cara membuat ttd di google form

Cara Membuat Tanda Tangan di Google Form Lewat PC & HP


Google Forms merupakan salah satu dari berbagai fitur digital yang sedang populer belakangan ini. Seperti namanya, fitur ini banyak digunakan untuk membuat formulir online, salah satunya adalah rapor absensi atau raport absensi. Seperti diketahui, kehadiran digital melalui Google Forms sudah menjadi kebiasaan baru sejak dimulainya pandemi Covid-19 di tahun 2020. Untuk melengkapi kehadiran digital, Sedulur perlu mengetahui cara membuat tanda tangan (TTD) pada formulir Google.

Dirangkum dari berbagai sumber, cara membuat tanda tangan di Google Forms bisa dilakukan secara manual atau menggunakan aplikasi. Mau tahu caranya? Simak detail lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 7 Cara Memulihkan File yang Dihapus di Flash Drive

Pengantar Layanan Google Formulir

Google

Sebelum menyimak cara membuat tanda tangan di Google Forms, Sedulur perlu mempelajari terlebih dahulu apa itu Google Form. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa Google Forms adalah produk dari Google yang menyediakan fitur atau layanan untuk membuat formulir online. Fungsi-fungsi ini dapat digunakan oleh pengguna secara bebas dan gratis.

Google Forms tidak hanya menyediakan fungsi untuk membuat formulir, tetapi juga dapat digunakan sebagai perangkat lunak untuk mengumpulkan dan memproses informasi dari penggunanya. Pasalnya, Google Form dilengkapi dengan layanan polling atau kuis yang bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna.

Bagaimana cara melakukan TTD di Google Form melalui laptop

Dikatakan sebelumnya bahwa pembuatan tanda tangan (TTD) di Google Forms dapat dilakukan secara manual atau dengan aplikasi. Ini karena tidak ada fitur untuk membuat tanda tangan langsung di Google Forms.

1. Cara Membuat TTD Secara Manual di Google Form

cara membuat tanda tangan di google form
gulungan

Pertama-tama kita akan melihat cara membuat tanda tangan secara manual di Google Forms.

Langkah pertama yang harus dilakukan Sedulur adalah menyiapkan dokumen yang akan ditandatangani dalam bentuk foto, dokumen atau PDF. Adapun jenis file yang akan diupload, sebaiknya Sedulur mengecek terlebih dahulu jenis dokumen apa saja yang perlu diupload ke form isian.

Sedangkan untuk membuat file tanda tangan ini bisa dilakukan secara manual yaitu dengan membuat tanda tangan pada selembar kertas kosong kemudian memotretnya dengan kamera smartphone Anda. Setelah file tanda tangan siap, Sedulur dapat melanjutkan ke langkah berikutnya sebagai berikut.

  • Buka browser Anda dan ikuti tautan Formulir Google untuk mengisi.
  • Kemudian jawab semua pertanyaan yang tertera di Google form, apalagi jika ada pertanyaan bertanda “Wajib”.
  • Jika Sedulur menemukan pertanyaan berupa permintaan tanda tangan, maka klik “Tambah File” di kolom tanda tangan
  • Kemudian pilih file tanda tangan yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian klik “Unggah” untuk menambahkan file ke kolom jawaban.
  • Jika kolom signature response diisi dengan nama file Sedulur, berarti file signature berhasil diupload. Nah, Sedulur bisa terus mengisi Google form sampai langkah selanjutnya.
Baca juga  Rumus IF Excel Beserta Cara Menggunakan dan Contohnya

BACA JUGA: Alasan baterai laptop cepat habis dan cara memperbaikinya

2. Cara membuat TTD di Google Form menggunakan aplikasi

cara membuat tanda tangan di google form
gulungan

Selain manual, Sedulur juga dapat membuat tanda tangan Google Forms menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut cara mengisi tanda tangan Google Formulir menggunakan aplikasi.

  • Pertama, buka tautan https://workspace.google.com/marketplace/ di browser.
  • Setelah halaman utama situs terbuka, cari aplikasi penandatanganan dengan menulis kata kunci “Tanda Tangan” di kolom pencarian.
  • Selanjutnya akan muncul berbagai attachment atau formulir yang bisa kamu tandatangani dan Sedulur bisa pilih. Unduh dan instal (instal) aplikasi yang dipilih sesuai kebutuhan.
  • Kemudian ikuti instruksi “Tambah” di aplikasi untuk menambahkan tanda tangan di halaman Formulir Google.

Bagaimana melakukan TTD di Google Form di ponsel Android dan iPhone

Tribunnews

Sedulur juga dapat membuat TTD Google Forms melalui smartphone menggunakan sistem operasi Android dan iOS. Begini caranya.

  • Seperti halnya menyelesaikan tanda tangan menggunakan PC, Sedulur juga perlu menyiapkan file tanda tangan terlebih dahulu.
  • Selanjutnya buka browser di smartphone kamu dan ikuti link Google Form untuk diisi
  • Isi data atau jawab pertanyaan yang tersedia di Google Form
  • Pada pertanyaan penandatanganan, Sedulur dapat mengklik ikon “Tambah file” dan “Pilih file dari perangkat” lalu pilih file tanda tangan yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Kemudian klik “Unduh” untuk mengunduh file
  • Setelah proses upload file selesai, Sedulur dapat melanjutkan pengisian form sampai selesai.

