cara benerin baju melar

Jangan Dibuang! Ini Cara Benerin Baju Melar yang Pasti Ampuh!


Pakaian elastis adalah masalah umum yang dihadapi masyarakat. Masalah ini biasanya terjadi setelah mencuci pakaian dengan tangan atau menggunakan mesin cuci dan pengering. Masalah elastisitas pakaian sangat disebabkan oleh adanya bahan pakaian atau jenis serat tertentu yang mudah melar, seperti katun atau rajutan. Jika demikian, Anda pasti perlu tahu cara memperbaiki pakaian yang melar.

Selain belajar cara memperbaiki baju yang melar, Sedulur juga menyimak cara-cara atau tips cara mencegah baju melar. Nah, di bawah ini telah dirangkum informasi cara memperbaiki baju melar agar terlihat bagus kembali, yang dijamin ampuh, serta tips mencuci agar baju tidak melar. Yuk, simak cerita lengkapnya.

BACA JUGA: 10 tips jualan toko sembako dengan modal kecil

Penyebab pakaian elastis

Sonora

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, masalah pakaian melar adalah masalah yang dihadapi banyak orang. Masalah ini biasanya muncul setelah mencuci pakaian. Menurut Kompas.com, ilmuwan dan pakar pembersih Clorox, Mary Gagliardi, mengatakan cara terbaik menjaga pakaian tetap bagus dan bersih adalah dengan mengikuti petunjuk pada label perawatan yang tertera pada pakaian.

Anjuran untuk memperhatikan cara mencuci pakaian sendiri sebenarnya bermuara pada fakta bahwa setiap bahan garmen atau jenis serat memiliki karakternya masing-masing. Masih mengutip pernyataan Mary Gagliardi, disebutkan bahwa jenis serat menjadi penyebab utama pakaian melar. Dia menjelaskan bahwa kain alami seperti katun dan linen mudah meregang karena sifatnya yang menyerap kelembapan.

Selain itu, bahan rajut atau jersey juga masuk dalam daftar jenis pakaian yang mudah melar. Pakaian yang begitu digandrungi karena terbuat dari bahan yang nyaman dipakai dan dapat menghangatkan tubuh, membutuhkan perawatan khusus agar tidak mudah rusak. Mulai dari mencuci dan diakhiri dengan penyimpanan di lemari.

BACA JUGA: Tips Menjaga Bahan Makanan Hingga Awet

Cara memperbaiki pakaian yang melar

cara memperbaiki baju yang melar
Kompas

Bagi Anda yang memiliki pakaian berbahan stretch seperti katun dan jersey, penting untuk mengetahui cara merawat pakaian tersebut agar tetap dalam kondisi baik meski telah digunakan dalam waktu lama. Namun jika pakaian Sedulur sudah terlanjur melar, tidak ada salahnya mencoba tips cara mengatasi pakaian melar ini.

  • Pertama, isi ember, wastafel, atau bak mandi dengan air hangat dan sampo bayi. Anda juga bisa menggunakan kondisioner rambut atau sabun cuci ringan.
  • Kemudian rendam garmen elastis dalam campuran tersebut selama 30 menit.
  • Kemudian keluarkan pakaian dari air dan peras dengan perlahan dan hati-hati. Karena jika Sedulur meremasnya terlalu keras maka bahan garmen akan lebih mudah rusak. Setelah cucian diperas, tidak perlu dibilas.
  • Kemudian letakkan pakaian di atas handuk datar atau yang diregangkan. Gulung pakaian dan handuk lalu peras perlahan agar pakaian lembab dan tidak basah kuyup.
  • Kemudian buka dan letakkan pakaian di atas handuk kering lainnya. Pastikan pakaian diregangkan.
  • Terakhir, biarkan pakaian mengering dengan sendirinya.

BACA JUGA: Tips Cara Membuat Kuah Kental Enak dan Gurih untuk Koto Makassar!

Cara memperbaiki pakaian melar lainnya

Pelapisan 6

Selain tips di atas, ada beberapa lagi cara memperbaiki pakaian melar yang bisa Anda coba. Mulai dari mencuci dengan air dingin hingga menggunakan pengering pakaian. Berikut adalah informasi tambahan.

1. Cuci dengan air dingin

cara memperbaiki baju yang melar
Pilihan bebas

Tips pertama adalah mencuci pakaian dengan air dingin. Cara ini dirancang untuk mengurangi risiko pakaian melar saat dicuci dengan air panas. Suhu air yang dingin diharapkan dapat membantu serat-serat yang teregang itu menyatu kembali.

2. Simpan pakaian di lemari es

Pilihan bebas

Selain untuk mencuci di air dingin, Sedulur juga bisa menyimpan pakaian yang sudah dicuci di kulkas alias freezer. Berikut langkah-langkahnya.

