Arti Mimpi Buang Air Besar dari Berbagai Sumber, Pertanda Apa?

Arti Mimpi Buang Air Besar dari Berbagai Sumber, Pertanda Apa?


Pernahkah Sedulur bertanya-tanya tentang arti mimpi berak? Ya, mimpi merupakan sebuah pengalaman di alam bawah sadar manusia yang seringkali melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, dan indra-indra lainnya pada saat kita sedang tidur.

Sesuai dengan definisinya, pengalaman di alam bawah sadar, manusia tidak dapat mengontrol apa yang terjadi di dalam mimpi tersebut. Tidak jarang juga di antara kita yang merasakan sebuah emosi membuncah ketika sedang bermimpi, entah itu takut atau sedih. Barulah ketika sadar dan terbangun, kita mendapatkan secuil ingatan terkait kejadian yang ada di dalam mimpi.

Banyak kejadian yang bisa muncul di dalam mimpi seorang manusia. Salah satunya adalah mimpi buang air besar. Mimpi yang satu ini tergolong sangat unik karena kita memimpikan sebuah rutinitas ‘merenung di dalam toilet’. Sebagian dari kita yang pernah memimpikan kejadian tersebut, pasti bertanya-tanya “Apa arti mimpi berak?”.

Jangan khawatir, Sedulur akan menemukan arti dan makna di balik mimpi unik tersebut dalam pembahasan berikut ini.

BACA JUGA: 10 Fakta Unik Singapura yang Jarang Diketahui Orang!

Teori mimpi

Depositphotos

Jika berbicara tentang mimpi, tentunya ada banyak hal yang dapat kita ulik dari fenomena tersebut. Dari sudut pandang akademis atau ilmiah, ilmu yang mempelajari tentang mimpi disebut juga sebagai Oneirologi (ὄνειρος atau oneiros = bahasa Yunani dari ‘mimpi’).

Manusia telah berabad-abad berusaha mengupas apa sebenarnya arti dan tujuan dari mimpi-mimpi yang kita alami selama tidur. Orang dahulu sering menganggap mimpi sebagai pesan magis/spiritual yang menunjukkan orang tersebut sedang berada di dimensi lain. Lebih lanjut lagi, mereka menganggap bahwa mimpi merupakan pesan-pesan tersirat dari masa depan tentang kemungkinan yang dapat terjadi dalam hidup seseorang.

Seiring berjalannya waktu, teknologi dan pengetahuan semakin berkembang. Hal itu juga mempengaruhi perjalanan manusia untuk meneliti rahasia-rahasia terkait mimpi yang terjadi di bawah alam sadar tersebut. Para ilmuwan semakin serius dalam mengkaji perkara mimpi ini, sampai-sampai ada empat teori berbeda yang menjelaskan tentang penyebab mimpi.

Teori-teori tersebut adalah Teori Psikoanalisis Freud, Teori Sintesis-Aktivasi, Teori Pemrosesan Informasi, dan Teori Aktivitas Eksternal. Di antara keempatnya, yang paling sering dirujuk sebagai landasan untuk mencari tahu arti atau makna di balik suatu mimpi adalah Teori Psikoanalisis Freud.

Teori Psikoanalisis Freud dicetuskan oleh Sigmund Freud, seorang psikolog yang memprakarsai aliran psikoanalisis modern. Menurutnya, mimpi merupakan sebuah motivasi manusia yang tidak disadari oleh dirinya sendiri. Mimpi dapat menjadi motivasi terselubung di alam bawah sadar setiap manusia. Ketika seseorang sedang bermimpi, area tidak sadar di dalam otaknya akan membeberkan beberapa informasi penting. Hal tersebutlah yang membuat manusia memahami kondisi dan motivasi dirinya.

Lebih lanjut lagi, Sigmund Freud membagi mimpi menjadi dua unsur. Unsur yang pertama adalah bersifat manifes dan unsur yang kedua adalah laten. Unsur manifes memungkinkan manusia untuk melihat secara gambaran, pikiran, dan konflik yang terjadi di dalam mimpi tersebut. Sedangkan untuk unsur laten, ia lebih berfokus kepada makna psikologis yang tersembunyi di dalam mimpi.

BACA JUGA: 22 Tempat Wisata di Jogja Terbaru yang Paling Instagramable!

