cara konfigurasi bluetooth

6 Cara Konfigurasi Bluetooth di Laptop & PC dengan Mudah


Apakah Anda tahu cara mengatur Bluetooth di laptop dan komputer (PC)? Kalau belum, simak 6 cara mudah setting Bluetooth di laptop dan PC ini, ya!

Bluetooth adalah fitur yang sudah ada sejak lama di perangkat elektronik. Ini adalah sarana pertukaran data melalui jaringan pribadi dan nirkabel antara berbagai perangkat elektronik tetangga.

Salah satu perangkat elektronik yang biasanya memiliki fungsi Bluetooth adalah laptop atau komputer (PC). Lalu bagaimana cara mengatur dan mengaktifkannya?

BACA JUGA: Cara Download MP3 dari Youtube Mudah, Cepat dan Aman

Apa itu bluetooth?

Winron

Seperti disebutkan sebelumnya, Bluetooth adalah teknologi nirkabel jarak pendek yang digunakan untuksiaran data dengan jaringan pribadi antara perangkat elektronik tetangga. Perangkat elektronik tersebut antara lain laptop atau komputer (PC), smartphone, konsol permainanserta perangkat audio lainnya.

Teknologi Bluetooth pertama kali diperkenalkan pada 7 Mei 1998 silam. Saat ini, Bluetooth Special Interest Group adalah organisasi utama yang mengontrol, melisensikan, dan merek dagang teknologi fenomenal pada masanya.

Secara sederhana, teknologi ini menggunakan gelombang radio jenis UHF (frekuensi ultra tinggi) di jaringan radio ISM (industri, ilmiah, medis) membangun jaringan pribadi antar perangkat elektronik. Jarak jangkauan fungsi Bluetooth ini juga sangat pendek, hanya sekitar 10 meter. Dengan demikian, jika satu perangkat dengan perangkat lain yang terhubung melalui Bluetooth berjarak lebih dari 10 meter, koneksi data Bluetooth di antara mereka akan terputus.

BACA JUGA: Cara Mudah Melihat Alamat MAC HP di Semua Perangkat

Cara mengatur Bluetooth di laptop atau PC

Telah disebutkan di atas bahwa salah satu jenis perangkat elektronik yang dapat menggunakan teknologi Bluetooth adalah laptop dan komputer (PC). Nah, pada pembahasan bagian ini, Sedulur akan diminta untuk mempelajari 6 cara mengkonfigurasi Bluetooth pada perangkat tersebut. Jika demikian, apa saja enam cara mengatur Bluetooth tadi?

1. Gunakan fungsi (Fn) dan tombol ikon Bluetooth

cara mengatur bluetooth
Pengemudi Mudah

Cara pertama untuk mengatur Bluetooth adalah dengan menggunakan (Fn) kunci sebaik ikon Bluetooth pada keyboard laptop. Sebagai aturan, laptop memiliki fungsi Bluetooth yang sudah diinstal sebelumnya di pabrik. Coba cek dulu spek laptop sedulurnya. Kemudian jika sudah mengetahui dengan pasti bahwa laptop sedulur memiliki fungsi bluetooth, kamu bisa mengaktifkannya dengan menekan tombol Fn dan salah satu tombol dari F1 hingga F12.

Baca juga  Flash Sale Super Seratus 29-30 Oktober. Belanja Mudah dan Murah!

Bagaimana cara mengetahui kunci Fn yang mana? nyalakan Bluetooth adalah untuk melihat simbol Bluetooth pada salah satu tombol dari F1 hingga F12. Setiap laptop memiliki konfigurasi tombol Fn yang berbeda, jadi Anda perlu memastikan bahwa salah satu tombol dari F1 hingga F12 memiliki karakter Bluetooth.

Ketika Sedulur menemukan tombolnya nyalakan Bluetooth dari F1 ke F12, sebut saja F4, lalu Sedulur tinggal tekan tombol Fn beserta tombol F4 tadi untuk menyalakan Bluetooth. Fitur ini siap digunakan.

BACA JUGA: Cara melacak HP menggunakan Gmail. Mudah dan cepat!

2. Atur Bluetooth melalui pengaturan Windows.

cara mengatur bluetooth
BetaNews

Cara kedua untuk mengatur Bluetooth adalah dengan menggunakan pengaturan Windows. Jika Sedulur memiliki laptop Windows, Sedulur biasanya sudah tidak asing lagi dengan item menu ini. Ini juga cara mengaktifkan Bluetooth di laptop dengan Windows 11 atau Windows versi terbaru saat ini.

Pengaturan Windows adalah pusat dari semua pengaturan yang terkait dengan laptop Sedulur. Salah satu opsi dalam pengaturan Windows adalah pengaturan Bluetooth.

Langkah-langkah penyiapan Bluetooth melalui pengaturan Windows

Tentu saja, Anda tahu cara mengaktifkan Bluetooth di komputer melalui Pengaturan Windows dengan mudah! Berikut langkah-langkah cara mengaktifkan Bluetooth di laptop Windows 10 dan cara mengatur Bluetooth di Windows 11.

