8 Cara Bijak Bermedia Sosial yang Harus Kamu Tahu!

8 Cara Bijak Bermedia Sosial yang Harus Kamu Tahu!


Jejaring sosial memberi kita banyak informasi setiap hari, baik positif maupun negatif. Sebagai pengguna yang cerdas, kita perlu mengetahui cara menggunakan media sosial dengan bijak untuk mendapatkan hasil positif sebanyak mungkin.

Dalam upaya untuk menghindari efek berbahaya dari jejaring sosial, kita harus selalu berhati-hati dalam tindakan kita. Selain membatasi penggunaan media sosial dalam aktivitas sehari-hari, Sedulur juga harus waspada dan tidak langsung percaya dengan berita tersebut hingga ia menemukan kebenarannya sendiri.

Cara bijak apa yang bisa digunakan Sedulur di media sosial? Simak informasi berikut ini!

BACA JUGA: Definisi jejaring sosial dan sejarahnya, manfaat dan fungsinya

1. Batasi Penggunaan Media Sosial Anda

iStock

Cara bijak pertama menggunakan media sosial adalah dengan membatasi penggunaan media sosial itu sendiri. Semakin lama kita menggunakan media sosial, semakin banyak waktu yang terbuang. Apalagi jika Sedulur hanya menonton konten hiburan tanpa mempelajari sesuatu yang penting.

Dengan membatasi, Sedulur bisa meluangkan waktu untuk hal lain yang lebih positif. Misalnya, mengikuti kursus mini gratis, membaca buku, berolahraga, atau hobi lainnya.

2. Hindari membicarakan masalah pribadi

bijak media
iStock

Perlu ditekankan bahwa memercikkan masalah pribadi di jejaring sosial tidak baik. Ini karena tidak semua orang peduli dengan masalah yang kita hadapi dan kita tidak bisa mengontrol reaksi orang yang membaca postingan story kita.

Padahal, membicarakan masalah pribadi sama saja dengan mengungkapkan rasa malu sendiri. Bisa jadi orang yang tidak menyukai kita akan merasa lebih puas dan bahagia karena mendapatkan gosip terbaru.

BACA JUGA: 60 kata senja keren dan pendek untuk tanda tangan di jejaring sosial

3. Cobalah untuk tidak memulai atau memprovokasi konflik

bijak media
iStock

Selain menghindari masalah pribadi, Sedulur juga harus sebisa mungkin menghindari konflik media sosial. Jangan pernah memulai atau memprovokasi konflik dengan orang lain untuk menghindari sesuatu yang lebih buruk.

Baca juga  Cara Mengatasi Reboot and Select Proper Boot Device di PC

Ingatlah bahwa jejak digital akan selalu ada setiap saat. Hal ini jelas akan menyebabkan kerusakan pada Sedulur itu sendiri di kemudian hari. Mungkin kesalahan yang dilakukan Sedulur di masa lalu menjadi kendala dalam mencari pekerjaan atau mencari pasangan.

4. Berpikir Dua Kali Sebelum Anda Memposting

bijak media
iStock

Sebelum memutuskan untuk menerbitkan, Sedulur harus berpikir dua kali sebelum melakukannya. Apalagi jika menyangkut foto atau video pribadi. Hal ini dikarenakan banyaknya kejahatan yang terjadi karena seseorang memposting foto atau video. Misalnya, memamerkan rumah mewah atau informasi pribadi lainnya.

Dengan berpikir dua kali, Anda juga bisa membuat Sedulur merasa lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Cobalah dengan memikirkan kemungkinan yang mungkin muncul jika Sedulur memposting foto atau video pribadi di media sosial. Hal ini karena tidak semua orang di media sosial adalah orang yang baik dan dapat dipercaya.

BACA JUGA: 80 kata keren untuk status dan tanda tangan di jejaring sosial!

5. Periksa kebenaran berita sebelum disebarluaskan.

Berita
iStock

Jejaring sosial sangat efektif untuk menyebarkan berita. Tidak akan lama, berita apa pun bisa Topik sebenarnya karena selalu digunakan. Padahal sebenarnya berita yang dibagikan belum tentu benar.

Sebagai pengguna media sosial yang bijak, Sedulur harus memeriksa berita sebelum menyebarkannya. Jangan hanya menyebarkan hoax yang tidak jelas kebenarannya. mulai melakukan validasi silang semua informasi yang Sedulur terima melalui situs terpercaya.

6. Jaga identitas dan keamanan akun pribadi Anda

Akun
iStock

Di media sosial, Sedulur juga harus mampu menahan keinginan untuk menunjukkan apa yang dimilikinya di dunia nyata. Usahakan untuk menjaga identitas dan keamanan akun pribadi. Ini sangat penting karena banyak penjahat yang diam-diam mengawasi kita.

Baca juga  15 Model Rambut Sebahu Kekinian dan Stylish, Paling Hits 2022

Jangan bagikan aksi real-time agar penjahat tidak mengetahui posisi Sedulur. Jika Anda ingin berbagi sesuatu di media sosial, harap tunggu sampai Sedulur pulang dengan selamat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Menjaga identitas dan akun Anda tetap aman bukan hanya tentang Anda secara pribadi. Tapi juga orang-orang terdekat kita. Jangan sampai orang yang tidak menyukai kita merugikan orang terdekat kita karena kemudahan mendapatkan informasi tentang mereka.

BACA JUGA: Flyer adalah media iklan, berikut penjelasan dan tips membuatnya

7. Selalu perhatikan iklan online

iklan
iStock

Bermain media sosial pasti erat kaitannya dengan iklan online. Namun, Sedulur perlu menyadari bahwa iklan online tidak selalu benar. Ada beberapa iklan yang bersifat phishing atau penipuan yang dilakukan dengan cara mencuri data korban saat membuka link iklan generik.

Jadi, selalu perhatikan URL yang akan Anda klik. Apalagi jika dikaitkan dengan transaksi dengan nilai nominal yang cukup besar. Saudara harus hati-hati memeriksa apakah tautan yang dibagikan benar-benar aman atau scam.

8. Pilih lingkungan ramah yang baik

teman
iStock

Cara bijak terakhir menggunakan media sosial adalah dengan memilih lingkungan yang baik dan ramah. Dalam hal ini, Sedulur dapat menghindari orang-orang yang kesulitan menggunakan media sosial, seperti mereka yang suka menyebarkan hoax atau menggunakan kata-kata kasar.

Meski Sedulur memang mengenal mereka di dunia nyata, tak ada salahnya Sedulur membatasi interaksi mereka di dunia maya. Gunakan fitur seperti bodoh, berhenti berlanggananbahkan memblokir jika Sedulur merasa sudah tidak bisa ditoleransi lagi.

Dengan memilih lingkungan yang baik, Sedulur akan mendapatkan emosi positif. Selain menambah rasa semangat dalam melakukan sesuatu, lingkungan yang baik juga bisa menjadi sumber energi. sistem pendukung yang sangat efektif ketika Anda merasa lelah atau ingin menyerah.

Baca juga  BUMN Raup Cuan 869%, Mana Perusahaan yang Layak Dikoleksi?

Ini adalah penggunaan media sosial yang bijak yang harus diperhatikan saudara-saudara. Semoga informasi ini membantu Sedulur menggunakan media sosial dengan lebih bijak, baik itu memposting, mengunggah foto dan video, atau menyebarkan berita otentik.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org