topup gopay

Simak Biaya Operasi Lasik, Prosedur, Risiko & Persiapannya!


Dalam kondisi tertentu, seseorang akan melakukan operasi lasik. Biaya operasi lasik yang dibebankan ke pasien akan berbeda tergantung daerah dan rumah sakit yang menanganinya.

Jika kamu tertarik dengan topik mengenai operasi lasik, yuk, baca artikel berikut sampai akhir!

 

Summary

  • Operasi lasik bisa kamu lakukan jika mulai merasa lelah dengan kacamata. Tindakan ini akan memperbaiki mata sehingga fungsinya bisa kembali seperti sedia kala.
  • Operasi lasik memiliki manfaat untuk mengoreksi “mengatur ulang” penglihatan dengan cara membentuk kornea mata ke bentuk yang ideal. 

 

Mengambil Tindakan Medis untuk Kesehatan Mata

Kondisi mata seseorang akan berbeda satu sama lain. Banyak cara yang masyarakat kerap lakukan untuk mempertahankan kondisi kesehatan mata agar fungsinya berjalan baik.

Beberapa bentuk proteksi tersebut bisa berupa membatasi penggunaan gadget, tidak memandang ke satu arah terus menerus dalam waktu  lama, dan mengonsumsi makanan yang bantu menjaga kesehatan mata.

Pada beberapa orang, kondisi mata bisa saja tidak sehat meski sudah melakukan berbagai cara. Sebagai alternatif, mereka akan mulai menggunakan kacamata.

Namun, lagi-lagi, penggunaan kacamata juga sering kita anggap tidak nyaman. Seseorang akan terganggu jika menggunakan kacamata dalam cuaca dingin atau ketika mengendarai motor.

Maka dari itu, operasi lasik bisa kamu lakukan jika mulai lelah dengan kacamata. Tindakan ini akan memperbaiki mata sehingga fungsinya bisa kembali seperti ketika sehat.

Jika ingin melakukan tindakan tersebut, kamu perlu mengetahui biaya operasi LASIK terkini. Berikut informasi yang menyeluruh tentang operasi LASIK. Simak baik-baik, ya!

 

Apa Itu Operasi Lasik?

Operasi lasik yang merupakan singkatan dari “laser in-situ keratomileusis” adalah tindakan medis yang dilakukan untuk memperbaiki gangguan penglihatan. Seperti miopi, presbiopi, atau astigmatis.

Operasi lasik memiliki manfaat untuk mengoreksi “mengatur ulang” penglihatan dengan cara membentuk kornea mata ke bentuk yang ideal. 

Setelah tindakan ini selesai, mata akan berfungsi lebih baik karena cahaya jatuh tepat di retina.

Melansir Kompas.com dalam artikel berjudul “Apa itu Operasi LASIK Mata?” disebutkan bahwa 96% pasien yang melakukan tindakan ini mendapat hasil sesuai harapan. Poin pentingnya, mereka tidak perlu alat bantu seperti kacamata dan lensa kontak lagi.

[Baca Juga: 20 Cara Menghilangkan Mata Panda, Bisa Dicoba Sendiri!]

 

Persyaratan Operasi Lasik Mata

Operasi Lasik tidak bisa sembarangan. Bahkan, tindakan ini memiliki syarat usia. Berikut adalah persyaratan lasik mata yang harus pasien penuhi:

  • Berusia sama dengan atau lebih dari 18 tahun saat tindakan berlangsung.
  • Memiliki mata yang sehat. Dalam artian, tidak sedang sakit mata atau memiliki kondisi khusus.
  • Telah melepas soft lens minimal 14 hari atau hard contact lens 30 hari sebelum melakukan tindakan LASIK.
  • Tidak sedang hamil maupun menyusui.
  • Tidak sedang menderita penyakit tertentu, misalnya herpes di area mata, katarak, diabetes, glaukoma, lupus, atau rheumatoid arthritis.

