batas wilayah indonesia

Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis & Geografis


Wilayah negara dibatasi oleh garis pemisah yang diatur oleh hukum internasional. Garis pemisah ini biasa disebut dengan batas negara. Batas wilayah Indonesia secara umum dibagi menjadi dua kategori, yaitu batas astronomis dan batas geografis. Selain itu, batas wilayah Indonesia dibagi menjadi titik mata angin, serta batas laut, darat dan udara, sebagaimana diatur dalam undang-undang.

Ingin tahu lebih banyak tentang batas wilayah Indonesia? Yuk, simak info lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Daftar 10 pulau terbesar di Indonesia dan wilayahnya

Apa wilayah negara?

Grup Bank Dunia

Sebelum membahas batas negara, Sedulur terlebih dahulu harus mengetahui apa yang dimaksud dengan wilayah negara. Sebagaimana dinyatakan dalam pasal 25 A Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara kepulauan yang bercirikan kepulauan dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditentukan dengan undang-undang. Untuk memperjelas bahwa wilayah Indonesia dan batas-batasnya diatur dengan jelas dalam undang-undang.

Sementara itu, wilayah negara dibagi menjadi empat bagian: darat, laut atau air, udara dan ekstrateritorial. Ruang darat, laut, dan udara merupakan wilayah negara berdasarkan letak geografisnya. Sedangkan wilayah ekstrateritorial adalah wilayah suatu negara yang berada di luar negaranya. Contoh zona ekstrateritorial adalah kedutaan.

Di sisi lain, sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2008 tentang wilayah negara, wilayah negara kesatuan Republik Indonesia yang selanjutnya disebut wilayah negara adalah wilayah negara. salah satu unsur negara yang merupakan satu kesatuan wilayah darat, perairan pedalaman, perairan kepulauan dan laut, wilayah dan dasar laut dan tanah di bawahnya, serta ruang udara di atasnya, termasuk segala sumber kekayaan terkandung di dalamnya.

BACA JUGA: 34 provinsi di Indonesia beserta ibu kota dan kabupatennya.

Batas negara adalah

pilih bebas

Selanjutnya, mari kita bicara tentang apa itu batas negara. Telah disebutkan sebelumnya bahwa batas-batas wilayah negara merupakan garis pemisah yang diatur oleh hukum internasional. Dengan kata lain, batas wilayah adalah garis yang menandai batas wilayah dan kedaulatan antar negara.

Baca juga  Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Macamnya

Pengertian batas negara juga diperjelas dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2008 tentang wilayah negara, dan lebih tepatnya dalam pasal 1 ayat 4. internasional.

Sementara itu, Pasal 5 menjelaskan bahwa batas-batas wilayah negara di darat, perairan, dasar laut, dan tanah di bawahnya, serta di ruang udara di atasnya, ditentukan berdasarkan daratan bilateral dan/atau trilateral. , perjanjian laut dan udara. perbatasan dan atas dasar peraturan dan hukum internasional.

Batas astronomis Indonesia

perbatasan indonesia
media indonesia

Batas wilayah yang pertama berdasarkan letak astronomis, yaitu letak suatu negara berdasarkan letak garis lintang dan garis bujur. Secara astronomis, Indonesia terletak pada 6° Utara (LU) – 11° Selatan (LS) dan 95° BT (BT) – 141° BT (BT).

Sementara itu, batas-batas negara Indonesia secara astronomis dapat digambarkan sebagai berikut.

  • Perbatasan paling utara adalah Pulau We, Nanggro Aceh Darussalam yang terletak pada 6°08′LU.
  • Batas paling selatan adalah Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur yang terletak pada 11°15′LS.
  • Batas paling barat adalah Pulau Bereu, Nanggro Aceh Darussalam yang terletak di 95°45′ BT.
  • Batas paling timur adalah Sungai Fly di Merauke, Papua yang terletak di 141°05′ BT.

BACA JUGA: Ciri-ciri Benua Asia beserta wilayah dan negaranya

Batas Geografis Indonesia

perbatasan indonesia
gulungan

Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia. Selain itu, Indonesia juga berbatasan dengan dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Sedangkan jika memperhatikan peta perbatasan Indonesia di atas, terlihat bahwa Indonesia berbatasan langsung dengan sejumlah negara. Berikut ini adalah batas-batas geografis Indonesia, dibagi dengan titik mata angin.

1. Utara

Perbatasan Indonesia di utara adalah Malaysia, terutama wilayah Sarawak dan Sabah, Filipina, Singapura dan Thailand. Selain itu, perairan Indonesia di utara atau timur laut juga berbatasan langsung dengan Selat Malaka, Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Palau, dan Samudra Pasifik.

