business development

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab


Salah satu profesi yang paling diminati saat ini adalah pengembangan bisnis atau sering disebut dengan BD. Dalam pekerjaannya, BD bertanggung jawab untuk menjalin hubungan antara pelanggan, pasar, dan hubungan bisnis sehingga dapat menciptakan peluang bagi pertumbuhan perusahaan.

Sementara banyak yang masih mengaitkan pekerjaan ini dengan penjualan, kedua pekerjaan itu sebenarnya sangat berbeda. Perbedaan kedua pekerjaan tersebut bahkan mencakup tanggung jawab, cara kerja, dan strategi.

Lalu apa itu pengembangan bisnis? Nah, Sedulur bisa menyimak informasinya di artikel berikut ini untuk mengetahuinya.

BACA JUGA: Ilmuwan Data: Pemahaman, Tugas, Gaji, dan Keterampilan yang Diperlukan

Definisi

iStock

Menurut definisi, strategi pengembangan bisnis adalah proses menciptakan nilai jangka panjang atau nilai jangka panjang suatu perusahaan melalui tiga elemen penting, yaitu pelanggan, pasar atau hubungan bisnis. Dengan demikian, BD adalah orang yang bertanggung jawab untuk menemukan cara di mana interaksi antara semua elemen dapat menciptakan peluang untuk pertumbuhan lebih lanjut dari perusahaan.

Nilai jangka panjang secara sederhana dapat dinyatakan dalam bentuk uang, keuntungan, citra, atau apa pun yang menjadi tujuan utama pengembangan perusahaan. Sementara mencari nilai jangka panjang, BD tidak selalu mencari keuntungan sebanyak mungkin dalam waktu singkat.

BD harus memiliki strategi dan taktik yang efektif yang dapat diterapkan dalam jangka panjang untuk mengembangkan perusahaan. Mereka juga harus mampu menganalisis apakah ada potensi pertumbuhan dan perkembangan bisnis, mulai dari mencari peluang baru hingga menciptakan bisnis baru. Tidak hanya itu, BD juga dapat mengevaluasi proposal bisnis dan menganalisis potensi pasar dan prospek ke depan.

Mengingat jumlah pekerjaan yang dia lakukan, gaji pengembangan bisnis bisa mencapai Rs 78 juta per tahun. Untuk kisaran pastinya, gaji yang akan diterima berkisar antara 4 juta hingga 7 juta per bulan.

Bedanya dengan pemasaran

pengembangan bisnis
iStock

Disebutkan bahwa pengembangan bisnis berbeda dengan penjualan atau pemasaran dalam hal tanggung jawab, cara kerja dan strategi. Berikut penjelasan singkatnya.

  • Prosedur. BD bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi pengembangan bisnis. Sedangkan penjual bertanggung jawab untuk meningkatkan penjualan perusahaan berdasarkan strategi pemasaran.
  • Prosedur. BD harus mengembangkan strategi pengembangan bisnis untuk bisnis dalam jangka panjang agar pelanggan tetap menggunakan produk perusahaan. Sedangkan pemasaran bertanggung jawab untuk menginformasikan kepada pelanggan tentang nilai atau manfaat produk.
  • Strategi telah dibuat. BD bertugas mengembangkan strategi pengembangan bisnis, yang hasilnya digunakan sebagai benchmark untuk departemen lain seperti pemasaran dan operasi. Sedangkan penjual dihadapkan pada tugas untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.
Baca juga  Sudut Pandang Dalam Cerita: Pengertian, Jenis dan Contohnya

BACA JUGA: Manajer Komunitas: Pemahaman, Keterampilan, dan Tanggung Jawab

Elemen Pengembangan Bisnis

pengembangan bisnis
iStock

Telah disebutkan sebelumnya bahwa BD terdiri dari tiga elemen utama, yaitu pelanggan, pasar, dan hubungan bisnis. Berikut penjelasannya

Pembeli

Pelanggan merupakan elemen penting yang harus dimiliki perusahaan. Tanpa pelanggan, perusahaan tidak akan berkembang. Tentu suatu produk atau jasa tidak akan cocok untuk semua kalangan, tapi bagaimana cara membuatnya agar bisa dimanfaatkan oleh sebanyak mungkin kalangan masyarakat? Nah, itulah masalah yang perlu dipecahkan oleh BD.

Pasar

Pasar atau target pasar merupakan salah satu elemen penting dalam membangun bisnis sejak awal. Target pasar berguna untuk memudahkan perusahaan dalam memilih produk atau jasa yang akan dijual. Namun, target pasar mungkin terus bertambah, sehingga BD harus memikirkan dan menyesuaikan produk perusahaan untuk memasuki pasar baru.

Hubungan bisnis

Perusahaan tentunya harus membangun hubungan baik dengan pelanggan, sponsor dan klien. Tanpa hubungan yang baik, bisnis akan mudah hancur. Nah, BD di sini akan bekerja sama dengan timnya untuk membangun hubungan yang baik berdasarkan kepercayaan, rasa hormat dan penghargaan satu sama lain sehingga hubungan dapat berlanjut dalam jangka panjang.

Tantangan Pengembangan Bisnis

pengembangan bisnis
iStock

Berikut adalah beberapa tugas yang dilakukan BD.