  • Pilih menu Start Windows berupa jendela di pojok kiri bawah, lalu masuk ke bagian “Settings” dengan simbol roda gigi. Sedulur juga bisa menulis “Pengaturan” di pencarian, atau langsung menulis “Bluetooth” untuk cara yang lebih cepat.
  • Setelah di “Pengaturan”, pilih opsi “Perangkat”.
  • Di bagian Perangkat Sedulur, pilih bagian Bluetooth dan perangkat lain.
  • Kemudian Sedulur akan melihat tombol nyalakan matikan terletak di bawah kata “Bluetooth”. Geser sakelar untuk mengaktifkan fungsi Bluetooth.
  • Setelah diaktifkan, Sedulur hanya dapat menghubungkan perangkat berkemampuan Bluetooth lainnya ke laptop atau komputer (PC) Sedulur.
  • Saudara-saudara juga harus membuat instalasi atau berpasangan pertama. Jika demikian, Sedulur hanya akan memasangkan kedua perangkat.
  • Temukan nama perangkat yang ingin Anda sambungkan, lalu cukup pilih opsi “Hubungkan” untuk menghubungkan perangkat Bluetooth ke komputer atau PC Anda.
  • Untuk informasi lebih lanjut, Sedulur juga dapat menambahkan perangkat Bluetooth yang belum terhubung atau belum dipasangkan dengan memilih opsi di bagian atas dengan simbol “+” yang bertuliskan “Tambah Bluetooth atau perangkat lain”.
  • Fungsi Bluetooth siap digunakan.
Baca juga  3 Cara Temukan Masjid Terdekat dari Ponsel, Gampang Banget!

BACA JUGA: Apa itu bahan elektronik? Ketahui penjelasannya dan cara membelinya

3. Atur Bluetooth melalui Pengelola Perangkat.

IntUteKno

Untuk Sedulur yang menggunakan laptop atau komputer (PC) Windows, Sedulur dapat menggunakan metode konfigurasi Bluetooth alternatif melalui Device Manager.

Device Manager sendiri merupakan opsi yang disediakan oleh Windows untuk memudahkan pengguna dalam mengelola semua bagian. Perangkat keras sebaik perangkat lunak pada laptop atau komputer. Kuantitas Perangkat keras sebaik perangkat lunak yang dapat dikonfigurasi di pengelola perangkat: kamera, masukan dan keluaran audiobaterai, display adapter, papan ketik, dan seterusnya. Tentu saja, Pengelola Perangkat dapat mengatur Bluetooth.

Cara mengatur Bluetooth melalui Device Manager cukup sederhana. Sedulur cukup membuka Device Manager dengan mencari fitur di kolom “Enter here to search”.

Setelah berhasil login ke Device Manager, cari tulisan Bluetooth dengan simbol signature birunya. Jika fitur tersebut ada tapi tidak aktif, tinggal klik kanan pada Sedulur dan pilih “Enable” untuk mengaktifkannya. Sedangkan opsi “Disable” digunakan untuk menonaktifkannya.

BACA JUGA: Cara menutup akun FB sementara dan permanen dengan mudah

4. Instal pengemudi Bluetooth

Dokumen Microsoft

Jika ketiga metode penyiapan Bluetooth di atas tidak berfungsi, kemungkinan besar pengemudi atau perangkat lunak Bluetooth Brother belum terpasang. Pemasangan pengemudi Bluetooth dapat dilakukan dengan CD pengemudi secara default, atau Anda juga dapat mengunduh pengemudi Bluetooth melalui Internet dengan tipe yang disesuaikan.

5. Ambil Keuntungan kunci Bluetooth

gadgettren

Laptop sedulur tidak mendukung instalasi perangkat lunak Bluetooth? Jangan khawatir! Cara selanjutnya untuk mengatur Bluetooth adalah dengan menginstal kunci Bluetooth saja. Kunci ini disetel ke Pelabuhan Kehadiran USB di laptop. kunci Bluetooth ini dalam bentuk USB flashdisktetapi berfungsi sebagai antena untuk menerima dan mengirimkan data.

Baca juga  Pengertian, Contoh dan Bedanya dengan Soft Copy

6. Atur Bluetooth di Windows 7, 8 dan 8.1.

tepian

Sejauh ini kami telah menjelaskan beberapa cara untuk mengatur Bluetooth di laptop atau komputer (PC) yang menjalankan Windows 10 atau 11. Bagaimana dengan perangkat yang masih menjalankan versi Windows 7, 8, dan 8.1? Coba langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan Bluetooth di laptop Windows 7, 8 dan 8.1.

Langkah-langkah pengaturan Bluetooth di Windows 7, 8 dan 8.1

  • Pilih menu Start, lalu pilih Devices and Printers untuk mencari perangkat Bluetooth.
  • Untuk mengaktifkan Bluetooth, klik kanan pada perangkat Bluetooth dan pilih Pengaturan Bluetooth.
  • Centang kotak “Izinkan perangkat Bluetooth untuk menemukan komputer ini” dan klik OK.
  • Pertama-tama pastikan bahwa fungsi Bluetooth berfungsi dengan baik pada perangkat yang ingin Anda sambungkan.
  • Kembali ke “Devices and Printers”, pilih “Add a device”.
  • Selanjutnya, jendela “Pilih perangkat untuk ditambahkan ke komputer ini” akan muncul.
  • Tunggu hingga laptop atau komputer Anda menampilkan perangkat Bluetooth terdekat.
  • Klik dua kali perangkat Bluetooth yang ingin Anda sambungkan.
  • Fungsi Bluetooth siap digunakan.

Itu dia, Sedulur, rangkuman enam cara setting Bluetooth di laptop atau komputer (PC) yang bisa kamu coba dengan mudah. Keenam cara tersebut meliputi penggunaan fungsi dan tombol. ikon Bluetooth, melalui Pengaturan Windows, melalui Pengelola Perangkat, instal pengemudi Bluetooth, gunakan kunci Bluetooth dan atur seperti biasa pada perangkat Windows 7, 8, 8.1.

Sedangkan cara mengaktifkan bluetooth di komputer Windows 10 sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan Windows versi sebelumnya. Semoga artikel ini membantu Sedulur memahami fitur-fitur apa saja yang bisa ditemukan di laptop atau komputer (PC), ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org