admin sales adalah

Pengertian Sales Admin Beserta Skill, Tugas & Jenjang Karirnya


Profesi pramuniaga atau pramuniaga dan admin penjualan sangat erat kaitannya dengan penjualan dan pemasaran produk perusahaan. Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan penjualan administratif? Meski namanya mirip, sales administrator dan salesman adalah dua profesi yang berbeda. Sementara tenaga penjualan biasanya bertanggung jawab langsung untuk penjualan dan pemasaran, administrator penjualan memiliki tugas yang sedikit berbeda.

Mau tahu apa saja tugas seorang sales administrator di sebuah perusahaan? Berikut rangkuman informasi lengkapnya, termasuk skill apa saja yang dibutuhkan untuk naik jenjang karir sales administrator.

BACA JUGA: Perencana Konten: Definisi, Tugas, dan Keterampilan yang Diperlukan

Definisi penjualan administratif

Pilihan bebas

Sedulur pasti ingin tahu apa itu admin penjualan? Untuk itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan penjualan administratif atau disebut juga dengan penjualan administrasi atau Administrator Penjualan. Singkatnya, sales administrator adalah profesi atau jabatan di perusahaan yang tugasnya mengelola penjualan secara administratif. Dengan demikian, tugas seorang sales administrator bukanlah menawarkan produk secara langsung kepada calon konsumen, melainkan mengurusi urusan administrasi.

Kutipan dari Pekerjaan waktu luang, beberapa sales administrator bertugas untuk mengecek stok produk, memproses order, dan mengamankan harga jual. Melalui tugas ini, administrator penjualan membantu perwakilan penjualan mencapai kesepakatan dengan pelanggan (berurusan dengan klien).

BACA JUGA: Freelancing adalah freelancing, tahu konsep dan caranya

Tanggung jawab seorang Administrator Penjualan

administrasi Penjualan
Pilihan bebas

Mereka yang tertarik dengan penjualan dan pemasaran mungkin tertarik untuk berkarir sebagai administrator penjualan. Selain memahami maknanya, Sedulur juga perlu mengetahui apa tanggung jawab orang yang menduduki jabatan tersebut di perusahaan. Nah, job description seorang sales administrator adalah sebagai berikut, seperti yang tertera di Glints.

1. Pemrosesan pesanan

Pekerjaan pertama seorang administrator penjualan adalah memproses pesanan yang masuk. Di beberapa perusahaan, sales administrator bisa langsung memproses pesanan dari klien atau pelanggan. Namun, sebagian besar administrator penjualan hanya bertanggung jawab untuk memproses email pesanan dari penjual.

Perlu diketahui juga bahwa tenaga penjualan atau anggota departemen penjualan dalam suatu perusahaan dapat dibagi menjadi beberapa posisi. Diantara mereka penjualan mengambil alih atau lembur penjualan yang bertanggung jawab untuk bekerja dengan pelanggan tetap. Lalu yang kedua agen penjualanyaitu sales yang tugasnya menawarkan produk secara langsung kepada pelanggan.

Baca juga  Pengertian, Fungsi, Simbol & Contohnya

Tugas sales administrator dalam order processing lebih banyak berhubungan dengan sales TO. Karena dia akan memproses surat pesanan dan kemudian mengeluarkan faktur dan surat dengan deskripsi singkat tentang barang tersebut.

2. Menerbitkan faktur dan menjumlahkan barang

Setelah menerima surat pesanan dari seorang tenaga penjualan, tugas selanjutnya dari admin penjualan adalah memasukkan data surat pesanan tersebut ke dalam sistem. Surat tersebut kemudian diproses untuk membuat invoice dan surat keterangan singkat barang, yang nantinya akan dikirim ke tim gudang.

3. Transfer pesanan ke gudang

Seperti yang Anda ketahui, barang atau produk yang dijual oleh perusahaan disimpan di gudang. Untuk itu, tim gudang juga berperan penting dalam proses penjualan produk. Tugas tim gudang juga terkait dengan admin penjualan karena akan menyiapkan dan mengemas barang sesuai pesanan yang telah diproses oleh admin penjualan. Nah, baru setelah itu barang pesanan akan dikirim ke konsumen melalui jasa ekspedisi.

4. Tugas sales administrator adalah melakukan pencatatan

Administrator penjualan juga bertugas menyimpan catatan berbagai hal yang berhubungan dengan penjualan, termasuk pesanan dan pelanggan. Karena itu penting bagi sebuah perusahaan untuk mengumpulkan data tentang konsumen yang memesan barang, apalagi jika ada pelanggan baru. Data ini dapat berguna untuk kepentingan perkembangan perusahaan.

5. Buat laporan masalah

Selain melacak demografi konsumen dan pesanan produk, administrator penjualan juga bertanggung jawab untuk melaporkan pesanan yang bermasalah. Dalam bisnis, khususnya penjualan dan pemasaran, selalu ada kemungkinan masalah selama proses pemesanan.

Salah satu masalah yang disebabkan oleh tagihan yang tidak dibayar oleh konsumen. Laporan masalah seperti itu biasanya direkam secara otomatis oleh sistem. Data yang direkam oleh sistem ini kemudian dirangkum oleh administrator penjualan dalam bentuk laporan untuk departemen dan manajer terkait lainnya sehingga dapat dilacak.

