Gejala, Penyebab, Pencegahan & Pengobatan

Gejala, Penyebab, Pencegahan & Pengobatan


Duduk di angin atau angina adalah salah satu masalah kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Terjadi bila terjadi obstruksi dan gangguan suplai oksigen ke jantung. Biasanya penderita langsung merasakan nyeri di dada. Terkadang sebagian orang mengabaikan masalah ini, namun jika tidak segera ditangani bisa berakibat fatal.

Jadi apa yang dimaksud dengan angin duduk? Berikut penjelasan mengenai gejala, penyebab, pencegahan dan pengobatan penyakit tersebut.

BACA JUGA: Fakta Herbal Paragis yang Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Definisi angin duduk

foto deposit

Angin menetap adalah masalah kesehatan yang berkaitan dengan sirkulasi serta jantung. Nama lain dari penyakit ini adalah angina pectoris atau angina pektoris kejang jantung. Secara singkat, angina terjadi ketika arteri jantung (koroner) menyempit. Saat pembuluh darah menyempit, suplai oksigen ke otot jantung tersumbat dan terganggu, sehingga jantung tidak bisa memompa darah secara optimal ke seluruh tubuh.

Faktanya, pembuluh darah koroner ini melakukan fungsi yang sangat penting untuk mengantarkan darah yang kaya oksigen ke otot jantung. Ketika jantung menerima oksigen yang cukup, darah akan dipompa dengan baik.

Penyumbatan pada arteri koroner juga biasa disebut dengan penyakit arteri koroner. Salah satu penyebab utama penyakit jantung koroner adalah terbentuknya plak atau timbunan lemak di sekitar pembuluh darah. Bila terdapat plak, pembuluh darah pasien dapat terus menyempit seiring dengan meningkatnya aktivitas pasien sehari-hari.

Mari kembali ke ulasan tentang angina pektoris. Angina pektoris disebabkan oleh penyempitan arteri koroner jangka pendek yang disebabkan oleh kontraksi otot-otot pembuluh darah. Oleh karena itu, kita harus mewaspadai penyakit ini, karena bisa terjadi kapan saja tanpa peringatan.

Dalam dunia kesehatan, ada beberapa faktor yang membuat seseorang rentan terkena angina. Apa saja faktor-faktor tersebut?

  • Kolesterol Tinggi.
  • Anda menderita diabetes.
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Menekankan.
  • Kegemukan.
  • Merokok.
  • Saya jarang berolahraga.
  • Ada riwayat penyakit ini dalam keluarga.
  • Faktor usia, usia 45 tahun ke atas untuk pria dan 55 tahun ke atas untuk wanita. Namun, ada juga kemungkinan angina pada remaja.
  • Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.
Baca juga  8 Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi & Cara Mengatasi

BACA JUGA: 6 Fitur Mode Pesawat yang Sedikit Diketahui di Ponsel Cerdas

Jenis Penyakit Angin Menetap

angin duduk
foto deposit

Pengertian angina pektoris secara umum, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, telah dijelaskan di atas. Pada titik ini, Sedulur akan diminta untuk mempelajari tiga jenis angina yang biasanya terjadi pada seseorang.

1. Angina stabil

Angina stabil biasanya disebabkan oleh aktivitas fisik yang berat, seperti olahraga. Saat kita berolahraga, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dari aliran darah, terutama jantung.

Namun, ada kalanya kebutuhan ini tidak terpenuhi karena penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah koroner. Serangan penyakit ini juga bisa disebabkan oleh sejumlah alasan lain, seperti merokok, stres, makan berlebihan, dan udara yang terlalu dingin.

2. Angina tidak stabil

Angina tidak stabil biasanya disebabkan oleh timbunan lemak atau bekuan darah. Timbunan lemak dan pembekuan darah dapat mengurangi atau menghalangi aliran darah ke jantung.

Pada beberapa kasus, walaupun penderita gangguan kesehatan ini telah meminum obatnya dengan istirahat yang cukup, nyeri dada tetap akan terasa. Angina tidak stabil dapat berubah menjadi serangan jantung yang fatal jika Anda tidak segera menghubungi ahli kesehatan.

3. Angina varian

Angina varian biasanya terjadi karena penyempitan pembuluh darah koroner yang disebabkan oleh spasme atau kekakuan pembuluh darah. Jenis angina ini memang harus diwaspadai karena bisa tiba-tiba menyerang bahkan orang yang sedang istirahat.

Penyempitan sementara arteri koroner ini dapat menyebabkan penurunan pasokan oksigen dari aliran darah ke jantung, sehingga menyebabkan nyeri dada yang menyiksa. Mengambil obat yang tepat dapat meringankan gejala varian angina ini.

BACA JUGA: Monkeypox: definisi, penyebab, dan cara menghindarinya

Gejala yang mungkin muncul

Angin duduk
Bersembunyi

Ada tiga jenis angina yang bisa muncul dan mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Lalu apa saja gejala penyakit ini?