  • Cuci pakaian dengan air dingin terlebih dahulu.
  • Kemudian peras pakaian dan angin-anginkan sebentar agar air tidak menetes dari pakaian.
  • Masukkan pakaian ke dalam kantong plastik atau kantong cucian.
  • Tempatkan pakaian di dalam freezer selama beberapa jam.
Baca juga  Cek Harga BBM Hari Ini 15 Juni 2022, Apakah Naik?

3. Cara memperbaiki pakaian melar dengan pengering pakaian

indeks berita

Mesin pengering yang dirancang untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci juga dapat digunakan untuk mencuci pakaian elastis. Sedulur bisa menggunakan mode hot dry atau menyetel mesin ke suhu tinggi.

Sebelum memasukkan pakaian Anda ke dalam mesin, pastikan pakaian tersebut agak lembap. Sedulur bisa disemprot dengan air terlebih dahulu. Kemudian masukkan ke dalam mesin dan atur proses pengeringan selama 10 hingga 15 menit. Nantinya, pakaian Sedulur akan menyusut dan kembali ke ukuran semula.

4. Merendam pakaian dalam air panas

CNN Indonesia

Selain menggunakan pengeringan suhu tinggi, Sedulur juga bisa mendapatkan manfaat serupa dengan menggunakan air panas. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, Sedulur perlu merebus air hingga mendidih.
  • Kemudian matikan kompor dan celupkan pakaian elastis ke dalam air mendidih.
  • Rendam pakaian selama 5-10 menit, lalu lepaskan dan peras dengan hati-hati.
  • Untuk mengeringkannya, cukup letakkan pakaian di atas handuk atau kain pada permukaan yang rata dan biarkan pakaian mengering dengan sendirinya.

5. Kencangkan bagian elastis kemeja.

Tribunnews

Masalah elastisitas kemeja seringkali hanya terjadi pada bagian tertentu saja, seperti bagian manset atau garis leher. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Sedulur bisa melakukan perbaikan atau perbaikan pada bagian tersebut. Misalnya dengan mengecilkan lalu menjahit atau menambahkan tambalan atau emblem untuk menyembunyikan bagian yang rusak.

6. Hemat pakaian dengan cara melipat

iStock

Salah satu tip terakhir untuk bekerja dengan pakaian yang melar adalah merawatnya agar tidak melar lebih jauh. Salah satu caranya adalah menyimpannya dengan cara dilipat. Hal ini karena pakaian yang digantung dapat menyebabkan beban pakaian terkonsentrasi di bagian bawah. Dengan demikian, serat bagian atas akan ditarik ke bawah.

Baca juga  Tukar Valas? Cek Dulu Kurs Dollar Hari Ini

Selain menyimpan pakaian dalam keadaan terlipat, cara lain untuk merawat pakaian yang melar adalah dengan tidak terlalu sering menyetrikanya. Pasalnya, panas dari setrika ditambah cara pembersihan yang salah juga bisa merusak serat pakaian sehingga membuatnya semakin melar.

BACA JUGA: Bisnis laundry: tips, jenis, modal, kelebihan dan kekurangan

Tips mencuci pakaian agar tidak melar

Popbela

Selain itu, Super selanjutnya juga merangkum tips mencuci pakaian agar tidak melar. Tips ini bisa Anda terapkan untuk merawat pakaian yang tidak rusak sehingga bisa terjaga kondisinya.

  • Perhatikan petunjuk pada label. Biasanya pakaian yang dijual di toko memiliki label dengan petunjuk cara mencucinya. Panduan ini tidak dibuat secara kebetulan lho, Sedulur. Namun disesuaikan dengan jenis bahan pakaian.
  • Hindari mencuci pakaian dalam jumlah banyak. Tips ini dimaksudkan untuk menghindari risiko pakaian kusut satu sama lain. Karena kondisi ini bisa menarik serat pakaian karena menjadi kusut dan sulit dihilangkan.
  • Keringkan pakaian Anda. Cara menjemur pakaian dengan cara dijemur atau diangin-anginkan dianggap lebih baik daripada menggunakan mesin pengering pakaian suhu tinggi. Namun, jika Anda tidak memiliki ruang untuk mengeringkan pakaian, Anda dapat menyetel pengering ke setelan rendah.

Ini adalah tips tentang cara memperbaiki pakaian yang melar. Selain itu, Super juga menjelaskan tips mencuci agar pakaian tidak mudah rusak atau melar. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Sedulur, ya!

Ingin menghabiskan bulanan tanpa menggunakan keras? aplikasi super larutan! Semuanya tersedia: mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga. Selain harganya yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan berbelanja dengan handphone. Tidak perlu keluar rumah, barang langsung diantar.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau warung, Anda juga bisa berbelanja secara grosir atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org