Ebook Mahasiswa

Kartu Prakerja Gelombang 45 Dibuka! Ini Syarat dan Cara Daftar


Pemerintah secara resmi membuka program kartu pra kerja gelombang 45. Cari tahu cara melamar, syarat dan manfaat kartu prakerja di artikel ini. Keuangan saya turun! Jangan lewatkan!

Pemerintah segera buka kartu 45 sebelum kerja

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menetapkan kartu prakerja untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19 dan dipecat.

Saat ini,Sobat Finansialku, kabar baiknya pemerintah akan segera membuka gelombang 45. Cara daftar Kartu Prakerja bisa kamu akses melalui website www.prakerja.go.id.

Persyaratan untuk mendapatkan kartu tenaga kerja sementara

Bagi Anda yang sudah tahu persis jadwal pendaftarannya, langsung saja mendaftar.

Perlu diingat kembali bahwa kriteria penerima Kartu Prakerja adalah:

  1. Warga negara Indonesia berusia di atas 18 tahun
  2. Tidak sedang menjalani pendidikan formal
  3. Korban Pemberhentian (PHK)
  4. Pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan mereka
  5. Program prioritas untuk pelamar muda.

Download Gratis!!! e-book Perencanaan Keuangan untuk siswa

Cara mendaftarkan kartu sebelum bekerja

Jika Anda tertarik untuk mengikuti program Kartu Prakerja dan ingin segera mendaftar, berikut adalah cara mendaftar Kartu Prakerja. Tahapannya antara lain sebagai berikut:

  • Buka Prakerja.go.id
  • Anda kemudian dapat langsung memasukkan alamat email yang sedang aktif di halaman utama situs pra-kerja. Jika sudah, Anda dapat mengklik ikon lingkaran biru yang terletak di sebelah kanan kolom.
  • Masukkan kembali alamat email Anda, tetapi kali ini bersama dengan kata sandi Anda.
  • Centang kotak di kolom persetujuan, lalu klik Daftar.
  • Sistem akan mengirimkan pesan verifikasi yang akan dikirim langsung ke email Anda.
  • Buka email masuk dan verifikasi akun dengan mengklik teks Verify Now di email.
  • Proses pembuatan akun Kartu Prakerja selesai.

[Baca Juga: Jokowi Keluarkan Kartu Pra Kerja Antisipasi PHK Akibat Covid-19]

Cara masuk ke Dasbor Pra-Kerja

Setelah mendaftar, Anda dapat langsung masuk ke panel kontrol Kartu Prakerja. Di akun pribadi Anda, Anda dapat mengisi dokumen dan mendapatkan informasi lainnya. Ada juga langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk masuk ke Panel Kontrol Pra-Kerja, termasuk yang berikut:

  • Buka Prakerja.go.id
  • Kemudian klik ikon “Login”, yang terletak di sudut kanan atas halaman situs.
  • Anda dapat memasukkan alamat email dan kata sandi Anda.
  • Setelah masuk ke akun Anda, Anda dapat memulai proses pendaftaran dengan mengisi data pribadi Anda dan mengunggah dokumen yang diperlukan.
  • Selanjutnya Anda dapat memasukkan nomor ponsel yang juga terdaftar pada akun/akun e-wallet untuk menyalurkan dana insentif nantinya jika lolos seleksi. Pilihannya adalah rekening BNI, rekening BCA, OVO, GoPay, LinkAja dan Dana.

Apa manfaat dari kartu pra kerja?

Lalu apa saja keuntungan mengikuti program Kartu Prakerja? nah begitulah pembahasannya

#1 Menyediakan ruang untuk belajar

Melalui program Kartu Prakerja, pemerintah memberikan kesempatan sekaligus wadah bagi masyarakat yang membutuhkan pelatihan di bidang keahlian tertentu. Ada banyak pelatihan yang tersedia dan Anda dapat memilih sesuai dengan keahlian dan minat Anda.

#2 Mendapatkan Insentif

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan insentif berupa surcharge bagi anggota Kartu Prakerja. Manfaat diberikan selama program pelatihan untuk membantu peserta yang membutuhkan uang untuk menyelesaikan pelatihan.

#3 Pelajari keterampilan baru

Dengan lulus dari pelatihan yang tersedia, Anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru. Harapannya, dengan mengikuti pelatihan ini, peserta dapat memperoleh pengalaman di bidang tertentu sebagai syarat untuk mencari pekerjaan.

Bagi peserta yang lulus dapat langsung mengikuti pelatihan on line. Tapi bBagi peserta yang belum lolos tahap awal, bisa mendaftar di tahap selanjutnya dan seterusnya tanpa harus membuat akun baru di halaman resmi Kartu Prakerja.

