Pengertian Budaya Beserta Ciri, Fungsi, Unsur dan Contohnya

Pengertian Budaya Beserta Ciri, Fungsi, Unsur dan Contohnya


Kata “budaya” tentu sudah tidak asing lagi di telinga Sedulur. Ketika seseorang mengatakan kata ini, dia biasanya berarti seni tertentu, yang sangat indah.

Namun apakah Sedulur mengerti bahwa budaya tidak terbatas pada seni? Lalu apa kelebihan dan kekurangan dari budaya ini? Temukan jawaban dan contoh budayanya dalam pembahasan berikut, ya!

BACA JUGA: Rangkuman film “13 jam”, tayang di bioskop Trans TV!

Pengertian budaya adalah

foto deposit

Dalam arti luas, budaya dan budaya adalah cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh kelompok sosial tertentu. Budaya dapat diwariskan kepada generasi mendatang.

Kebudayaan itu sendiri terbentuk dari beberapa unsur yang kompleks. Mulai dari seni, mata pencaharian, masyarakat, peralatan dan teknologi kehidupan, pengetahuan, bahasa dan agama.

Hakikat kebudayaan itu kompleks, abstrak dan luas. Dengan cara ini, Sedulur akan bertemu dengan berbagai macam budaya yang mewakili setiap tatanan sosial atau wilayah tertentu. Dengan kata lain, budaya di Afrika akan berbeda dengan budaya di Amerika. Budaya Asia akan sangat berbeda dengan budaya di Eropa.

BACA JUGA: Temui James Randi, yang memecahkan tipuan paranormal!

Pengertian kebudayaan menurut para ahli

budaya
foto deposit

Berikut ini adalah pengertian budaya menurut para ahli untuk memberikan penjelasan yang komprehensif tentang Sedulur. Yuk, kita lihat bersama!

1. Merville J. Herskovitz dan Bronislaw Malinowski

Merville J. Herskovitz dan Bronislaw Malinowski, dalam bukunya Man and His Works, menjelaskan bahwa budaya adalah kebiasaan yang tertanam dalam jalinan masyarakat dan budaya itu milik sekelompok anggota masyarakat itu sendiri. Merville J. Herskovitz dan Bronisław Malinowski memperkenalkan konsep pemahaman sebagai determinisme budaya.

2. William H. Haviland

Dalam bukunya Antropologi, William H. Haviland menjelaskan bahwa budaya adalah kepribadian suatu masyarakat, seperangkat norma dan aturan yang dimiliki oleh suatu kelompok sosial tertentu. Jika suatu budaya diterapkan, dipelihara dan diwariskan oleh mereka, maka budaya tersebut akan menghasilkan perilaku yang dianggap sesuai atau cocok bagi masyarakat.

BACA JUGA: Cheat PS2 Downhill terlengkap, dijamin lebih GG saat main!

Ciri ciri kebudayaan adalah :

budaya
foto deposit

Sebelumnya, Sedulur mendapat klarifikasi tentang makna budaya. Budaya adalah seperangkat norma dan aturan umum (pada tingkat kelompok sosial atau masyarakat). Jika suatu budaya diterapkan, dipelihara dan diwarisi oleh mereka, maka budaya tersebut akan menghasilkan perilaku yang dianggap sesuai atau cocok bagi masyarakat.

Ada beberapa karakteristik yang biasanya dimiliki oleh suatu budaya. Di antara karakteristik tersebut adalah sifat umum, simbolik, adaptif, dan dapat dipelajari dan diwariskan. Berikut penjelasannya.

Baca juga  Pengertian, Sifat, Himpunan dan Jenis-Jenisnya

1. Harta bersama

Kebudayaan tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Tidak dapat dilaksanakan secara individu atau hanya pada kelompok masyarakat tertentu. Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa kelompok masyarakat dengan budaya tertentu pasti sudah ada sejak zaman dahulu.

Selain cerminan sosial budaya, pengakuan bahwa budaya adalah milik bersama akan memudahkan proses pewarisan. Hal ini dilakukan dalam rangka melestarikan budaya dan nilai-nilai.

