bunga wijaya kusuma

Manfaat, Mitos dan Cara Merawatnya


Bunga vijaya kusuma merupakan salah satu bunga dengan daya tarik tersendiri khususnya bagi kaum hawa. Bunga ini berwarna putih cerah dan mekar hanya pada malam hari. Bunga ini juga Dapat ditanam sebagai tanaman hias di rumah.

Harga bunga paling mahal Vijay Kusum mencapai 2 juta rupiah. Selain cantik saat dijadikan hiasan, bunga ini juga memiliki banyak mitos yang berkembang di masyarakat. Mulai dari pembawa makanan hingga mitos tentang hal-hal gaib.

Seberapa benarkah mitos dan fakta tentang bunga ini? Baca artikel berikut, ya!

BACA JUGA: Bagian-bagian bunga, penjelasan dan fungsinya

Deskripsi Singkat

iStock

Bunga vijaya kusuma memiliki nama ilmiah Epiphyllum oxypetalus, spesies kaktus dalam keluarga kaktus. Bunga ini tumbuh di Meksiko di negara bagian Chiapas, Tabasco dan Veracruz. Meskipun bunga ini berasal dari Meksiko, namun banyak dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis serta telah lolos dari naturalisasi di banyak tempat, salah satunya di Chilacapa, Indonesia.

Bunga vijaya kusuma juga dikenal dengan nama umum ratu malam atau putri malam. Bunga ini memiliki bentuk yang besar, memiliki aroma yang harum, mekar pada malam hari dan layu menjelang fajar. Berapa kali bunga vijaya kusuma mekar? menurut beberapa sumber, bunga ini hanya akan mekar setahun sekali.

Ciri-ciri bunga ini adalah memiliki hypanthium memanjang, perianth putih, mekar di malam hari dengan bau yang manis. Epiphyllum oxypetalus menyukai iklim hangat pada ketinggian antara 75 m dan 2000 m. Bunga ini juga tumbuh baik di bawah sinar matahari penuh atau teduh tengah hari dengan pH 5,1 hingga 6,5.

Cara merawat

bunga vijaya kusuma
iStock

Cara merawat tanaman Epiphyllum oxypetalus masuk dalam kategori paru-paru. Hal ini dikarenakan bunga ini tergolong kaktus. Dengan demikian, bunga ini membutuhkan lebih banyak asupan air, dan tanah harus selalu lembab.

Perawatan pertama adalah jangan menyiram terlalu banyak air. Terlalu banyak air akan mengisi pot dan dapat menyebabkan akar membusuk. Ini akan dilakukan kemudian oleh pabrik. Epiphyllum oxypetalus tidak bisa lagi tumbuh normal.

Baca juga  Pengertian, Cara Hitung, dan Jenisnya

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan pot yang memiliki bentuk tertutup. Hal ini sesuai dengan kebutuhan bunga yang membutuhkan tanah yang lembab. Tak hanya itu, bunga ini juga memiliki cukup pupuk dalam pot untuk mekar pertama kali.

Cara merawat yang terakhir adalah dengan menempatkan bunga di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini karena daun tanamanEpiphyllum oxypetalus akan mengering karena tidak memiliki ketahanan yang cukup terhadap sinar matahari.

BACA JUGA: Mengenal bunga Rafflesia, bunga langka di Indonesia

Mitos

Wijaya Kusuma
iStock

Berikut beberapa mitos tentang bunga dari tumbuhan Epiphyllum oxypetalus:

  1. Bunga raja dan ratu

Mitos pertama adalah bahwa bunga vijaya kusuma adalah bunga raja dan ratu. Kenapa ini? Toh bunga ini pada zaman dahulu menjadi primadona kaum bangsawan.

Selain bunga dan kelopaknya yang indah, bunga ini juga termasuk spesies langka pada masa itu. Oleh karena itu, raja-raja harus mencarinya di hutan untuk memilih satu vijaya kusuma, yang nantinya akan dipersembahkan kepada ratu. Oleh karena itu, beberapa kerajaan yang memiliki bunga ini dikenal sebagai kerajaan yang makmur.

  1. tanaman pangan

Mitos selanjutnya adalah tumbuhan yang membawa makanan. bunga dari tumbuhan Epiphyllum oxypetalus itu memiliki arti yang sering dikaitkan dengan kemenangan. Vijaya kusuma terdiri dari dua suku kata yaitu vijaya yang berarti kemenangan dan kusuma yang berarti lurus.

Secara umum, Vijaya Kusuma dapat diartikan sebagai kemenangan mutlak milik raja. Apa yang dimaksud dengan bunga vijaya kusum? Menurut mitos, siapa pun yang melihat bunga ini mekar di malam hari akan menerima makanan atau keberuntungan.

  1. tumbuhan asli indonesia

Mitos selanjutnya adalah tanaman tersebut berasal dari Indonesia. Hal ini dikarenakan nama Vijay Kusum merupakan kamus yang diambil dari bahasa Jawa, sehingga banyak orang yang menganggap bunga ini sebagai bunga asli Indonesia. Meskipun bunga ini berasal dari Meksiko, lebih tepatnya dari negara bagian Chiapas, Tabasco dan Veracruz.