Arti mimpi berak menurut agama Islam

arti mimpi berak
Depositphotos

Mencari makna di balik mimpi telah dilakukan sejak lama oleh manusia, termasuk juga oleh umat Muslim. Beberapa tokoh Islam yang sangat terkenal dengan kemampuannya menafsirkan mimpi adalah Imam Abu Bakar bin Muhammad Al Hanafi Al Ihsa’i dan Abubakar Muhammad bin Sirin al-Bashri (Ibnu Sirin).

Baca juga  Pengertian, Aspek, Ruang Lingkup dan Manfaatnya

Berikut ini adalah arti mimpi berak menurut agama Islam sesuai dengan keterangan dari Imam Abu Bakar bin Muhammad Al Hanafi Al Ihsa’i dalam kitab karangannya yang berjudul Tanbih Al Afham bi Ta’wil Al Ahlam.

BACA JUGA: Daftar Harga Listrik per KWH Terbaru untuk Non-Subsidi

1. Mimpi buang air besar

Mengutip dari pernyataan Imam Abu Bakar bin Muhammad Al Hanafi Al Ihsa’i dalam kitab karangannya yang berjudul Tanbih Al Afham bi Ta’wil Al Ahlam, arti mimpi berak biasanya mengindikasikan dua hal. Berikut ini adalah penjelasan kedua maknanya.

  • Orang yang mimpi itu sedang mengalami ketakutan karena penguasa atau atasannya yang menekan. 
  • Orang yang mimpi itu pertanda akan mengalami kerugian dalam usahanya.

2. Mimpi buang air besar berdasarkan tempatnya

Jika dilihat dari tempatnya, Imam Abu Bakar bin Muhammad Al Hanafi Al Ihsa’i dalam kitab karangannya yang berjudul Tanbih Al Afham bi Ta’wil Al Ahlam menjelaskan bahwa arti mimpi berak di tempat yang dikenal adalah pertanda bahwa pemimpi tersebut akan menyumbangkan hartanya berdasarkan hawa nafsu (tidak ikhlas). Sedangkan jika ia bermimpi berak di tempat asing, maka itu merupakan pertanda bahwa pemimpi tersebut akan menyumbangkan hartanya yang haram. 

3. Mimpi buang air besar di pakaian atau kasur

Imam Abu Bakar bin Muhammad Al Hanafi Al Ihsa’i juga melanjutkan penjelasannya mengenai arti mimpi berak. Ketika seseorang bermimpi ia buang air besar di pakaian, maka hal tersebut akan menjadi pertanda bahwa ia hendak melakukan perbuatan dosa. Akan tetapi, ketika seseorang bermimpi ia buang air besar di kasur, maka itu akan menjadi pertanda bahwa pemimpi hendak mengalami sakit keras atau bercerai dengan pasangannya.

4. Mimpi buang air besar di tempat umum

Selain di pakaian atau kasur, mimpi berak juga biasanya berlatar belakang di tempat umum. Ketika seseorang bermimpi ia buang air besar di tempat umum dan menutupi kotorannya dengan debu, Imam Abu Bakar bin Muhammad Al Hanafi Al Ihsa’i beranggapan bahwa pemimpi tersebut akan menyimpan hartanya di suatu tempat.

Arti mimpi berak menurut Primbon Jawa

Depositphotos

Primbon Jawa merupakan sebuah kitab warisan leluhur Jawa yang berfokus pada kehidupan manusia dan hubungannya terhadap alam semesta. Salah satu fungsi utama dari kitab Primbon Jawa ini adalah sebagai pedoman tentang bagaimana bersikap dan menghadapi kejadian tertentu dalam kehidupan.

Primbon Jawa pun juga membahas tentang mimpi. Tetapi, pembahasan tentang tafsir mimpi ini akan menyesuaikan pemikiran orang Jawa kuno. Berikut ini adalah arti mimpi berak menurut Primbon Jawa.

BACA JUGA: Ini Provider Internet Terbaik yang Bisa Kamu Pasang di Rumah!  

1. Mimpi buang air besar di depan banyak orang

Berdasarkan ilmu Primbon Jawa, mimpi berak di depan banyak orang dapat dimaknai sebagai peringatan bagi pemimpi untuk membuang sesuatu atau meninggalkan sesuatu dalam hidupnya. 

Jika dipahami secara logika, ketika kita berak di hadapan banyak orang sudah pasti kita akan merasa malu. Dari situ, dapat kita pahami bahwa ada sebuah perasaan sulit atau gelisah yang harus dihapus dari kehidupan. Beberapa ahli tafsir mimpi juga percaya bahwa mimpi ini sejatinya berarti pemimpi sedang membuang-buang banyak waktu dalam hidupnya dengan percuma.

