account executive

Pengertian, Tugas, Gaji & Jenjang Karirnya


Pernahkah Anda mendengar tentang profesi? staf? Ya, profesi ini merupakan salah satu profesi yang benar-benar ada di kalangan pebisnis tahun ini, dan juga diprediksi masih akan memiliki potensi karena kebutuhan perusahaan yang terus meningkat di masa depan.

Jika Anda tertarik pada suatu profesi staf maka Sedulur datang ke tempat yang tepat. Kali ini, Sedulur akan diminta untuk membiasakan diri dengan beberapa hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Yuk, ikuti pembahasannya sampai selesai!

BACA JUGA: 10 contoh resume lulusan baru tanpa pengalaman dan saran

staf (AE) apa itu?

foto deposit

staf adalah seorang ahli yang terutama bertanggung jawab untuk menangani berbagai klien dari perusahaan tempat dia bekerja. Disingkat sebagai AE, ruang lingkup pekerjaan mereka biasanya melibatkan pengelolaan, perluasan, serta pemutakhiran akun pelanggan di dalam perusahaan.

staf berada di bawah naungan departemen pemasaran atau penjualan. Ini karena pekerjaan AE melibatkan melanjutkan apa yang telah dilakukan. Perwakilan Penjualan mengerjakan. Kapan Perwakilan Penjualan berhasil menjual produk atau jasanya kepada konsumen atau pelanggan, maka kerja sama selanjutnya dengan konsumen atau pelanggan tersebut ada di tangan AE.

Peran AE sendiri juga sangat penting untuk pengoperasian unit. pemasaran atau penjualan umum. AE akan mengurus semua masalah antara klien dan perusahaan. AE harus bisa memahami keinginan klien, sekaligus mengomunikasikan maksud perusahaan.

Jika AE adalah orang yang bertanggung jawab untuk bekerja dengan berbagai klien perusahaan, manajer akun junior memiliki tugas yang sama, tetapi tidak mencakup semua aspek yang disediakan untuk AE.

BACA JUGA: Freelancing itu freelance, tahu konsep dan caranya

Tugas yang harus dilakukan staf

staf
foto deposit

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa AE adalah pihak yang berperan sebagai jembatan antara perusahaan dengan klien. Tentu saja, tugas dan tanggung jawab AO tidak hanya sebatas itu. Mengikuti staf tugas-tugasnya.

1. Cari klien baru

Manajer akun utama Tugas pertama adalah mencari pelanggan baru. Keterampilan Pemasaran atau penjualan sangat aktif di sini. Pasalnya, Sedulur harus mampu menawarkan dan menarik pelanggan baru agar tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.

2. Pertahankan pelanggan yang sudah ada

Salah satu tugas staf adalah untuk mempertahankan pelanggan yang sudah dimiliki perusahaan. Hasilnya, kerjasama antara klien dan perusahaan dapat terus berlanjut. Kelancaran bisnis dan bisnis perusahaan akan terjamin.

Untuk menyelesaikan tugas kedua ini, AE juga harus memiliki rasa ingin tahu, krisis, dan rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa Sedulur harus terus mempelajari kebutuhan klien untuk mengidentifikasi potensi dan peluang baru untuk kerjasama yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya.

Baca juga  Sudut Pandang Dalam Cerita: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Dengan menerapkan beberapa teknik tersebut, pelanggan yang sudah ada akan mempertahankan hubungan kerja mereka dengan perusahaan.

3. Menjaga kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah nomor satu bagi AE. AE harus dapat memastikan bahwa pelanggan benar-benar menerima produk atau jasa dengan pelayanan prima. Salah satu cara untuk mengetahui apakah klien puas dengan kinerja perusahaan adalah dengan bertanya Masukan.

staf selalu pastikan bahwa klien merasa didengarkan. Terlebih lagi, dengan meminta perkiraan dari klien, AE dapat memberikan saran dan masukan kepada divisi. pemasaran atau penjualanyang akan mempengaruhi pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan. Masukan itu juga akan sangat membantu untuk menetapkan tujuan yang realistis di masa depan.

4. Mengumpulkan dan menganalisis data

AE harus mampu mengumpulkan dan menganalisis data. Keduanya adalah tugas AE untuk membantu perusahaan mengembangkan produk atau layanan yang sempurna sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan memiliki tujuan pertumbuhan yang tepat.

Analisis yang dilakukan oleh AE dapat mencakup informasi tentang perilaku pelanggan, tren industri, dan potensi pertumbuhan untuk setiap pelanggan baru di perusahaan. Data yang diperoleh dari analisis tersebut akan memiliki potensi yang besar tidak hanya dalam mencari pelanggan baru bagi perusahaan, tetapi juga dapat membantu memberikan gambaran terkait strategi penjualan perusahaan.

5. Menghilangkan ancaman dari pesaing bisnis

Tugas terakhir a. staf mampu memastikan bahwa pelanggan atau calon pelanggan tidak beralih ke pesaing. Untuk memenuhi tanggung jawab ini, seorang AE harus mampu berpikir secara strategis, mengambil langkah yang tepat, menganalisis kekuatan dan kelemahan pesaing, dan kemudian mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara mendalam. Dengan demikian, perusahaan dapat selalu berada di depan para pesaing lainnya.

BACA JUGA: Pengembangan bisnis: definisi, tugas dan tanggung jawab

Keterampilan yang harus dimiliki seseorang staf

foto deposit

Pembahasan sebelumnya menjelaskan beberapa tugas yang harus dilakukan AE. Tugas-tugas ini termasuk menemukan pelanggan baru, mempertahankan pelanggan yang sudah ada, membuat mereka puas, mengumpulkan dan menganalisis berbagai data, dan menghilangkan ancaman dari pesaing perusahaan.

