8 Ide Bisnis Rice Bowl Rumahan yang Menjanjikan dan Caranya

8 Ide Bisnis Rice Bowl Rumahan yang Menjanjikan dan Caranya


Bisnis rice bowl rumahan sedang digandrungi banyak orang khususnya ibu-ibu rumah tangga. Apalagi bisnis ini tergolong dijalankan dan memiliki pangsa pasar yang luas. Namun, untuk bisa sukses dalam menjalankan bisnis rice bowl diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang lho, Sedulur.

Perencanaan bisnis ini bisa berupa berapa modal yang diperlukan, bagaimana cara penyajiannya, dan berapa banyak jumlah menu atau lauk yang akan dimasukkan ke dalam rice bowl.

Supaya Sedulur bisa mendapatkan bayangan jelas akan seperti apa bisnis rice bowl rumahan yang akan dilakukan. Yuk, simak ulasan ide dan tips memulainya berikut ini!

BACA JUGA: 10 Resep Rice Bowl Sederhana, Cocok Jadi Ide Bisnis

Lakukan perencanaan matang

Loomis US

Perencanaan menjadi kunci utama dalam memulai bisnis, begitu juga ketika Sedulur ingin membuka usaha rice bowl rumahan. Perencanaan ini bisa dimulai dengan menentukan modal yang akan digunakan pada awal usaha.

Penetapan modal ini berhubungan pada langkah lainnya seperti menetapkan konsep warung rice bowl sampai target pasar yang akan dituju. Konsep ini bisa berupa bentuk wadah yang akan dipakai, warna label, sampai penggunaan alat makan.

Setelah itu, Sedulur bisa mengetahui siapa yang akan menjadi target bisnis tersebut. Bila Sedulur menargetkan anak sekolahan maka perlu mengatur besaran menu dan harganya.

Namun, bila yang disasar adalah pekerja kantoran tentu Sedulur harus mempersiapkan modal usaha rice bowl yang lebih besar karena porsi yang disajikan akan lebih banyak.

Buat menu yang sesuai kemampuan

Bisnis rice bowl rumahan
Unsplash

Penentuan konsep dalam perencanaan akan memberi dampak juga pada langkah ini. Dimana Sedulur harus membuat daftar menu yang akan menjadi andalan di warung rice bowl.

BIla Sedulur melihat referensi, tentu akan banyak sekali variasi menu dan lauk yang bisa disajikan dalam produkmu. Tapi Sedulur bisa meringkaskan pilihan menu dengan menyesuaikan pada kemampuan dan ciri khas yang mau diambil.

Ciri khas ini juga bisa menjadi ide untuk nama dan logo usaha sehingga usaha rice bowl murah bisa lebih diingat pelanggan.

Misal, Sedulur ingin mengedepankan menu ayam maka bisa menggunakan nama unik untuk usaha rice bowl seperti ‘Rice Bowl Bang Jago’ dengan gambar logo ayam jago. Cara ini bisa dikembangkan lagi jika Sedulur ingin menyajikan menu lainnya.

Berbicara soal menu, Sedulur bisa mencoba beberapa menu rice bowl 10 ribuan yang cocok untuk dijadikan menu andalan usahamu.

1. Rice bowl ayam teriyaki

Bisnis rice bowl rumahan
Kaskus

Salah satu menu andalan dalam bisnis rice bowl rumahan adalah ayam teriyaki. Menu ini merupakan hasil adaptasi dari salah satu menu teriyaki yang berasal dari Jepang.

Karakter rasa dari ayam teriyaki sendiri adalah manis dan gurih sehingga cocok untuk pelanggan yang masih berusia anak-anak sampai orang dewasa. Cara pembuatan ayam teriyaki pun cukup simpel dimana Sedulur hanya membutuhkan bumbu-bumbu seperti kecap, bawang putih, jahe, daun bawang dan ayam.

2. Rice bowl cumi asin

Bisnis rice bowl rumahan
Amartha

Sedulur pasti pernah mendengar istilah cumi asin. Istilah tersebut adalah salah satu makanan yang memang sedang menjadi primadona banyak orang belakangan ini. Jika Sedulur jeli, makanan satu ini bisa dijadikan salah satu menu bisnis rice bowl rumahan  lho.

