel, Prosedur, Jenis, hingga Perawatannya!]

 

#8 Gunakan Cuka Apel

Cuka apel adalah racikan dari sari buah apel yang telah difermentasi. Kandungan dalam cuka apel dapat merangsang pertumbuhan folikel rambut, sehingga rambut tumbuh lebih cepat.

Selain itu, cuka apel juga bermanfaat untuk menjaga kadar pH rambut tetap stabil dan mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Penggunaannya pun cukup mudah. Campurkan dua sendok makan cuka apel dengan secangkir air hangat. Kemudian, aplikasikan ke rambut dengan cara memijat lembut pada kulit kepala setelah keramas.

Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

#9 Gunakan Minyak Kemiri

Minyak kemiri memang terkenal ampuh untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Minyak kemiri seringkali dipakai untuk bayi yang masih memiliki rambut tipis.

Selain memanjangkan rambut, minyak kemiri juga ampuh untuk melembutkan rambut yang kering serta kusam, hingga membuatnya terlihat lebih berkilau.

Cara menggunakannya cukup dengan meneteskan 5 tetes minyak kemiri pada kulit kepala, kemudian pijat secara lembut selama 5-10 menit. 

Biarkan semalaman, lalu bilas hingga bersih pada saat mandi di pagi hari.

 

#10 Rawat dengan Minyak Zaitun

Selain minyak kemiri, Sobat Finansialku juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk memanjangkan rambut dengan cepat dan alami.

Caranya pun hampir sama, hanya dengan teteskan 5 tetes minyak zaitun lalu pijat-pijat kulit kepala.

Selain itu, kamu bisa mengaplikasikannya ke helai-helai rambut secara bersamaan dengan minyak alami lain seperti minyak kelapa dan minyak almond.

[Baca Juga: ​​Terkenal Sehat, Ini 4 Manfaat Minyak Zaitun]

 

#11 Gunakan Masker Rambut Berbahan Kayu Manis

Kayu manis ternyata ampuh untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut, Sobat Finansialku. Kayu manis memiliki sifat antimikroba yang dapat merangsang sirkulasi darah dan menutrisi setiap helai rambut.

Cara mengaplikasikannya, yaitu campurkan kayu manis dengan minyak kelapa dalam perbandingan yang sama sesuai kebutuhan rambut kamu.

Kemudian, oleskan campuran tersebut ke setiap helai rambut, termasuk pada kulit kepala untuk menutrisi akar rambut. Diamkan selama 45 menit, lalu bilas dan keramaslah seperti biasa.

 

#12 Rawat dengan Minyak Jarak

Memiliki fungsi antijamur dan antibakteri, minyak jarak berguna untuk membantu mengurangi infeksi kulit kepala yang menyebabkan rambut sulit tumbuh.

Minyak jarak panas cocok untuk kamu gunakan dalam perawatan menumbuhkan rambut.

Kandungan yang ada dalam minyak jarak, seperti Omega 6, vitamin E, serta protein dan nutrisi penting lainnya dapat memperkuat helai serta akar rambut.

Untuk menggunakannya, oleskan minyak jarak dari pangkal ke ujung rambut, lalu pijat-pijat kulit kepala.  Tutup rambut dengan kap mandi selama 30-60 menit, kemudian bilas seperti biasa.

 

#13 Gunakan Produk Berbahan Keratin

Masalah rambut seperti rambut kering dan kasar dapat kamu atasi dengan menggunakan produk yang mengandung bahan keratin, lho.

Selain mengatasi tekstur rambut yang kasar dan kering, keratin juga dapat membantu memperkuat akar rambut dan mencegahnya dari kerontokan.

Kandungan keratin bisa kamu temukan dalam produk sampo khusus untuk rambut yang sering di-styling dan rambut rusak.

Jadi, pastikan kamu memilih produk sampo yang tepat dan sesuai dengan kondisi rambutmu, ya!