2. Memiliki simbol

Pada dasarnya, suatu budaya memiliki simbol-simbol tertentu yang dapat mewakili ciri-ciri utamanya. Sebuah simbol dapat dilihat sebagai makna yang dimaksudkan dari sebuah ekspresi budaya.

3. Responsif

Kebudayaan harus selalu mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan. Seperti yang Anda ketahui, budaya diturunkan dari generasi ke generasi dari orang-orang yang mendahului kita. Untuk bertahan hidup, ia perlu beradaptasi dengan perubahan sosial di sekitarnya. Ini juga akan mendukung nilai-nilai yang terkandung dalam budaya tertentu.

3. Dapat dipelajari dan diturunkan

Seperti disebutkan dalam diskusi di atas, suatu budaya harus adaptif agar dapat dipelajari dan ditransmisikan. Hanya dengan dua cara inilah masyarakat dapat mewariskan nilai dan karakteristik kepada generasi mendatang.

BACA JUGA: 12 orang tercantik di dunia pada tahun 2022

Fungsi kebudayaan adalah

foto deposit

Pada pembahasan sebelumnya, Sedulur sudah mengetahui beberapa ciri dari suatu budaya. Ciri-ciri budaya adalah umum, simbolis, adaptif, dan dapat dipelajari dan diwariskan.

Nah, dalam membahas poin ini, kita akan membahas secara singkat dan rinci tentang fungsi budaya. Budaya tidak hanya dimaksudkan untuk memuaskan keinginan manusia akan keindahan. Namun, dapat berperan sebagai identitas, pembatas, pembentuk perilaku dan sikap, komitmen masyarakat, dan sebagai sarana komunikasi.

Berikut ini adalah uraian lengkap mengenai fungsi-fungsi kebudayaan.

1. Budaya adalah seseorang

Fungsi budaya yang pertama adalah identitas. Identitas yang dimaksud di sini adalah cerminan orang luar atau orang luar dari pemilik budaya tertentu. Kebudayaan dapat menunjukkan peradaban, adat istiadat, dan aspek lain dari pemilik kebudayaan tersebut. Hal ini juga dapat menjadi faktor pembeda antara satu kelompok sosial dengan kelompok sosial lainnya.

2. Batas suka

Fungsi budaya yang kedua adalah borderline. Sebagaimana telah disinggung pada pembahasan sebelumnya, budaya dapat menjadi faktor pembeda antara pemilik budaya yang satu dengan pemilik budaya yang lain. Di situlah batas yang dimaksud, batas yang penting.

3. Budaya membentuk perilaku atau sikap

Fungsi ketiga budaya adalah membentuk perilaku atau sikap. Sebagaimana kita ketahui bersama, kebudayaan merupakan manifestasi dari suatu struktur sosial yang didasarkan pada gagasan dan pemikiran manusia.

Baca juga  Pengertian Teks Prosedur, Jenis, Hingga Contohnya, Simak Yuk!

Sekarang budaya berfungsi sebagai pembentuk perilaku atau sikap, artinya budaya itu ditanamkan ke dalam suatu kelompok sosial dari waktu ke waktu. Lakukan ini beberapa kali dan kemudian membentuk kebiasaan. Jika demikian, maka budaya akan menjadi mekanisme untuk menciptakan kontrol, memberi makna dan tentu saja membimbing dan membentuk perilaku atau sikap.

4. Sebagai komitmen masyarakat

Fungsi keempat kebudayaan adalah kewajiban masyarakat. Komitmen komunitas yang dimaksud di sini adalah kemampuan komunitas untuk secara kolektif mendukung suatu budaya daripada kepentingan individunya. Dengan cara ini, budaya dapat bertahan di tengah peradaban manusia yang perlahan berkembang.

5. Budaya adalah alat komunikasi

Fungsi kelima kebudayaan adalah sebagai sarana komunikasi. Salah satu unsur budaya yang akan kita bahas nanti adalah bahasa. Dengan demikian, budaya dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Berbagai jenis produk budaya, seperti tari, musik, dan lain-lain, biasanya mengandung pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat luas.