Cumi asin sendiri cukup memiliki banyak cara pengolahan, dari cumi hitam asin, cumi asin pete, sampai cumi asin telor orek. Sedulur cukup menentukan mana yang paling cocok dan pas dengan konsep usahamu.

Untuk membuat cumi asin pun cukup mudah, Sedulur bisa berbelanja kebutuhan dasarnya di pasar dan membeli kebutuhan lainnya seperti kecap, bumbu masak bubuk, sampai minyak goreng lewat Aplikasi Super yang bisa diunduh langsung di ponsel.

Berbelanja lewat aplikasi semacam ini selain cepat dan nggak ribet, Sedulur juga bisa merasakan banyak keuntungan seperti potongan harga yang bisa menambah keuntungan dalam usaha.

3. Rice bowl telur sambal matah

Lumimo Shop

Sajian sambal matah memang jadi salah satu menu yang tidak bisa dilewatkan ketika memulai usaha bisnis rice bowl rumahan. Hal ini karena menu sambel matah merupakan kuliner yang sangat mudah dibuat.

Sedulur hanya perlu menyiapkan bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, serai, dan daun jeruk. Dimana semua bahan itu dicampur menjadi satu lalu disiram minyak panas dan biarkan matang sendiri.

Biasanya untuk melengkapi menu sambal matah Sedulur bisa memberikan lauk ayam fillet atau telor ceplok yang akan membuat rasanya semakin nikmat.

BACA JUGA: 12 Resep Jamur Enoki Enak, Lezat, Praktis & Mudah Dibuat

Baca juga  20 Game Nintendo Switch Terbaik yang Bikin Ketagihan

4. Rice bowl oseng usus kecap

Bisnis rice bowl rumahan
JKT Delicacy

Usus juga jadi jeroan yang favorit buat dikonsumsi. Jeroan satu ini nikmat buat diolah jadi berbagai menu masakan. Mulai dari lauk pauk sampai camilan seperti usus krispi dan kripik usus.

Namun, belakangan ini usus kecap juga sering dijadikan lauk utama dalam menu bisnis rice bowl rumahan. Hal ini cukup wajar, melihat usus memang jadi salah satu makanan yang murah meriah tapi memiliki cita rasa yang super lezat.

Dalam mengolah usus sebagai salah satu menu rice bowl, Sedulur perlu memperhatikan pengolahannya agar usus yang dijual tidak berbau amis. Salah satunya dengan memasukkan perasa air lemon atau jeruk nipis dalam proses pembuatannya.

5. Rice bowl ayam lada hitam

Bisnis rice bowl rumahan
Ingenio Virtual

Olahan daging ayam menjadi salah satu makanan favorit yang sering dikonsumsi sehari-hari. Selain rasanya yang lezat, daging ayam cocok diolah dengan berbagai macam bumbu hingga menjadi hidangan yang lezat. Mulai dari olahan ayam dengan kuah santan pedas, ayam bumbu balado, sampai ayam bumbu kecap.

Tapi ada satu menu yang cocok dan banyak diburu saat seseorang menyantap rice bowl, menu itu adalah ayam lada hitam. Cara membuat menu satu ini sebenarnya cukup mudah karena hanya berbahan dasar ayam fillet, bawang putih, bawang bombai, garam dan lada.

6. Rice bowl gyudon beef

Bisnis rice bowl rumahan
Jawara

Gyudon beef adalah salah satu jenis menu dalam bisnis rice bowl rumahan yang banyak dijual. Hal ini karena gyudon merupakan bentuk asli dari rice bowl yang diadaptasi dari Jepang.

Daging sapi dalam gyudon biasanya dimasak dalam bentuk slice atau cincang. Biasanya bumbu utama dari gyudon tidak begitu ribet, seperti bawang bombai, saus tiram, kecap asin, dan gula secukupnya.

Sedulur bisa menumis semua bumbu tersebut lalu menyajikannya di dalam bowl yang sudah terisi dengan nasi panas. Jangan lupa berikan taburan wijen dan selada hijau sebagai pelengkap di menu satu ini.

7. Rice bowl bulgogi deopbap

Bisnis rice bowl rumahan
Table and Dish

Bulgogi merupakan salah satu makanan khas Korea Selatan. Kenapa menu ini wajib jadi salah satu ide untuk dijual dalam bisnis rice bowl rumahan milik Sedulur? Karena segala hal yang berbau Korea belakangan sangat diminati orang-orang. Ini tak lepas dari boomingnya KPop dan KDrama di kalangan remaja tanah air.