[Baca Juga: 20 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Ampuh dan Cepat]

 

#14 Hindari Terlalu Sering Mewarnai Rambut

Sobat Finansialku sering gonta-ganti warna rambut? Sebaiknya, segera hindari kebiasaan itu jika ingin mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Sebab, proses kimia seperti mewarnai rambut (bleaching dan coloring) tentu saja bisa membuat rambut semakin kering dan mudah rontok.

Jika terlalu sering kamu gunakan, bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat merusak kulit kepala sehingga menghambat pertumbuhan rambut.

 

#15 Tambah Asupan Protein

Pada dasarnya, rambut berasal dari nutrisi protein, sehingga ia juga membutuhkan protein yang cukup agar cepat berkembang.

Asupan protein dari makanan sehat yang kamu konsumsi dapat menutrisi dan merevitalisasi setiap helai rambutmu.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dapat membantu folikel rambut untuk mendapatkan nutrisi-nutrisi penting yang kamu butuhkan selama proses memanjangkan rambut.

Selain mempercepat pertumbuhan rambut, makanan tinggi protein seperti daging, susu, dan kacang-kacangan juga mampu menjaga rambut agar tetap sehat.

 

Tips Merawat Rambut Panjang

Tidak sedikit wanita yang memiliki rambut panjang justru menghadapi masalah pada rambutnya. Mulai dari rambut rontok, kering dan kusut, bercabang hingga rambut lepek yang bikin menyerah untuk memanjangkan rambut mereka.

Eits! Jangan khawatir, karena Finansialku juga akan memberikan beberapa tips merawat rambut panjang agar tetap sehat. Berikut ulasannya!

 

#1 Rutin Memotong Ujung Rambut

Tips merawat rambut panjang yang pertama dari Finansialku adalah dengan rutin memotong bagian ujung rambut secara teratur.

Ingin memanjangkan rambut, tapi malah memangkasnya? Tenang saja! Cara ini malah dapat mengatasi masalah rambut bercabang yang menghambat pertumbuhan rambut.

Jadi, usahakan rutin memotong ujung rambut yang rusak secara teratur agar rambut kamu jadi lebih cepat panjang dan tidak mudah rontok.

 

#2 Gunakan Sisir yang Tidak Terlalu Rapat

Cara sederhana merawat rambut panjang adalah dengan menyisir rambut menggunakan bagian sisir yang jarang atau tidak terlalu rapat.

Hal ini untuk mengurai bagian rambut yang kusut sebelum menyisirnya menggunakan bagian sisir yang lebih rapat.

Rutin menyisir rambut bisa membantu pertumbuhan rambut karena dapat menstimulasi kulit kepala untuk melepaskan minyak alami dan menyebarkannya ke setiap helaian rambut.

Akan tetapi, hindari menyisir rambut dalam keadaan basah karena kondisi ini cenderung membuat rambut jadi lebih rapuh dan rentan mengalami kerontokan.

Biasakan untuk menyisir rambut secara rutin saat rambut kering, setidaknya dua kali sehari.  Jika rambut kamu kusut, silakan pisahkan rambut terlebih dahulu menggunakan jari secara perlahan.

[Baca Juga: Penyebab Utama dan Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Di Rambut]

 

#3 Lakukan Haircare Routine

Sama halnya seperti kulit, rambut juga membutuhkan perawatan rutin. Ada beberapa produk haircare routine yang perlu kamu aplikasikan untuk menjaga rambut agar tetap sehat.

Selain itu, menerapkan haircare routine juga akan membuat rambut lebih mudah tumbuh panjang karena bagian akar dan helai rambutnya sudah sehat.

Bukan hanya sampo, Sobat Finansialku perlu menambahkan conditioner yang menutrisi rambut, serum, dan minyak perawatan rambut.

Sebaiknya gunakan bahan-bahan alami untuk meminimalisir kulit kepala terpapar bahan kimia terlalu banyak.

