ashabul kahfi

Kisah Ashabul Kahfi Singkat Beserta Pelajaran Pentingnya  


Sedulur pasti sudah sering mendengar kisah Ashabul Kahfi yang juga diceritakan dalam Al-Qur’an ayat 9-26 Surat Al-Kahfi. Ashabul Kahfi bercerita tentang tujuh pemuda dan seekor anjing yang tinggal di gua untuk menghindari seorang raja bernama Dikyanus, yang dikenal sebagai tiran dan penyembah berhala.

Banyak literatur mengatakan bahwa A.Shabul Kahfi tidur selama 309 tahun. Cerita yang menarik? Simak cerita lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Kisah nabi Lot dan orang-orang Sodom yang menyukai maksiat

Kisah Ashabula Kahfi

Mizan

Ashabul Kahfi adalah sekelompok pemuda mukmin yang hidup pada masa Raja Dikyan di Roma, di mana raja itu dikenal karena kekejaman dan kesombongannya dan bahkan menyebut dirinya Tuhan. Hal ini dikarenakan pada masa pemerintahannya, Prabu Dikyanus tidak pernah merasakan sakit, bahkan hanya berkeringat.

Prabu Dikyanus memiliki 6 kaki tangan yang selalu berada di kiri dan kanannya. Kaki tangannya disebut Tamlikha, Muksalmina dan Mikhaslimina, yang selalu berada di sisi kanan raja. Sedangkan kaki tangannya bernama Martelius, Sidemius dan Casifius berada di sisi kanan raja.

Suatu hari seorang raja sedang duduk di singgasana emasnya. Kemudian seorang tentara datang dan memberitahunya bahwa istana kerajaan akan diserang. Mendengar kabar tersebut, sang raja kaget hingga mahkota emas yang dikenakannya terlepas.

Melihat kejadian ini, kaki tangan raja yang bernama Tamlikha merasa aneh. Dia berpikir bahwa Tuhan tidak perlu khawatir istananya diserang. Tamliha kemudian memberi tahu lima pelayan raja lainnya tentang hal itu.

Tiba-tiba, mereka juga merasakan hal yang sama. Tanpa berpikir dua kali, enam rekan dekat raja melarikan diri dari istana dan bahkan dari kota. Setelah berjalan puluhan kilometer, enam orang bertemu dengan seorang penggembala kambing.

Baca juga  15 Contoh Teks Narasi Beserta Penjelasan, Jenis & Strukturnya

Singkatnya, mereka melarikan diri dari kota bersama-sama dan melarikan diri dari raja tirani Dicyanus.

BACA JUGA: Kisah Nabi Adam, Manusia Pertama Yang Diciptakan Allah SWT

disemen di gua

Ashbul Kahfi
sejarah islam

Mendengar kabar bahwa orang kepercayaannya telah melarikan diri, raja segera mencarinya. Raja yang gigih memimpin 80.000 pasukan untuk mencari enam pemuda. Tidak butuh waktu lama bagi raja untuk akhirnya mengetahui bahwa mereka bersembunyi di sebuah gua. Dan pada saat itu raja melihat bahwa mereka tertidur lelap. Kemudian Raja Dikyanus mengirim prajuritnya untuk menutup pintu masuk gua dengan batu dan semen. Tujuh pemuda dan seekor anjing terjebak di sebuah gua dan mereka tidak mengerti apa yang telah terjadi.

dihidupkan kembali

Ashbul Kahfi
republik

Dengan kuasa Allah SWT, tujuh pemuda dan seekor anjing disingkirkan dari kehidupan mereka dan dibiarkan tidur selama 309 tahun. Namun, mereka hanya merasa tidur satu malam. Bangun dari mimpi, mereka memutuskan untuk keluar dari gua dan mencari makanan.

Datang ke pasar, para saudagar kagum dengan uang yang mereka bawa, karena uang sudah beradab berabad-abad yang lalu. Mereka kemudian dibawa ke hadapan seorang raja bernama Abdurrahman, yang baik hati dan bijaksana.

Berkat kebijaksanaan raja, Ashabul Kahfi bisa menceritakan semua yang telah terjadi. Mendengar cerita tersebut, Raja Abdurrahman langsung mencium kaki pemuda tersebut. Pasalnya, kisah Nabi Isa A.S. mengatakan kepada orang-orangnya, benar-benar terjadi.

Raja pun memberikan kesempatan kepada pemuda itu untuk kembali ke gua untuk bertemu dengan teman-temannya dan anjingnya, pemuda itu ditemani oleh tentara kerajaan. Namun, sesampainya di goa, teman-temannya yang lain meminta seorang pemuda bernama Tamliha untuk berdoa kepada Allah agar dimatikan kembali agar keberadaan mereka tidak mengagetkan kerajaan.

Baca juga  Cara Video Call Whatsapp Web di Laptop & PC dengan Mudah

Allah SWT pun menjawab doa mereka. Tujuh pemuda dan seekor anjing mati, dan tidak ada yang mengetahuinya. Para prajurit yang dikirim oleh raja terkejut bahwa tidak ada yang meninggalkan gua selama tujuh hari tujuh malam.

Mendengar ini, raja bergegas masuk ke dalam gua untuk melihat kebenarannya. Betapa terkejutnya raja ketika dia sampai di sana dan melihat tujuh pemuda beriman dan anjing yang mati. Kisah itu kemudian dikenal sebagai A.Shabul Kahfi artinya 7 pemuda yang tidur dengan anjing selama ratusan tahun untuk menghindari raja yang sangat kejam dan tidak adil.

BACA JUGA: Nama-nama Langit dalam Islam dan Penghuninya

Pelajaran yang bisa dipetik

Ashbul Kahfi
pixabay

Pelajaran dan pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah ini, antara lain:

  • Selalu utamakan agama Allah SWT
  • Selalu mengandalkan Allah SWT
  • Selalu berdoa dan percaya bahwa doa kita akan selalu dikabulkan oleh Allah SWT
  • Selalu percaya pada kekuasaan Allah SWT
  • Tidak diperbolehkan menyekutukan Allah SWT, menyembah berhala dan lain-lain

Sholat Ashabul Kahfi

iStock

Doa Ashabul Kahfi merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk selalu dibaca setelah sholat. Bahkan Presiden Abdurrahman Wahid (Gas Dur) langsung memerintahkan rakyat Indonesia untuk membacakan doa ini. Berikut pengucapan doa Ashabul Kahfi yang diambil dari Surah Al-Kahfi ayat 10.

اٰتِنَا لَّدُنْكَ لَنَا اا ا

Artinya: Tuhan kami. Berilah kami rahmat dari-Mu dan bimbingan langsung penuh bagi kami dalam urusan kami.” (Sura Al-Kahfi: 10)

Ini adalah kisah Ashabula Kahfi. TETAPIRti Ashabul Kahfi adalah 7 pemuda setia yang melarikan diri dari raja yang kejam dan tidur di gua selama ratusan tahun. Semoga kita bisa belajar dari kisah ini untuk selalu setia kepada Allah SWT.

Baca juga  6 Cara Konfigurasi Bluetooth di Laptop & PC dengan Mudah

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org