topup gopay

ATM Terblokir? yuk, Pelajari Cara Mengaktifkan dan Penyebabnya


ATM terblokir merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi pada nasabah bank. Padahal, layanan ini sangat membantu proses transaksi tanpa melibatkan teller.

Jika kamu tengah mengalami masalah ini, silakan baca artikel ini sampai habis!

 

Summary:

  • Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan terblokirnya kartu ATM, baik karena hal pribadi maupun teknis dari pihak bank.
  • Untuk mencegah hal tersebut, kita bisa mencegahnya dengan mematuhi syarat dan ketentuan bank.

 

Pentingnya ATM untuk Menunjang Aktivitas Keuangan

Teknologi mengambil tempat yang penting dalam hidup manusia. Saat ini, berkat teknologi, hidup manusia makin mudah.

Sektor perbankan merupakan salah satu bidang yang banyak terpengaruh teknologi. Salah satu produk teknologi bank yang sangat berguna adalah ATM. ATM memungkinkan nasabah melakukan transaksi sendiri dengan aman dan nyaman.

Seperti kebanyakan produk teknologi lain, ATM Juga bisa bermasalah.

Misalnya, ATM terblokir sistem. Hal ini bisa diakibatkan oleh kesalahan memasukkan PIN lebih dari tiga kali atau karena ada indikasi aktivitas mencurigakan di akun perbankan yang dimaksud.

Nah, jika mengalami terblokirnya kartu ATM, kamu tak perlu khawatir. Silakan baca artikel ini sampai habis untuk mengatasinya. Jangan lupa di-bookmark, ya!

 

Penyebab Kartu ATM Terblokir

ATM merupakan layanan perbankan yang banyak dipakai karena sangat membantu nasabah. Meski begitu, kamu perlu menggunakannya dengan bijak agar kartu ATM kamu terhindar dari terblokir sistem.

Berikut adalah beberapa penyebab yang bisa kamu hindari sebagai antisipasi:

 

#1 Menggunakan ATM di Lokasi yang Berbeda

Bank akan menaruh curiga jika kamu menggunakan kartu di beberapa negara dalam waktu yang singkat. Sistem akan mengidentifikasi hal ini sebagai tindakan mencurigakan sehingga melakukan pemblokiran.

ATM terblokir dalam kasus ini bisa dikembalikan dengan menghubungi bank terkait. Kamu hanya perlu menghubungi mereka melalui customer service.

 

#2 Kesalahan Teknis

Ada kalanya, pemblokiran bukan karena kesalahan pengguna, melainkan perbaikan sistem oleh bank. Hal ini sangat mungkin terjadi ketika kamu menggunakan kartu untuk belanja. Tetapi, toko tersebut masih mengadopsi firmware lama.

Kasus ini masih bisa diselamatkan, kok. Silakan hubungi bank untuk mendapat bantuan.

 

#3 Jarang Bertransaksi

Bank akan mengidentifikasi pola penggunaan ATM tiap waktu. ATM terblokir bisa saja terjadi jika kamu jarang melakukan transaksi besar, kemudian melakukannya dalam beberapa saat dalam jumlah yang tak biasa.

Mereka akan mencurigai aktivitas ini sebagai tindakan tidak biasa.

Hal ini juga bisa terjadi apabila kamu lupa menyimpan kartu ATM sehingga kamu jarang melakukan transaksi. Apabila kamu mengalami hal ini, kamu bisa simak video berikut, ya.

 

#4 Salah Memasukkan Data

Penyebab paling umum dari terblokirnya ATM adalah kesalahan dalam memasukkan data.

Ketika seseorang salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali, maka kemungkinan besar bank akan memblokir ATM-nya karena dinilai sebagai perilaku tidak biasa.

 

#5 Perubahan yang Terjadi dalam Syarat dan Ketentuan Bank

Bank terus memperbarui syarat dan ketentuan layanan untuk mengamankan nasabah dalam menggunakan layanan. Biasanya, informasi baru akan disampaikan melalui email, SMS, WhatsApp, dan sebagainya.

Salah satu tindakan yang bisa diambil bank adalah melakukan pemblokiran ATM. Kondisi ini terjadi ketika pengguna dianggap tidak mengikuti syarat dan ketentuan terbaru.

Agar ATM terblokir tidak terjadi, sebaiknya kamu memperbarui informasi perbankan dan melaksanakan syarat dan ketentuan baru yang berlaku.

