Cara Bikin Klepon Ketan Kenyal Tanpa Kapur Sirih!

Cara Bikin Klepon Ketan Kenyal Tanpa Kapur Sirih!


Klepon merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang banyak disukai oleh masyarakat. Cara membuat klepon ini mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Makanan ini memiliki ciri khas seperti rasa manis dan gurihnya kelapa parut. Klepon juga sangat cocok sebagai camilan keluarga saat waktu senggang. Mau tahu cara membuat clepon sederhana dan enak? Simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA: Resep Bola Kentang Lembut Kopong Legit Enak

klepon

Solusi Makanan Unilever

Sebelum mempelajari cara membuat klepon, Sedulur akan mendapat manfaat dari mendengarkan sejarah makanan hijau ini. Klepon merupakan bagian dari pasar jajanan yang populer di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sumatera, Sulawesi hingga Jawa.

Dalam Buku Lengkap Aneka Cake (2016) karya Diane Nimpuno, clepon memiliki ciri khas kenyal dengan isian gula merah encer. Ternyata memiliki nilai filosofis yang kuat ketika sesuatu di masa depan manis tergantung usaha yang dilakukan.

Pembuatan klepon biasanya membutuhkan bahan seperti kapur. Ini menjadi salah satu solusi tepung murah di zaman kuno. Namun, setelah itu semakin banyak bermunculan jenis tepung, dari mana klepon bisa dibuat. Masyarakat mulai meninggalkan kapur sirih dan mulai menggunakan tepung ketan sebagai bahan utama.

BACA JUGA: 3 jenis tepung terigu protein dan kegunaannya

resep klepon

Jajanan tradisional
Kabar baik dari Indonesia

Bagi Sedulur yang sedang mencari resep clepon, ada beberapa bahan yang harus disiapkan. Berikut rinciannya:

  • 200 gr tepung ketan putih
  • 200ml air hangat
  • pasta pandan
  • Gula kelapa yang sudah di serut

Bahan-bahan yang tertera di atas bisa didapatkan di toko permen, atau jika tidak mau repot, coba cari di Super Application.

The Super app sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan orang berbelanja setiap bulan dan memenuhi semua kebutuhan rumah tangga, mulai dari kebutuhan sehari-hari, perlengkapan mandi hingga makanan ringan. Tidak hanya itu, harga beli Super Application juga sangat bersaing dan banyak promonya lho.

Baca juga  Sinopsis On Your Wedding Day, Kisah Mengejar Cinta Sejati

Jika sudah memiliki bahan-bahan utama di atas, Sedulur perlu menyiapkan bahan baku lainnya, seperti berikut ini:

  • 50 gr kelapa parut kering
  • 10 ml santan
  • Garam secukupnya
  • 40ml air panas

BACA JUGA: 15 manfaat kesehatan nanas, buah rendah lemak

Cara membuat clepon

Cara membuat clepon
Vandercooks

Setelah semua bahan terkumpul, langkah selanjutnya adalah menyiapkan klepon hijau yang enak. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan Sedulur.

  • Campur tepung ketan dengan air hangat. Ingatlah untuk melarutkan pasta pandan bersama dengan air dan campur semua bahan dengan baik.
  • Setelah bahan tercampur rata, mulailah menguleni dengan tangan agar adonan lengket sampai bisa diuleni.
  • Ambil adonan tepung ketan secukupnya dan bentuk menjadi bentuk bulat. Buat lubang dan tambahkan gula merah parut dan bulatkan lagi. Ulangi langkah ini sampai campuran tepung beras ketan habis.
  • Siapkan panci dan rebus air secukupnya. Tempatkan semua campuran tepung lengket yang telah dibentuk menjadi bentuk bulat ke dalam wajan. Tunggu hingga matang dengan perkiraan waktu sekitar 3 menit.
  • Angkat dan taburi seluruh permukaan tepung ketan dengan kelapa parut. Klepon kenyal dengan gula merah siap dihidangkan.

Itulah tadi ulasan lengkap cara membuat green clappons yang mudah dan enak. Semoga informasi di atas dapat membantu Sedulur membuat jajanan bersih dan sehat untuk seluruh keluarga di rumah. Semoga beruntung!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.

Baca juga  Kenapa Ada Penyakit Ain? Begini Cara Mencegahnya, Wajib Tahu!




https://wvmuseums.org