tips sukses job fair

6 Tips Sukses Mengikuti Job Fair untuk Para Pencari Kerja


Apa yang harus dilakukan ketika berpartisipasi dalam bursa kerja? Apa yang dapat berkontribusi pada keberhasilan pelamar di Bursa Kerja? Kali ini Finansialku akan membahas 6 tips sukses untuk diikuti Bursa Kerja untuk pelamar.

Bursa Kerja dan fenomena pencari kerja Indonesia

Bursa Kerja atau pameran karir itu adalah tempat di mana perusahaan bertemu dengan pencari kerja profesional. PADA Bursa Kerja, karyawan, perekrut dan sekolah atau perguruan tinggi memberikan informasi dua arah.

Pada titik ini, pelamar mendekati setiap item dengan efisiensi maksimum untuk membuat kesan yang baik ketika bertemu dengan “wajah” perusahaan secara langsung. Tidak hanya rapat, Anda juga dapat mengakses tanya jawab langsung di acara tersebut.

[Baca Juga: Ada 7 Alasan Fresh Graduate Susah Cari Kerja. Ini Solusinya!]

Jenis Bursa Kerja Berdasarkan kondisi fisiknya

Ada dua jenis Bursa Kerja yang biasa diadakan di Indonesia, yaitu: sendiri sebaik bursa kerja online. Sendiri Bursa Kerja merupakan tempat bertemunya dua pihak yaitu perusahaan mencari karyawan dan mencari pekerjaan.

Bursa Kerja Ini biasanya dilakukan di sekolah menengah kejuruan (SMK) atau kampus. Meski untuk umum, tapi tujuan utamanya Bursa Kerja Hal ini dilakukan agar calon lulusan dapat belajar bagaimana membentuk lingkungan kerja sesuai dengan bidang yang diinginkan.

Tipe lain Bursa Kerja yang juga banyak diminati akhir-akhir ini, yaitu bursa kerja online. Peringkatnya lebih nyaman daripada Bursa Kerja orang lain karena tidak menyebabkan grogi saat bertemu langsung dengan pewawancara, bursa kerja online semakin banyak diskusi.

Di situs tersebut, terkadang para pencari kerja membahas jenis lowongan apa saja yang dibuka. Kegiatan ini jelas sangat bermanfaat sebagai tambahan link dan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan atau mencari teman.

[Baca Juga: Miliki Hard Skill dan Soft Skill Ini Saat Masuk Dunia Kerja]

Pemohon harus mengikuti kedua jenis Bursa Kerja pada. Karena selain dapat menambah teman ke jaringan Anda, juga lebih mudah untuk mengakses informasi lowongan yang paling cocok.

Namun, jika Anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai, Anda tidak boleh terus mengikuti Bursa Kerja. Selain menyebabkan “lapar mata”, juga bisa menyebabkan seseorang “lari” dari perusahaan.

Jangan lakukan ini jika Anda tidak ingin mendapatkan nilai buruk atau daftar hitam perusahaan.

6 Tips Sukses Mengikuti Bursa Kerja untuk pelamar

Terkadang momen Bursa Kerja menjadi ajang unjuk bakat di antara pelamar. Hal ini dikarenakan jumlah pelamar dan perusahaan tidak seimbang.

Jadi cobalah untuk menunjukkan sisi terbaik Anda saat Anda berada di sana. Meski jumlah pencari kerja sangat tinggi, jangan pernah merasa lebih rendah dengan kemampuan Anda.

[Baca Juga: Model Baju Kerja yang Cocok saat Interview Kerja]

#satu pemilu aturan berbusana Benar

aturan berbusana momen Bursa Kerja sebagai aturan, itu adalah pakaian formal. Untuk pria, gunakan kemeja dan celana berwarna gelap. Sepatu yang dapat Anda pilih mungkin dari jenis sepatu pria.

Perpaduan warna jangan terlalu meriah, karena suasananya Bursa Kerja cukup ramai dan warna-warna meriah bisa sangat mengganggu. Menggunakan sabuk atau rompiatau Anda dapat menambahkan setelan untuk membuatnya lebih baik perspektif.

Wanita yang mencari pekerjaan harus memakai blazer. Blazer adalah pakaian kerja yang paling nyaman. Namun, pilihan kaos juga bisa dibuat tergantung dari jenis pekerjaan yang Anda butuhkan dan sifat masing-masing.