2. Mimpi buang air besar berwarna aneh

Masih mengutip dari ilmu Primbon Jawa, arti mimpi berak dengan warna kotoran yang agak aneh dapat berarti dua hal; kabar baik dan kabar buruk. Apabila Sedulur ada memimpikan berak dengan warna aneh ini, bersiap-siaplah untuk menghadapi problematika keluarga yang akan terjadi segera.

Baca juga  Apa itu Gas Air Mata? Ini Pengertian Beserta Efeknya

Terdapat tiga jenis warna yang biasanya muncul dalam mimpi tersebut, kemerahan, kebiruan, dan pucat. Berikut adalah penjelasannya.

  • Kemerahan: Sedulur harus memperhatikan kesehatan keluarga.
  • Kebiruan: Sedulur harus berhati-hati dengan finansial keluarga.
  • Pucat: Sedulur akan kedatangan anggota keluarga baru (menikah, lahiran).

3. Mimpi buang air besar di tempat tidur

Primbon Jawa juga menjelaskan apa arti mimpi berak di tempat tidur. Sedulur yang pernah mengalami mimpi ini, terutama kejadian berak di tempat tidur, ada baiknya Sedulur berkaca soal kebutuhan seksual pribadi. 

Coba renungkan, apakah akhir-akhir ini Sedulur sudah mencukupi kebutuhan seksual? Atau Sedulur memang sedang merasa kesepian atau sedang tidak mood sehingga tidak bisa melampiaskan perasaan tersebut? 

Tetapi di sisi lain, mimpi berak di tempat tidur pun dapat menjadi pertanda bahwa Sedulur akan mengalami permasalahan asmara. Nah, dari mimpi tersebut, Sedulur tinggal mempersiapkan diri sesuai keadaan diri Sedulur.

4. Mimpi buang air besar melalui mulut

Sedulur mungkin akan mengerutkan dahi ketika mendengar atau bahkan membayangkan berak melalui mulut. Namun, ada sebagian dari kita yang memang memimpikan fenomena di luar akal sehat ini. Mengutip dari buku Primbon Jawa, Sedulur yang bermimpi kejadian ini perlu memperhatikan kesehatan tubuh yang sedang tidak seimbang. 

5. Mimpi buang air besar berserakan

Ketika Sedulur mimpi berak berserakan, tandanya bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam hubungan percintaan atau pertemanan Sedulur. Berdasarkan ilmu Primbon Jawa, memimpikan berak yang keluar di mana-mana cenderung memunculkan perasaan tidak enak yang sedang terpendam.

Arti mimpi berak menurut berdasarkan penjelasan Ibnu Sirin

Depositphotos

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu tokoh Islam yang ahli dalam menafsirkan mimpi adalah Ibnu Sirin (Abubakar Muhammad bin Sirin al-Bashri). 

Ia merupakan salah satu tokoh ulama ahli fiqih dan perawi hadis dari golongan tabi’in. Selain dikenal sebagai ahli fiqih, Ibnu Sirin juga memiliki kemampuan untuk menjelaskan makna dari mimpi yang dialami setiap orang.

BACA JUGA: 30 Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk WA Group

1. Mimpi berak besar dan keras

Apabila Sedulur memimpikan arti mimpi berak besar dan keras, maka menurut penjelasan Ibnu Sirin Sedulur akan membelanjakan atau menggunakan hartanya untuk kesehatan badan.

2. Mimpi berak encer

Dalam penjelasan Ibnu Sirin pun ia menguraikan arti mimpi berak encer. Apabila Sedulur memimpikan berak yang kotorannya terlihat seperti cair atau encer, maka mimpi tersebut dapat diartikan bahwa sang pemimpi akan membelanjakan uangnya untuk kebutuhan sehari-hari yang sangat banyak.

Lihat saja waktu-waktu terjadinya mimpi tersebut. Apabila Sedulur bermimpi berak encer di akhir bulan, mungkin pertanda yang dijelaskan oleh Ibnu Sirin tersebut ada benarnya karena di awal bulan biasanya orang-orang akan membelanjakan gajinya untuk kebutuhan sehari-hari.

Arti mimpi berak yang lainnya

Depositphotos

Selain arti dan makna mimpi yang telah dijelaskan di atas, terdapat beberapa arti lainnya yang dapat Sedulur jadikan rujukan untuk perkara ini. Beberapa penjelasan di bawah ini dikutip dari sumber-sumber yang terpercaya. Yuk, simak apa saja kemungkinan makna dari mimpi berak!