BACA JUGA: Sinopsis The Predator, Sekuel Predator yang Tidak Tayang di Bioskop

Unsur kebudayaan adalah

foto deposit

Dalam arti luas, budaya adalah cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh kelompok sosial tertentu. Budaya dapat diwariskan kepada generasi mendatang. Salah satu aspek yang membantu mewariskan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya adalah elemen bangunan. Jadi apa saja elemen-elemen ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Seni

Seni adalah unsur budaya pertama yang akan kita bahas bersama. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), seni adalah kata benda yang mengacu pada hakikat seni, yang biasanya menggambarkan keindahan tertentu. Kesenian ini merupakan salah satu unsur kebudayaan, karena muncul dari imajinasi kreatif yang memuaskan pikiran manusia. Baik itu seni visual, musik atau tari, semuanya dapat dikaitkan dengan budaya.

2. Mata Pencaharian

Matapencaharian adalah elemen budaya selanjutnya yang akan kita bahas bersama. Mata pencaharian masyarakat tempat budaya itu berkembang juga dapat menjadi unsur yang berpengaruh. Karena tidak, selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, pekerjaan yang dilakukan akan diperkenalkan secara bertahap ke dalam ketertiban umum. Akibatnya, aspek lingkungan akan terpengaruh, termasuk budaya.

3. Masyarakat

Masyarakat adalah elemen budaya ketiga yang akan kita bahas bersama. Masyarakat tampaknya memainkan peran penting dalam pengembangan budaya. Dalam hal ini, masyarakat dapat melestarikan budaya lokal dan kemudian mewariskannya kepada generasi berikutnya. Dengan cara ini, budaya akan tetap terjaga dari generasi ke generasi, dari nenek moyang hingga generasi terakhir.

Baca juga  15 Cara Menjadi Kaya dan Mampu Bertahan Lama, Yuk Praktikkan!

4. Peralatan dan teknologi langsung

Peralatan hidup dan teknologi adalah elemen budaya selanjutnya yang akan kita bahas bersama. Dalam hal ini, peralatan hidup dan teknologi berperan dalam menjaga agar budaya tetap up to date.

Akan sangat disayangkan bila masyarakat meninggalkan budaya nenek moyangnya, karena dianggap sudah ketinggalan zaman. Oleh karena itu, suatu budaya harus mampu beradaptasi dengan peralatan hidup dan teknologi masyarakat tanpa mengorbankan esensi esensialnya.

5. Pengetahuan

Pengetahuan adalah elemen budaya kelima yang akan kita bahas bersama. Pengetahuan itu sendiri tidak dapat dipisahkan dari budaya. Untuk menjaga dan melestarikan suatu budaya, kita harus mengetahui segala seluk beluk budaya ini. Di sisi lain, budaya dapat mengajari kita banyak hal, bahkan hal-hal yang belum tentu kita ketahui karena berasal dari masa lalu.

6. Bahasa

Bahasa adalah unsur budaya selanjutnya yang akan kita bahas bersama. Bahasa sebagai alat komunikasi juga memegang peranan penting dalam kebudayaan. Bahasa dapat mencerminkan betapa uniknya suatu budaya di daerah tertentu, baik secara lisan maupun tulisan.

7. Agama

Agama adalah unsur budaya ketujuh yang akan kita bahas bersama. Ada banyak hubungan antara kedua aspek ini. Agama dapat menginisiasi terbentuknya budaya baru. Sementara itu, budaya dapat diintegrasikan ke dalam agama sehingga praktik keagamaan dapat menembus lebih dalam ke masyarakat.

Contoh budaya adalah

Di bawah ini adalah beberapa contoh budaya.

  • Seni bela diri.
  • angklung.
  • Tari Saman.
  • Kris.
  • tari Bali.
  • Batik.
  • Wayang kulit.
  • Gamelan.
  • Gulungan.
  • Candi Borobudur.
  • Candi Prambanan.

Demikianlah rangkuman pengertian kebudayaan beserta ciri-ciri, fungsi, unsur-unsur dan beberapa contoh kebudayaan. Mengutip penjelasan William H. Haviland, budaya adalah seperangkat norma dan aturan yang dimiliki bersama (pada tingkat kelompok sosial atau masyarakat). Beberapa contoh budaya adalah gamelan, lumpia, batik dan sebagainya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan dan pemahaman secara umum, ya!

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org