apa itu enkripsi

Pengertian, Manfaat, Contoh dan Cara Kerjanya


Jika kita berbicara tentang apa itu enkripsi, mungkin sekilas Anda mengenal dan mengenal istilah ini dengan baik. Khusus untuk Sedulur yang menggunakan aplikasi WhatsApp, sering ada notifikasi dengan istilah enkripsi ujung ke ujung. Pada dasarnya enkripsi merupakan bagian dari sistem keamanan dunia internet.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas secara detail apa itu enkripsi. Agar Sedulur tidak bingung lagi dengan pengertian enkripsi itu sendiri, mari kita mulai dengan penjelasannya.

BACA JUGA: Apa itu Discord? Berikut pengertian dan cara menggunakannya

Apa itu enkripsi?

Paskah

Sederhananya, enkripsi adalah metode enkripsi di mana informasi hanya dapat dibaca atau dibuka oleh mereka yang memiliki akses ke sana. Apa itu enkripsi dalam proses mengubah teks biasa yang dapat dibaca manusia menjadi teks yang tidak dapat dipahami.

Data atau teks yang dienkripsi biasanya disebut sebagai ciphertext. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah pihak ketiga melakukan bisnis atau percakapan apa pun. Pihak ketiga dalam hal ini adalah pihak yang mencoba meretas dan melakukan pembajakan.

Ada perbedaan yang jelas dalam apa itu enkripsi dan dekripsi. Dekripsi sendiri merupakan kebalikan dari enkripsi, yaitu mengubah semua informasi yang telah dienkripsi dan disamarkan menjadi informasi dalam bentuk aslinya.

Cara kerja enkripsi

apa itu enkripsi?
Vakasia

Menjelaskan proses enkripsi agak sulit karena prosesnya rumit dan tidak mudah untuk dijelaskan. Pertama, sebelum enkripsi dilakukan, kita harus mengetahui terlebih dahulu password yang digunakan untuk menyembunyikan informasi asli. Kemudian cari variabel lain yang digunakan sebagai kunci.

Jika enkripsi hanya menggunakan satu kunci, itu disebut cipher simetris. Sementara itu, jika dua kunci yang saling terkait digunakan dalam enkripsi, itu disebut cipher asimetris. Hal ini juga dikarenakan algoritma enkripsi dengan proses keamanan yang sangat unik.

Enkripsi simetris adalah jenis enkripsi dimana proses penguncian data dan proses pembukaan data dilakukan dengan menggunakan kunci yang sama. Karena menggunakan kunci yang sama, jenis algoritma enkripsi ini terlihat kurang kompleks dan umumnya lebih mudah dilakukan. Jenis enkripsi ini adalah pilihan yang tepat untuk mentransfer data dalam jumlah besar.

Baca juga  12 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Remaja Terbaik

Enkripsi asimetris juga dikenal sebagai kriptografi kunci publik atau enkripsi kunci publik. Hal ini dikarenakan enkripsi jenis ini menggunakan dua kunci yang saling berkaitan, yaitu kunci publik dan kunci privat.

Mengapa enkripsi penting?

Pakar Hosting

Mengetahui pengertian enkripsi dan cara kerjanya, mengapa enkripsi penting? Perusahaan akan sangat membutuhkan enkripsi. Selain untuk menjaga keamanan informasi, ada beberapa manfaat lainnya yaitu pencegahan kebocoran data dan lain-lain.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa cara kerja enkripsi dapat memastikan bahwa data pribadi perusahaan terlindungi dari kejahatan dunia maya. Selain itu, hal-hal yang naik. Banyaknya kejahatan dunia maya tentu saja disebabkan oleh kurangnya keamanan itu sendiri. Untuk meningkatkan keamanan data, enkripsi akan membantu mengatasi semua ancaman.

Menggunakan Enkripsi

apa itu enkripsi?
TFB

Penggunaan enkripsi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis enkripsi berdasarkan fungsi, tujuan, dan manfaatnya. Ini untuk pekerjaan yang lebih spesifik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa enkripsi sangat penting:

1. Enkripsi data

Tidak mungkin berbicara tentang enkripsi jika kita tidak berbicara tentang enkripsi data. Enkripsi data adalah metode untuk melindungi informasi untuk database, gudang data, dan server cadangan. Untuk volume data yang besar seperti gudang data, peran insinyur keamanan dan profesional TI lainnya sangat penting untuk menjaganya tetap aman menggunakan teknologi enkripsi. Dengan demikian, dari penjelasan di atas, pertanyaan tentang apa itu enkripsi data telah terjawab.

2. Enkripsi file

Enkripsi juga dapat digunakan untuk file. Ada perangkat lunak khusus untuk membantu menjaga file dan folder tetap aman di komputer atau sistem cloud. Dengan demikian, akan sulit bagi peretas untuk mendapatkan akses ke data penting Anda.

3. Enkripsi pesan

Aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya biasanya menggunakan teknologi keamanan siber ini juga. Pasalnya, informasi yang dikirimkan sering diretas. Oleh karena itu, enkripsi merupakan faktor penting saat memilih messenger untuk penggunaan sehari-hari, terutama jika dirancang untuk bekerja.