Untuk bisa membuat bulgogi depbap, Sedulur bisa menggunakan daging sapi yang dicingcang atau dipotong tipis. Bumbu bulgogi pun cukup sederhana, yaitu kombinasi dari kecap asin, wijen, saus gochujang, dan bubuk cabe.

8. Rice bowl paru sambal pecak

Bisnis rice bowl rumahan
Think Asia

Terakhir ada menu bisnis rice bowl rumahan yang mengadaptasi menu rumahan khas nusantara. Menu itu adalah paru sambal pecak yang memang sudah sangat terkenal di tahun 2022 ini.

Cara memasak sambal pecak pun cukup mudah kok, dimana Sedulur hanya membutuhkan bahan utama berupa cabe hijau, garam, dan paru yang digoreng kering.

BACA JUGA: 10 Bisnis Online Gratis Lewat HP Tanpa Modal tapi Potensial

Gunakan beras berkualitas

Beras Buncit
Aplikasi Super

Setelah menentukan ide menu yang akan dijual, maka Sedulur harus mempersiapkan bahan utama dalam rice bowl yaitu nasi. Ini menjadi hal yang penting diperhatikan karena karakter rice bowl yang disukai banyak orang adalah nasi yang pulen dan tidak terlalu lemas.

Untuk itu, Sedulur harus mencari kualitas beras yang baik agar ketika dimasak tidak memiliki bau dan rasanya juga nikmat. Salah satu jenis beras yang berkualitas baik untuk dijadikan bahan dasar rice bowl adalah beras buncit dan beras karya alam.

Kedua jenis beras tersebut adalah beras pilihan dengan kualitas terbaik yang diambil dari petani di wilayah Jawa Timur. Beras buncit dan beras karya alam memiliki karakter beras yang baik dan cocok untuk dimasak rice bowl.

Bila Sedulur tertarik, kedua jenis beras ini bisa dibeli langsung lewat ponsel dengan mengunduh Aplikasi Super. Atau Sedulur juga bisa menemukan beras ini di agen toko kelontong bernama Super Agen yang tersebar luas di wilayah Jawa Timur, Sulawesi, dan Nusa Tenggara.

Batasi porsi topping

Bisnis rice bowl rumahan
Unsplash

Karena nasi menjadi bintangnya dalam rice bowl, jadi sebaiknya kamu tidak membebaninya dengan segunung topping. Namun, kamu bisa memberi bumbu dengan rasa yang kuat, untuk mengimbangi rasa nasi yang relatif hambar.

Harga kompetitif

Harga bisnis
Unsplash

Bisnis rice bowl rumahan memang sedang ramai dilakukan, untuk itu Sedulur harus memperhatikan penetapan harga yang kompetitif. Jangan sampai Sedulur membuat harga yang terlalu mahal sehingga tidak ada pelanggan yang mau membeli. Atau jangan juga memberikan harga yang terlalu murah karena itu bisa menentukan besaran keuntungan Sedulur.

Baca juga  Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Jadi pastikan Sedulur menetapkan harga yang pas dan kompetitif sehingga bisa bersaing serta bertahan lama dalam persaingan usaha rice bowl.

Alasan memilih bisnis rice bowl

Ayocilacap

Apakah Sedulur yakin menjalankan bisnis rice bowl? Adakah alasan kuat yang mendorong Sedulur untuk menjalankan usaha satu ini? Sebagai pebisnis, selain alasan dan motivasi personal, Sedulur harus mencari alasan rasional saat menentukan bisnis apa yang akan dijalankan.

Termasuk dalam menjalankan bisnis rice bowl, terdapat beberapa alasan yang bisa jadi pijakan Sedulur untuk menjalankannya. Setidaknya beberapa alasan di bawah ini bisa menjadi pijakan kuat bagi Sedulur untuk menjalankan bisnis satu ini. Alasan tersebut yaitu:

1. Bisnis cocok untuk masyarakat kota

Bisnis rice bowl merupakan bisnis yang sangat potensial, hal tersebut karena bisnis makanan satu ini cocok dengan masyarakat kota atau masyarakat urban dengan gaya hidup yang serba cepat. Selain itu juga ciri khas masyarakat kota yaitu cenderung memilih makanan bergizi yang praktis dan cepat.