Tugas-tugas tersebut akan berjalan lancar jika AE memiliki skill yang mumpuni. Setidaknya ada 10 keterampilan yang dibutuhkan staf dikuasai. Di bawah ini adalah ulasan lengkap untuk Sedulur saja.

Baca juga  Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, Struktur & Contohnya

1. Tulis

Skill pertama yang harus dimiliki seorang AE adalah skill menulis. staf harus bisa menjadi penulis yang handal, karena ia perlu menyampaikan pesan secara efektif dari perusahaan kepada klien.

Komunikasi ini dapat dilakukan dengan cara yang menarik dengan menggunakan media yang berbeda dan menetapkan target audiens. Salah satu media menulis, baik itu dokumen perusahaan, jumpa persdan seterusnya.

2. Penjualan

Keterampilan kedua yang harus dimiliki AE adalah kemampuan untuk penjualan atau pemasaran. Ini adalah suatu keharusan karena menjual produk atau jasa kepada pelanggan adalah salah satu tugas utama AE. Keterampilan pemasaran atau penjualan juga berpotensi untuk menarik pelanggan baru dan memastikan pelanggan yang sudah ada melakukan pembelian ulang dari perusahaan terkait.

3. pelayanan pelanggan

Keterampilan ketiga yang harus dimiliki AE adalah kemampuan untuk pelayanan pelanggan. Kemampuan melayani pelanggan dengan baik dapat membantu AE lebih dekat dengan pelanggan dan kemudian mempengaruhi pelanggan untuk melakukan pembelian dan tetap berhubungan.

4. Berkomunikasi

Skill keempat yang harus dimiliki AE adalah skill sosial. Kemampuan ini sangat dibutuhkan karena AE akan bertemu dan membangun relasi dengan orang yang berbeda.

5. Komunikasi

Keterampilan kelima yang harus dimiliki seorang AE adalah keterampilan komunikasi. Kemampuan ini sangat diperlukan, karena AE akan bertemu dengan banyak orang, sehingga komunikasi yang berlangsung tidak bisa diperbaiki dan diperbaiki, harus disesuaikan dengan karakteristik setiap orang yang ditemui.

BACA JUGA: Insinyur Perangkat Lunak: Definisi, Tugas dan Tanggung Jawab

6. Negosiasi

Skill keenam yang harus dimiliki seorang AE adalah kemampuan bernegosiasi. Kemampuan ini sangat penting bagi AE saat menegosiasikan kontrak atau penjualan dengan klien untuk menemukan solusi terbaik yang menguntungkan kedua belah pihak.

Kemampuan bernegosiasi ini juga berfungsi untuk memaksimalkan pendapatan perusahaan dan memastikan bahwa pelanggan puas dengan layanan yang diberikan.

7. Presentasi

Keterampilan ketujuh yang harus dimiliki AE adalah keterampilan presentasi. Kemampuan ini sangat penting agar dapat menjelaskan dengan jelas berbagai informasi kepada pelanggan.

8. Analisis

Keterampilan kedelapan yang harus dimiliki seorang AE adalah keterampilan analitis. Kemampuan ini sangat penting karena AE akan menangani berbagai data dan informasi yang berhubungan dengan klien.

9. Organisasi data

Keterampilan kesembilan yang harus dimiliki seorang AE adalah kemampuan mengorganisasikan data dengan baik. Pengorganisasian data adalah salah satu keterampilan yang dibutuhkan karena AE akan menangani banyak data yang terkait dengan hubungan antara klien dan perusahaan.

Baca juga  10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

10. Manajemen proyek

Keterampilan kesepuluh yang harus dimiliki seorang AE adalah keterampilan manajemen proyek seperti manajemen waktu, melacak kemajuan, mengerjakan tugas proyek, dan sebagainya.

Jenjang karir dan gaji staf

foto deposit

Di bawah ini kami membahas secara singkat jalur karier dan staf gaji. Berdasarkan informasi dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS, pertumbuhan bisnis di bidang periklanan, promosi, dan pemasaran peningkatan hingga 10% diproyeksikan pada tahun 2026.

Pertumbuhan ini menjadi kabar baik jika Sedulur benar-benar tertarik dengan profesi AE ini. Pasalnya, AE yang bergerak di bidang periklanan, promosi dan… pemasaranakan dapat memperoleh penghasilan yang lebih tinggi dari rekan-rekan lainnya dan memiliki prospek yang cemerlang.

Dalam hal pendapatan atau gaji, seorang AE akan menerima jumlah nominal, yang tergantung pada tingkat pendidikan, pengalaman kerja, dan bidang tempat ia bekerja. Kutipan dari sumbernya, gaji baru lulus akuntansi sekitar 24.376.200 rupee per tahun, bagi mereka yang berpengalaman dapat memperoleh sekitar 83.946.000 rupee per tahun. Rata-rata, sebagian besar AE di Indonesia berpenghasilan Rp 43.380.000 per tahun, atau sekitar Rp 25.323 per jam.

Lowongan untuk IP sendiri di tahun 2022 masih sangat umum di berbagai portal pencarian kerja ternama. Dengan semua keterampilan dan kompetensi yang diperlukan, Sedulur menawarkan peluang karir untuk menjadi staf itu masih terbuka lebar.

Nah, Sedulur, ini dia rangkuman salah satu pilihan karir yang bisa dipilih Sedulur, yaitu staf. Pembahasan di atas mencakup definisi, tugas, keterampilan yang harus dimiliki, serta jenjang karir dan gaji.

Semoga artikel ini membantu untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman tentang Sedulur di dunia karir, ya!

Ingin menghabiskan waktu sebulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org