  1. Naikkan peringkat seseorang

Mitos lainnya adalah kemampuan bunga vijaya kusuma untuk memperbaiki kondisi orang. Hal ini terkait dengan mitos bunga raja dan ratu, sehingga siapapun yang menanam bunga ini di rumahnya akan berstatus raja dan ratu.

Baca juga  Arti Ukhti, Akhi, Akhwat, Ikhwan Beserta Makna & Contohnya

Konon bunga ini juga bisa membuat seseorang yang memilikinya lebih bersinar dari yang lain, yang pada akhirnya membuat bunga ini banyak digunakan sebagai media untuk menarik pasangan.

  1. bunga mistik

Selain semua mitos di atas, bunga ini juga memiliki mitos yang berhubungan dengan hal-hal mistis. Bunga ini konon merupakan tanaman hias yang digemari oleh Ratu Pantai Selatan. Orang Jawa juga percaya bahwa bunga ini diciptakan untuk sesajen dan simbol Nyai Roro Kidul.

Fakta

Wijaya Kusuma
iStock

Selain mengetahui banyak mitos tentang bunga vijaya kusuma, sedulur juga perlu mengetahui fakta tentang bunga ini. Bunga ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki bunga yang sangat harum dan mekar dalam waktu yang sangat singkat.

Bunga ini biasanya mulai mekar pada sore hari dan mekar pada malam hari. Jam berapa bunga vijaya kusuma mekar? Bunga vijaya kusuma mulai mekar pada pukul 11 ​​malam dan layu lagi saat mencapai pukul 2 pagi.

Karena waktu berbunga yang sangat singkat, banyak pecinta tanaman menyempatkan diri untuk sekedar mengamati bunga ini. Bahkan, bagi sebagian orang yang pernah melihat keindahan bunga saat mekar merupakan pengalaman yang sangat luar biasa.

BACA JUGA: Bunga Teratai: Manfaat, Jenis, Cara Menanam dan Merawatnya

Mengobati bisul

bunga
iStock

Khasiat bunga vijaya kusuma yang pertama adalah untuk pengobatan bisul. Bisul adalah salah satu penyakit yang paling tidak menyenangkan dan menjengkelkan bagi setiap orang yang menemukannya. Namun, Sedulur bisa memanfaatkan bunga Vijaya Kusuma ini untuk meredakan bisul.

Caranya ambil 10 gram bunga dan giling sampai halus. Setelah itu tambahkan sedikit air hingga menjadi bubur. Selanjutnya, oleskan campuran tersebut pada bisul hingga hilang secara teratur.

Mengatasi sakit perut

bunga
iStock

Manfaat kedua adalah mengatasi sakit perut. Kenapa ini? karena penyebab utama sakit perut adalah makan makanan yang terlalu pedas atau asam. Bunga vijaya kusuma mampu mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan karena memiliki pH netral dan rasa yang sejuk seperti mint.

Baca juga  Pengertian, Dampak & Hukumnya di Indonesia  

Caranya adalah dengan merebus 5 kuntum bunga dalam air mendidih. Kemudian air rebusan tersebut disaring dan dibiarkan dingin beberapa saat. Selain itu, sedulur bisa meminum ramuan ini secara rutin untuk meredakan sakit perut.

BACA JUGA: 12 Manfaat Bunga Dandelion untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Pengobatan sakit tenggorokan

bunga
iStock

Selain bisa mengatasi sakit perut, bunga vijaya kusuma juga bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Bunga ini memiliki rasa mint yang menyegarkan, sehingga dapat mengobati sakit tenggorokan dan batuk yang tidak kunjung sembuh.

Caranya adalah dengan merebus 5 kuntum bunga vijaya kusum lalu menyaringnya. Setelah sedulur dingin Anda bisa meminum rebusan dan melakukannya secara teratur sampai sakit tenggorokan atau batuk hilang.

mengobati asma

bunga
iStock

Terakhir, khasiat bunga vijaya kusuma dapat digunakan untuk mengobati asma. Asma adalah penyakit pernapasan yang membuat orang sulit bernapas. Bunga vijaya kusuma asli dapat digunakan sebagai infus untuk meredakan penyakit.

Caranya adalah dengan mencuci 5 kuntum bunga dan potong kecil-kecil. Setelah itu, bunga vijaya kusuma dapat dicampur dengan air gula dan dibiarkan selama dua jam sebelum diminum. Tanaman ini dapat digunakan sebagai pencegahan atau pengobatan.

Sekian informasi mengenai bunga vijaya kusuma beserta manfaatnya, mitos dan cara merawatnya. Semoga artikel ini dapat membantu Sedulur bagi yang berminat dan mulai menanam bunga ini.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini saat ini!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini secara sederhana!




https://wvmuseums.org