 

#6 Kartu ATM Kedaluwarsa

ATM terblokir bisa diakibatkan karena masa aktifnya habis. Satu kartu ATM bisa digunakan selama lima tahun. Setelah masanya berakhir, kamu harus mengganti dengan yang baru.

[Baca Juga: 6 Cara Mengurus Kartu ATM Tertelan, Mudah dan Cepat!]

 

Cara Mengaktifkan Kembali Kartu ATM Terblokir

Kartu yang terblokir bisa menghambat aktivitas seseorang. Jika mengalami hal ini, silakan langsung menghubungi bank terkait untuk mendapatkan bantuan.

 

#1 Mengatasi Secara Umum

Ada dua kondisi yang terjadi ketika ATM terblokir, yakni masih mengingat PIN dan tidak mengingatnya sama sekali. Keduanya akan membutuhkan penanganan yang berbeda.

 

#1 Terblokir dan Masih Mengingat PIN

Berikut adalah cara mengaktifkan kartu ATM terblokir yang PIN-nya masih kamu ingat:

  1. Silakan siapkan data diri, nomor rekening, atau nomor kartu ATM yang terblokir. Mereka akan menanyakan hal-hal tersebut untuk memastikan bahwa kamu adalah pemilik asli ATM yang bermasalah.
  1. Silakan hubungi call center bank dan nyatakan maksudmu. Pastikan kamu menghubungi nomor yang benar.
  1. Customer service akan mendengar masalah yang kamu alami dan memulai proses pengaktifan ATM. Di sini, mereka akan mencocokkan data pengguna dengan data yang ada di server mereka. Jangan khawatir, proses ini tidak akan lama.
  1. Jika semua data sudah dinyatakan benar, maka customer service akan menanyakan apakah kamu mengingat PIN ATM yang terblokir tersebut. Kamu tidak perlu menyebutkannya.
  1. Setelah proses di atas selesai, ATM sudah bisa digunakan kembali. Jika tidak mendesak, sebaiknya kamu menunggu 1 jam atau keesokan harinya untuk memastikan sistem telah normal kembali.

 

#2 Terblokir Tanpa Mengingat PIN

Jika kartumu terblokir namun lupa PIN-nya, maka kamu perlu datang ke kantor cabang terdekat. Kamu akan mendapat bantuan melalui layanan yang tersedia di sana.

Berikut adalah cara mengaktifkan kartu yang lupa PIN di kantor cabang:

  1. Silakan bawa ATM, buku tabungan, serta identitas diri yang aktif. Pastikan kamu mengetahui ketentuan yang berlaku di bank. Apakah mereka mengizinkan pembukaan ATM terblokir di semua kantor cabang atau hana di cabang di mana kamu membuka rekening.
  1. Siapkan uang untuk biaya pengaktifan. Sebab, beberapa bank akan membebankan biaya kepada nasabah yang melakukan aktivitas ini.
  1. Silakan ambil nomor antrean dan tunggu hingga nomor antreanmu terpanggil.
  1. Silakan katakan keluhan ke petugas di lokasi dan ikuti arahan mereka.

 

#2 Mengatasi di Masing-masing Bank

Berikut adalah cara mengaktifkan kembali kartu ATM di beberapa bank yang tersedia di Indonesia:

 

#1 BCA

Silakan ikuti cara berikut untuk mengaktifkan TAM BCA yang terblokir:

  1. Jika lupa PIN, kamu bisa langsung menghubungi Halo BCA di 1500888 untuk reset PIN. Siapkan buku rekening, ATM, dan KTP yang masih aktif.
  1. Silakan katakan masalah yang kamu punya ke customer service setelah terhubung.
  1. Nantinya, petugas akan memvalidasi data yang kamu miliki dengan sistem mereka. Kemudian, mereka akan membantu membuka ATM terblokir dan memulai ulang PIN.
  1. Selamat, kamu bisa menggunakan ATM kembali.

 

#2 BRI

Berikut adalah cara mengaktifkan ATM terblokir untuk nasabah BRI:

  1. Siapkan berkas untuk mengaktifkan ATM terblokir, seperti buku tabungan, kartu ATM, dan identitas diri.
  1. Silakan datangi kantor cabang yang paling dekat dengan domisilimu.
  1. Silakan ambil nomor antrean customer service dan tunggu sampai dipanggil.
  1. Katakan kendala yang kamu alami dan tunggulah sampai prosesnya selesai.