 

#4 Hindari Keramas Terlalu Sering

Buat Sobat Finansialku yang masih beranggapan bahwa keramas setiap hari bisa menutrisi rambut dan membuatnya tumbuh lebih cepat, segera buang jauh-jauh anggapan itu.

Pasalnya, berkeramas terlalu sering justru akan membuat rambut rusak, kering, dan rapuh, serta menghilangkan minyak alami rambut.

Hal ini bukan berarti kamu hanya berkeramas seminggu sekali saja, ya. Tetapi, keramaslah dengan jeda hari yang cukup

Tidak perlu setiap hari, kecuali jika kamu baru saja melakukan aktivitas yang membuat rambut lepek dan kotor. Jika kamu tidak terlalu banyak berkeringat, lakukan keramas setiap tiga hari sekali sudah terbilang cukup. 

Saat keramas, fokuslah pada bagian tengah dan ujung rambut karena di sanalah kotoran paling banyak terkumpul.

[Baca Juga: Jangan Sampai Terbalik, Begini Urutan Skincare Biar Efektif!]

 

#5 Rutin Gunakan Masker Rambut

Penggunaan masker rambut juga merupakan bagian dari haircare routine. Masker rambut adalah cara efektif untuk merawat dan membuat rambut panjang semakin terlihat indah.

Sobat Finansialku bisa membuat masker rambut dari berbagai macam bahan sesuai dengan kebutuhan rambut kamu. Berikut adalah beberapa contoh bahan yang bisa kamu gunakan:

  • Minyak kelapa dan madu untuk memperbaiki rambut yang rusak.
  • Minyak kelapa dan kayu manis untuk pertumbuhan rambut.
  • Telur dan lemon untuk rambut berminyak.
  • Brown sugar dan minyak zaitun atau telur dan mayones untuk rambut kering.
  • Pisang, yogurt, dan madu untuk rambut yang susah diatur.

 

Jangan Lupa Anggarkan Biaya untuk Perawatan

Nah, itu dia 15 cara memanjangkan rambut beserta tips merawat rambut panjang yang perlu Sobat Finansialku ketahui.

Cara merawat rambut panjang sebenarnya cukup mudah asalkan kamu rutin melakukannya. Kamu bisa memulai dengan menerapkan berbagai tips di atas dan mengubahnya menjadi rutinitas.

Mungkin dari beberapa cara di atas memerlukan produk tertentu yang harus kita beli di pasaran. Maka dari itu, sebaiknya kamu anggarkan budget khusus untuk perawatan rambut yang kita perlu lakukan secara rutin.

Nah, agar tidak mengganggu cash flow keuangan, yuk, cek kembali anggaran bulananmu dan susun ulang sesuai dengan kebutuhan.

Cara mudahnya, kamu bisa menyusun anggaran tersebut di Aplikasi Finansialku. Berbagai fitur di dalamnya akan membuatmu lebih praktis dalam mengatur dan mengelola keuangan, lho.

Yuk, download aplikasinya sekarang juga dan semangat untuk memulai kebiasaan baik dalam merencanakan keuangan.

 

Bagikan juga artikel ini ke orang terdekat atau keluargamu yang masih struggle memanjangkan rambut mereka. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya. Terima kasih.

 

Editor: Ari A. Santosa

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Mudah dan Cepat. Tresemme.com – https://bit.ly/3IvmKVI
  • Tim Redaksi. 16 Desember 2021. Tanpa Obat, Ini 16 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3XcLYME
  • Debora Danisa Kurniasih Perdana Sitanggang. 19 Juli 2022. 25 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami. Detik.com – https://bit.ly/3It0lIo
  • Surtan Siahaan. 20 Juni 2022. 19 Cara Memanjangkan Rambut, Cepat & Sehat Tanpa Obat Kimia. Tokopedia.com – https://bit.ly/3QkUF53

 




https://wvmuseums.org

Baca juga  Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Sebagainya