BACA JUGA: 14 Cara Mudah Membuka Kata Sandi dan Pola Ponsel yang Terlupakan

Cara masuk ke Google Sheet

Google

Selain membuat tanda tangan di Google Forms, Sedulur juga dapat menambahkan tanda tangan ke Google Sheets atau Google Docs. Berikut langkah-langkahnya.

Baca juga  Wajib Tahu! Cara Bisnis Dropship untuk Pemula

  • Pertama, buka halaman Google Documents di browser. Kemudian buka dokumen Sedulur untuk ditandatangani.
  • Letakkan kursor (panah) di tempat yang ingin Anda tanda tangani, lalu klik menu “Sisipkan”.
  • Kemudian pilih Gambar > Buat > Garis > Garis Besar.
  • Setelah itu, gambar tanda tangan Sedulur dengan mengarahkan kursor ke tanda tangan seperti yang Anda lakukan saat menandatangani di atas kertas.
  • Jika gambar tanda tangan sudah benar, klik Simpan dan Tutup.

Selain menggambar langsung di halaman Google Docs, Sedulur juga bisa menambahkan tanda tangan dengan mengunggah file foto tanda tangan, seperti cara membuat tanda tangan di Google Forms.

Cara Membuat Formulir Kehadiran Google Form

Bukugue.com

Selain memahami apa itu Google Form dan cara membuat tanda tangan di Google Form, Sedulur juga bisa menyimak cara membuat absensi di Google Form sebagai tanda tangan, atau lebih tepatnya, cara membuat formulir kehadiran. Karena menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “absen” berarti “tidak hadir” dan “absen” berarti “tidak hadir”. Dan kehadiran berarti kehadiran.

Sementara itu, berikut ini cara membuat formulir kehadiran dengan kolom tanda tangan di Google Forms. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan PC atau smartphone.

  1. Pertama, buka browser di PC atau smartphone Anda. Sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya, pastikan Sedulur sudah login atau login ke akun Google Anda.
  2. Masukkan alamat https://docs.google.com/forms/ untuk mengakses Google Formulir
  3. Kemudian pilih “Kosong” untuk mendapatkan lembar kerja baru.
  4. Kemudian buat formulir absensi sesuai kebutuhan. Anda dapat menambahkan pertanyaan dan baris ke formulir dengan mengklik tanda plus (+) di sebelah kanan. Selain itu, Sedulur juga dapat mengatur jenis pertanyaan, seperti “wajib” atau “harus diisi”, serta jenis jawaban yang Anda inginkan, seperti “pilihan ganda” untuk pilihan ganda, dan “jawaban singkat” untuk membuat jawaban singkat. kolom jawaban.
  5. Saudara juga dapat menambahkan bidang hari dan tanggal serta kalender ke formulir kehadiran.
  6. Tambahkan baris untuk pertanyaan “tanda tangan”. Sedangkan untuk kolom respon bisa diatur menjadi “upload file” atau “upload file”.
  7. Kemudian atur jenis file yang dapat diunggah, serta jumlah dan ukuran maksimum file yang diunggah.
  8. Terakhir bagikan, klik “kirim” atau “kirim” di bagian atas
  9. Selain itu, Sedulur dapat membagikan tautan formulir kehadiran dengan mengklik ikon penjepit kertas di bagian “Kirim via” atau “Kirim via” lalu klik “Salin”.
Baca juga  Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Cara mengubah tautan di Google Form

Google

Setelah formulir dibuat di Google Formulir, Sedulur akan menerima tautan atau tautan yang dapat dibagikan dengan responden yang akan melengkapi formulir. Biasanya, link asli dari Google Forms dalam format panjang, sehingga sulit untuk diingat. Untuk mengatasinya, Sedulur bisa mempersingkatnya dengan cara berikut ini.

  • Pertama, buka situs Short URL di https://www.shorturl.at/
  • Kemudian copy (copy) link atau link Google Form asli dari form yang sudah dibuat tadi
  • Kemudian tempel (paste) ke kolom yang tertera di situs Short URL.
  • Kemudian klik “URL Pendek”.
  • Nantinya, link baru yang lebih ringkas akan muncul di layar.

Selain cara di atas, Sedulur juga bisa mengganti judul link atau link Google Form agar lebih mudah diingat. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, buka bitly.com di browser.
  • Buat akun terlebih dahulu jika Sedulur adalah pengguna baru. Jika sudah memiliki akun, Sedulur bisa langsung login atau masuk ke akun bitly.com.
  • Setelah masuk ke halaman beranda situs, klik Buat Tautan di sudut kanan atas
  • Kemudian masukkan link asli dari Google Form yang Anda buat tadi di kotak “Insert Long URL”.
  • Selanjutnya, tautan baru yang lebih pendek akan muncul di layar.
  • Sedangkan untuk Sedulur, Anda dapat mengganti nama tautan dengan memilih Customize Back-Half dan kemudian mengisi spasi setelah bitly.com/ dengan nama yang Anda inginkan.
  • Terakhir, klik “Simpan” untuk menyimpan tautan yang dibuat.

Ini adalah ikhtisar tentang cara membuat tanda tangan di Google Forms. Kami berharap informasi ini akan membantu Sedulur menandatangani formulir online. Semoga beruntung!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org