animisme adalah

Pengertian, Sejarah, Contoh & Perbedaanya


Animisme adalah sistem kepercayaan yang telah ada sejak zaman prasejarah. Keyakinan ini menyatakan bahwa arwah orang mati akan tetap ada hingga saat ini dan hidup berdampingan dengan makhluk hidup.

Kepercayaan ini berkembang pesat seiring dengan kepercayaan pada dinamisme sebelum manusia dipengaruhi oleh ajaran wahyu dari Tuhan. Animisme di Indonesia masih ada sampai sekarang. Kepercayaan ini masih bisa kita temukan di beberapa suku dan komunitas dari Jawa hingga Kalimantan.

Jika Sedulur tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang informasi ini, artikel berikut akan membahas kepercayaan animisme dan contoh yang masih ada hingga saat ini. Simak baik-baik, ya!

BACA JUGA: Kisah Vali Songo dan Strategi serta Bola Pemanggilannya

definisi animisme

iStock

Animisme adalah kepercayaan bahwa arwah dan arwah orang yang sudah meninggal masih ada di bumi dan berdampingan dengan orang yang masih hidup. Animisme berasal dari bahasa latin “anima” yang berarti roh.

Dengan kata lain, animisme adalah kepercayaan terhadap makhluk halus, serta pemahaman tentang alam semesta dan dunia, yang diyakini tidak hanya digunakan sebagai tempat tinggal makhluk hidup, tetapi juga untuk roh leluhur.

BACA JUGA: Kisah Sunan Kudus dan Kisah Dakwahnya

Sejarah animisme

animisme adalah
iStock

Animisme dan dinamisme muncul selama era Mesolitikum, ketika orang mulai hidup dengan berburu, berhenti nomaden dan mulai menanam tanaman. Teori ini pertama kali dikemukakan oleh ilmuwan evolusioner Inggris E. B. Taylor, yang mengatakan bahwa segala sesuatu di dunia ini adalah makhluk hidup. Penganut kepercayaan ini juga percaya bahwa roh dapat memberi manfaat bagi kehidupan manusia dan memberikan bantuan.

Menurut E. B. Taylor, manusia purba pada masa itu menghadapi dua masalah, yaitu perbedaan antara orang yang hidup dan yang sudah mati dan pengalaman mimpi. Manusia purba kemudian mencoba memahami dan menjelaskan fenomena aneh ini dengan pikiran mereka. Misalnya, ketika kupu-kupu terbang ke dalam rumah, mereka akan percaya bahwa ini adalah tanda kedatangan tamu.

Baca juga  90 Contoh Bio IG Keren Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris

Animisme merupakan cikal bakal lahirnya agama. Hal ini karena peradaban manusia berawal dari pemikiran animisme, yang kemudian berkembang menjadi agama. Ada dua keyakinan utama yang terkandung dalam teori animisme, yaitu keyakinan bahwa ada jiwa pada setiap makhluk hidup yang akan tetap ada meskipun nanti makhluk itu mati atau jasadnya musnah.

Animisme percaya bahwa roh memiliki peringkat, yang berpuncak pada dewa. Mereka juga percaya bahwa orang yang telah meninggal adalah roh yang lebih tinggi yang menentukan nasib dan mengatur tindakan manusia.

Keyakinan kedua adalah bahwa roh-roh ini dapat memasuki benda-benda dan menjadikannya magis. Animisme membuat seseorang percaya bahwa alam, seperti hutan, gunung, gua, bahkan kuburan, juga memiliki jiwa yang harus dihormati. Jika Anda tidak menghormatinya, maka roh benda atau tempat itu akan marah dan mengganggu orang.

Tidak hanya itu, penganut animisme juga meminta perlindungan dari makhluk halus untuk melindungi orang yang masih hidup dan meminta sesuatu dari orang yang mereka percayai. Sebelumnya, mereka meminta agar panen berhasil, penyembuhan, perjalanan aman, dan terhindar dari berbagai bencana alam. Permintaan dan permintaan kepada roh akan dilakukan melalui ritual melalui persembahan atau upacara tertentu yang biasanya dilakukan oleh pemimpin adat.

BACA JUGA:Sejarah Muhammadiyah, Tujuan dan Perkembangannya

Contoh animisme adalah

animisme adalah
iStock

Kepercayaan animisme masih banyak dianut oleh beberapa suku dan masyarakat di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, contoh animisme adalah sebagai berikut.

  1. Orang Nias percaya bahwa tikus yang sering keluar masuk rumah adalah penjelmaan arwah seorang wanita yang meninggal saat melahirkan.
  2. Sebuah kepercayaan suku Ngaju di Kalimantan bahwa arwah leluhur menjaga desa, sungai dan persawahan agar semuanya dapat berfungsi dengan baik.
  3. Kepercayaan masyarakat Toraja yang meyakini bahwa arwah nenek moyang mereka adalah penjaga dan pelindung bagi mereka yang masih hidup, sehingga tanpa restu dari arwah tersebut, masyarakat yang masih hidup akan mengalami musibah dan musibah.
  4. Orang Jawa yang mempercayai Nyai Roro Kidul sebagai penduduk pesisir selatan laut. Karena masyarakat pesisir selatan Jawa yang meyakini Nyai Roro Kidul memiliki hubungan kerabat dengan kerajaan Mataram di Yogyakarta, maka mereka akan memberikan sedekah laut untuk menghindari bahaya.
Baca juga  Pengertian Polyglot Tips agar Bisa Bicara Banyak Bahasa

BACA JUGA: Cerita mitos (mitos): definisi, jenis dan contoh

Beda dengan dinamika

animisme adalah
iStock

Dinamisme animisme adalah dua keyakinan yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara kepercayaan animisme dan dinamisme.

  1. Animisme adalah kepercayaan terhadap makhluk halus dan makhluk halus yang sudah ada sebelum manusia dipengaruhi oleh ajaran yang merupakan wahyu dari Tuhan. Sedangkan dinamisme adalah kepercayaan bahwa benda-benda di sekitar Anda memiliki kekuatan gaib.
  2. Animisme percaya bahwa orang yang sudah meninggal, terutama kerabatnya, akan tetap dekat dengan kerabatnya. Sementara itu, Dinamisme percaya bahwa benda-benda di sekitarnya memiliki kekuatan dan zat yang dapat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Animisme akan membuat seseorang percaya bahwa alam memiliki jiwa, sehingga harus dihormati, jika tidak, roh yang ada pada benda tersebut akan mengganggu manusia. Sementara itu, dinamisme membuat orang percaya bahwa benda-benda di sekitarnya dapat memberikan berbagai manfaat, seperti keperkasaan, ketampanan, dan kekebalan.

Sekian informasi tentang kepercayaan animisme dan sejarahnya, contoh dan perbedaannya dengan kepercayaan dinamisme. Meskipun keyakinan kita berbeda dengan keyakinan mereka, kita sebagai manusia beradab tidak boleh menghina atau mempermalukan penganut keyakinan lain.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org