Bau yang tidak disukai tikus

Bau yang Tidak Disukai Tikus dan Curut untuk Mengusirnya


Tikus atau cecurut merupakan hama rumah tangga yang sangat mengganggu dan mengganggu. Membasmi hewan pengerat ini memang menjadi tugas khusus yang harus diperhatikan. Ada berbagai cara, tetapi tikus masih bersarang di dalam rumah.

Jika sudah menggunakan berbagai cara, pernahkah Anda mengusir tikus dengan wewangian atau wewangian? Apakah Sedulur mengetahui bau atau bau yang tidak disukai tikus? Jika belum, sedulur harus mencoba cara membasmi tikus dengan bau, karena cara ini cukup efektif. Di bawah ini adalah daftar bau atau aroma yang tidak disukai tikus. Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 rekomendasi racun tikus paling ampuh dengan harga termurah

1. Bola naftalena

Kompas

Bau pertama yang tidak disukai tikus adalah kapur barus. Ini karena kapur barus mengandung bau kimiawi naftalena, yang dibenci tikus. Namun penggunaan kapur barus harus hati-hati, karena penggunaan kapur barus yang berlebihan akan merugikan orang tersebut.

Kamper juga dapat melepaskan gas beracun yang menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, dan masalah pernapasan. Jangan sampai tikus diusir dan Sedulur sakit atau mengalami gejala-gejala tersebut di atas.

2. Minyak mint

Kompas

Bau yang tidak disukai tikus dan tikus yang dapat membuat mereka takut adalah minyak peppermint. Bagi kita pemilik rumah, tentu saja minyak ini dapat membuat rumah menjadi harum dan memberikan efek relaksasi sehingga kita dapat merasa nyaman di rumah.

Berbeda dengan tikus yang akan terganggu dengan bau minyak peppermint. Indera penciuman tikus yang sensitif akan terganggu oleh aroma minyak peppermint yang pekat. Karena konsentrasinya yang tinggi, minyak ini juga mudah menguap ke udara.

3. Kayu Putih

tikus tidak suka baunya
Kedua

Bau yang tidak disukai tikus berikutnya adalah kayu putih. Bagi kami, kayu putih sangat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Karena indra penciumannya yang sensitif, tikus dan cecurut akan sangat jengkel dan tidak nyaman.

Caranya sangat sederhana, cukup campurkan minyak kayu putih dengan air lalu semprotkan ke setiap bagian rumah yang menjadi sarang tikus. Biasanya tikus sering bersarang di dapur karena banyak makanan di dapur.

4 batang serai

Fimela

Batang serai atau sereh juga ampuh mengusir tikus dan cecurut, hal ini dikarenakan aroma yang dikeluarkan oleh batang serai. Batang serai mengandung sereh yang kuat yang membuat tikus sangat tidak nyaman.

Sedulur bisa memanfaatkan aroma batang serai ini untuk mengusir tikus. Batang serai tidak hanya mengusir tikus, tetapi juga sangat efektif mengusir nyamuk. Jadi Anda bisa memperbaiki masalah apa pun di rumah.

5. Cangkang telur

tikus tidak suka baunya
Penyihir

Cangkang telur juga merupakan bau yang tidak disukai tikus. Mulai sekarang, Sedulur harus berhati-hati saat menggoreng telur. Jangan langsung membuat cangkang telur. Simpan dan jemur di bawah sinar matahari, lalu tumbuk dan tumbuk hingga halus.

Baca juga  Flash Sale Super Seratus 13-14 Agustus! Belanja Puas Hanya Rp100

Sedulur kemudian cukup menaburkan kulit telur kering yang sudah dihaluskan ke setiap sudut rumah, terutama bagian yang diduga menjadi tempat tinggal tikus.

6. Kulit Gencola

Kompas

Tikus juga tidak suka bau jencol. Aroma atau bau yang tidak disukai tikus ini dapat merusak indra penciumannya yang sensitif. Seperti yang diketahui Sedulur, bau jenkol sangat menyengat dan menyengat.

Bagi sebagian Sedulur, mungkin ada yang menyukai rasa dan aroma jencol, dan ada juga yang tidak menyukainya. Nah, kalau begitu, tikus sangat tidak suka dengan bau jencol. Tikus pun akan lari dan tidak mau mendekat jika mencium bau jenkol.

Bagian jenkol yang paling panas adalah kulit jenkol. Caranya cukup haluskan kulit jencol dengan blender, lalu jadikan cairan dalam wadah dan semprotkan ke beberapa bagian rumah yang sering didatangi tikus.

