Amalan Ibu Hamil Menurut Ajaran Islam, Yuk Diamalkan!


Kehamilan adalah hal yang paling diinginkan bagi seorang wanita. Apalagi dalam ajaran Islam, kedudukan ibu hamil berada pada level yang sangat tinggi. Bagi seorang ibu hamil, ibadah tetap menjadi hal yang utama. Bahkan bisa dilipatgandakan berkali-kali lipat oleh Allah SWT. Banyak amalan yang bisa dilakukan ibu hamil sebagai bentuk usaha agar anaknya taat dan dirahmati Allah.

Beberapa keistimewaan yang Allah SWT berikan kepada ibu hamil diantaranya adalah pahala 70 tahun shalat, puasa dan jihad di jalan Allah SWT. Lalu apa saja amalan ibu hamil yang bisa dilakukan di rumah? Yuk simak review selanjutnya ya kak.

BACA JUGA: 60 Kata Bijak Islami Untuk Anak Penuh Makna

Amalan yang dianjurkan untuk ibu hamil

Pilihan bebas

Status hamil bukanlah hal yang menghalangi seorang wanita untuk mendapatkan amalan karena sulit untuk beribadah. Padahal, kondisi tersebut merupakan hal yang diistimewakan oleh Allah SWT. Beberapa hadits juga menjelaskan bahwa cukup banyak amalan yang bisa dilakukan ibu hamil agar limpahan pahala dan berkah Allah SWT bisa berlipat ganda selama 9 bulan kehamilan.

1. Banyak mengingat Allah

praktik kehamilan
Pilihan bebas

Amalan pertama yang dianjurkan bagi ibu hamil adalah mengingat Allah dengan memperbanyak zikir. Memperbanyak dzikir selama hamil bermanfaat bagi bayi dan ibu. Melalui dzikir, ibu hamil akan selalu membangkitkan kesadaran untuk menyandarkan hidup dan mati atas kehendak Allah.

Manfaat dzikir bagi ibu hamil antara lain dapat menyembuhkan penyakit, menyambut bidadari, dan mengatasi masalah psikis. Wanita hamil biasanya rentan terhadap masalah psikologis yang dapat berdampak negatif pada kesehatan ibu dan anak. Untuk mengurangi resiko tersebut, dianjurkan untuk selalu mengingat Allah SWT. Seperti dalam surat ar-Raad ayat 28 yang berbunyi:

“Yaitu, orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dalam mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenteram.”

2. Perbanyak ibadah dan amal saleh

praktik kehamilan
Pilihan bebas

Memperbanyak ibadah merupakan salah satu amalan yang dianjurkan bagi ibu hamil. Di antara ibadah yang dianjurkan adalah puasa senin kamis dan memperbanyak sholat sunnah. Gerakan sholat ibu hamil sangat bermanfaat, misalnya memperbaiki posisi anak, memperlancar peredaran darah ke jantung, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk melengkapi amalan ini, Anda juga bisa memperbanyak istighfar untuk mengendalikan emosi. Karena diketahui biasanya ibu hamil memiliki kontrol emosi yang kurang baik.

BACA JUGA: Kisah Bacaan Pengantar Tidur Anak Putri Salju dan Tujuh Kurcaci

3. Baca Al-Qur’an

Pilihan bebas

Membaca Al Quran juga merupakan amalan yang dianjurkan bagi ibu hamil. Hal ini karena membaca Al Quran dapat menspiritualisasikan anak. Membaca Al-Qur’an juga sangat penyayang karena menenangkan anak-anak dan membuat emosi mereka stabil.

Ada beberapa surat yang dianjurkan untuk dibaca oleh ibu hamil. Inilah penjelasannya.

sebuah. Baca Surat Yusuf

Banyak yang menyarankan ibu hamil untuk lebih banyak membaca Surat Yusuf. Banyak ulama yang berpendapat bahwa dengan membaca Surat Yusuf, anak yang lahir akan memiliki rupa dan akhlak yang cantik, seperti Nabi Yusuf.

Meskipun tidak ada dalil yang pasti, namun tidak ada salahnya jika Anda bersedia mengamalkannya. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membaca surat Yusuf ini adalah yakini dia sebagai komoditas dan jaga keimanan anda kepada Allah SWT.

b. Baca surat Maryam

Selain surat Yusuf, ibu hamil juga dianjurkan membaca surat Maryam. Membaca surat Maryam bermanfaat untuk mengamankan ketentraman, dan juga menjadi doa agar kelak anak yang lahir menjadi solih solih. Surat Maryam juga mengandung pelajaran kesabaran, karena kesabaran Maryam selalu diuji ketika dia hamil.

di dalam. Baca Surat Al-Insiira

Surat lain yang dianjurkan untuk dibaca ibu hamil adalah surat Al-Insiir. Konon bisa dibaca tujuh kali setiap kali sholat Maghrib, lalu ditiupkan ke perut ibu hamil.

