Bumbu nasi goreng

Membongkar Rahasia Bumbu Nasi Goreng Kaki Lima Yang Enak!


Pernahkah Anda bertanya-tanya perbedaan rasa nasi goreng jajanan kaki lima yang rasanya lebih enak dari nasi goreng restoran atau nasi goreng rumahan? Ternyata, ada beberapa rahasia bumbu masak untuk nasi goreng yang digunakan pedagang kaki lima.

Kali ini kami akan mencoba menganalisis secara menyeluruh apa saja rahasia yang dimiliki PKL. Anda juga bisa mencoba resep bumbu nasi goreng ini untuk membuat makanan enak di rumah. Yuk langsung simak ulasan lengkapnya!

BACA JUGA: Cara memasak bihun goreng pedas khas jawa timur, simple dan enak!

Mulai dari bahan utama

Rachel Masak

Rahasia pertama rahasia bumbu nasi goreng pedagang kaki lima adalah bahan utamanya. Untuk membuat nasi goreng yang enak, pedagang kaki lima biasanya memiliki empat bahan utama: bawang merah, bawang putih, bawang merah, dan kemiri.

Bumbu kemudian dicampur dengan bumbu dan bumbu seperti cabai, merica, dan kaldu jamur. Jika dilihat, bahan-bahan tersebut terkesan sederhana dan mirip dengan bumbu untuk membuat nasi goreng pada umumnya.

Bukan bawang putih biasa

Saus bawang putih
Kisi

Namun, di balik bumbu utama yang dibahas di atas. Ternyata ada satu bahan yang butuh pengolahan khusus. Menilik dari laporan Suara, ternyata bawang putih yang digunakan oleh abang nasi goreng tersebut bukanlah bawang putih biasa yang biasa kita gunakan.

Penjual nasi goreng kaki lima biasanya menggunakan bawang putih yang dimasak dan didiamkan semalaman agar lebih enak. Jadi bawang putih dihaluskan dengan blender atau dicincang halus dengan bahan lain seperti bawang merah dan hazelnut.

Setelah itu, campuran bumbu tersebut digoreng hingga muncul aroma dan warna kecoklatan. Tapi jangan sampai adonan gosong dan berkerak. Jadi Anda bisa menggunakan minyak yang cukup banyak untuk menggoreng bumbu.

Baca juga  12 Perusahaan Terbesar di Indonesia, Berikut Daftarnya

BACA JUGA: 14 Bumbu Kuliner Terpenting di Dapur, Kunci Makanan Lezat!

Masak bumbu 2 kali

Lean diva melakukannya sendiri

Ternyata bumbu gorengnya perlu diolah lagi. Setelah matang hingga harum dan berwarna kecokelatan, Sedulur boleh menambahkan kaldu jamur dan lada untuk menambah kekompleksan rasa bumbu.

Jika sudah, bumbu disangrai kembali dengan waktu yang lebih singkat dari sebelumnya. Pada tahap ini, aroma rempah-rempah akan semakin harum, dan rasanya pun semakin nikmat. Setelah selesai, matikan api dan diamkan bumbu.

Masukkan ke dalam toples

Bumbu nasi goreng
Kompas

Setelah proses pemanggangan Sedulur selesai, simpan bumbu dalam toples dan biarkan semalaman di dalam kulkas. Pastikan untuk menyimpan bumbu dengan semua minyak agar bumbu berfermentasi.

Biarkan toples bumbu semalaman, dan keesokan harinya bumbu ini bisa digunakan untuk membuat nasi goreng. Dijamin rasa nasi goreng yang dimasak akan lebih nikmat.

Apalagi bumbu ini bisa disimpan hingga 1 bulan. Sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir untuk membuat bumbu nasi goreng saat ingin memasaknya dari waktu ke waktu.

BACA JUGA: Resep Ayam Goreng Bawang Putih, enak sekali!

Campur kecap asin dan saus tiram

Nikmati yang terbaik

Selain bumbu bawang putih yang khas, pedagang kaki lima biasanya juga menggunakan kecap asin dan saus tiram sebagai salah satu bahan untuk memberikan rasa gurih dan manis pada nasi goreng.

Hal ini cukup unik dan terkadang diabaikan oleh kebanyakan orang. Kecap bisa membuat nasi goreng lebih manis, sedangkan saus tiram bisa memberi rasa tajam. makanan laut untuk membuat suguhan menjadi lebih kompleks.

Sedulur sendiri bisa menemukan atau membeli kecap dan saus tiram langsung di toko kelontong atau perdagangan elektronik sebagai aplikasi super. Tersedia berbagai jenis kebutuhan kuliner dan sembako yang bisa dibeli dengan harga murah, baik satuan maupun partai besar.

Baca juga  Sifat-Sifat Bayangan yang Dihasilkan Berbagai Macam Cermin

aplikasi super juga memiliki banyak promo menarik mulai dari cashback hingga gratis ongkos kirim yang membuat belanja semakin menyenangkan. Tentunya banyak fasilitas seperti ini yang tidak akan Anda temukan, jadi buruan download aplikasinya sekarang juga dan nikmati kemudahan berbelanja di aplikasi super.

Gunakan nasi yang lebih pulen

Bumbu nasi goreng
Mencicipi

Bumbu memang menjadi kunci cita rasa nasi goreng ala street food, namun rahasia bumbu nasi goreng yang enak juga ada di nasinya. Kompas melaporkan, sebagian besar penjual nasi goreng menggunakan nasi yang kualitasnya lebih baik dan lebih pulen.

Selain itu, nasi harus direbus dengan air, tetapi jangan terlalu banyak agar karakternya sedikit asam. Nasi rebus juga tidak langsung direbus menjadi nasi goreng, melainkan didinginkan terlebih dahulu selama sehari. Penting untuk diperhatikan agar nasi tidak lembek dan basah.

Ini dia rahasia bumbu enak nasi goreng ala pedagang kaki lima. Resep rahasia ini sederhana, tetapi Anda benar-benar harus mencobanya di rumah. Sedulur dijamin akan memberikan rasa nasi goreng terbaik meski dengan bahan yang sederhana.




https://wvmuseums.org