  • Nyeri dada yang dapat menjalar ke lengan kiri, leher, rahang, dan punggung.
  • Sensasi seolah-olah dada sesak atau terjepit oleh benda berat.
  • Sulit untuk bernafas.
  • Kelelahan.
  • Gejala gas di perut, seperti mual.
  • Pusing.
  • Ada perasaan tidak enak.
  • Keringat berlebihan.
  • Lemah.
Baca juga  18 Modem Internet 4G & 5G Terbaik Hingga Tercepat di Tahun 2022

BACA JUGA: 12 penyebab kulit gatal dan cara mengatasinya

Kapan seseorang harus menemui dokter?

foto deposit

Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, sebaiknya segera pergi ke fasilitas medis terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Apalagi jika Sedulur menderita beberapa faktor penyakit jantung koroner, seperti diabetes dan hipertensi arteri.

Biasanya, mereka yang merasakan gejala tersebut dan pergi ke fasilitas medis segera dibawa ke unit gawat darurat (IGD). Penyakit angin duduk bukanlah gangguan kesehatan yang sepele, tetapi membawa risiko serangan jantung yang dapat membunuh seseorang.

Diagnostik angin duduk

foto deposit

Saat memasuki fasilitas medis, dokter biasanya akan langsung memeriksa ciri-ciri angin duduk pada wanita dan pria yang muncul. Dokter juga akan menanyakan tentang riwayat gejala tersebut serta riwayat keluarga pasien.

Pasien kemudian akan dirujuk untuk pengukuran berat badan dan tekanan darah. Beberapa proses skrining yang dijelaskan di bawah ini juga dapat dilakukan pada pasien untuk mencegah hal terburuk yang bisa terjadi.

  • Elektrokardiografi (EKG) – Ditujukan untuk mengamati irama aliran listrik pada organ jantung. Irama aliran listrik pada organ jantung pada penderita penyakit jantung koroner biasanya memiliki kelainan tertentu.
  • ekokardiografi – Berusaha mengamati struktur jantung. Ekokardiografi dilakukan dengan menggunakan gelombang suara. Proses ini dilakukan agar setiap kelainan pada struktur jantung dapat dideteksi sedini mungkin.
  • Kateterisasi jantung – Berusaha melihat pembuluh darah koroner di organ jantung. Caranya adalah dengan menyuntikkan cairan berwarna ke dalam pembuluh darah sehingga strukturnya terlihat jelas pada x-ray.
  • CT scan – Berusaha mengamati gambaran struktur, serta kelainan pada organ jantung.

BACA JUGA: Iklan: pengertian, fungsi, ciri, jenis dan media.

peduli

angin duduk
foto deposit

Jika pasien dirawat di rumah sakit, maka ada beberapa pilihan untuk angina, serta perawatan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi gangguan kesehatan tersebut.

  • nitrat – Berfungsi untuk melemaskan pembuluh darah koroner yang kaku. Tujuannya agar darah mengalir lancar ke otot jantung.
  • Pengencer darah – Berfungsi untuk mencegah penggumpalan sel darah pada pembuluh darah koroner.
  • antagonis kalsium – Berfungsi untuk memperlancar aliran darah ke jantung, dan juga melemaskan sel-sel otot dinding pembuluh koroner.
  • Pemblokir beta – Berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Tujuannya adalah untuk mengurangi beban pada organ-organ tersebut.
  • penghambat ACE – Berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.
  • statin – Berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tujuannya untuk mencegah kerusakan pembuluh darah sedini mungkin.
  • Operasi cincin jantung Operasi ini dilakukan untuk memperlebar arteri koroner. Operasi dilakukan dengan memasang perangkat berbentuk cincin untuk mencegah penyempitan kembali.
  • Operasi jalan pintas jantung – Operasi ini dilakukan untuk mengalirkan darah ke jalur vaskular lain. Tujuannya untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah dan menjamin suplai oksigen ke jantung.
Baca juga  10 Contoh Company Profile Beserta Cara Membuatnya

Pencegahan Penyakit Angin Menetap

Angin duduk
Bersembunyi

Tindakan berikut dapat membantu mencegah angina.

  • Berolahraga secara teratur. Dapat melakukan olahraga kardio seperti bersepeda santai, berjalan kaki, atau berenang.
  • Makan makanan yang menyehatkan jantung. Makanan sehat jantung yang mengandung serat dan lemak tak jenuh, seperti sayuran, buah-buahan, tuna, dan minyak zaitun.
  • Hindari makanan yang kaya garam dan lemak jenuh seperti santan, gorengan, keju, dan mentega.
  • Pertahankan berat badan ideal Anda.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.
  • Saya tidak merokok.
  • Mengambil jamu untuk duduk dingin, seperti teh rosella dan daun kemangi.

Di atas adalah penjelasan singkat tentang angina pektoris, mulai dari definisi, jenis, gejala yang mungkin muncul, diagnosis, pengobatan, dan pencegahannya. Semoga artikel ini dapat memotivasi Sedulur untuk terus menjaga kesehatan diri sendiri dan anggota keluarga tercinta, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org