Baca juga  10 Cara Minta Maaf ke Pasangan dengan Tulus, Agar Baikan

6. Kelola faktur penjualan

Administrator penjualan juga memiliki tugas khusus yang perlu dilakukan secara rutin. Tugas-tugas ini termasuk mengelola faktur penjualan, mengumpulkan pembayaran, memeriksa kelengkapan pesanan, dan melakukan tugas pengarsipan catatan penjualan.

7. Melakukan urusan administrasi lainnya

Selain berbagai tugas yang telah dijelaskan di atas, sales administrator bertanggung jawab atas urusan administrasi lainnya yang masih berkaitan dengan sales atau departemen penjualan. Tugas ini mungkin termasuk memeriksa pengeluaran perwakilan penjualan, menetapkan pengeluaran lain yang juga diperlukan dalam masalah penjualan, dan menyusun laporan tentang masalah ini.

Oleh karena itu, diperlukan beberapa keterampilan dari seorang sales administrator yang dapat membantu pekerjaannya, seperti keterampilan komunikasi, entri data, dan kemampuan multitasking. Masalah kemampuan yang harus dimiliki seorang sales administrator akan dibahas pada paragraf berikutnya.

BACA JUGA: Pengembangan bisnis: definisi, tugas dan tanggung jawab

Keterampilan Manajer Penjualan:

Pilihan bebas

Sementara itu, berikut adalah beberapa keterampilan yang harus dikuasai oleh administrator penjualan seperti yang diuraikan di Glints.

1. Komunikasi

Komunikasi adalah keterampilan penting yang harus dikuasai dan diasah oleh seorang manajer penjualan. Karena dalam beberapa situasi mereka harus berurusan dengan pelanggan dan pihak terkait penjualan lainnya. Untuk itu, kemampuan komunikasi yang baik akan sangat membantu seorang sales administrator.

2. Entri data

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu tanggung jawab seorang sales administrator adalah membuat demografi pelanggan atau konsumen. Ini mengharuskannya untuk menguasai keterampilan entri data yang akan memudahkannya menyelesaikan pekerjaan.

3. Keuangan

Ketrampilan lain yang perlu dikuasai adalah yang berkaitan dengan keuangan, khususnya pelaporan keuangan. Dengan demikian, administrator penjualan dapat menangani urusan administrasi departemen penjualan, terutama penggantian biaya ke departemen perusahaan atau departemen keuangan.

4. Dukungan penjualan

Dukungan penjualan adalah sistem pendukung perwakilan penjualan sehingga mereka dapat fokus pada manajemen penjualan dan penutupan. Sebagai manajer penjualan, Dukungan penjualan apa yang bisa diberikan perwakilan penjualan dilakukan dalam bentuk pencatatan, penerimaan panggilan telepon dan pekerjaan administrasi lainnya.

Baca juga  Pengertian, Kegiatan dan Contohnya di Indonesia  

5. Manajemen hubungan pelanggan

Selain keterampilan komunikasi, penting bagi administrator penjualan untuk memahami pengelolaan hubungan pelanggan. Keterampilan ini akan memainkan peran penting dalam membangun hubungan yang baik antara perusahaan dengan klien dan klien potensial.

BACA JUGA: Freelancing adalah freelancing, tahu konsep dan caranya

Peluang dan Karir Manajer Penjualan

Pilihan bebas

Bagi mereka yang tertarik berkarir sebagai sales administrator, tentunya juga ingin mengetahui peluang karir mereka.

Dalam hal peluang karir, dapat dikatakan bahwa administrasi penjualan adalah profesi dengan peluang karir yang signifikan. Pasalnya, posisi tersebut dibutuhkan oleh banyak perusahaan, mengingat sebagian besar perusahaan bergerak di bidang penjualan, baik berupa produk fisik maupun jasa.

Sementara itu, jenjang karir seorang sales administrator tidak bisa diremehkan. Menurut National Career Service, dengan segudang pengalaman, Sedulur bisa mengembangkan karirnya mulai dari team leader, personal assistant hingga office manager. Tidak berhenti sampai di situ, gaji para sales manager di Indonesia juga tidak bisa dibilang rendah. Oleh karena itu, posisi ini bisa dilihat sebagai pilihan karir bagi Sedulur.

Maka dari itu, ada pembahasan tentang profesi sales administrator. Posisi yang sering disamakan dengan tenaga sales atau marketing ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan agar memiliki peluang karir yang baik. Selain itu, beliau menjelaskan berapa besaran keterampilan kerja yang dibutuhkan dalam pekerjaan yang satu ini. Nah, semoga informasi ini bisa membantu Anda memahami apa itu adminsitrasi jualan ya.

Ingin menghabiskan bulanan tanpa menggunakan keras? aplikasi super larutan! Semuanya tersedia: mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga. Selain harganya yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan berbelanja dengan handphone. Tidak perlu keluar rumah, barang langsung diantar.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga bisa berbelanja secara grosir atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org