Rok yang dipilih sebaiknya berkobar karena lebih banyak digunakan oleh pekerja kantoran. Namun jika tidak suka dengan gayanya, Anda juga bisa memilih rok lipit dan gaun A. Tidak ada kriteria khusus untuk aksesori, jika penggunaannya tidak berlebihan.

[Baca Juga: Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik Agar Diterima Di Perusahaan Yang Diinginkan]

Hindari memakai jeans untuk pria dan wanita. Hal ini sangat mengganggu dan mengurangi nilai formal dari acara tersebut. Bursa Kerja. Pada dasarnya, pakaian harus mencerminkan otoritas. Selain itu, pakaian akan menjadi persepsi diri pribadi masing-masing.

#2 Perhatikan perusahaan mana yang berpartisipasi

Saat membaca brosur atau melihat informasi tentang situs, logo perusahaan masing-masing biasanya muncul.

Hal ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mengetahui jenis perusahaan. Misalnya, jika sebuah perusahaan banyak berpartisipasi dalam suatu acara perdagangan elektroniklalu ketik melanjutkan dilakukan dapat menyebabkanperdagangan elektronik meskipun mendunia.

[Baca Juga3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan]

Jika lebih banyak perusahaan internasional membutuhkan karyawan, kirimkan juga CV dan lamaran kerja Anda dalam bahasa asing, biasanya bahasa Inggris. Ada tiga manfaat menulis resume dan surat lamaran.

Pertama, resume bisa terlihat lebih unik dan “ditandai” oleh perusahaan. Kedua, pelamar akan merasa lebih percaya diri dalam pengetahuan mereka tentang bahasa Inggris. Ketiga, dapat membantu perusahaan menemukan tautan perusahaan asing tidak berpartisipasi Bursa Kerja.

#3 Tambah jumlah resume dan surat lamaran Persediaan

Jika Anda sudah mengetahui jumlah dan jenis perusahaan yang terlibat, langkah selanjutnya adalah menyiapkan resume dan lamaran kerja sebanyak-banyaknya.

Agar surat lamaran menonjol dari pencari kerja lainnya, pencari kerja harus kreatif dan unik. Tidak hanya itu, Anda dapat melampirkan banyak akta, sertifikat, dan statuta sebagai pendukung.

[Baca Juga: Masih Cari Lowongan Pekerjaan? Mulai Aja Bisnis Online Buat Blog. Begini Contoh Business Plan]

Namun, ada 3 hal yang perlu diperhatikan saat mentransfer semua file tersebut, yaitu penyimpanan. Salah satunya adalah dengan membawa tas ransel datar untuk membawa laptop. Tempatkan dokumen dalam folder keras yang lebih kecil dari tas.

Ini akan membantu dalam proses mentransfer dan memelihara file-file penting ini. Jangan membawa dokumen yang kusam, terlipat, atau basah. Hal ini akan segera membuat perusahaan merasa tidak nyaman.

#empat Mengurangi Grogi Latihan Jawaban Wawancara Sebelumnya

Terlepas dari resume dan surat lamaran, salah satu aspek terpenting Bursa Kerja itu sebuah proses wawancara atau wawancara. Dalam proses ini, perusahaan akan mengevaluasi kandidat mana yang memenuhi syarat dan mana yang tidak.

Pertanyaan wawancara masing-masing perusahaan sangat relatif, tergantung pada jenis jabatan dan jenis perusahaan. Ada perusahaan yang pertanyaannya standar, dan ada beberapa yang unik.

[Baca Juga: First Jobber, Baru Masuk Kerja Apa Perlu Membeli Asuransi Jiwa?]

Meskipun pengantin pria sudah cukup terampil, namun hal ini tidak serta merta menjamin bahwa perusahaan impian akan diterima dengan baik. Beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan wawancara dan salah satunya terasa berlebihan grogi.

Momen grogiseseorang tidak dapat sepenuhnya berkonsentrasi pada sebuah pertanyaan sehingga kadang-kadang dia bahkan menyerah penyataan salah.