7. Bubuk Cabai

tikus tidak suka baunya
JavaPos

Bubuk cabai menghasilkan aroma dan bau yang tidak disukai tikus. Sedulur dapat menggunakan bubuk cabai dengan air dan detergen kemudian disemprotkan pada bagian rumah yang menjadi tempat tikus bersarang. Tidak lama lagi, dijamin tikus akan berhamburan dan diusir dari sarangnya.

8. Soda kue

Kesehatan untuk setiap hari

Sedulur juga bisa menggunakan baking soda untuk membasmi tikus di rumah. Tidak hanya mengusir tikus, baking soda juga bisa digunakan untuk membunuh tikus. Cara membasmi tikus di rumah dengan baking soda sangat sederhana.

Sedulur hanya perlu mencampur baking soda dengan makanan yang disukai tikus. Saat soda kue masuk ke perut tikus, soda kue bekerja dan menyebabkan tikus mengeluarkan gas dari tubuhnya.

Tikus secara refleks akan masuk ke ruangan terbuka dan akhirnya mati karena menahan gas di tubuhnya. Soda kue juga bisa bertindak sebagai racun tikus.

9. Daun mint

tikus tidak suka baunya
Kompas

Bau yang tidak disukai tikus selanjutnya adalah daun mint. Tidak berbeda dengan minyak peppermint, ada aroma pada daun mint yang mengganggu indra penciuman tikus dan menghindarinya.

Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu menghancurkan daun mint dan menambahkan campuran air, lalu simpan daun mint beserta campuran airnya ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan air daun mint pada sarang tempat tikus bersarang. Ini sangat efektif dalam mengusir tikus.

10. Kantong teh

Tribunnews

Kantong teh bekas juga bisa digunakan untuk membasmi tikus dan cecurut di rumah. Terutama kantong teh basah. Hal ini disebabkan oleh kandungan peppermint yang terdapat pada kantong teh bekas yang sangat dibenci tikus karena dapat mengganggu aroma tikus itu sendiri.

Kandungan mint pada teh celup bekas juga berpengaruh. Namun, setelah teh bekas mengering dan rasa mintnya menguap, kantong teh tidak bisa lagi digunakan untuk mengusir tikus.

Baca juga  Terbaru! Harga BBM Hari Ini 17 Juni 2022 di SPBU Pertamina dan Shell

11. Buah mengkudu

tikus tidak suka baunya
HealthReplies.com

Rasa pahit buah ini bisa menjadi senjata ampuh dan aman untuk mengusir tikus di rumah. Caranya dengan menggiling hingga halus dan larutkan dalam air. Kemudian semprotkan larutan tersebut pada area yang sering didatangi tikus.

Setelah mencium bau yang pahit, otomatis tikus akan meninggalkan tempat tersebut. Aroma atau bau yang tidak disukai tikus disebabkan oleh rasa pahit yang terdapat pada buah mengkudu.

12. Daun salam

Kompas

Daun salam juga memiliki aroma atau bau yang tidak disukai tikus. Aroma daun salam mengganggu indra penciuman tikus. Sedulur hanya perlu menebarkan daun salam di semua tempat yang dilewati tikus, atau di tempat-tempat yang diduga menjadi sarang tikus.

Daun salam tidak hanya mengusir, tapi juga memusnahkan tikus. Tikus dikenal sebagai hewan hama yang memakan segalanya. Ketika tikus melihat daun salam, mereka akan langsung memakannya, yang dapat menyebabkan kematian tikus. Lambat laun tikus akan meninggalkan rumah saudaranya.

13. Biji cengkeh

tikus tidak suka baunya
Kedua

Biji cengkeh selain sebagai bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, juga karena aroma cengkih yang tidak disukai tikus. Yang harus Anda lakukan adalah menanam beberapa cengkeh kering di beberapa sudut rumah Anda yang sering didatangi tikus.

Jika kita perhatikan, tikus sering merusak makanan kita. Kami sering memancing tikus dengan makanan tertentu dan menangkapnya. Namun, terkadang cara ini tidak efektif karena terkadang kita lupa bahwa ada beberapa makanan yang dihindari tikus karena mengandung rasa yang tidak disukainya.

14. Bawang putih

HealthReplies.com

Bawang putih adalah bau atau bau yang tidak disukai tikus dan tikus. Hal ini karena bawang putih mengandung allicin, sebuah molekul yang dapat memberikan rasa yang khas dan tidak disukai oleh tikus dan cecurut.

