konsultasi keuangan

Apa Bedanya Konsultasi Keuangan Syariah dan Konvensional?


Apa bedanya Konsultasi keuangan Islami dan tradisional? Bagaimana cara kerja konsultan keuangan Islam?

Dalam artikel ini, salah satu perencana keuangan saya Garrick Joddy P., S.Psi., CFP® akan menjelaskannya secara lengkap melalui artikel ini!

Ringkasan

  • Pelayanan konsultasiBantuan keuangan ini hanya dapat diberikan Perencana keuangan bersertifikat SFP.
  • Dalam proses konsultasi keuangan Islam, atas dasar syariahSemua kegiatan tersebut harus dipastikan agar terhindar dari hal-hal yang dilarang dalam Islam.

Temui Layanan Konsultasi Keuangan Syariah

Sobat Financialku, hal ini berbanding lurus dengan tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia yang masih tergolong rendah, sedikit orang yang mengetahui tentang jasa financial advisory.

Berbeda dengan Indonesia, di beberapa negara maju jasa konsultasi keuangan sendiri sudah cukup dikenal di masyarakat.

Namun beberapa tahun terakhir, profesi ini mulai muncul dan diminati oleh beberapa kalangan di Indonesia, baik itu konsultan keuangan tradisional maupun syariah.

[Baca Juga: Apa Bedanya Perencanaan Keuangan Perusahaan dan Pribadi?]

Biasanya, layanan konsultasi keuangan ini hanya dapat diberikan oleh orang yang berwenang, yaitu perencana keuangan bersertifikat atau perencana keuangan bersertifikat. Perencana Keuangan Bersertifikat (CFP).

Perencana keuangan Islam dan tradisional resmi, baik yang termasuk dalam perusahaan, lembaga dan organisasi serupa maupun tidak, dan biasanya independen atau independen sudah terdaftar di organisasi di mana perencana keuangan berada.

Di Indonesia sendiri, para perencana keuangan ini berada dalam bayang-bayang FPSB Indonesia.

Selain membawahi para perencana keuangan di Indonesia, FPSB (Badan Standar Perencanaan Keuangan Indonesia) juga merupakan lembaga sertifikasi profesional bagi para perencana keuangan.

Tanggung jawab seorang perencana keuangan

Sementara itu, tanggung jawab seorang penasihat keuangan meliputi:

  • Bantu pelanggan babaik perorangan maupun badan hukum yang terlibat dalam perencanaan keuangan.
  • Membantu klien meningkatkan kondisi keuangan mereka dan mengelola keuangan mereka baik dalam jangka panjang maupun pendek.

Program layanan yang diberikan dapat berbeda-beda tergantung dari masing-masing konsultan.

Di Finansialku sendiri, perencana keuangan syariah memberikan layanan konsultasi produk keuangan syariah, konsultasi keuangan syariah, gaya hidup syariah yang banyak diminati.

Siapa pun dapat menggunakan layanan ini hanya dengan menghubungi perencana keuangan di nomor WhatsApp berikut: Ini.

Spanduk Konsultasi WA - PC
Spanduk Peringatan WA - HP

Bagaimana Konsultasi Keuangan Syariah Bekerja

Menurut Harrika Joddy P., S.Psi., CFP®, salah satu financial planner saya di Finansialku, di bawah ini adalah cara kerja konsultan keuangan syariah secara umum.

Pertama, konsultan akan cek keuangan mengetahui kondisi keuangan klien.

Setelah itu, konsultan Syariah akan memberikan pendidikan dimulai dengan produk keuangan islam AZ.

Penasihat keuangan diwajibkan untuk memberikan pelatihan mulai dari tabungan Syariah hingga perencanaan warisan Islam.

“Kami berharap klien dapat melakukan proses migrasi keuangan, yang harus mulai belajar untuk bergerak ke arah yang lebih baik dan memperbaiki semua aspek keuangan sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam.” dia berkata.

Jadi, secara umum, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam cara kerja konsultasi keuangan Islami dan tradisional.

Anda juga dapat menambahkan pelatihan perencanaan keuangan melalui buku Elektronik yang berikutnya gratis.

Cara Mewujudkan Impian Anda Melalui Spanduk Promosi eBook Perencanaan Keuangan - PC
Banner Promosi eBook Cara mewujudkan impian Anda dengan perencanaan keuangan - HP

Perbedaan antara konsultasi keuangan Islam dan tradisional

Sementara itu, perbedaan antara konsultasi keuangan Islam dan tradisional terletak pada proses pencapaian tujuan keuangannya.

Dalam konsultasi keuangan Syariah itu sendiri, penekanannya adalah pada apa yang diizinkan dalam Al-Qur’an dan Hadits, mulai dari cara memperoleh kekayaan hingga mengelola dan membelanjakannya.

[Baca Juga: Pengertian Kalkulator Perencanaan Keuangan dan Manfaatnya!]

Dalam setiap proses atas dasar syariahSemua kegiatan tersebut harus dipastikan agar terhindar dari beberapa hal yang dilarang dalam Islam seperti:

  • Maysir: ibuysiratau kimar, ini adalah bentuk permainan yang membutuhkannya. Hal ini tertuang dalam Fatwa MUI No. Nomor 9 Tahun 2008 tentang Pesan SMS Berhadiah dan Kuis Telepon.
  • Garar: Adaadalah suatu bentuk ketidakpastian dalam suatu transaksi yang timbul karena tidak ditaatinya ketentuan syariah dalam suatu transaksi. Dampak dari transaksi yang mengandung Garar terletak pada ketidakadilan terhadap salah satu pihak yang bertransaksi.
  • Riba: SekaDari sudut pandang teknis, Riba berarti secara teratur menerima jumlah tambahan dari aset yang mendasarinya. kesombongan. Atau Anda juga bisa mengartikan riba sebagai kegiatan menambah jumlah hutang.
  • Zalim: Sedangkan kezaliman adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk meletakkan sesuatu atau sesuatu keluar dari tempatnya.

[Baca juga: Daftar Lengkap Akad Transaksi Perbankan Syariah]

Saat memberikan nasihat tentang keuangan syariah, perencana atau konsultan keuangan akan membantu klien menggunakan produk keuangan syariah sesuai dengan fatwa halal dan DSN-MUI.

Jika Anda tertarik untuk melakukan konsultasi keuangan syariah, Anda bisa langsung menghubungi Harrika Joddy yang merupakan perencana keuangan syariah di Finansialku.

Sekarang,Anda juga dapat menonton video ini untuk melakukan perencanaan keuangan syariah sendiri sebelum menggunakan layanan profesional.

Demikian penjelasan mengenai konsultasi keuangan syariah yang secara umum tidak jauh berbeda dengan konsultasi keuangan konvensional.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain, Anda dapat menuliskan pertanyaan Anda di kolom komentar agar kami dapat membantu Anda menjawab pertanyaan Anda, Ya!

Redaktur: Ratna S.Kh.

Sumber tautan:

  • administrator. 17 Mei 2022 Biasakan diri Anda dengan layanan, persyaratan, dan tanggung jawab penasihat keuangan. Bimbimo.com – https://bit.ly/3LlhjpY
  • administrator. 17 Mei 2022 FPSB Indonesia. Fpsbindonesia.org – https://bit.ly/3wloZ7n
  • administrator. 19 Februari 2020 Pengertian Maisir, Gharar dan Riba. Bankmuamalat.co.id – https://bit.ly/3wkCC6R




https://wvmuseums.org

Baca juga  SBR011, Begini Simulasi Investasinya dan Untung Ruginya