“Jika pendaftaran tidak diterima, Anda dapat mendaftar di batch berikutnya. Tidak perlu memulai dari awal. Nanti ada instruksi di Internet,” kata Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, mengutip detik.comSenin (13.04).

Selain membantu pekerja yang terkena PHK, peserta UMKM dapat mengikuti program pra kerja ini.

“Tujuan dari kartu pra kerja yang semula untuk meningkatkan tingkat pengetahuan dan keterampilan, kini juga mengurangi beban biaya hidup terutama membantu daya beli terutama dalam kebutuhan sehari-hari. Dengan kata lain, Kartu Prakerja juga berfungsi sebagai alat untuk memberikan bantuan sosial atau jaring pengaman sosial, ”katanya. kata Airlangga, mengutip cnbcindonesia.comSenin (13.04).

Jika masih penasaranSobat Finansialku bisa mengetahui informasi lebih lanjut tentang program ini, pemerintah menyediakan help center di (021) 25541246, yang buka setiap Senin-Jumat pukul 08.00-19.00 WIB, atau melalui email [email protected]

Siapapun yang akan mendaftar program Kartu Prakerja tidak perlu khawatir tidak mendapatkan kartu.

Hal ini menjadi perhatian Direktur Eksekutif Kantor Pelaksanaan Kartu Prajabatan Denny Pourbasari.

“Tidak perlu kesal atau takut tidak akan menerima (buku kerja). Tidak perlu terburu-buru semuanya untuk mendaftar. Manajemen pelaksana akan mengatur rekrutmen secara batch. Setiap gelombang atau permainan setiap minggu” katanya mengutip katadata.co.id.

Diketahui, peserta terpilih akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 3,55 juta per orang.

Insentif terdiri dari Rs 1 juta untuk biaya kuliah, diikuti oleh Rs 600,000 setiap bulan selama empat bulan.

Sisanya Rs 150.000 untuk survei pekerjaan, yang dibayarkan langsung ke lembaga pendidikan.

Penerima Kartu Prakerja menjalani pelatihan

Nantinya, para peserta akan menjalani berbagai pelatihan secara bertahap. Dari keterampilan teknis hingga cara membangun bisnis.

Jenis pelatihannya antara lain cara berjualan online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan merawat kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan lain-lain.

[Baca Juga: 5 Ide Cemerlang Pekerjaan Sampingan Online Untuk Anda]

Sedangkan menurut Kompas.com, ada paket pelatihan Program Kartu Prakerja yang ditawarkan oleh Disnaker, berikut beberapa di antaranya:

  1. pelatihan rias pengantin
  2. Belajar melakukan permainan
  3. Pelatihan administrator
  4. Rekan Desain Grafis
  5. copywriter
  6. dll.

Sobat Financialku, bagaimana menurut kalian dengan artikel di atas? Anda dapat membagikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah.

Oh ya, sebarkan informasi ini ke teman dan keluarga melalui platform yang dapat diakses.

Semoga bermanfaat, ya!

Sumber referensi:

  • Vadia Lidian. 12 April 2020 Kartu Prakerja resmi sudah dibuka, daftar sekarang! Detik.com – https://bit.ly/2XuOVfK
  • Vina Fadhrotul Mukaromah. 13 April 2020 Pelatihan Program Kartu Prakerja dilakukan secara online dan offline, berikut informasinya Kompas.com – https://bit.ly/2V51BbJ
  • Desi Setyovaty. 12 April 2020 Bantuan tunai yang diterima melalui Program Kartu Prakerja dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pokok. Pendaftaran dibuka setiap minggu. Catdata.co.id – https://bit.ly/34AOh1J
  • administrator. 13 April 2020 Dicari 164.000 Member, Begini Cara Daftar Prakerja.go.id Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3b45IdH
  • Adi Vicanto. 15 Agustus 2022 Login ke Prakerja.go.id, berikut cara dan syarat pendaftaran Kartu Prakerja ke-41.. Kontan.co.id – https://bit.ly/3QPRKQN
  • Farah Nabila. 21 Juni 2022 Pendaftaran Wave 33 telah dibuka kembali, berikut keuntungan kartu prakerjanya! Suara.com – https://bit.ly/3xfv0T9

Sumber Gambar:

  • Kartu Prakerja – https://bit.ly/2JZFLQn




https://wvmuseums.org

Baca juga  Kenapa Masyarakat Tertarik dengan Pinjol? Ini Alasannya!