  • Lacak perkembangan pasar dan persaingan pasar saat ini untuk menciptakan produk, pelanggan, atau strategi kemitraan baru.
  • Pelajari tentang semua produk perusahaan dengan manfaat dan fiturnya, mulai dari bahan baku hingga proses pembuatannya.
  • Riset untuk mengidentifikasi target pasar agar produk lebih tepat sasaran dan menjadi solusi permasalahan pelanggan.
  • Koordinasi dengan departemen lain seperti sales dan account manager untuk pengembangan produk.
  • Mengembangkan dan menyajikan strategi pengembangan bisnis seperti strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, mencari pelanggan baru, membangun kemitraan, teknik penjualan, dan memantau kinerja.
Baca juga  Hidup Sendiri, Kakek Sengaja Mencuri Agar Tak Kelaparan Lagi

BACA JUGA: Duta Merek: definisi, tugas, dan tanggung jawab

Sebuah tanggung jawab

pengembangan bisnis
iStock

Tanggung Jawab Pengembangan Usaha adalah sebagai berikut.

  • Lakukan riset pasar secara menyeluruh.
  • Berkolaborasi dengan tim dari divisi lain untuk memenuhi kebutuhan pasar.
  • Menyusun dan mempresentasikan rencana bisnis untuk pengembangan perusahaan.
  • Secara berkala melakukan penelitian terhadap perkembangan bisnis perusahaan.
  • Mencari peluang baru untuk klien dan menjaga hubungan dengan klien atau pelanggan.
  • Bekerja sama dengan tim penjualan untuk menghasilkan prospek baru.
  • Pemahaman yang mendalam tentang produk perusahaan, pesaing dan posisi bisnis di pasar.

Spesialisasi untuk dapat berkarir di BD

pengembangan bisnis
iStock

Jika Sedulur ingin berkarir sebagai BD, maka Sedulur dapat melanjutkan pendidikannya dengan gelar sarjana di bidang bisnis, ekonomi, manajemen, akuntansi dan teknik industri. Meskipun ada banyak jurusan untuk berkarir sebagai BD, jurusan yang lebih disukai adalah Jurusan Bisnis karena mata kuliahnya meliputi Administrasi Bisnis, Administrasi Bisnis Internasional dan Administrasi Bisnis Syariah.

Berikut adalah beberapa keterampilan pengembangan bisnis yang penting.

1. Bermotivasi tinggi

pengembangan bisnis
iStock

Untuk dapat menjadi seorang DB, Anda harus memiliki motivasi dan disiplin yang tinggi dalam bekerja. Tidak ada kata “menyerah” dalam kosakata BD karena mereka harus bisa mencapai tujuan meski dalam tekanan yang terbatas.

2. Manajemen diri yang baik

Seorang BD harus mengatur dirinya sendiri dengan baik, mengatur waktunya dan memprioritaskan agar tetap fokus pada banyak tugas yang ada. Mereka harus mampu mengelola sumber daya yang tersedia untuk tim dan perusahaan sehingga dapat mendukung pertumbuhan bisnis.

3. Komunikasi

Seorang BD tidak hanya harus ahli dalam melakukan pekerjaan di belakang layar, tetapi juga memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Ini karena mereka harus mempresentasikan rencana bisnis mereka dan berkomunikasi dengan klien dan klien potensial.

BACA JUGA: Urusan Umum: Pengertian, Tanggung Jawab, Peran dan Fungsi

4. Pemasaran

pengembangan bisnis
iStock

BD juga harus bekerja sama dengan bagian pemasaran untuk mempromosikan merek perusahaan. Jadi seorang BD juga perlu memiliki keterampilan pemasaran dasar.

Baca juga  Cara Mengunci Folder di Windows 10 Agar Privasi Makin Aman

5. Negosiasi

Selain keterampilan dasar pemasaran, seorang BD juga harus memiliki keterampilan dasar negosiasi untuk mendapatkan persetujuan dari lead atau lead yang terkait dengan bisnis perusahaan.

6. Analisis data

Keterampilan lain yang diperlukan adalah analisis data. Hal ini dikarenakan BD harus mampu menganalisis data investor, data pelanggan, data pertumbuhan penjualan bulanan, dan data dari kompetitor.

7. Manajemen proyek

Keterampilan terakhir adalah manajemen proyek. Seorang BD harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi karena hal ini sangat diharapkan oleh perusahaan. Namun, mereka juga harus siap dengan segala kemungkinan, baik yang terbaik maupun yang terburuk. Mereka juga harus bisa bekerja dalam tim, memberikan dukungan dalam tim dan menyelesaikan masalah yang ada.

BACA JUGA: Kontraktor: definisi, jenis, tugas dan tanggung jawab

Strategi BD untuk bisnis

pengembangan bisnis
iStock

Berikut beberapa contoh strategi pengembangan bisnis yang dapat diterapkan di perusahaan.

  • Memahami persaingan industri yang ada
  • Membangun hubungan jangka panjang dengan klien
  • Melakukan riset tren bisnis
  • Penggunaan iklan yang efektif

Contoh Program Kerja Pengembangan Usaha

pengembangan bisnis
iStock

Jika Sedulur ingin bekerja seperti BD, perhatikan contoh alur kerja berikut untuk mendapatkan gambaran yang lebih spesifik.

  • Pengembangan tujuan penjualan dengan tim.
  • Merencanakan dan mengendalikan inisiatif pemasaran baru.
  • Menjaga hubungan baik dengan calon pelanggan melalui email.
  • Menghadiri konferensi, rapat, dan acara industri lainnya.
  • Melakukan penelitian untuk mengidentifikasi pelanggan baru dan pasar potensial.
  • Komunikasi dengan pelanggan tentang perkembangan baru mengenai produk perusahaan.
  • Latih staf dan bantu anggota tim mengembangkan keterampilan.

Nah, demikianlah informasi mengenai pengertian pengembangan usaha beserta tugas, tanggung jawab dan contoh program kerja yang telah diselesaikan. Kami berharap informasi ini dapat membantu Sedulur mengetahui berbagai posisi yang tersedia saat ini.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org