Untuk mengatasi masalah ini, pelamar harus melakukan berbagai persiapan. Jenis Pertanyaan wawancara Anda dapat mencari di internet untuk menemukan jawaban yang paling sempurna tanpa kehilangan individualitas Anda.

Selain itu, berlatih di depan cermin juga akan meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi perasaan cemas. grogi.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Habiskan Gaji Pertama untuk First Jobber?]

#5 Mengoptimalkan tenaga dan waktu dengan skala prioritas

Umumnya Bursa Kerja hanya berlangsung 1-3 hari. Sementara itu, jumlah pelamar dan perusahaan yang berpartisipasi sangat banyak dan suasananya bisa membingungkan. Agar tidak terjebak kekacauanAnda perlu membuat skala prioritas.

Perusahaan mana yang paling Anda inginkan dan apa alternatifnya? Selain menghemat waktu dengan tidak harus antri di tempat yang salah, tenaga juga bisa terjaga dengan baik sehingga produktifitas saat ini wawancara tidak berkurang.

Yang harus Anda hindari adalah menunggu terlalu lama dalam antrean. Jadi, ketika perusahaan terlalu ramai, pencari kerja harus mencari di tempat lain. Ada beberapa aspek yang perlu ditekankan.

Pertama, antrian terkadang harus dilakukan dengan berdiri, yang menyebabkan kelelahan. Kedua, jika peminat di satu tempat terlalu banyak, maka tingkat seleksi bisa diperketat. Ketiga, ketika tempat lain penuh, tempat lain akan lebih sepi dan mengurangi jumlah peserta di sana.

[Baca Juga: First Jobber Ketahui : Harapan Versus Kenyataan Soal Dunia Kerja]

#6 Koneksi dan persahabatan selalu penting

Saat bertemu orang baru, jangan lupa untuk menjalin hubungan dan pertemanan. Meskipun Anda tidak dapat memastikan bahwa seseorang akan diterima oleh perusahaan, koneksi tetap akan membantu. Informasi dari kenalan bisa lebih dipercaya daripada dari orang asing.

Sebenarnya, Anda terlibat dalam membangun jaringan tidak hanya ketika Anda membutuhkan pekerjaan, tetapi juga setiap saat. Tidak hanya mendapatkan bantuan, tetapi ketika Anda mendapatkan pekerjaan, seseorang juga dapat membantu teman-temannya.

Misalnya, jika pelamar dengan latar belakang teknik industri bertemu pelamar lain dari Departemen Sastra.

Ketika perusahaan Bursa Kerja Tidak ada yang membutuhkan gelar di bidang teknik industri, sehingga pelamar masih dapat melamar ke perusahaan mana pun yang menerima lulusan sarjana, sambil terus mencari pekerjaan di bidang spesialisasi mereka.

Siapa tahu, akrabnya lulusan Fakultas Sastra, dikenal saat ini Bursa Kerja dapat membantu nanti.

[Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kreativitas untuk Memperbaiki Keuangan dan Karier]

melewati Bursa Kerja Bagaimana memulai karir

Banyak orang merasa sulit mendapatkan pekerjaan impiannya, namun akhirnya bisa tersenyum di kemudian hari.

Ini adalah siklus hidup kerja yang normal. Jadi hiduplah Bursa Kerja melakukan yang terbaik yang Anda bisa dapat menjadi langkah pertama dalam proses memulai karir Anda dan menjalani kehidupan yang lebih mapan.

Tips apa yang paling relevan dengan kebutuhan perusahaan di daerah Anda? Kenapa ini? Diskusikan pengembangan profesional lebih lanjut dengan rekan kerja di bursa kerja. Bagikan juga pengalaman dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terus bagikan artikel Finansialku saya kepada teman dan keluarga Anda. terima kasih

Sumber referensi:

  • administrator. Enam trik untuk sukses berpartisipasi dalam bursa kerja. Qerja.com – https://goo.gl/XVNuzl
  • Bursa Kerja. Wikipedia.org – https://goo.gl/kHIFfv

Sumber Gambar:

  • Pekerjaan – https://goo.gl/9V0Kbq
  • Bursa Kerja – https://goo.gl/Q5pjTb

Download Gratis eBook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com




https://wvmuseums.org

Baca juga  Pejuang Tugas Akhir, Ini Kumpulan Website untuk Mencari Jurnal!