alif lam mim

Arti dan Makna Alif Lam Mim Dalam Pembuka Surat Al Quran


Umat ​​Islam memiliki tuntunan sekaligus tuntunan dalam hidup, yaitu Al-Qur’an. Ini telah dijelaskan dengan sangat rinci dalam kitab suci. Namun, ada beberapa ayat Al-Qur’an yang maknanya tidak dapat dijelaskan dengan pasti, karena hanya Allah yang mengetahuinya. Salah satu ayat yang tidak dapat dijelaskan maknanya adalah Alif Lam Mim (الۤمّۤ).

Alif lam mim ditafsirkan oleh banyak orang sebagai makna yang hanya Allah yang tahu. Ini adalah ayat pendek yang merupakan ayat pembuka dalam beberapa surat Al-Qur’an. Misalnya seperti surat pengantar dari Al-Baqar, Ali Imran, Ar-Rum, As Sajjad Al Ankabut dan lain-lain.

BACA JUGA: Membaca niat ganti jabatan beserta tata cara dan undang-undangnya

Arti

Bersembunyi

Makna alif lam mim dalam Al-Qur’an dan beberapa surat bebas lainnya pembuka surat seperti yang dijelaskan di atas termasuk dalam kelompok ayat mutasyabihat. Ayat mutasyabihat adalah ayat yang tidak bisa ditafsirkan. Sampai saat ini, sebagian ulama, serta ahli tafsir Al-Qur’an, berpendapat bahwa hanya Allah yang mengetahui makna dan maksud sebenarnya dari ayat tersebut.

Kutipan dari Al Quran dan Tafir Diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, ada beberapa tafsir dari ayat ini, yaitu:

1. Grup pertama

penafsiran
Bersembunyi

Kelompok pertama adalah mereka yang menempelkan maknanya sendiri pada huruf yang tidak jelas. Menurut seorang sahabat, Abdullah bin Abbas atau lebih dikenal dengan nama Ibnu Abbas mengartikan bahwa alif mengacu pada nama Allah, lam untuk Jibril, dan mim untuk Nabi Muhammad SAW.

Tafsir Ibu Abbas juga menunjukkan bahwa alif adalah ringkasan kata ana (ya), lam dari Allah dan ra dari ara, yang digabungkan menjadi kata Anal Lahu Ara (Aku adalah Allah, aku melihat)

Pendapat lain diriwayatkan oleh Rabi bin Anas bahwa Alif Lam Mim adalah tiga kunci. Ada Alif sebagai kunci nama-Nya Allah SWT. Lam berarti kunci nama-Nya Latif dan mim adalah kunci nama-Nya Majid. Pendapat lain yang dikutip oleh Zayd bin Aslam yang menyatakan bahwa huruf berarti nama-nama huruf yang terdapat dalam Al-Qur’an.

BACA JUGA: Niat sholat haji beserta tata cara dan doa yang dibaca

2. Kelompok kedua

arti
pixabay

Kelompok kedua mengatakan bahwa huruf-huruf di bawah huruf-huruf dalam Al-Qur’an adalah rahasia Allah SWT dan termasuk dalam ayat mutasyabihat.

Seorang sahabat Rasulullah, yaitu Abu Bakar As Siddique, pernah berkata: “Ada rahasia di setiap kitab, dan rahasia Al-Qur’an adalah awal hurufnya.” Pendapat serupa juga dipegang oleh Ibnu Mas’ud. Kemudian beliau bersabda: “Setiap huruf awal suatu huruf adalah ilmu yang tersembunyi, dan rahasianya tersembunyi dengan kekuasaan Allah, sehingga banyak ahli tafsir yang hanya memperkirakan nilainya. Hal ini disebabkan karena keterbatasan pemahaman dan pengetahuan dasar mereka sehingga makna sebenarnya dari ayat tersebut kembali kepada Allah SWT.

3. Kelompok ketiga

kenapa alif lam mim tidak ada artinya
Bersembunyi

Kelompok terakhir menafsirkan ini sebagai peringatan. Menurut Al-Habbi, Allah mengetahui kapan Nabi Muhammad menjadi orang yang sangat sibuk. Untuk itu Malaikat Jibril menyampaikan kalam Allah sebagai Alif Lam Mim, agar Nabi Muhammad melihat perhatiannya. Atau bisa juga berupa seruan untuk memperhatikan ayat-ayat yang akan mengiringinya.

Berdasarkan penjelasan di atas, Tafsir al-Azhar Jilid 1 menyimpulkan bahwa huruf hijayi yang membuka Al-Qur’an, seperti makna alif lam mim, bukanlah kalimat linguistik yang dapat ditafsirkan. Karena jika benar-benar masuk akal, maka orang Arab tidak akan meragukan terjemahannya.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqar ayat 2 yang berbunyi:

Baca juga  Sinopsis Deepwater Horizon, Kisah Tentang Pengeboran Minyak

لِكَ الْكِتَابُ لَا لِلْمُتَّقِينَ

Artinya: “Dalam Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan; petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa.”

Pasti banyak saudara-saudara bertanya mengapa alif lam mim tidak ada artinya? Hal ini karena ayat pengantar surat Al-Baqarah termasuk dalam ayat mutasyabihat.

Padahal, ini adalah ayat yang maknanya tidak dapat dijelaskan, dan hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Ada juga alif lam mim shod, yang juga termasuk ayat yang tidak bisa ditafsirkan.

Dengan demikian, penjelasan bahasa latin alif lam mim dan alasan mengapa ayat ini tidak masuk akal. Semoga bisa mencerahkan semua rasa penasaran saudara-saudara sekalian.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini saat ini!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini secara sederhana!




https://wvmuseums.org