Rice bowl memiliki hal tersebut, selain praktis dan cepat, rice bowl juga sangat mudah untuk dibawa kemana saja sesuai dengan kegiatan atau aktivitas sehari-hari.

Kemasan rice bowl juga sangat praktis dan modern, dengan menggunakan paper box atau bowl itu sendiri. Wajar belaka jika permintaan terhadap rice bowl sangat tinggi di tengah masyarakat kota dan hal tersebut menunjukan betapa besarnya peluang bisnis satu ini.

2. Proses produksi yang mudah

Alasan kedua yaitu proses produksinya yang mudah. Sedulur hanya perlu memasak nasi dengan kualitas terbaik, bisa menggunakan rice cooker atau magiccom. Lalu Sedulur tinggal memikirkan beberapa topping untuk nasi tersebut.

Topping dalam hal ini juga sudah sekaligus lauk utamanya. Sedulur bisa memilih dari varian daging ayam, daging sapi, ikan hingga sayuran. Salah satu menu yang paling banyak disukai yaitu seperti chicken katsu, udang asam manis, ayam geprek dan lain sebagainya.

3. Tidak membutuhkan modal besar

Bisnis rice bowl dapat dimulai dengan modal yang minim. Sahabat Wirausaha tidak memerlukan peralatan yang canggih untuk memulainya. Cukup dengan peralatan dapur yang kita punya, Sedulur bisa dapat langsung memulai bisnis ini.

Sedulur juga hanya memerlukan modal untuk membeli bahan baku dan melakukan beberapa percobaan rasa. Perhitungan modal yang kecil dan bisa langsung menjalankan bisnis, ditambah dengan kebutuhan pasar yang tinggi membuah rice bowl merupakan bisnis yang sangat menjanjikan.

Tantangan yang akan dihadapi

Palapa News

Selain keuntungan atau kelebihan di atas yang akan menjadi keuntungan dalam menjalankan bisnis ini, Sedulur juga harus tahu terdapat beberapa tantangan yang akan Sedulur hadapi dalam menjalankan bisnis satu ini. Tantangan tersebut juga bisa Sedulur anggap sebagai kekurangan.

Dengan menganggap tantangan menjadi kekurangan, Sedulur akan memikirkan berbagai solusi untuk mengatasinya dan agar bisnis bisa terus berjalan sebagaimana mestinya. Berikut ini beberapa tantangan yang akan Sedulur hadapi dan mesti Sedulur pikirkan jalan keluarnya, yaitu:

1. Sifat rice bowl sebagai makanan

Seperti sifat makanan pada umumnya yang tidak tahan lama, rice bowl dapat cepat basi jika kita menggunakan bahan yang tidak berkualitas atau cara memasak yang tidak benar. Sedulur harus menyiapkan bahan yang berkualitas dan memastikan proses produksi (memasak) sudah tepat.

Sedulur mungkin akan membutuhkan beberapa percobaan untuk menemukan rasa dan kualitas makanan yang baik. Dengan sifat yang tidak tahan lama, Sedulur  harus memberikan batas jarak pengiriman maksimum dan mencari layanan pengiriman yang menyediakan layanan langsung sampai untuk menghindari risiko penurunan kualitas makanan karena terlalu lama di waktu pengiriman.

Jika hal ini tidak dipikirkan, hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan bisnis, karena dalam bisnis kuliner kualitas rasa dari makanan merupakan hal nomor satu yang bisa menjadi pertimbangan dari konsumen untuk melakukan pembelian ulang.

2. Sulit menembus pasar non-urban

Tantangan kedua yaitu sulit menembus pasar non-urban. Karena hal tersebut dipengaruhi oleh kebutuhan rice bowl yang hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat urban. Maka dari itu, wajar jika dalam tatanan masyarakat non-urban, sulit sekali menyentuhnya.

Hal tersebut berkaitan erat dengan gaya hidup yang mempengaruhi pemilihan makanan. Kebacanyak masyarakat non-urban memiliki cukup waktu untuk menyiapkan makanan sendiri yang menjadi bekal mereka saat beraktivitas sehari-hari.

