alat komunikasi modern

Contoh Alat Komunikasi Modern Beserta Perkembangannya


Setiap hari seseorang tidak dapat dipisahkan dari persekutuan. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, banyak bermunculan alat komunikasi modern yang memudahkan komunikasi. Sarana komunikasi modern yang canggih sangat berguna untuk penyebaran informasi yang cepat dan efisien.

Contoh alat komunikasi modern yang banyak digunakan orang saat ini: smartphone yang sudah menyediakan berbagai fitur canggih yang memudahkan pengguna untuk berkomunikasi. Jadi apa itu alat komunikasi modern dan apa saja contohnya? Yuk simak informasinya berikut ini.

BACA JUGA: Web3 Generasi Internet berikutnya dan perbedaannya dari Web2

Pengetahuan tentang alat komunikasi modern.

pilih bebas

Sarana komunikasi modern didefinisikan sebagai sarana kompleks yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari pengirim pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikator). Perbedaan utama antara alat komunikasi tradisional dan modern ditandai dengan adanya unsur teknologi, alat komunikasi modern lebih condong dan bergantung pada listrik, jaringan kabel dan sentuhan teknologi lainnya.

Selain itu, alat komunikasi modern memiliki jangkauan yang luas, yang di masa depan akan memungkinkan produksi informasi yang kompleks, seperti tulisan, video. Sarana komunikasi modern juga memungkinkan orang untuk bertukar informasi dengan cepat, bahkan di lingkungan yang jauh.

Contoh alat komunikasi modern

Berikut ini adalah contoh alat komunikasi modern yang perlu Anda ketahui.

1. Sistem stereo pribadi

alat komunikasi modern
iStock

Alat komunikasi modern pertama adalah sistem stereo pribadi. Mengutip dari Communications Technology, personal stereo hampir sama dengan tape recorder. Namun, keduanya berbeda dalam ukuran dan dapat merekam suara. Alat ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan bagian tape berupa partikel logam.

Sistem stereo pribadi akan memutar suara dan musik yang dapat didengar melalui headphone. Alat ini juga hampir sama dengan MP3 namun memiliki ukuran yang lebih besar untuk mengisi kaset. Sistem stereo pribadi pertama kali diperkenalkan oleh Roy Bowers pada 1 September 1975.

Stereo pribadi berfungsi sebagai berikut:

  • Logam pada pita yang sebelumnya tidak mengandung magnet akan dihamburkan secara acak.
  • Ketika pita merekam suara, partikel logam dapat diubah menjadi getaran listrik.
  • Logam ini akan dimagnetisasi dan kemudian dideteksi oleh gulungan kawat tipis di kepala pemutaran.
  • Kawat tipis kemudian menghasilkan arus listrik.
  • Headphone mengubah arus menjadi gelombang suara melalui diafragma mekanis, sehingga menghasilkan suara.

2. Radio

alat komunikasi modern
pilih bebas

Radio juga merupakan salah satu alat komunikasi modern, yang mampu mengubah gelombang elektronik menjadi sinyal. Sinyal tersebut kemudian akan diterima dan digunakan untuk mengirimkan informasi berupa suara. Radio pada awalnya adalah studi ilmiah tentang gelombang elektromagnetik. Para ilmuwan bermimpi melakukan penelitian tentang komunikasi nirkabel yang dapat melakukan perjalanan melalui darat, air dan udara. Radio berangkat dari teori James Maxwell bahwa gelombang elektromagnetik dapat merambat di ruang bebas.

Baca juga  Sinopsis Stranger from Hell, Kost Berisi Tetangga Aneh

Seorang penemu bernama Guglielmo Marconi meningkatkan penelitian pendahulunya dengan siaran radio pertama yang sukses secara komersial pada tahun 1894. Kemudian pada 24 Desember 1906, Reginald Aubrey Fessenden menjadi pembawa acara saluran radio pertama di dunia. Stasiun radio Fessenden pertama di dunia dimiliki oleh perusahaan Fessenden yang berbasis di Massachusetts, Amerika Serikat.