Fazilah dalam surat ini antara lain obat untuk segala macam penyakit, dan dalam surat itu Allah menegaskan bahwa setelah kesulitan akan selalu ada kemudahan. Hal ini dapat meyakinkan Sedulur bahwa sesulit apapun proses kehamilannya, akan lebih mudah nantinya.

Baca juga  15 Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah, Bumil Wajib Tahu!

4. Bacalah ayat tentang kursi

strategi

Sedulur juga bisa membaca lagi ayat kursi dan dua ayat terakhir surat Al-Baqarah. Membaca ayat tentang kursi bisa dipraktekkan pada pagi dan sore hari setelah melaksanakan shalat fardhu. Manfaat membaca puisi feses untuk para ibu antara lain menghindari kecemasan berlebihan dan mendapatkan ketenangan pikiran.

BACA JUGA: 12 makanan super untuk anak yang baik untuk perkembangan otak

5. Baca lebih banyak doa

Pilihan bebas

Membaca sholawat saat hamil memiliki banyak manfaat. Menurut hadits Imam Tirmidzi.

Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya: “Orang yang paling berhak mendapatkan syafaatku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak mendoakanku” (H.R. Tirmidzi).

Sholawat yang dianjurkan untuk dibaca antara lain Sholawat Jibril, Sholawat Nariya dan Sholawat Munjiyat.

Wanita hamil juga harus membaca doa berikut secara teratur:

Falammaa wa dho’ata kolat robbie inniy wa dho’tuha untsaa walluhu ‘alamu bima vadhoat valaisadz zakaru kal unstaa vaini sammaituha maryama wa innii widzuha bika wadzurriyyataha minasi syaitunirrojiimi

Yang artinya: “Oleh karena itu, ketika istri Imran melahirkan seorang anak, dia pun berkata: “Ya Tuhanku, aku memang melahirkan seorang anak perempuan; dan Allah lebih tahu bahwa dia telah diperanakkan, dan anak laki-laki tidak seperti anak perempuan. Sungguh, aku telah menamainya Maryam dan mencari perlindungan untuknya dan anak-anaknya dari (dukungan)-Mu dari setan terkutuk” (QS Al-Imran: 3

6. Makan makanan sehat

Pilihan bebas

Selain latihan spiritual, ibu hamil juga perlu memantau kesehatannya. Jangan biarkan kelelahan menjadi alasan untuk bermalas-malasan saat hamil. Selain melemahkan tubuh, juga mengurangi nafsu makan yang tentunya berdampak buruk bagi janin yang dikandungnya. Amalan lain yang bermanfaat bagi ibu hamil adalah melakukan aktivitas sehari-hari yang termasuk dalam kategori aman.

Baca juga  Yuk, Cek Kurs Dollar Hari Ini Sebelum Tukar Valas

Ini akan membantu ibu mencapai proses kelahiran yang lancar. Dengan melakukan aktivitas normal seperti biasa maka tubuh akan bergerak sehingga tidak terjadi rasa nyeri yang berlebihan pada tubuh.Sedulur juga terasa lebih segar dan sehat sehingga suasana hati tetap sehat.

Apalagi kemalasan juga merupakan perbuatan yang tidak diridhoi Allah. “Dan mereka tidak berdoa, tetapi malas.” (QS. Dalam Taub: 54).

Ibu hamil jangan hanya malas, tapi harus selalu makan makanan yang sehat dan bergizi. Dengan mengonsumsi makanan sehat, gizi ibu dan anak terpenuhi dengan baik. Selain itu juga bermanfaat untuk pembentukan jaringan bagi pertumbuhan dan perkembangan janin dan kesehatan ibu serta dapat mengatasi masalah selama kehamilan. Jadi, jangan lupa makan sehat ya, teman-teman!

7. Olahraga teratur

Pilihan bebas

Bahkan selama masa kehamilan, ibu hamil tetap dianjurkan untuk berolahraga. Menurut Ytright, aktivitas fisik saat hamil akan membawa banyak manfaat kesehatan bagi calon ibu, antara lain perbaikan psikologis, peningkatan kebugaran, dan penurunan risiko kenaikan berat badan yang berlebihan. y memiliki efek menguntungkan selama kehamilan dan tidak berdampak buruk pada bayi yang belum lahir.

Berikut adalah manfaat olahraga untuk ibu hamil.

  • Merasa nyaman saat tubuh mulai berubah.
  • Peningkatan daya tahan dan kekuatan.
  • Mengurangi nyeri pada kaki dan punggung, sembelit, bengkak dan kembung.
  • Meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mencegah varises.
  • Membantu postur dan keseimbangan, yang sangat penting saat pusat gravitasi bergeser.
  • Tidur lebih baik.
  • Tangani stres dengan baik.
  • Mengurangi risiko preeklampsia dan diabetes gestasional.
  • Persiapkan tubuh Anda untuk persalinan agar persalinan berjalan lancar.

Ini adalah rangkuman amalan yang bisa Anda lakukan saat hamil. Sedulur hendaknya tidak hanya memperbanyak ibadah lahir batin, tetapi juga menjaga kesehatan agar ibu dan anak selalu sehat.




https://wvmuseums.org