birrul walidain

Pengertian Birrul Walidain Beserta Hukum dan Keutamaannya


Apakah Sedulur tahu apa yang dimaksud dengan birrul validin? Dirangkum dari berbagai sumber, istilah ini dalam Islam mengacu pada perbuatan baik terhadap orang tua. Dengan kata lain, itu adalah ajaran berbakti kepada orang tua.

Jadi ada apa dengan hukum? Birrul Validin? Dan sikap yang dicerminkan oleh praktik ini? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak artikel selengkapnya tentang amalan berikut ini. Baca sampai habis ya, Kak!

BACA JUGA: Ejaan bismillah yang benar dengan arti arab, latin dan semantik

1. Pengertian

waktu

Disebutkan sebelumnya bahwa Birrul Validin dapat dianggap sebagai perbuatan baik terhadap orang tua. Dikutip dari Otoritas Pendidikan dan Pengembangan Islam (DPPAI) UII artinya berbuat baik dan setia kepada kedua orang tua. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan anak terhadap orang tuanya.

BACA JUGA: Hikmah Pernikahan dalam Islam Yang Harus Anda Ketahui

2. Hukum

Hukum
tata bahasa

Setelah mengetahui apa itu Birrul Validin, tentunya Sedulur juga ingin tahu bagaimana hukumnya. Berikut penjelasan hukum berbakti menurut islam.

Melakukan Birrul Validin hukum diperlukan. Kewajiban ini berlaku bagi setiap muslim. Salah satu bentuknya adalah menuruti perintah orang tua. Jadi dapat dikatakan bahwa anak wajib menuruti perintah yang diberikan oleh orang tuanya.

Akan tetapi, kewajiban untuk menaati perintah orang tersebut dengan syarat bahwa perintah yang diberikan masih sesuai dengan syariat. Dengan kata lain, selama perintah orang tua tidak bertentangan dengan perintah Allah, anak harus menaatinya.

BACA JUGA: Anda perlu mengetahui keutamaan dan manfaat doa Nabi Yunus

3. Testimoni tentang Birrul Validain

Kesaksian tentang Birrul Validain
Compasiana

Perintah berbakti tersebut tertuang dalam sejumlah ayat Al-Qur’an dan hadits Nabi Muhammad SAW. Berikut beberapa argumennya:

Surat An Nisa ayat 36.

Artinya: “Sembahlah Allah dan jangan mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kerabat dekat, anak yatim, orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, dan rekan-rekan, ibn sabil dan hamba-hambamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.”

Baca juga  Manfaat, Mitos dan Cara Merawatnya

Al Isra ayat 23

Artinya: “Dan Tuhanmu memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia, dan berbuat baik kepada kedua orang tuamu.” Ayat yang sama juga mengatakan bahwa dilarang mengucapkan “ah” dan membentak orang tua. Untuk itu, anak dituntut untuk mengucapkan kata-kata yang baik kepada orang tuanya.

Surah Luqman ayat 15

Ayat tersebut juga mengatakan bahwa kewajiban berbuat baik kepada orang tua adalah salah satu bentuk rasa syukur, karena orang tua khususnya ibu sudah mengandung kita. Berikut maksud kata argumen:

“Dan Kami perintahkan manusia (berbuat baik) terhadap kedua orang tuanya; ibunya mengandung dia dalam kondisi lemah yang memburuk bahkan saat menyusui selama sekitar 2 tahun. Karena itu, bersyukurlah kepada-Ku dan orang tuamu, hanya kepada-Ku tempat kembalimu.”

4. Hadist tentang Birrul Validain

Hadits tentang Birrul Walidain
tumpahan

Perintah ini tidak hanya dinyatakan dalam ayat Al-Qur’an, tetapi juga dalam sejumlah hadits Nabi Muhammad. Berikut beberapa hadits Birrul Validin apa yang bisa Anda temukan.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, diriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda bahwa birrul validin atau berbakti kepada orang tua adalah amalan yang paling dicintai Allah. Rasulullah mengatakan hal ini ketika ditanya oleh Abdullah bin Mas’ud. Berikut terjemahan dari hadits tersebut.

