gambar aesthetic

5 Alasan Belanja Bisa Bikin Bahagia, Kamu Wajib Tahu!


Banyak cara yang dilakukan orang untuk membuat dirinya bahagia, salah satunya dengan berbelanja. Ternyata, kegiatan ini memang punya alasan utama. berbelanja membuat Anda bahagia, kamu tahu. Saya ingin tahu?

Ayolah, lihat artikel keuangan berikut untuk penjelasannya.

Ringkasan:

  • Ternyata selain kebutuhan untuk membeli atau memuaskan hasrat, berbelanja juga bisa menimbulkan efek bahagia.
  • Dari segi klinis, berbelanja juga merupakan bagian dari terapi psikologis yang bermanfaat bagi kita jika dilakukan dalam batas yang wajar.

5 alasan mengapa berbelanja membuat Anda bahagia

Teman keuangan saya Apakah Anda termasuk orang yang suka berbelanja??

Biasanya setiap orang punya alasan tersendiri untuk mencurahkan keinginannya di toko-toko. Aku tidak tahu penghargaan dirihobi, atau membahagiakan hati.

Rupanya, ada studi klinis yang menganalisis perilaku seseorang yang memiliki hasrat berbelanja untuk menyenangkan.

Analisis tersebut diusulkan oleh psikolog klinis Scott Beah, PsyD, dari Cleveland. Klinik.

Penelitiannya menunjukkan bahwa membeli memiliki nilai psikologis dan terapeutik yang besar bila dilakukan dalam batas yang wajar.

Sekitar, kenapa ada orang yang berbelanja agar hatinya senang?

# 1 Mengembalikan rasa kendali

Penelitian telah menunjukkan bahwa membuat keputusan pembelian dapat membantu meningkatkan rasa kontrol Anda kepribadian Anda terhadap lingkungan. Termasuk menghilangkan perasaan sedih.

studi 2014 Jurnal Psikologi Konsumen menemukan bahwa terapi belanja tidak hanya membuat orang lebih bahagia sesaat, tetapi juga dapat memerangi kesedihan jangka panjang.

Menurut penelitian, kesedihan biasanya dikaitkan dengan perasaan bahwa situasi menentukan hasil hidup.

Pilihan dan hasil yang melekat dalam proses belanja mengembalikan rasa kontrol dan otonomi pribadi. Ini berlaku untuk semua jenis kesedihan yang mungkin Anda alami.

Selain itu, sebuah studi tahun 2014 oleh Universitas Michigan juga menunjukkan bahwa membeli barang yang Anda sukai bisa 40 kali lebih efektif dalam memberikan rasa kendali daripada tidak membeli.

Dalam penelitian ini, mereka yang benar-benar membeli produk juga tiga kali lebih kecil kemungkinannya untuk merasa sedih dibandingkan mereka yang hanya melihat-lihat.

#2 Otak melepaskan dopamin

Telusuri, gulir atau jendela belanja (tetapi tidak membeli apa pun) memiliki efek positif pada suasana hati Anda.

Harapan sederhana akan kesempatan untuk menerima hadiah inilah yang terjadi mengeluarkan dopaminhormon neurotransmitter di otak yang membuat Anda merasa baik.

Dopamin dengan sendirinya meningkatkan keinginan seseorang untuk terus mencari hal-hal yang membuat Anda merasa senang, sehingga shopping therapy menjadi pilihan favorit.

[Baca Juga: Semakin Mandiri dengan Hemat Belanja Bulanan Ala Mahasiswa Kekinian]

# 3 Rasakan kegembiraannya

Anda tidak selalu harus membeli sesuatu merasakan kegembiraankarena Anda telah melakukan perjalanan mental yang menyenangkan.

Namun dalam hal ini, risikonya relatif rendah. Menghabiskan lebih sedikit uang bisa lebih menguntungkan.

Pembelian on line juga bisa memicu pelepasan dopamin dengan cara lain yaitu dengan menunggu paket yang Anda pesan tiba.

Bahkan jika Anda benar-benar mengetahui isi paketnya, saat membeli on line Anda tidak dapat menyentuhnya secara langsung.

Oleh karena itu, saat menunggu kedatangan paket, ada perasaan tidak pasti yang meningkatkan ekspektasi. Namun, keadaan inilah yang menyebabkan perasaan bahagia yang disebabkan oleh dopamin.

# 4 Merangsang indra

“Aroma kebaruan, lampu terang, dan tampilan warna-warni berpadu untuk menciptakan pengalaman indrawi kreatif yang bahkan dapat memisahkan Anda sejenak dari realitas Anda sendiri.” kata Bela.

Berbelanja dan stimulasi sensorik yang diterima dalam proses membuatnya perlu untuk memvisualisasikan hasil yang positif.

[Baca Juga: Afirmasi Adalah Hal Penting, Ini Manfaat dan Cara Menerapkannya!]

#5 Manfaat Psikologis dari Menabung

Jika Anda penggemar terapi belanja, ada pilihan lain yang bisa Anda pertimbangkan.

Cara ini juga bisa menjadi terapi psikologis dimana Anda menabung terlebih dahulu untuk membeli sesuatu daripada membeli sesuatu langsung dengan kartu kredit atau berutang.

Terapkan Teori Harapanartinya, menabung untuk hadiah akan memberi Anda apa yang Anda nantikan.

Ini menciptakan kegembiraan dan pelepasan dopamin secara berkala.

Saat ini, sebagai referensi bagi anda yang sedang mempersiapkan keuangan untuk keperluan pembelian barang tanpa terlilit hutang. Ayolah, untuk membaca e-book bebas dari keuangan saya berikutnya, Ya.

E-book BEBASCara membeli barang mahal tanpa utang

E-book Iklan spanduk E-book Cara membeli barang mahal tanpa hutang (dana untuk membeli barang) Internet

Jangan lupa untuk mengatur anggaran!

Teman keuangan saya, ini hanyalah beberapa alasan mengapa berbelanja membuat Anda bahagia, dan Anda juga sering merasakannya.

Berbelanja memang bisa diterima, tapi jangan berlebihan, itu akan berdampak buruk bagi Anda. arus kas keuangan.

Jadi pastikan untuk mengatur anggaran. Untuk mempermudah penganggaran, Anda bisa menggunakannya aplikasi keuangan saya.

Fitur-fiturnya juga dapat membantu Anda mencatat keuangan Anda untuk memeriksa status keuangan Anda saat ini.

Fitur anggaran dari spanduk iklan

Sebagai referensi tambahan saat penganggaran, Ayolah, baca juga e-book keuangan saya Bagaimana membuat anggaran. Semoga ini bermanfaat…

Artikel ini merupakan hasil kerjasama antara Finansialku.com dan Smart Shopping. Belanja Cerdas bertanggung jawab atas konten dan data yang terkandung dalam artikel ini..

Ini adalah informasi tentang mengapa berbelanja bisa membuat Anda bahagia. Yuk, jangan lupa bagikan artikel ini, siapa tahu teman atau saudaramu membutuhkan informasi.

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber tautan:

  • Presi. 27 November 2022 Mengapa belanja membuat hati senang? Ternyata itu 5 alasan. Smartbelanja.grid.id – https://bit.ly/3HOEQ4j




https://wvmuseums.org

Baca juga  18 Rekomendasi Film Sad Ending Barat yang Bikin Nyesek