[Baca Juga: 8 Jenis Kartu ATM BCA: Limit dan Biaya Administrasinya]

 

#3 BNI

Ada dua cara yang bisa dilakukan nasabah BNI untuk mengaktifkan ATM terblokir, yakni mendatangi kantor cabang atau dengan batuan call center.

Berikut adalah langkah mengaktifkan ATM terblokir BNI di kantor cabang:

  1. Silakan siapkan berkas berupa buku tabungan, kartu ATM, dan identitas diri. kemudian datangi kantor cabang BNI terdekat.
  1. Silakan ambil nomor antrean customer service dan tunggu hingga dipanggil.
  1. Sampaikan kendalamu ke petugas di lokasi. Mereka akan memberikan formulir untuk diisi lengkap.
  1. Tunggulah sampai proses pengaktifan berhasil.

 

Untuk kamu yang menggunakan layanan online, simak langkah berikut untuk mengaktifkan ATM terblokir BNI melalui call center:

  1. Silakan siapkan kartu ATM, buku tabungan, dan identitas diri yang berlaku. Kemudian hubungi 1500046.
  1. Sampaikan kendalamu ke customer service. Nantinya, mereka akan mulai melakukan validasi untuk mengecek kebenaran informasi dan data.
  1. Kemudian, mereka akan menanyakan apakah kamu mengingat PIN ATM atau tidak. Silakan jawab dengan jujur.
  1. Setelah proses di atas selesai, customer service akan mulai memproses pengaktifan ATM.

 

#4 Mandiri

Simak langkah berikut untuk mengaktifkan ATM terblokir bagi nasabah Bank Mandiri:

  1. Siapkan berkas untuk mengaktifkan ATM, yakni buku tabungan, kartu ATM, dan KTP.
  1. Silakan datang ke kantor cabang Mandiri terdekat dan ambil nomor antrean customer service.
  1. Setelah dipanggil, sampaikan kendala yang kamu alami, yakni ATM terblokir.
  1. Kamu akan diberi formulir yang harus diisi lengkap. Setelahnya, petugas akan mengonfirmasi data yang kamu tulis dengan sistem.
  1. Selanjutnya, proses pengaktifan akan dimulai. Mereka akan meminta berkas lain untuk membantu proses ini.
  1. Tunggulah sampai proses pengaktifan selesai.

 

#5 Bank Permata

Berikut adalah cara mengaktifkan kembali ATM terblokir untuk nasabah Bank Permata:

  1. Silakan siapkan berkas yang diperlukan untuk mengaktifkan ATM terblokir, yakni buku tabungan, kartu ATM, dan identitas diri.
  1. Silakan datangi kantor Bank Permata terdekat dengan membawa berkas yang diminta dan ambil nomor antrean customer service.
  1. Selanjutnya, silakan sampaikan kendala yang kamu alami. Customer service akan memintamu mengisi formulir untuk proses validasi.
  1. Silakan isi formulir tersebut dan siapkan berkas yang dibawa.
  1. Selanjutnya, silakan ikuti instruksi yang diberikan customer service dengan baik untuk mendapatkan kembali akses ke kartu ATM kamu.

 

#6 Maybank

Maybank memungkinkan nasabahnya untuk membuka ATM terblokir melalui kantor cabang maupun call center. Keduanya bisa digunakan secara bebas untuk seluruh nasabah.

Jika ingin membuka ATM terblokir di kantor cabang Maybank, silakan ikuti langkah berikut:

  1. Siapkan berkas untuk membuka pemblokiran ATM, yakni kartu ATM, buku tabungan, dan KTP yang aktif. Kamu Juga perlu menyiapkan biaya administrasi sebesar Rp5.000 – Rp10.000.
  1. Silakan datangi kantor Maybank terdekat dan ambil antrean customer service.
  1. Sampaikan keluhanmu ke customer service. Kamu akan diminta menyerahkan berkas yang dibawa untuk kebutuhan validasi.
  1. Customer service akan mereset PIN ATM dan kamu akan diminta untuk membuat PIN baru.
  1. Tunggulah sampai proses pengaktifan selesai.