 

Jika kamu belum memenuhi syarat operasi mata, misalnya karena sedang menyusui, ada baiknya kamu terlebih dahulu menyiapkan biayanya.

Kamu bisa menyusun rencana keuangan untuk tujuan operasi lasik mata ini dengan memanfaatkan fitur Financial Planning di Aplikasi Finansialku

Nantinya, kamu bisa mendapatkan simulasi perhitungan untuk mengetahui dana yang perlu kamu alokasikan setiap bulannya. Jadi, ketika tiba waktunya tindakan ini, budget-nya sudah aman terkendali.

 

Prosedur Operasi Lasik Mata

Mengetahui prosedur operasi lasik juga tak kalah pentingnya untuk kamu ketahui. Dengan begitu, kamu tidak akan terlalu gugup saat tindakan ini berlangsung.

Berikut adalah prosedur operasi lasik mata:

 

#1 Sebelum Operasi

Sebelum operasi, inilah prosedur yang akan dilakukan dokter:

  • Dokter akan meminta pasien berbaring di kursi khusus yang ada di ruang operasi. Usahakan kamu santai ketika setengah terbaring di sini.
  • Kemudian, dokter akan memberikan obat agar pasien lebih tenang selama operasi berlangsung.
  • Dokter akan memberi anestesi lokasi di area mata dalam bentuk obat tetes mata. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit saat tindakan operasi.

 

#2 Saat Operasi Berlangsung

Berikut adalah prosedur yang dilakukan dokter saat operasi lasik berlangsung:

  • Dokter akan memasangkan alat penahan kelopak mata agar mata pasien tidak tertutup. Selama tindakan berlangsung, pasien akan diminta untuk melihat ke satu arah cahaya.
  • Dokter memasangkan alat pengisap di mata. Setelahnya, dokter membuat sayatan kecil di permukaan mata dengan pisau bedah kecil atau laser.
  • Sayatan yang dibuat akan membentuk lipatan di kornea. Tujuannya adalah untuk mengubah bentuk kornea sesuai kebutuhan.
  • Terakhir, kornea akan ditutup kembali. Lipatan tadi akan melekat tanpa perlu dijahit. Operasi lasik telah selesai.

 

#3 Pasca Operasi

Berikut adalah hal yang dapat dilakukan setelah melakukan operasi lasik:

  • Setelah anestesi habis, mata yang dioperasi akan terasa gatal, panas, berair, dan terasa berpasir. Dokter akan memberikan obat tetes mata untuk meminimalisasi keluhan.
  • Istirahatlah selama 1 hai untuk mengembalikan kondisi mata. Hal ini juga untuk meminimalisasi paparan polutan ke mata.
  • Penglihatan akan berangsur normal dalam dua sampai tiga bulan pasca operasi.

[Baca Juga: Biaya Rumah Sakit Jiwa di RI Nggak Murah, Segini Harganya!]

 

Metode Lasik Mata

Ada beberapa metode lasik mata yang saat ini dipakai dalam dunia medis. Masing-masing metode ini bisa saja memiliki kisaran biaya yang berbeda.

Berikut adalah metode lasik mata yang saat ini kerap dipakai:

 

#1 FemtoLASIK

Metode lasik yang pertama bekerja untuk mata minus dan silinder dengan cara membentuk lipatan tipis flap di kornea. 

Kemudian, dokter menggunakan laser excimer untuk melengkungkan kornea. Terakhir, flap akan dikembalikan ke bentuknya semula.  Metode ini membuat pasien lebih nyaman.

Kelebihan metode FemtoLASIK adalah kemudahan dalam prediksi ketebalan kornea. Prediksi yang akurat akan mengurangi risiko luka kornea selama operasi.

Tindakan FemtoLASIK dengan mesin MEL-80 akan membuat prosesnya menjadi lebih cepat, yakni hanya 10 – 15 menit.