2. Selatan

Selain itu, Indonesia bagian selatan berbatasan dengan Timor-Leste dan Australia. Selain itu, Indonesia juga tersapu oleh perairan Samudera Hindia dan Australia.

Baca juga  Catat! Inilah Daftar Call Center Operator di Indonesia

3. Barat

Batas wilayah Indonesia di sebelah barat adalah Samudera Hindia dan perairan Hindia. Selain itu, perairan Indonesia juga berbatasan dengan Kepulauan Andaman (India).

4. Timur

Indonesia bagian timur berbatasan dengan daratan dengan Papua Nugini. Sementara itu, perairan Indonesia di bagian timur tersapu oleh Samudra Pasifik.

Batas laut, darat dan udara

perbatasan indonesia
gulungan

Berdasarkan uraian batas-batas geografis Indonesia, dapat pula ditarik suatu kesimpulan tentang batas-batas wilayah Indonesia di laut, darat dan udara. Batas wilayah negara ini juga diatur dalam pasal 6 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara. Berikut adalah deskripsi lengkapnya.

  • Wilayah Indonesia di darat berbatasan dengan wilayah Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste.
  • Wilayah Indonesia di laut berbatasan dengan wilayah Malaysia, Papua Nugini, Singapura dan Timor Leste.
  • Batas-batas wilayah udara Indonesia sesuai dengan batas-batas kedaulatan negara di darat dan laut, dan batas-batasnya dengan ruang angkasa ditentukan berdasarkan perkembangan hukum internasional.

BACA JUGA: Peta dunia dengan nama negara dan sejarahnya

Batas wilayah berdasarkan hukum atau kebijakan

mirometer

Menurut Modul Geografis XI: Indonesia sebagai Poros Laut Cipta Suhud Wiguna yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, selain batas fisik atau geografis berdasarkan kenampakan bentang alam, terdapat juga batas wilayah berupa batas hukum atau politik. Batas-batas hukum atau politik ini ditetapkan melalui perjanjian dan kesepakatan antara dua negara atau lebih.

Berikut ini adalah batas-batas hukum atau politik yang menentukan batas-batas wilayah Indonesia.

  • Traktat London atau Traktat London (1824). Ini adalah kesepakatan antara Belanda dan Kerajaan Inggris tentang pembagian wilayah kekuasaan.
  • Keputusan Pengadilan Arbitrase di Den Haag (1928). Keputusan ini mendefinisikan perbatasan antara Indonesia dan Filipina.
  • ZEE Teritorial en Maritimr ​​Kringen Ordonantie atau Ordonansi 1939. Ini adalah peraturan yang membagi zona maritim menjadi Laut Teritorial dan Laut Pedalaman.
  • Deklarasi Juandi 13 Desember 1957 Ini adalah deklarasi yang menyatakan bahwa laut Indonesia meliputi laut di sekitar, di antara, dan di dalam kepulauan Indonesia untuk bersatu dalam kedaulatan wilayah kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  • Konvensi Hukum Laut Internasional 1982 Perjanjian ini membagi batas laut berdasarkan batas laut teritorial, batas landas kontinen, dan ZEE.
Baca juga  Cara Daftar & Bikin SIM Secara Online Pakai Aplikasi

Penerapan batas hukum atau politik Indonesia dengan negara lain

biji-bijian dunia

Penerapan batas-batas hukum atau politik Indonesia dengan negara-negara lain menghasilkan aturan-aturan tentang batas-batas negara sebagai berikut.

Batas wilayah daratan

Indonesia berbatasan darat dengan beberapa negara, antara lain Malaysia, Timor-Leste, dan Papua Nugini. Batas darat ini ditandai dengan patok dan tanda demarkasi.

Batas wilayah lautan

Batas wilayah maritim Indonesia terdiri dari laut teritorial, zona ekonomi eksklusif (ZEE), dan landas kontinen. Berikut adalah deskripsi.

  • Laut teritorial adalah batas berupa garis khayal yang terbentang 12 mil laut dari garis pangkal atau garis pantai terluar ke laut lepas.
  • Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) adalah jalur zona maritim selebar 200 mil laut ke arah laut lepas yang diukur dari garis pangkal. Indonesia dapat memanfaatkan sumber daya laut di zona ini.
  • Landas kontinen – dasar laut, yang secara geologis merupakan perpanjangan dari benua (continent).

Itu adalah diskusi tentang batas wilayah Indonesia. Terlihat bahwa wilayah Indonesia diatur berdasarkan batas-batas fisik berupa bentang alam, serta batas-batas hukum dan politik. Nah, semoga informasi ini membantu Sedulur memahami hal ini, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org