“Apakah hal yang paling dicintai Allah Azza Wa Jalla?” Nabi berkata, “Berdoalah di waktumu.” Ibnu Mas’ud bertanya lagi, “Apa lagi?” Nabi menjawab, “Kalau begitu.” Birrul ValidinIbnu Mas’ud bertanya lagi, “Apa lagi?” Nabi menjawab: “Jihad fi sabilillah” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits lain dikatakan: rida (ridho) Allah SWT. keridhaan orang tua, dan kemurkaan Allah adalah kemurkaan orang tua. Oleh karena itu, seorang muslim wajib menjaga perbuatannya agar tidak menyakiti hati orang tuanya.

Baca juga  Kurs Dollar Hari Ini di Bank Mandiri dan BCA

Sehat itu ridha kedua orang tua dan murka Allah SWT dalam murka kedua orang tua.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban, Hakim).

BACA JUGA: Jenis-Jenis Khiyar beserta Pengertian, Hukum dan Hikmahnya

5. Manfaat Birrul Validin

Manfaat Birrul Validin
okaizon

Amal Kesukaan Allah SWT

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Rasulullah (damai dan berkah besertanya) mengatakan: Birrul Validin merupakan salah satu amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT. Mereka mengatakan bahwa bahkan berbakti kepada orang tua lebih penting daripada jihad. Hal ini didasarkan pada hadits tentang seorang pria yang meminta izin kepada Rasulullah. pergi berjihad, tetapi kemudian dia diminta untuk pergi ke orang tuanya dan melayani mereka.

Apakah orang tuamu masih hidup? Pria itu menjawab, “Ya.” Nabi bersabda: “Maka datanglah kepada keduanya dan berjihad dengan berbakti kepada mereka.” (HR Bukhari dan Muslim).

Birrul Validine – Satu Pintu ke Surga

Orang tua disebut pintu surga paling tengah, dan untuk memasukinya, Anda harus membuat Birrul Validin.

“Dua orang tua ini adalah pintu paling sentral ke surga. Jika Anda ingin memasukinya, maka jagalah orang tua Anda. Jika kamu tidak ingin memasukinya, silakan bunuh orang tuamu.” (HR.Tirmizi)

Kemudahan rezeki dan panjang umur

pertunjukan anak Birrul Validin orang yang dipanggil akan menerima kehidupan yang penuh berkah. Salah satunya berupa kemudahan nafkah dan umur panjang. Hal ini tertuang dalam hadits Nabi Muhammad SAW. Berikutnya.

“Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang ingin memperpanjang umurnya dan meningkatkan penghidupannya, maka hendaklah ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan menjaga silaturrahmi (kekeluargaan).” (HR Ahmad).

BACA JUGA: Pengertian Kad dan Qadar serta hikmah mengimaninya dalam Islam

6. Contoh aplikasi

Contoh aplikasi
popbela

Jelas bahwa birrul validain adalah sikap berbakti kepada orang tua. Contoh Birrul Validin adalah sebagai berikut.

Baca juga  Pengertian, Bunyi, Aplikasi, Rumus & Contohnya

Doakan orang tua

Untuk setia kepada kedua orang tua, Anda perlu mendoakan mereka. Sedangkan bagi anak, wajib shalat untuk kedua orang tuanya, baik orang tuanya masih hidup maupun sudah meninggal.

patuh pada orang tua

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, ini adalah salah satu cara untuk berbakti kepada orang tua. Selama perintah orang tua sesuai dengan syariah dan tidak melanggar larangan Allah SWT. Oleh karena itu, anak harus patuh kepada orang tuanya.

Bentuk ketaatan dan ketaatan kepada orang tua juga tidak sebatas melakukan apa yang diperintahkan orang tua. Tapi juga mendengarkan nasehat yang diberikan oleh keduanya.

Jangan memarahi orang tuamu

Sebagaimana dinyatakan dalam ayat 23 surat Al-Isra, anak tidak boleh mengatakan “ah” kepada orang tuanya. Juga, Anda tidak bisa berteriak pada keduanya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar anak mengucapkan kata-kata yang baik dari orang tuanya.

Itu adalah diskusi tentang Birrul Validin. Dapat disimpulkan bahwa Islam sangat memuliakan orang tua sehingga anak wajib berbakti kepada mereka. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini saat ini!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini secara sederhana!




https://wvmuseums.org