 

Kamu bisa menghubungi call center Maybank untuk mengaktifkan ATM terblokir. Silakan simak langkah berikut untuk mengaktifkannya:

  1. Siapkan berkas untuk mengaktifkan ATM, yakni KTP, buku tabungan, dan kartu ATM.
  1. Selanjutnya hubungi call center Maybank di 15000611 dengan pulsa minimal Rp20.000.
  1. Sampaikan keluhanmu ke customer service. Selanjutnya, customer service akan memvalidasi data.
  1. Silakan ikuti semua instruksi yang diberikan petugas untuk bisa mengakses ATM kembali.

[Baca Juga: Praktis! Inilah Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM]

 

#7 CIMB Niaga

Nasabah CIMB Niaga bisa mengaktifkan ATM terblokir melalui kantor cabang atau call center mereka.

Berikut adalah cara mengaktifkan ATM terblokir nasabah CIMB Niaga di Kantor Cabang:

  1. Silakan siapkan berkas yang diminta, seperti kartu ATM, buku tabungan, dan KTP yang aktif.
  1. Datangi kantor CIMB Niaga dan ambil nomor antrean customer service.
  1. Sampaikan kendala yang kamu alami ke customer service di lokasi dan serahkan berkas yang kamu bawa.
  1. Selanjutnya, customer service akan memeriksa kebenaran berkas tersebut dengan data di sistem.
  1. Jika kamu lupa PIN, maka mereka akan membuatkan PIN baru. Jika tidak, maka kamu bisa menggunakan PIN lama.
  1. Silakan ikuti arahan yang diberikan customer service untuk bisa mengakses ATM kembali.

 

Jika kamu ingin menggunakan layanan call center CIMB Niaga untuk mengaktifkan ATM terblokir, silakan simak cara berikut:

  1. Siapkan buku tabungan, kartu ATM, dan KTP yang aktif. Kemudian, hubungi call center CIMB Niaga di 14041.
  1. Sampaikan kendala yang kamu alami ke customer service. Mereka akan mulai memvalidasi data yang kamu berikan dengan server bank.
  1. Jika cocok, maka ATM akan diaktifkan kembali. Kamu bisa menggunakan PIN alam untuk bertransaksi.

 

Bertransaksi dengan Benar di ATM

ATM terblokir akan menghambat aktivitas keuangan seseorang. Nah, untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mencegahnya dengan mematuhi syarat dan ketentuan bank.

Sebagai pengguna ATM, kamu harus memiliki manajemen keuangan yang jelas. Hal ini perlu kamu lakukan untuk menjaga keuangan agar tetap sehat.

Kamu bisa menjaga kondisi keuangan dengan membuat rencana keuangan. Kabar baiknya, kamu tidak perlu susah-susah menulis di kertas karena telah hadir aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku akan membantu membuat rencana keuangan yang benar dan sesuai kebutuhan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan bimbingan langsung dari Financial Planner untuk memastikan tindakan yang tepat.

Aplikasi Finansialku bisa kamu dapatkan gratis di Google Play dan App Store.

Tak hanya perencanaan keuangan, kamu Juga bisa membuat rencana dana beli rumah, beli kendaraan, membaca ebook, mendengarkan audibook, dan benefit lainnya, yuk download sekarang!

 

Itulah ulasan mengenai ATM terblokir. Yuk, share artikel ini sebanyak-banyaknya karena pasti sangat banyak yang butuh. Terima kasih!

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi: 

  • Admin. 15 Juli 2022. Kartu ATM Terblokir? Inilah Cara Mudah Membukanya. Cermati.com – https://bit.ly/3RKxhNw
  • Restu Wahyuning Asih. 28 Mei 2022. Ini Cara Mudah Mengaktifkan Kembali Kartu ATM yang Terblokir. Finansial.bisnis.com – https://bit.ly/3fKNYLs
  • Siti Rohmah Noviah. 25 November 2021. Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi ATM Terblokir Semua Bank! Qoala.app – https://bit.ly/3yjPURA
  • Vania Al Kautsar. 13 Juli 2022. 5 Penyebab Kartu ATM Terblokir yang Bikin Panik. Fimela.com – https://bit.ly/3ehFjQa
  • Yogi Wicaksono. 25 Februari 2022. ATM Terblokir? Begini Cara Buka Kembali dan Tips Mengurusnya. Lifepal.com – https://bit.ly/3yjCpBp




https://wvmuseums.org

Baca juga  Harga Emas Hari Ini Nyaman di Tempat, Enggak Berubah