3. Telepon

alat komunikasi modern
pilih bebas

Alat komunikasi modern berikutnya adalah telepon. Alat ini dapat menghubungkan dua pengguna untuk komunikasi jarak jauh melalui jaringan kabel. Kedua pengguna dapat berbicara satu sama lain dan juga mendengarkan lawan bicara dengan cukup jelas. Alexander Graham Bell, yang dikenal sebagai penemu telepon, menerima paten untuk telepon pada tahun 1876. Namun, beberapa penemu lain juga terkait dengan penemu telepon, seperti Antonio Meucci dan Elisha Grey. Bahkan, alat komunikasi yang hampir sama dengan telepon juga diuji dan dikembangkan oleh para ilmuwan sekitar tahun 1660-1670.

BACA JUGA: Mengenal titik akses dan cara kerjanya di Internet

4. Faksimili

salamadi

Mesin fax, juga sering disebut sebagai mesin fax, adalah alat komunikasi modern yang biasa digunakan untuk mengirim dokumen melalui jaringan kabel telepon analog. Seiring dengan perkembangan teknologi, faksimili telah memanfaatkan internet. Mesin faks seperti kombinasi telepon dan mesin fotokopi. Cara kerja fax juga merupakan gabungan dari fungsi beberapa alat yaitu telepon, scanner, mesin fotokopi, dan printer. Mesin fax akan menerima dokumen dalam bentuk kertas, yang nantinya akan di scan kemudian dikirimkan ke penerima dengan memasukkan nomor telepon fax yang akan dihubungi.

Namun, peran faksimile kini sering digantikan oleh email yang dianggap jauh lebih praktis karena hanya membutuhkan jaringan internet dan perangkat komputer yang biasanya dimiliki banyak orang. Sedangkan untuk fax membutuhkan mesin fax lain yang biasanya hanya dimiliki oleh gedung perkantoran.

5. Televisi

pilih bebas

Televisi juga merupakan salah satu alat komunikasi modern yang dapat memancarkan gelombang sinyal video berupa partikel kecil yang disebut elektron. Elektron tersebut kemudian memantulkan sinar di balik lapisan TV menjadi rangkaian partikel berupa gambar atau video. Pada awalnya, televisi disebut radio gambar. Ini karena TV komersial pertama dijual sebagai radio yang terhubung ke tabung neon yang digunakan sebagai konduktor gambar. Baird, penjual pertama televisi komersial, berhasil menjual 1.000 televisi kepada pembeli di Inggris.

Baca juga  Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum & Cara Menjawabnya

6. Percakapan yang nyaman

pilih bebas

Nyaman bicara itu adalah alat komunikasi nirkabel modern yang biasa digunakan oleh perangkat keamanan seperti petugas keamanan bank, petugas keamanan presiden, petugas polisi dan lain-lain. Nyaman bicara berbentuk seperti ponsel portabel tua dengan antena panjang dan layar kecil tanpa warna atau tata letak tombol. Benda yang identik dengan warna hitam bekerja menggunakan keberadaan gelombang radio. Jarak tempuh komunikasi menggunakan nyaman bicara yang panjangnya 12 mil. Sambungan yang dibuat oleh alat ini sayangnya bersifat sementara karena saluran dapat berubah sewaktu-waktu.

7. Email

pilih bebas

Email (email) atau email, atau disebut juga email, adalah tulisan versi modern. Surel surat merupakan alat komunikasi modern berupa pesan atau informasi elektronik yang berisi tulisan. Perbedaan utama antara huruf dan Surel surat ini adalah metode pengiriman. Surat tangan dikirim melalui penerusan atau pengiriman pos, sedangkan Surel surat bisa didapatkan dalam hitungan detik karena hanya membutuhkan jaringan internet.

Raymond Samuel Tomlinson programmer Komputer Amerika adalah yang pertama mengimplementasikan program Surel surat pada tahun 1971. Ia kemudian mengembangkan sistem pertama untuk pengiriman surat antar pengguna melalui sistem ARPANET, yang menjadi cikal bakal Internet.