1. Mimpi berak banyak

Jika Sedulur pernah bermimpi berak dalam jumlah yang sangat banyak, ada baiknya Sedulur untuk berhati-hati. Pertanda dari mimpi yang spesifik tersebut adalah Sedulur akan menghadapi suatu masalah besar. Jumlah kotoran yang sangat banyak mengindikasikan sedang ada banyak masalah dalam hidup yang membuat Sedulur merasa kewalahan.

Baca juga  Sinopsis 365 Days, Kisah Cinta Ketua Mafia dengan Wanita Karir

2. Mimpi melihat orang lain sedang berak

Jika Sedulur pernah bermimpi melihat orang lain berak, bisa jadi ada suatu hal yang Sedulur hendak lakukan tetapi tertunda karena perasaan putus asa atau malu. Dengan begitu, mimpi ini mengisyaratkan bahwa Sedulur harus segera melaksanakan hal tertunda tersebut yang sampai mengganggu pikiran.

3. Mimpi berak dan langsung membersihkannya

Arti mimpi berak seperti ini memang bisa dikaitkan dengan pertanda baik akan segera datang. Kotoran di dalam alam bawah sadar tersebut dapat diibaratkan seperti permasalahan dari setiap orang. Dengan begitu, Sedulur akan segera menemukan solusi permasalahan tanpa bantuan orang lain di sekitar.

4. Mimpi susah berak

Ada juga yang mencari arti mimpi berak kesusahan. Ketika Sedulur memimpikan susah berak tersebut, artinya adalah Sedulur meminta seseorang untuk selalu waspada terhadap segala problematika yang akan muncul di masa mendatang. Permasalahan tersebut bisa bertambah sulit seiring berjalannya waktu.

5. Mimpi berak secara normal

Arti mimpi berak seperti ini menandakan adanya perubahan yang akan terjadi, baik menuju kebaikan maupun keburukan. Ada orang menganggap jika mimpi seperti ini menjadi pertanda bahwa seseorang perlu mengeluarkan biaya cukup besar setelah mengalaminya suatu hal.

6. Mimpi berak di tempat yang dikenal atau tidak dikenal

Jika dilihat dari tempatnya, Imam Abu Bakar bin Muhammad Al Hanafi Al Ihsa’i dalam kitab karangannya yang berjudul Tanbih Al Afham bi Ta’wil Al Ahlam menjelaskan bahwa arti mimpi berak di tempat yang dikenal adalah pertanda bahwa pemimpi tersebut akan menyumbangkan hartanya berdasarkan hawa nafsu (tidak ikhlas). 

Sedangkan jika ia bermimpi berak di tempat asing, maka itu merupakan pertanda bahwa pemimpi tersebut akan menyumbangkan hartanya yang haram.

7. Mimpi berak di kasur

Salah satu sumber yang sering dijadikan rujukan untuk mencari tahu makna mimpi mengungkapkan apa arti mimpi berak di kasur. Apabila Sedulur pernah mengalami mimpi ini, terutama mimpi berak di tempat tidur, mungkin sudah waktunya untuk Sedulur mempertanyakan kepuasan hasrat seksual dalam diri. 

Ada baiknya bagi Sedulur untuk merenungkan apakah akhir-akhir ini Sedulur sudah mencukupi kebutuhan seksual. Jika Sedulur memang sedang merasa kesepian atau sedang tidak mood untuk melampiaskan hasrat tersebut, seperti waktu-waktu setelah mendapatkan mimpi ini adalah tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Terdapat juga arti mimpi berak di tempat tidur yang lain. Mimpi tersebut dapat menjadi pertanda bahwa Sedulur akan mengalami masalah cinta.

Nah Sedulur, di atas merupakan sedikit pembahasan mengenai arti mimpi berak yang terkadang muncul ketika tidur. Tidak perlu khawatir, dalam setiap mimpi tersebut ternyata sudah ada penjelasan latar belakangnya, seperti yang sudah diuraikan pada paragraf-paragraf di atas.

Kita telah ulas bersama-sama mengenai arti mimpi berak, mulai dari sudut pandang Islam, sudut pandang Primbon Jawa, serta berdasarkan penjelasan dari Ibnu Sirin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan menjawab rasa penasaran akan arti mimpi tersebut, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org