Baca juga  10 Manfaat Push Up Beserta Cara Melakukannya yang Benar

Cara memulai bisnis rice bowl

Urban Jabar

Lantas bagaimana cara atau tips memulai bisnis ini agar bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai? Setidaknya terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur lakukan jika tertarik untuk memulai bisnis satu ini. Cara atau tips tersebut yaitu:

1. Riset pasar

Jangan lupa lakukan riset pasar dan survei kecil-kecilan. Hal ini bertujuan untuk melihat bagaimana respon dan kebutuhan masyarakat sebagai target konsumen terkait produk rice bowl yang akan diluncurkan. Sedulur juga wajib mendata siapa saja kompetitor yang bermain dalam bisnis serupa.

Riset pasar merupakan hal yang wajib dilakukan, terlebih jika Sedulur tidak memiliki pengetahuan tentang kondisi pasar suatu industri. Riset pasar juga bertujuan untuk mengurangi resiko bisnis yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Riset pasar dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu riset online dan offline.

2. Riset secara online

Riset online dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti membagikan kuisioner online, bertanya secara langsung kepada teman dan kerabat melalui broadcast WhatsApp, melakukan penelusuran di Google, mengecek hastag di media sosial untuk melihat makanan rice bowl yang sedang viral, atau bisa juga dengan berkunjung ke media sosial kompetitor.

Hal ini dilakukan untuk melihat apa yang mereka tawarkan, bagaimana kompetitor berinteraksi dengan pelanggan mereka, dan bagaimana respon pelanggan mereka terhadap produk yang dijual oleh kompetitor.

Tujuannya untuk dapat mengetahui seberapa ketat persaingan yang terjadi di pasar, terutama berkaitan dengan rice bowl sebagai sebuah produk. Dengan melakukan riset online, Sedulur dapat menentukan nilai tambah apa yang Sedulur miliki dan tidak dimiliki oleh kompetitor.

3. Tentukan segmentasi pasar

Sedulur juga penting untuk menentukan segmentasi pasar, ini dapat menjadi landasan bagi Sedulur untuk menentukan target konsumen dengan berdasarkan segmentasi seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan hingga tempat tinggal.

Dengan begitu kita akan menemukan siapa target pasar utama dari bisnis rice bowl ini. Segmentasi pasar berguna untuk menentukan varian produk yang akan dijual, branding, dan menentukan harga jual.

4. Tentukan varian produk

Setelah kita menentukan segmentasi pasar, Sedulur dapat memulai mencari ide untuk varian rice bowl yang akan dijual. Konsumen dengan rentang usia tertentu hingga rentang pekerjaan yang berbeda dapat memiliki preferensi makanan tersendiri.

Sedulur bisa membuat menu dengan referensi yang disukai oleh target konsumen. Seperti memiliki varian rice bowl yang umum yaitu chicken katsu, chicken curry, atau chicken teriyaki. Selain itu, menjual varian rice bowl yang unik dengan cita rasa Indonesia dapat menjadi nilai tambah tersendiri.

5. Tentukan kemasan yang sesuai

Setelah kita mendapatkan varian dan melakukan eksperimen rasa, saatnya untuk memilih kemasan yang tepat. Pilihlah kemasan yang aman dan dapat menjaga kualitas makanan, serta dapat menjadi alat untuk melakukan branding pada produ.

Sedulur dapat memilih kemasan paper bowl atau box dengan desain yang menarik serta mampu mencerminkan brand. Perhatikan juga bahan kemasan, karena kesadaran atas lingkungan masyarakat urban telah tinggi, tentu bahan kemasan juga akan turut mempengaruhi penjualan.

Belanja kebutuhan usaha di tempat yang tepat

Belanja Bulanan
Aplikasi Super

Membuka bisnis rice bowl rumahan tentu membuat Sedulur harus mencari tempat belanja yang tepat. Apalagi kebutuhan belanja untuk usaha berbeda dengan kebutuhan belanja sehari-hari. Untuk itu, Sedulur bisa kulakan berbagai macam kebutuhan usaha lewat Aplikasi Super.

Berbelanja di tempat yang tepat tak hanya membantu Sedulur sukses dalam mendapatkan keuntungan yang melimpah, tapi juga bisa meningkatkan relasi sehingga bisnis rice bowl bisa berkembang lebih besar lagi.

Demikian tadi tips dan ide bisnis rice bowl rumahan yang bisa Sedulur coba. Dalam usaha makanan seperti ini, memang cita rasa menjadi yang utama namun Sedulur juga bisa menciptakan inovasi dengan pilihan menu yang pas. Jadi selamat mencoba ya Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

 

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!




https://wvmuseums.org