Wajib Waspada! Nomor 234 Merupakan Modus Penipuan!

Wajib Waspada! Nomor 234 Merupakan Modus Penipuan!


Pernahkah Anda menerima panggilan tak terduga dengan nomor kode 234? Ya, beberapa netizen Indonesia akhir-akhir ini melaporkan panggilan aneh dengan nomor telepon yang diawali dengan kode ini.

Sedulur tentang panggilan aneh itu bisa kamu lihat di beberapa grup Facebook atau feed Twitter. Biasanya mereka yang menerima panggilan ini menemukan smartphonedia berdering, tetapi ketika Anda mengangkat telepon, penelepon langsung menutup telepon.

Tentu fenomena ini sangat memprihatinkan ya Sedulur. Telepon dari 234 sering mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Ada juga yang melaporkan kuota internet atau credit ratingnya tiba-tiba habis setelah menerima panggilan dari nomor kode ini.

Jadi apa yang sebenarnya terjadi? Dari mana kode 234 berasal? Apa tujuan sebenarnya dari panggilan mencurigakan itu? Simak rangkuman berikut untuk jawabannya.

BACA JUGA: Dampak kemiskinan dan penyebabnya

Fenomena aneh menelepon dari kode 234

LinkedIn

Seperti yang dijelaskan secara singkat pada paragraf di atas, beberapa orang Indonesia sering menerima panggilan telepon aneh. smartphone-miliknya. Panggilan biasanya dikodekan +234. Menerima panggilan biasanya panggilan tidak terjawabatau sekedar menelpon ke nomor sedulur, lalu tiba-tiba terputus atau tidak sengaja diputus oleh si penelepon saat kita mengangkat telepon.

Tentu hal ini sangat mengganggu, apalagi jika kita mengetahui bahwa kode penelepon bukan dari Indonesia (+62). Kejadian ini sudah banyak diberitakan di Internet, terutama di jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter. Apakah Sedulur salah satu korban panggilan aneh ini?

BACA JUGA: Pengertian Produksi Massal: Manfaat, Langkah dan Contohnya

Dari mana nomor telepon dengan kode 234 itu?

234
BBC

Ketika Sedulur mencari di Internet, kode 234 ternyata adalah kode nomor telepon dari Nigeria. Selain kode ini, ternyata banyak orang di Internet mengatakan bahwa mereka dipanggil dari kode +257 (Burundi), +265 (Malawi), +92 (Pakistan), +7 (Rusia) dan negara lainnya.

Baca juga  12 Resep Pie Buah Enak dan Segar untuk Camilan di Rumah

Jika Sedulur termasuk yang terpanggil, Sedulur harus sangat berhati-hati karena dia adalah salah satu trik penipu telepon, lho!

BACA JUGA: 24 pantai terindah di dunia yang wajib kamu kunjungi!

Salah satu penipuan, kan?

Technext

Ya, panggil panggilan tidak terjawab dengan nomor asing memang salah satu metode klasik penipuan telepon. Sudah ada sejak awal 2000-an, dan diyakini dibuat di Jepang untuk pertama kalinya.

Di Jepang, jenis penipuan ini disebut Wangiri. Metode aksi scammer ternyata sama seperti sebelumnya: dia memanggil nomor yang ditentukan, dan kemudian mematikannya. Beberapa laporan mengatakan bahwa target yang dipanggil tiba-tiba akan kehabisan pulsa atau kuota data internet ketika mereka mencoba menelepon kembali ke nomor berkode asing.

Bagaimana mungkin? Ternyata setelah digeledah, scammer menggunakan akun tersebut nomor tarif internasional (IRN) dari operator seluler lokal. Nomor yang terdaftar di akun IRN dapat membebankan biaya tambahan kepada pelanggan mereka (tiga hingga empat kali tarif telepon biasa).

Nah, justru itu yang bikin boros pulsa atau kuota trafik internet. Scammers biasanya menggunakan trik lain, seperti meminta penelepon untuk menunggu lebih lama untuk mendapatkan jawaban dengan memutar musik atau mengundang penelepon untuk berbicara terlebih dahulu. Dengan demikian akan diambil tambahan kuota pulsa atau data internet, dan selanjutnya akan masuk akun scammer.

BACA JUGA: 9 contoh surat penjualan yang baik dan benar

Bagaimana menghindari penipuan telepon

Psikologi hari ini

Sedulur harus waspada ketika menerima panggilan dari nomor telepon asing. Jangan secara tidak sengaja menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Perhatikan juga jika kode nomor tersebut berasal dari negara seperti Nigeria, Rusia, Burundi dan lain-lain, karena biasanya digunakan sebagai cara mudah untuk melakukan penipuan.

Baca juga  Cara Membuat Nomor Halaman di Word Romawi dan Angka

Jadi, Sedulur, ini adalah ringkasan metode penipuan telepon menggunakan nomor kode awal 234. Nomor kode itu ternyata dari Nigeria. Biasanya panggilan dengan nomor kode ini masuk dan kemudian tiba-tiba terputus saat kami mengangkatnya.

Salah satu tujuan scammers melakukan ini adalah untuk membangkitkan rasa ingin tahu kita dan menelepon kembali penelepon. Jika kita menelepon kembali, sekelompok scammers master akan segera memulai kegiatan kriminal mereka.

Oleh karena itu, seseorang harus selalu waspada dan tidak mudah terjerumus pada trik-trik kejahatan tersebut, ya! Cari tahu terlebih dahulu dari mana kode pemanggil berasal. Jika Anda tidak memiliki kolega atau kerabat yang berada di luar negeri, sebaiknya abaikan saja panggilan yang mencurigakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sedulur.

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org