Kalau Sedulur mau kirim Surel suratHal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan akun di Platform penyedia layanan Surel surat seperti Google, Yahoo, Outlook dan lain-lain. Pesan kemudian dapat dilakukan melalui smartphone atau perangkat komputer yang terhubung ke Internet.

BACA JUGA: Apa itu hosting: definisi, jenis, manfaat, dan cara kerjanya

8. Smartphone

pilih bebas

Smartphone atau sering juga disebut smartphone itu adalah alat komunikasi modern dengan konsep asli yang sama dengan telepon. Mulanya smartphone sebelumnya dikenal sebagai Telepon seluler atau ponsel hanya dapat menerima pesan singkat atau panggilan telepon. Dan maka dari itu, Telepon seluler Yang Anda butuhkan hanyalah sinyal seluler.

Melalui serangkaian inovasi, serta berasimilasi dengan kecanggihan teknologi yang semakin canggih, ponsel kini dapat melakukan lebih dari sekadar menerima pesan atau panggilan telepon. Smartphone terhubung ke Internet, memiliki akses tak terbatas ke dunia maya, seperti jejaring sosial, mesin pencari online, perdagangan elektronikdan lain-lain. Smartphone sekarang dilengkapi dengan alat bantu seperti kamera, perekam suara, Bluetooth, dll. Fungsi smartphone hari ini bahkan melampaui televisi.

Baca juga  Pengertian, Klasifikasi, Ciri-ciri & Manfaatnya

9. Jam tangan pintar

alat komunikasi modern
pilih bebas

Jam tangan yang dililitkan di pergelangan tangan pada awalnya dibuat untuk memudahkan orang mengetahui waktu, di mana pun kita berada. Terkadang jam tangan juga disebut sebagai aksesoris fashion. Namun, orang memahami bahwa kebutuhan menjadi lebih dinamis. Sekarang jam sedang mengalami pembaruan yang sangat signifikan. Mesin dasar tidak hanya bekerja dengan sistem analog, jam tangan juga bergabung dengan teknologi yang kemudian dikenal sebagai jam pintar atau jam tangan pintar.

Jam pintar adalah alat komunikasi modern, pertama kali dikembangkan oleh penemu Kanada Steve Mann pada tahun 1998. Jam pintar memiliki layar komputerisasi dan dapat dihubungkan ke ponsel. Notifikasi yang muncul di smartphone dapat ditampilkan di layar jam pintar sehingga kami dapat mengenali pesan yang masuk cukup untuk dilihat jam pintar tidak ada verifikasi telepon.

Kini berbagai perusahaan teknologi di seluruh dunia berlomba-lomba untuk merilis jam pintar dengan fitur terbaru dan tercanggih. Akhirnya, publik kagum dengan keahliannya jam pintar yang dapat menerima panggilan langsung dari ponsel pengguna.

10. Interkom

Bhinneka

Need Brothers, siaran suara yang disalurkan melalui audio speaker di tempat umum, sebenarnya menggunakan salah satu alat komunikasi modern yang disebut interkom. Alat komunikasi modern ini menggunakan teknologi nirkabel yang dapat menghubungkan satu ruangan dengan ruangan lainnya dalam radius terbatas. Dengan satu sentuhan tombol, pengirim pesan sudah cukup untuk berbicara mikropon sudah tersedia. Kemudian suara pengirim pesan akan terdengar melalui interkom dipasang di sekitarnya.

11. Telegraf

Kompas

Telegrap adalah alat biasa digunakan per Mengirim pesan jarak jauh dan biasa menggunakan Morse. Telegraf pertama kali ditemukan di Samuel F.B. Morse, siapa? bangkit Amerika. Biasanya alat ini digunakan per Kirim Berita atau perintah singkat yang digunakan di kantor polisi.

Demikian penjelasan tentang alat komunikasi modern, serta contohnya. Meski dikatakan sebagai alat yang modern, beberapa alat komunikasi yang disebutkan di atas sudah mulai ditinggalkan oleh pengguna, seperti yang Anda ketahui, dan mulai digantikan oleh alat komunikasi yang menawarkan banyak fitur canggih.

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org