Allicin adalah mekanisme pertahanan yang dikembangkan dalam bawang putih untuk mencegah hewan memakannya. Bawang putih juga mengandung senyawa yang mengandung belerang.

15. Bubuk kopi

tikus tidak suka baunya
Kopi Oten

Bau terakhir yang tidak disukai tikus adalah bau kopi. Ampas kopi yang diseduh dengan air panas memberikan rasa pahit dan aroma yang kuat. Sedulur dapat memasukkan bubuk kopi bekas ke dalam wadah plastik atau terbuka dan menyimpannya di jalur tikus yang lewat.

Ampas kopi tidak hanya ampuh mengusir tikus dan cecurut, tapi juga sangat efektif sebagai pupuk kompos, karena bisa menyuburkan tanaman di pekarangan Sedulur.

BACA JUGA: 14 cara mengusir tikus di rumah tanpa racun dan bau tak sedap

Tips agar tikus tidak masuk rumah

arsip

Ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan untuk mencegah tikus masuk dan hinggap di rumah Anda. Jadi setelah tikus diusir, Anda tidak lagi takut dengan kedatangan tikus di dalam rumah.

Baca juga  Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi dan Simbolnya

Tips ini juga bisa diterapkan untuk menjaga rumah Anda aman dari hama yang disebut tikus dan cecurut. Yuk langsung saja kita simak tipsnya dibawah ini :

1. Tutup lubang di dinding

Tikus itu datang dari luar rumah. Periksa kembali apakah ada lubang atau retakan di dinding yang bisa dilalui tikus. Jika ada, segera tutup. Ingatlah bahwa morel kecil dapat masuk bahkan melalui lubang kecil. Jadi pastikan semua lubang tertutup, bagus!

2. Tutupi TPA

Buang sampah keluar rumah setiap hari dan pastikan tempat sampah di luar juga tertutup rapat. Karena bisa jadi tempat sampah di sarang tikus. Akan ada banyak sisa makanan di tempat sampah yang merupakan makanan utama tikus.

3. Jaga kebersihan rumah Anda setiap hari

Jika Anda menggunakan berbagai cara untuk membasmi tikus di dalam rumah, namun jika Anda tidak rutin membersihkan rumah, maka tetap saja sia-sia. Pastikan setiap bagian rumah bersih agar tikus tidak betah dan betah di rumah Sedulure.

4. Manfaatkan bau yang dibenci tikus di atas.

Anda dapat menggunakan daftar bau di atas yang tidak disukai tikus untuk mengusir tikus dan membuangnya di rumah. Sedulur juga bisa menggunakan bahan dengan aroma yang tidak disukai tikus dan menyimpannya di area yang sering tikus masuk ke dalam rumah.

5. Hindari bagian rumah yang bisa menjadi sarang tikus

Sudut dan celah tersembunyi antara furnitur dan dinding adalah tempat favorit para tikus. Beri jarak minimal 10 cm antara furnitur dan dinding dan pastikan semua lemari tertutup rapat dan tanpa bukaan.

6. Jauhkan tikus predator

Tips terakhir adalah beternak hewan yang menjadi predator tikus, seperti kucing atau anjing. Karena dianggap paling alami dan efektif, karena itulah yang terjadi di dunia hewan. Terkadang bau predator tikus ini cukup membuat tikus kabur dari rumah.

Ini adalah beberapa aroma atau bau yang tidak disukai tikus dan cara menggunakannya. Dijamin tikus dan cecurut langsung kabur dari rumah Sedulur. Namun, Sedulur harus selalu berhati-hati dalam menyimpan persediaan makanan agar tidak menjadi makanan tikus atau cecurut.

Salah satu cara untuk mencegah tikus menyerang barang-barang rumah tangga adalah dengan membeli makanan kemasan dan bahan makanan. Menjamin kualitas setiap pasokan makanan dan kebutuhan pokok di rumah. Sedulur bisa beli langsung lewat aplikasi super.

Ada banyak produk dan peralatan dapur dengan kualitas terbaik. Bukan hanya soal kualitas, Sedulur juga bisa menghemat uang karena banyak barang yang diobral dengan harga terjangkau dengan banyak promo menarik seperti cashback dan gratis ongkos kirim. Jadi buruan unduh dan gunakan aplikasi super mulai sekarang kakak!




https://wvmuseums.org