4. Enkripsi Titik Akhir

Enkripsi endpoint adalah contoh enkripsi, yaitu enkripsi yang melindungi sistem operasi dari serangan keylogger atau file boot yang rusak yang dapat mengakses data tanpa izin. Ini sering diperlukan untuk laptop, server, tablet, dll.

Baca juga  15 Rekomendasi Film Sci Fi Terbaik untuk Ditonton Akhir Pekan

Perbedaan antara enkripsi dan hashing

gulungan

Selain mengetahui apa itu enkripsi, Sedulur juga perlu mengetahui apa bedanya dengan hashing. Hashing sendiri merupakan proses yang dianggap sama dengan enkripsi, terutama dalam hal pengamanan data. Tapi dua hal ini adalah hal yang sangat berbeda. Berikut perbedaannya:

  • Fungsi: Fungsi enkripsi bekerja di kedua arah, sementara hashing bekerja dalam satu arah. Artinya, hasil data atau teks dari enkripsi dapat diubah dan dikembalikan lagi. Namun, data atau teks yang dimodifikasi dengan hashing tidak dapat dikembalikan.
  • Jenis Algoritma: Algoritma enkripsi yang digunakan terdiri dari dua jenis: simetris dan asimetris. Sedangkan hashing hanya memiliki satu jenis algoritma yaitu algoritma hashing.
  • Tujuan: Enkripsi digunakan untuk melindungi data atau teks yang sedang dikirim atau telah dikirim. Sedangkan hashing digunakan untuk menghindari duplikasi data. Enkripsi umumnya digunakan dalam aplikasi atau fitur obrolan media sosial. Di sisi lain, hashing digunakan untuk melindungi hal-hal penting dari tanda tangan digital hingga kata sandi.

Manfaat Enkripsi

Foto setoran

Jadi, apa manfaat enkripsi, sehingga penting untuk menerapkannya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan diperoleh:

1. Menjaga Keamanan Informasi

Manfaat pertama adalah dapat memberikan keamanan tambahan untuk melindungi informasi sensitif. Enkripsi akan melindungi data dan informasi perusahaan Anda dari peretasan dan kejahatan dunia maya. Dilakukan dengan benar, data dari perangkat dan server perusahaan harus aman, bahkan jika perangkat hilang.

Setelah menjelaskan apa itu enkripsi, tentunya Sedulur semakin sadar akan pentingnya enkripsi dari penjelasan di atas. Jadi ingatlah untuk menggunakan enkripsi untuk melindungi data Anda.

2. Mencegah kebocoran data

Salah satu fungsi enkripsi adalah untuk mencegah kebocoran data sensitif. Dengan file terenkripsi, data dan informasi penting perusahaan dapat dilindungi dan tidak dapat diakses oleh semua orang kecuali pihak yang berwenang. Sehingga kebocoran data dapat dicegah.

3. Sesuai dengan peraturan industri

Perusahaan yang secara langsung memproses data pengguna harus mengenkripsi transmisi data pemegang kartu di semua jaringan terbuka publik. Persyaratan ini ditentukan oleh PCI DSS (Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran). Dalam hal ketidakpatuhan, perusahaan akan menerima sanksi berupa denda moneter, penangguhan sementara pembayaran kartu kredit dan tuntutan hukum atas penipuan.

Baca juga  Arti Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Primbon Jawa dan Medis

4. Cegah segala bentuk penyadapan

Manfaat lain dari enkripsi adalah dapat mencegah segala bentuk penyadapan. Khusus untuk Sedulur, yang menjalankan bisnis online dan berpotensi rentan terhadap peretasan, keamanan siber yang kuat sangat penting. Tentunya hal ini dapat menimbulkan kerugian mulai dari transaksi jual beli yang terganggu hingga akun online yang dapat disalahgunakan. Anda dapat segera melindungi diri sendiri dengan menerapkan enkripsi.

BACA JUGA: Apa itu layanan? Pengertian, Tujuan, Jenis dan Manfaatnya

Bahaya data yang tidak terenkripsi

Berita Bali

Berdasarkan penjelasan tentang apa itu enkripsi di atas, tentunya Sedulur sangat menyadari akan pentingnya peran enkripsi saat ini. Tidak mungkin membayangkan bagaimana data yang tidak terenkripsi bisa sangat berbahaya. Khusus untuk penjahat dunia maya, data yang tidak terenkripsi sangat mudah diretas.

Jika enkripsi tidak digunakan, Sedulur dapat mengalami kerugian besar seperti pencurian uang, penggelapan, penipuan, kerusakan atau kehilangan data, gangguan layanan, dan biaya pemulihan sistem yang mahal. Oleh karena itu, langkah-langkah keamanan yang kuat untuk data dan informasi sensitif harus dienkripsi.

Demikian penjelasan tentang apa itu enkripsi, berikut penjelasan lengkapnya. Semoga dengan penjelasan di atas, Sedulur tidak lagi bingung tentang enkripsi data beserta fitur dan manfaatnya yang terbukti mampu menjaga keamanan informasi.

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org