Mengenal Pink Tax, Perbedaan Harga Produk Perempuan dan Laki-Laki

Bjorka Kembali! 44 Juta Data Aplikasi MyPertamina Bocor


Björk kembali ke publik. Kali ini dikatakan peretas mencuri data pengguna aplikasi Pertaminaku.

Berapa banyak data pengguna yang telah dia retas dan apa pendapat para ahli tentang ini? Simak penjelasannya di artikel saya di Finansialku.

Björka menyimpan 44 juta data aplikasi MyPertamina

Setelah keheningan singkat, peretas Björk sekarang kembali ke publik. Dia dikatakan dicurigai meretas data aplikasi. Pertaminaku.

Tidak main-main, Björk mengklaim dia berhasil mengantongi 44 juta data di aplikasi tersebut. Hal ini diketahui dari unduhannya ke situs tersebut. Forum Pelanggaran Kamis 10 November 2022

Bjorka sendiri mematok harga 25 ribu dollar AS atau setara dengan 392 juta rupee untuk data aplikasi ini.

MyPertamina adalah platform layanan keuangan digital Pertamina yang terintegrasi dengan aplikasi LinkAja. Aplikasi ini digunakan untuk pembayaran cashless BBM di SPBU Pertamina, redtulis akun Björk, meluncurkan Cnnindonesia.com (10/11).

Informasi pelanggaran data

Setidaknya kebocoran data kali ini terdiri dari file terkompresi (terkompresi) 6 GB tidak terkompresi (tidak terkompresi) 30 GB, total 44.237.264 data.

Data yang bocor dalam format CSV berisi informasi tentang nama, alamat email, nomor induk penduduk (NIK), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nomor telepon, alamat, tanggal lahir, jenis kelamin, penghasilan (harian, bulanan, tahunany) dan lain-lain.

Selain itu, Björk juga menyediakan dua jenis sampel data, yaitu rekening dan transaksi, yaitu rekening Kabupaten Cirebon dan Wonokromo, Surabaya.

[Baca Juga: Data SIM Card Bocor di Pasar Gelap, Kominfo Penyebabnya?]

Pertamina selidiki

Tentu saja kabar ini kembali menyedot perhatian publik. Selain itu, aplikasi MyPertamina juga digunakan masyarakat untuk mengakses subsidi BBM seperti Pertalite.

Pertamina selaku pemilik aplikasi saat ini sedang berkoordinasi dan melakukan investigasi.

“Masih kita cek. Sebenarnya kita sudah punya Cyber ​​Security, jadi kita cek validasinya seperti apa,” kata CEO Pertamina Nike Vidyawati saat meluncurkan Cnnindonesia.com.

Sementara itu, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan pihaknya juga berkoordinasi dengan Telkom untuk melakukan investigasi bersama.

Jawaban Pakar Terkait Dugaan Kebocoran Data MyPertamina

Pakar keamanan siber Pratama Persadha juga memberikan pendapatnya tentang dugaan pelanggaran data tersebut.

Ia menemukan data yang diklaim Björka adalah 44.237.264 baris. Ukuran datanya sendiri adalah 30 GB tanpa kompresi. Selain itu, Pratama juga berpartisipasi dalam validasi data.

Menggunakan Aplikasi Dapatkan kontaknomor dalam data menunjukkan nama pemilik nomor tersebut.

Kemudian, setelah memeriksa NIK melalui aplikasi Dataku, hasilnya cocok. Jadi Primer menyimpulkan bahwa datanya bocor Björk adalah benar.

“Hingga saat ini sumber datanya masih belum jelas. Namun, apakah itu asli atau tidak, hanya Pertamina sendiri yang bisa menjawab data ini, karena aplikasi ini dibuat oleh Pertamina yang juga memiliki dan menyimpan data ini.” Pratama kepada Liputan6.com (10/11).

Langkah-langkah yang harus diambil segera

tanggapan atas kejadian ini. Pratama menyarankan bahwa hal terbaik adalah audit dan investigasi forensik digital.

Investigasi ini sangat penting dalam mengidentifikasi dan mengidentifikasi sumber pelanggaran data.

Mulailah dengan memeriksa sistem informasi aplikasi itu sendiri. Jika menemukan celah keamanan, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut telah diretas.

Namun, jika lubang keamanan tidak ditemukan, maka kemungkinan besar data tersebut dibocorkan oleh orang dalam yang tidak bertanggung jawab.

Pembentukan Segera Komisi PDP

Pratama sendiri juga menyoroti pembentukan lembaga perlindungan data pribadi atau yang dikenal dengan PDP. Menurutnya, lembaga tersebut seharusnya segera dibentuk, sebagaimana diatur dalam UU PPD.

Nantinya, lembaga ini akan melakukan pengawasan, menegakkan peraturan, dan menetapkan standar keamanan tertentu untuk penanganan dan pemrosesan data.

Jika badan ini terbentuk, masyarakat akan bisa mengajukan pengaduan terkait kebocoran data.

“Dalam kasus pembobolan data seperti MyPertamina, jika ada masyarakat yang terdampak, nantinya bisa mengajukan gugatan melalui komisi PDP,” dia melanjutkan.

Hati-hati dengan risiko kebocoran data

Mengingat bahwa pelanggaran data menjadi lebih umum di era digital saat ini, itu akan menjadi ide yang baik untuk mengambil tindakan pencegahan. Selain itu, pemerintah harus segera menetapkan standar keamanan yang mumpuni.

Ada beberapa hal yang kita dapat pengguna untuk melindungi data pribadi. Untuk lebih jelasnya bisa cek di artikel berikut Bocoran, tahu cara melindungi data pribadi disini!

Tidak hanya data pribadi, bocoran yang perlu kita ketahui juga menyangkut keuangan. Karena dia memiliki potensi untuk melakukan arus kas berantakan dan uang hilang entah dari mana.

Solusinya, tentu saja, adalah dengan menyusun anggaran keuangan. Jika Anda masih bingung tentang penganggaran, Ayo, Baca buku Elektronik Keuangan saya di bawah.

buku Elektronik GRATISBagaimana cara membuat anggaran?

Banner Promosi E-Book Cara mengatur anggaran dengan benar - HP

Juga, jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan nasihat keuangan. Konsultasikan segera perencana keuangan keuangan saya.

Hubungi melalui Aplikasi keuangan saya atau buat janji lewat whatsapp di 0813-1646-8488.

Bagaimana perasaan Anda tentang dugaan pelanggaran data kali ini? Silahkan tulis di kolom komentar ya. Jangan lupa untuk membagikan artikel melalui opsi platform yang tersedia, terima kasih.

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber referensi:

  • Agustinus Mario Damar. 10 November 2022 Björk menuntut paket data MyPertamina, begitu kata para ahli. Liputan6.com – http://bit.ly/3UKkzjR
  • editor. 10 November 2022 Björk kembali, 44 juta data bocor Agaknya dimiliki oleh MyPertamina. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/3A6bERQ
  • editor. 10 November 2022 Björka Hacker kembali terjangkit virus akibat dugaan pembobolan data 44 juta pengguna aplikasi MyPertamina. Msn.com – http://bit.ly/3AtDQyr




https://wvmuseums.org

Baca juga  Pengertian, Bunyi, Aplikasi, Rumus & Contohnya