Prosedur yang pasien jalani ketika operasi LASIK dengan metode ini adalah:

  • Pembuatan lipatan tipis (flap) di kornea dengan laser femtosecond.
  • Flap dibuka dengan bantuan laser excimer di permukaan yang terbuka.
  • Flap dikembalikan ke posisi semula.

 

#2 Metode RELEx SMILE (SMall Incision Lenticule Extraction)

Metode RELEx SMILE (SMall Incision Lenticule Extraction) menggunakan teknologi yang lebih tinggi daripada metode pertama. Metode ini tidak membutuhkan pembentukan flap di kornea.

Dalam tindakan operasi lasik dengan metode RELEx SMILE, kondisi kornea akan jauh lebih stabil karena sayatan hanya berukuran 2 – 4 mm. 

Selain itu, durasi operasi hanya 10 menit dan efek mata kering lebih minim. Berikut adalah prosedur yang akan dilakukan dalam LASIK RELEx SMILE:

  • Dokter akan membuat lentisel atau lapisan tipis di jaringan kornea dan insisi sepanjang 2 – 4 mm di sisinya.
  • Mengeluarkan potongan lenticule yang telah dibuat ke sisi kornea.
  • Memperbaiki kelainan refraksi. Bentuk kornea akan diubah untuk menyesuaikan cahaya yang masuk ke mata.

   

 

Persiapan Sebelum Operasi Lasik Mata

Berikut adalah persiapan yang harus dilakukan pasien sebelum melakukan operasi lasik:

 

#1 Beberapa Minggu Sebelum Operasi

Persiapan operasi LASIK berlangsung sejak tiga sampai empat minggu sebelumnya. 

Pasien harus sudah melepas dan tidak menggunakan soft lens selama minimal dua minggu atau hard lens selama minimal empat minggu sebelum operasi.

Perintah untuk melepas lensa-lensa ini berpengaruh terhadap keberhasilan operasi lasik. 

Sebab, lensa akan mengubah bentuk kornea. Jangan sampai, setelah membayar biaya operasi lasik yang cukup mahal, tindakan tersebut gagal. 

Selain itu, mata juga perlu istirahat yang cukup sebelum operasi, misalnya dengan mengurangi paparan gadget. Semua persiapan ini akan menentukan kesuksesan operasi seseorang.

 

#2 Sehari Sebelum Operasi

Sehari sebelum operasi, mata tetap harus dijaga dari paparan gadget.

Selain itu, sangat penting untuk membersihkan area mata dari sisa make up. Perhatikan pula kotoran yang masuk ke mata.

 

#3 Pada Hari Operasi

Saat hari operasi, jangan memakai riasan, termasuk skincare. Selain itu, sebaiknya tidak memakai parfum. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko infeksi.

Jika pasien merasa gugup, maka dia harus membicarakannya ke dokter. Nanti, dokter akan memberikan obat penenang untuk mengurangi kegelisahan.

[Baca Juga: Ketahui Kadar Gula Darah Normal & Estimasi Biayanya, Lengkap!]

 

Biaya Operasi Lasik

Biaya operasi ini akan berbeda tergantung daerah dan rumah sakit yang menanganinya. Adapun daftar yang tertulis berikut merupakan biaya minimal.

Biayanya bisa saja bertambah jika ada kondisi lain yang harus dokter tangani. Inilah biaya operasi lasik yang tersedia di rumah sakit dalam negeri:

biaya operasi LASIK

Biaya Operasi Lasik

 

Biaya Operasi dengan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan asuransi dasar yang sebaiknya masyarakat Indonesia miliki. Terlebih saat ini, ada lebih dari 140 penyakit yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Tapi, sayangnya, lasik mata tidak termasuk dalam tindakan yang ditanggung. Dengan begitu, kamu perlu mengeluarkan biaya operasi ini secara mandiri.

Hal ini karena lasik bersifat kosmetika. Sebagai gantinya, BPJS Kesehatan menanggung biaya pembelian kacamata untuk penderita miopi, presbiopi, dan silinder.

Mengapa begitu? Sebab, kelainan tersebut dapat tertangani dengan kacamata. Sementara lasik merupakan tindakan yang dilakukan oleh mereka yang sudah jengah dengan kacamata. Meskipun, mereka masih bisa memakainya.

Mengenai hal ini, informasi lengkapnya bisa kamu cari tahu di artikel berikut Mau Beli Kacamata Ditanggung BPJS Kesehatan? Cek Cara Klaimnya!.

 

Risiko Operasi Lasik Mata

Ada beberapa risiko yang mungkin timbul setelah seseorang melakukan operasi lasik mata. Berikut adalah beberapa risikonya:

  • Mata menjadi lebih sensitif terhadap sinar.
  • Mata terasa kering pasca operasi.
  • Penglihatan terganggu untuk sementara waktu.
  • Infeksi pada kornea karena penyembuhan yang tidak sempurna.
  • Overcorrection, yakni pengikisan yang terlalu banyak di jaringan mata.
  • Undercorrection, pengikisan yang terlalu sedikit di jaringan mata.

 

Menjaga Kesehatan Mata!

Demikian penjelasan seputar operasi lasik dan biayanya yang tergolong masih tinggi di Indonesia. Maka, jika tidak ingin melakukan tindakan ini, sebaiknya kita menjaga kesehatan mata dengan sebaik mungkin.

Menjaga kesehatan mata dapat kamu lakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, mengurangi paparan sinar biru, dan mengistirahatkan mata.

Namun, jika kamu memang berencana untuk melakukan tindakan ini karena satu dan lain hal. Maka sebaiknya siapkan dana operasinya sejak jauh-jauh hari. 

Opsi lainnya, kamu juga bisa membeli produk asuransi swasta yang menanggung biaya operasi lasik mata. Karena ada beberapa perusahaan asuransi yang memberikan manfaat ini.

Asalkan kamu bijak dan selektif saat memilihnya, lalu sesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga manfaatnya bisa kamu rasakan, tanpa merasa terbebani dengan preminya.

Supaya tidak salah memilih, kamu bisa gali referensi lebih dalam seputar asuransi dengan membaca ebook gratis dari Finansialku Anti Pusing Mikirin Biaya Kalau Sakit

Atau kamu juga bisa meminta advice dari Perencana Keuangan Finansialku, dengan cara klik banner di bawah ini untuk buat janji konsultasi.

Banner Konsultasi WA - DM NEW

 

Itulah informasi lengkap soal biaya operasi lasik. Jangan lupa bagikan artikel ini ke kawan-kawanmu yang lain, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Editor: Ari A. Santosa

Sumber Referensi: 

  • Admin. 05 April 2019. Operasi LASIK – Persiapan, Pelaksanaan, dan Tindakan Lanjutan. Klinikmatanusantara.com – https://bit.ly/3LyD9b7
  • Admin. 13 Maret 2019. Apakah Biaya LASIK Mata Ditanggung oleh BPJS? Klinikmatanusantara.com – https://bit.ly/3R4Ht2U
  • Admin. Biaya LASIK Mata 2022: Informasi, Perbandingan dan Biaya. Ciputrasmgeyeclinic.com – https://bit.ly/3BFcWmZ
  • Admin. Estimasi Biaya LASIK. Alodokter.com – https://bit.ly/3LB2DVf
  • Floria Zulfi. 05 Agustus 2022. Sebelum Operasi LASIK Mata, Yuk Cari Tahu Harga, Prosedur, dan Risikonya! Orami.com – https://bit.ly/3xJAhT5
  • Hilel Hodawya. 01 September 2022. Biaya LASIK Mata Terbaru dan Metode yang Diterapkan. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3SkEmVO
  • Saskia Marseno. 23 Juli 2022. Biaya Operasi LASIK Mata Tahun 2022 Terbaru. Cermati.com – https://bit.ly/3S5G0uM

 




https://wvmuseums.org

Baca juga  Estimasi Biaya Cerai dan Berbagai Dokumen yang Dibutuhkan